TV Series Recommendation - RAY DONOVAN (2013 - onward)

Awalnya saya kurang menyukai serial ini karena alurnya yang "serba tanggung". Kalo dibilang drama, serial ini cukup banyak eksyennya. Kalo dibilang serial eksyen, dramanya juga terlalu dominan. Meski demikian, di luar dugaan saya, serial ini justru merupakan serial yang paling banyak peminatnya dan ditonton banyak orang. Bahkan episode pertamanya memecahkan rekor penonton terbanyak. Tidak hanya itu, serial ini mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi dari kritikus film. Ini yang jadi alasan mengapa akhirnya saya balik arah untuk "mempelajari" serial ini.

Ray Donovan merupakan serial produksi Showtime Network. Kreasi Ann Biderman ini pertama kali tayang di layar kaca tanggal 30 Juni 2013 silam, di mana season pertama bertotal 12 episode. Season kedua sedang tayang di Amerika Serikat dan baru saja berakhir 28 September 2014 kemarin. Season ketiga rencananya akan mulai diproduksi awal tahun depan dan mulai tayang pertengahan tahun 2015.

Garis besarnya, serial ini mengisahkan tentang Ray Donovan (diperani Liev Schreiber), seorang "fixer" (orang yang membereskan masalah serta melenyapkan bukti kejahatan) yang bekerja di Firma Hukum Goldman & Drexler, sebuah firma hukum yang cukup ternama dan berpengaruh di Los Angeles. Selain menghadapi tugas yang berat, Ray juga harus berurusan dengan keluarganya - Abby (Paula Malcomson) istrinya, Bridget (Keris Dorsey) anak perempuannya, dan Conor (Devon Bagby) anak lelakinya - yang kurang menghargainya.

Hubungannya dengan keluarga makin kurang harmonis ketika ayah Ray, Mickey (Jon Voight) bebas bersyarat dari penjara dan tinggal bersama mereka. Ray yang memang sudah lama tidak harmonis dengan Mickey berusaha mengembalikan Mickey ke penjara. Tapi di luar dugaan, tindakannya justru memperkeruh hubungannya dengan Abby.

Di sela-sela pekerjaannya, Ray mencoba memperbaiki hubungannya dengan kedua anaknya. Meski agak sulit, namun akhirnya dia bisa diterima oleh anak-anaknya. Sementara itu, Ray belakangan baru mengetahui kalau ada hal terselubung di balik bebasnya Mickey yang membahayakan pekerjaan dan karirnya, serta membuatnya harus terlibat dengan FBI.

Yang menarik dalam serial ini adalah adu akting yang terjadi antara Liev Schreiber dan Jon Voight sepanjang serial ini. Seperti yang kita ketahui, Liev adalah aktor kawakan yang sangat populer berkat peran-peran eksyen yang selalu dibawakannya seperti di trilogi Scream (1996, 1997, dan 2000), The Sum of All Fears (2002), X-Men Origins : Wolverine (2009), Salt (2010), serta Repo Man (2010).

Sedangkan Jon Voight adalah ayah Angelina Jolie yang terkenal sebagai aktor veteran serba bisa Pemenang Oscar yang terkenal lewat film-film multi-genre seperti Midnight Cowboy (1969), Coming Home (1978; film ini menghadiahinya Piala Oscar untuk Best Actor), The Champ (1979), Runaway Train (1985), Mission : Impossible (1997), dan Transformers (2007). Sebelum bermain di serial televisi ini, Voight sudah lebih dulu bermain di serial 24 Season 6 (berperan sebagai ayah Jack Bauer) dan beradu akting dengan Kiefer Sutherland.

Tentu saja melihat adu akting kedua aktor ini merupakan tontonan langka yang layak disimak, terlebih lewat layar kaca.


DO YOU KNOW?
Serial ini banyak diramaikan oleh kehadiran aktor dan aktris kawakan yang bermain sebagai cameo atau bintang tamu. Sebut saja James Woods (Season 1) dam Hank Azaria (Season 2). James Woods adalah aktor kawakan yang sudah melegenda lewat perannya di film-film eksyen era 1970-2000an awal, seperti The Visitors (1972), The Onion Field (1979), Once Upon A Time in America (1984), Cat's Eye (1985), Salvador (1986), Best Seller (1987), Casino (1995), Hercules (1997), Vampires (1998), John Q (2002), dan lain-lain. Sedangkan Hank Azaria adalah pengisi suara Bart Simpson untuk serial animasi legendaris The Simpsons yang juga populer sebagai aktor. Beberapa film yang sudah diperani Hank adalah The Birdcage (1996), Godzilla (versi 1998), Along Came Polly (2004), Night of The Museum : Battle of The Smithsonian (2009), dan The Smuffs (2011).

Serial Ray Donovan mendapatkan anugrah Most Exciting New Series di ajang Critics' Choice Television Award di bulan Juni 2013.

Serial ini juga meraih 2 penghargaan Golden Globe (Desember 2013) untuk kategori Best Actor in A Television Drama Series (Liev Schreiber) dan Best Supporting Actor in A Television Series (Jon Voight).

Serial ini juga meraih penghargaan Outstanding Supporting Actor in A Drama Series (Jon Voight) pada 66th Primetime Emmy Awards (Juli 2014).




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment