TV Series - GOTHAM (2014 - onward)

Hal yang (mungkin) muncul dalam benak Anda ketika saya menyebut "Gotham City" adalah kotanya Batman. Ya, Gotham City adalah kota kelahiran pahlawan kelelawar yang legendaris tersebut. Nah, baru-baru ini, tepatnya tanggal 22 September 2014 silam, FOX merilis serial televisi terbaru berjudul GOTHAM. Serial hasil pengembangan cerita Bruno Heller - berdasarkan komik produksi DC Comics - ini akan tetap mengisahkan tentang Batman, namun dari sudut pandang yang berbeda. Jika biasanya Batman yang menjadi karakter utama, maka di serial televisi ini, Detektif James Gordon-lah yang menjadi karakter utama yang akan menceritakan tentang sepak terjang Batman dari sudut pandangnya.


Serial ini tidak saja mengisahkan tentang petualangan Gordon, tetapi bagaimana hubungan antara dirinya dan Batman, yang semula memusuhi pahlawan kelelawar itu, namun kemudian menghormati dan bekerja sama dengannya.

Serial ini diawali dengan direkrutnya Detektif James Gordon (diperani Ben McKenzie) dalam kesatuan Gotham City Police Department. Atasan Gordon, yaitu Kapten Sarah Essen (Zabryna Guevara) menugasi Gordon berpasangan dengan Harvey Bullock (Donal Logue), untuk menyidiki kasus pembunuhan yang terjadi pada pasangan suami-istri Thomas dan Martha Wayne.

Dalam penyidikan itu, Gordon berkenalan dengan anak Wayne yang masih belia, bernama Bruce (David Mazouz) yang saat itu telah dirawat oleh Alfred Pennyworth (Sean Pertwee), pelayan setia keluarga Wayne. Lewat informasi yang disampaikan Bruce, Gordon pun mulai mengumpulkan pecahan teka-teki dan informasi berkenaan dengan pembunuhan pasangan suami-istri Wayne tersebut.

Selain menyelidiki kasus pembunuhan itu, Gordon pun berhadapan dengan Kepala Geng Fish Mooney, pebisnis licik Carmine "The Roman" Falcone, Selina Kyle (yang kelak menjadi Cat Woman, musuh sekaligus rekan kerja dan kekasih Bruce Wayne), Edward Nygma (petugas penjara yang kelak menjadi The Riddler, musuh Batman yang berciri khas senang memberikan teka-teki), dan Oswald Cobblepot (yang kelak menjadi The Pinguin, salah seorang musuh bebuyutan Batman yang mirip binatang Pinguin).

Selain itu, dalam penyidikannya, tanpa Gordon ketahui, Bruce yang dia anggap sebagai anak kecil yang tanpa daya, diam-diam berlatih dan bertumbuh menjadi sosok luar biasa yang kelak menjadi pahlawan pelindung kota Gotham yang dikenal dengan sebutan The Dark Knight, atau Batman.


DO YOU KNOW? 
Proyek serial televisi Gotham ini pertama kali diumumkan Fox pada tanggal 24 September 2013, di mana mereka mengabarkan telah membuat sebuah serial televisi tentang Sang Pahlawan Kelelawar yang berbeda dari cerita tradisional Batman pada umumnya. Untuk mewujudkan hal itu, mereka telah menyewa Bruno Heller untuk mengembangkan ceritanya. Bruno Heller sendiri adalah penulis skenario handal asal Inggris yang telah sering bekerja sama dengan banyak stasiun televisi Amerika. Beberapa serial populer yang pernah dibuatnya adalah Rome (untuk HBO), dan serial populer The Mentalist (untuk CBS).

Awalnya Season 1 serial televisi Gotham direncanakan untuk diproduksi dalam 13 episode saja. Namun setelah melihat respon penonton yang cukup positif saat seri pertama ditayangkan Juli 2014 silam, maka Fox mengumumkan akan membuat 3 episode tambahan, sehingga total episode untuk Gotham Season 1 adalah 16 episode.

Seri perdana Gotham ditayangkan tanggal 22 September 2014 silam, dan ditonton lebih dari 8 juta penonton.

Para kritikus memuji seri perdana Gotham dan menyebutnya sebagai serial yang bernilai sangat tinggi, dan didukung oleh para pemain yang sangat tepat dalam membawakan peran mereka. Pendekatan penulis atas karakter Batman dari sudut pandang yang berbeda pun ditanggapi dengan sangat positif karena berbeda dengan film-film Batman yang lain.

David Mazouz - pemeran Bruce Wayne kecil - sebelumnya bermain sangat mengesankan dalam serial televisi Touch sebagai Jake Bohm, anak Kiefer Sutherland yang bisu namun cerdas.

Jada Pinkett Smith - yang tidak lain adalah istri Will Smith - dipercaya memerani karakter Fish Mooney, sang bos mafia yang bekerja sama dengan detektif Harvey Bullock dan bekerja di bawah Carmine Falcone.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment