Recommended Movie - ZOMBIE SCHOOL (좀비스쿨)

Seperti virus yang tidak terbendung penyebarannya ke seluruh dunia. Itulah ungkapan yang mungkin tepat untuk menyebutkan dampak yang ditimbulkan oleh film berkarakter zombie. Sejak diperkenalkan George A. Romero lewat filmnya Night of the Living Dead (1968), karakter zombie menjadi sangat terkenal dan fenomenal. Sudah ribuan film berkarakter ini yang dibuat pasca Night of The Living Dead hingga hari ini (2014). Dan sepertinya banyak orang yang menyukai karakter ini sehingga film jenis ini selalu jadi jaminan box-office setiap kali ditayangkan.

Jika dulu orang tahunya karakter zombie adalah karakter yang hanya muncul di film-film produksi Hollywood, maka sejak tahun 1997, film jenis ini telah mewabah dan menulari sineas serta film-film di luar Amerika. Film Braindead (1997) karya sutradara Peter Jackson menjadi film zombie pertama yang bukan produksi Hollywood, tapi produksi New Zealand. Lalu diikuti sineas lain di seluruh dunia yang juga merilis film-film bertema zombie, seperti Bio Zombie (1998; Hong Kong), 28 Days later (2002; Inggris), Doomsday (2008; Scotlandia), Hsien of The Dead (2012; Singapore), The Dead (2012; India), City of the Dead (2013; China), dan yang paling anyar : Zombie School, film zombie yang diproduksi oleh sineas Korea Selatan.

Film ini terinspirasi dari kejadian nyata pernah terjadi di Korea Selatan pada tahun 2010 - 2011 di mana wabah penyakit kaki dan mulut menyerang ternak, sehingga terjadi pembantaian ternak massal pada masa itu guna mencegah penyebaran virus meluas dan menulari manusia. Dalam film ini, dikisahkan terdapat atusan babi yang terjangkit penyakit kaki dan mulut yang menyebabkan babi-babi tersebut menjadi gila dan mati. Untuk mencegah meluasnya wabah, maka para petani memutuskan untuk membantai sema babi dan menguburinya di sebuah lubang besar. Rupanya, ada beberapa babi yang tidak mati dan keluar dari lubang tersebut.

Babi tersebut berlarian dan menuju sebuah sekolah bernama Chilsung School, yang berlokasi tidak jauh dari tempat penguburan babi tersebut. Sekolah itu merupakan sekolah anak-anak berandal. Babi-babi lalu menggigiti para guru yang ada di sekolah. Dalam waktu singkat, orang yang digigiti berubah menjadi zombie.

Murid-murid yang tadinya merupakan murid berandalan yang susah diatur - bahkan sering berkelahi dengan sesama rekannya - mau tak mau harus bersatu untuk menghadapi guru-guru mereka yang telah berubah menjadi zombie, juga para babi yang juga merusaha menulari serta memakan hidup-hidup para murid tersebut.

Film horor berdurasi 86 menit yang disutradarai Kim Seok Jung dan diperani Baek Seo Bin, Kim Seung Hwan, Ha Eun Sul, Kim Kyeong Ryong, dan Park Jae Hoon ini merupakan genre film yang cukup "langka" dibuat di Korea Selatan tahun ini. Memang sepanjang tahun ini, sineas Korea Selatan lebih banyak memfokuskan diri pada film-film drama dan eksyen, sehingga film bergenre horor dan thriller sangat jarang dijumpai. Meski demikian, film ini merupakan terobosan baru buat sineas Korea, mengingat inilah film bertema zombie pertama yang diangkat dan diproduksi Korea Selatan.


DO YOU KNOW? 
Film ini pertama kali ditayangkan tanggal 17 Juli 2014 dalam acara 18th Puchon International Fantastic Film Festival. Penayangan secara nasional (dan internasional) dilakukan tanggal 25 September 2014 silam.


NewerStories OlderStories Home

1 comment: