New Hong Kong TV Series - THE ELECTION (選戰)

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 19 November 2014, HKTV - salah satu stasiun televisi swasta Hong Kong - melakukan jumpa pers dalam rangka memperkenalkan serial televisi terbarunya. Bertempat di JW Marrioutt Hotel Hong Kong, Ricky Wong selaku Executive Produser dari HKTV mengundang para wartawan, serta lebih dari 100 perusahaan iklan, dan puluhan artis HKTV (termasuk Felix Wong, Liu Kai Chi, Frankie Lam, Dominic Lam, Sunny Chan, Ha Yu, dan Bondy Chiu yang baru-baru ini habis masa kontraknya dengan HKTV).

Sebenarnya dalam acara tersebut, ada 2 serial televisi yang mereka perkenalkan, yaitu The Election dan The Borderline, di mana kedua serial itu sama-sama diperan-utamai oleh Liu Kai Chi. Dari kedua serial tersebut, The Election mendapat perhatian paling besar. Selain karena alur ceritanya yang tidak biasa, lokasi shooting keseluruhan adegan dilakukan di luar studio. Hal ini sangat tidak lazim, mengingat semua serial televisi selalu menggunakan shooting di dalam studio demi penghematan biaya produksi. Namun The Election menggunakan pendekatan layaknya serial-serial televisi Hollywood yang menggunakan lokasi shooting di luar studio, sehingga adegan yang ditampilkan lebih natural dan nyata.

Dalam jumpa pers tersebut, para pengunjung mendapat kesempatan menyaksikan penayangan episode pertama - dari rencana 30 episode - serial The Election.

Secara garis besar, serial bergenre drama-misteri-politik ini mengambil setting Hong Kong tahun 2017 di mana Yip Ching (diperani Angelica Lee) baru kehilangan suaminya Wai Man Hin (Poon Chan Leung) - seorang kandidat Dewan Rakyat - yang mengalami kecelakaan mobil, satu malam menjelang pemilihan Wakil Rakyat Hong Kong tahun 2017.  Di waktu bersamaan, media merilis berita kasus perselingkuhan yang dilakukan seorang kandidat Dewan Rakyat, Luk Wai To (Savio Tsang).

Sebelumnya, Presiden Konsulat Legislatif Hong Kong Sung Man Shan (Liu Kai Chi) sudah lama berniat melengserkan Luk Wai To dari posisi Dewan Rakyat. Namun dengan munculnya skandal tersebut, dia sudah punya alasan kuat untuk menjatuhkan anggota legislatif tersebut. Namun sebelum dia melakukan tindakan lebih lanjut, di luar dugaan, Pemerintah Tiongkok Daratan - yang kala itu sudah menguasai jalan pemerintahan Hong Kong - justru meminta Sung mendukung Luk sepenuhnya, bahkan mengupayakan cara untuk bisa menaikkan posisi Luk menjadi Ketua Legislatif Dewan Rakyat Hong Kong. Hal ini menimbulkan tanda tanya besar dalam diri Sung yang segera menyadari kalau memang ada konspirasi tingkat tinggi yang sangat berbahaya di dalam tubuh Dewan Rakyat.

Angelica Lee as Yip Ching
Sementara itu, kematian Wai Man Hin ternyata berkaitan pula dengan rencana pengangkatan Luk sebagai Ketua Legislatif. Hal ini diketahui oleh Asisten Wai yang setia, dan menyampaikan hal ini pada Yip Ching. Mengetahui kalau kematian suaminya bukanlah kematian wajar dan ada kaitannya dengan rencana pemilihan Ketua Legislatif Dewan Rakyat, maka Yip Ching memutuskan untuk maju menjadi kandidat pemilihan Calon Legislatif dan berusaha untuk menduduki posisi Ketua. Selain melanjutkan perjuangan suaminya yang ingin menciptakan pemerintahan bersih dan bebas korup, dia pun berusaha untuk mencari bukti adanya keterlibatan para calon kandidat Dewan Rakyat di balik kematian suaminya.

Perjuangan Yip Ching tidak mudah. Selain harus berhadapan dengan cibiran banyak orang yang meragukan kemampuannya, Yip Ching pun kemudian menyadari jika tidak semua orang yang berjuang dengannya adalah orang-orang yang bisa dipercaya. Bahkan ada sebagian yang berniat menghabisi dirinya, sama seperti saat mereka menghabisi suaminya.

Menilik alur ceritanya, serial ini terbilang sangat relevan dengan kejadian yang baru-baru ini terjadi di Hong Kong di mana terjadi aksi penolakan masyarakat atas rencana pemerintah Tiongkok Daratan yang mengekang hak suara dan demokrasi di Hong Kong. Jadi perilisan serial ini terbilang sebuah langkah yang tepat dan diharapkan akan langsung menjadi jawara di rating acara televisi Hong Kong.

Angelica Lee yang sebelumnya saya kenal sebagai aktris film horor Hong Kong yang pernah mengesankan saat bermain dalam film layar lebar The Eye, akhirnya bisa menampilkan akting yang luar biasa. Dalam seri ini, dia tampak lebih matang dan sangat dewasa. Dia mampu tampil sangat meyakinkan sebagai seorang wanita yang tegas, keras, dan penuh strategi. Sepanjang episode pertama, penonton dipuaskan dengan akting Angelica yang luar biasa sempurna dan mengejutkan. Buat saya, inilah penampilan Angelica Lee yang luar biasa dan tidak bisa dilupakan begitu saja.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment