Anime - ATTACK ON TITAN (進撃の巨人) aka SHINGEKI NO KYOJIN

Manga kontroversi ini akhirnya diangkat juga jadi serial anime. Ya, sejak 6 April - 28 September 2013 silam, anime produksi Production IG Studio ini telah ditayangkan di stasiun televisi MBS, Tokyo MX, FBS, TOS, HTB, TVA, dan BS11. Hasilnya sangat luar biasa dan mendapatkan respon yang sangat positif, sehingga diputuskan untuk merilis film ini dalam 2 seri film layar lebar live-action yang akan tayang akhir 2014 dan pertengahan tahun 2015 mendatang.

Anime dengan total 25 episode ini mengisahkan tentang kehidupan manusia di satu masa, di mana hidup juga para raksasa setinggi 5 - 16 meter (disebut Kyojin atau Titan) yang selalu memangsa manusia. Untuk itu, manusia kemudian membangun benteng tebal setinggi 50 meter yang menghalangi para raksasa untuk masuk ke pemukiman manusia. Benteng tersebut dibuat menjadi 3 bagian :  Wall Maria (benteng paling depan), Wall Rose (benteng tengah), dan Wall Sina (benteng paling belakang yang merupakan benteng perlindungan terakhir sekaligus benteng terkuat yang pernah dibuat).

Selama 100 tahun, manusia hidup dengan damai dan bahagia di balik tembok tebal tersebut. Namun satu ketika, muncul raksasa setinggi 60 meter yang disebut Colosss Titan yang secara tiba-tiba datang dan menghancurkan Wall Maria. Akibatnya, para raksasa berhasil masuk ke dalam perkampungan di balik Wall Maria dan memangsa lebih dari 10,000 manusia.

Pembantaian yang dilakukan para titan itu berbekas mendalam bagi para penduduk, tertutama Eren Yeager - tokoh utama anime ini - yang bersumpah untuk menghabisi para titan. Karena itu, dia kemudian bergabung dengan Scout Regiment, untuk bertarung melawan para Titan.

Anime yang disutradarai Tetsuro Araki ini ditayangkan di MBS pada tanggal 6 April - 28 September 2013.


ABOUT MANGA "ATTACK ON TITAN"
Manga Attack on Titan ditulis dan diilustrasi oleh Hajime Isayama. Manga tersebut merupakan manga pertama yang dibuatnya. Berkat manga inilah, Hajime mendapatkan banyak penghargaan (misalnya penghargaan Fine Work dari Magazine Grand Prix 2006, Special Encouragement Award di ajang 80th Weekly Shonen Magazine Freshman Manga Award 2008, dan lain-lain). Manga ini sendiri telah terjual hingga 36 juta kopi dan memegang rekor penjualan manga terbesar saat ini.

Manga Attack on Titan pertama kali dirilis tanggal 9 September 2009 di Bessatsu Shonen Magazine, sebuah majalah manga produksi Kodansha Ltd. Manga tersebut langsung menarik minat para pembaca. Hingga 9 April 2014 yang lalu, manga Attack on Titan telah dicetak dalam bentuk tankobon (buku komik) sebanyak 13 volume, dan masih akan terus berlanjut.

Kesuksesan manga ini diikuti pula dengan manga-manga lain yang merupakan spin-offi dari Attack on Titan, seperti manga komedi Attack on Titan : Junior High (進撃!巨人中学校 Shingeki! Kyojin Chūgakko ) yang ditulis Saki Nagakawa yang mengisahkan pertarungan para karakter di manga Attack on Titan pada waktu mereka semua masih duduk di bangku sekolah SMP. Juga ada manga Attack on Titan No Regrets (進撃の巨人 悔いなき選択 Shingeki no Kyojin: Kuinaki Sentaku ) yang ditulis Gan Sunaaku dan digambar oleh Hikaru Suruga. Anime ini berfokus pada latar belakang Levi, salah seorang karakter di anime Attack on Titan.

Kesuksesan manga ini juga diikuti dengan dirilisnya novel berjudul Attack on Titan: Before the Fall (進撃の巨人 Before the fall) yang ditulis oleh Ryo Suzukaze, dengan ilustrasi yang dibuat oleh Thores Shibamoto. Novel tersebut dirilis dan dipublikasikan oleh Kodansha tanggal 2 Desember 2011. Novel tersebut merupakan prekuel dari cerita manga dan mengisahkan tentang Angel, seorang tukang besi, yang berhasil mengembangkan prototipe peralatan Vertical Maneuvering yang kelak akan digunakan oleh Scout Regiment. Hingga hari ini novel tersebut telah dirilis sebanyak 3 volume.

Dengan melihat besarnya animo pembaca dan semakin banyaknya para fans Attack on Titan, maka produser Wit Studio merilis anime Attack on Titan yang dirilis tanggal 6 April - 28 September 2013. Anime ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para penonton, sehingga akhirnya dibuat dalam bentuk "live action" dan akan dirilis dalam bentuk film layar lebar . Film Attack on Titan dibuat dalam 2 seri dan akan ditayangkan pertengahan tahun 2015 mendatang. Shinji Higuchi terpilih sebagai sutradara untuk kedua seri tersebut.

Selain itu, Attack on Titan juga dibuat dalam bentuk video game. Hingga saat ini telah ada 4 game adaptasi mana ini yang dirilis. Adalah Nitroplus - berkolaborasi dengan Production I.G. - yang mengembangkan dan merilis game tersebut.


CONTROVERSY
Pada saat pertama kali dirilis, manga Attack on Titan banyak dikritisi oleh para mangaka senior karena ilustrasi yang dibuat Hajime Isayama sangat kasar dan kaku, sehingga terlihat sekali kalau manga itu adalah manga amatiran yang belum saatnya dirilis. Hal serupa juga disampaikan oleh beberapa pembaca yang menilai manga tersebut kurang rapi dalam penggambarannya (seperti gambar anak kecil).

Tema yang diangkat Hajime Isayama pun dikritisi dan menimbulkan kontroversi karena mengangkat kehidupan remaja yang sangat kelam, dan dikuatirkan akan membuat para remaja masa kini hidup makin apatis dan arogan.

Manga dan anime Attack on Titan juga meraih popularitas di negara-negara Asia, seperti Korea Selatan, Hong Kong, Singapore, Taiwan, dan China. Bahkan ulasan mengenai manga dan anime ini pernah menjadi topik pembahasan dan berita halaman depan harian Am730 pada tanggal 27 Mei 2013 di Hong Kong, karena manga dan anime tersebut sempat mendorong para remaja untuk menyerang Tiongkok (Tiongkok digambarkan oleh remaja Hong Kong sebagai Titan yang harus dihancurkan).
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment