10 Serial Korea Terbaru Desember 2014

Memasuki akhir tahun 2014, serial Korea Selatan makin banyak saja yang tayang sehingga cukup menyulitkan saya untuk memilih serial yang terbaik yang bisa diangkat dalam tulisan ini. Berbeda dengan serial-serial sebelumnya, di masa ini banyak sekali terobosan yang dilakukan para produser serial terlevisi tersebut, sehingga cerita yang diangkat pun lebih beragam dan bervariasi.

Jika sebelumnya serial Korea selalu menampilkan cerita tentang persaingan cinta segitiga dan perebutan harta keluarga - yang sangat mirip dengan alur cerita sinetron Indonesia kebanyakan - maka cerita yang bevariasi. Mulai dari perang bisnis, pertarungan ibu dan anak, kehidupan pekerja kantoran, hingga soal pernikahan dini. Wow.... menarik sekali.

So.... inilah 10 serial Korea terbaru pilihan saya untuk bulan Desember 2014 ini.


1. TEARS OF HEAVEN (천국의 눈물)
Ditayangkan     : MBN
Tanggal tayang : 11 Oktober 2014 - 29 Maret 2015
Total episode    : 50

Serial ini mengangkat cerita yang cukup berbeda dan menarik.  Dikisahnya kalau Yoon Cha Young (diperani Hong Ah Reum) adalah seorang gadis muda yang sejak kecil telah kehilangan orang tuanya. Sejak kecil, dia selalu mengira ibunya adalah wanita baik yang kini telah meninggal dan telah bahagia di Surga.

Tapi belakangan, dia mengetahui kalau ibunya, Yoo Sun Kyung (Park Ji Young), adalah wanita yang serakah dan haus kekayaan. Demi mengejar kekayaan, Ibunya tega menelantarkan Cha Young. Mengetahui fakta itu, Cha Young berniat membalaskan dendam dan kekecewaannya pada sang Ibu, dengan berusaha menghancurkan apa yang dimiliki Ibunya. Sun Kyung bukannya wanita bodoh. Ketika tahu rencana anaknya, Sun Kyung pun menyiapkan strategi untuk menghalangi aksi Cha Young. Siapakah yang akan menang dalam pertarungan hidup-mati ibu dan anak ini?



2. MISAENG (미생 - 아직 살아 있지 못한 자)
Ditayangkan       : tvN
Tanggal tayang   : 17 Oktober - 20 Desember 2014
Total episode      : 20

Diangkat dari komik-web paling populer asal Korea Selatan berjudul sama karya Yoon Tae Ho, serial ini mengisahkan tentang Jang Geu Rae (diperani Yim Si Wan), seorang pemuda idealis yang sejak kecil sangat menyukai permainan Baduk (di luar negeri dikenal dengan nama permainan "Go". Saya pernah mengupas tentang permainan Go di artikel sebelumnya di link berikut ini : http://funtertainment-facts.blogspot.com/2014/11/recommended-movie-divine-move.html).

Geu Rae bercita-cita untuk menjadi Pemain Go profesional saat dia dewasa nanti. Namun  setelah lulus kuliah, dia harus membuang jauh-jauh idealisnya dan harus menghadapi kenyataan bahwa menjadi Pemain Go tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu, dia pun melamar bekerja kantoran.

Tanpa kemampuan yang memadai, Geu Rae ternyata sulit mendapatkan pekerjaan. Beruntung akhirnya dia diterima bekerja sebagai staf di sebuah perusahaan trading bernama One International. Di perusahaan itu, dia berkenalan dengan Manager Oh Sang Shik, Atasannya yang workoholic tapi berkepribadian sangat baik. Dia juga berkenalan dengan rekan sekerjanya : Ahn Young Yi (Kang So Ra) yang sangat kompeten dan dapat menyelesaikan pekerjaan apapun dengan sangat baik, dan Jang Baek Gi (Kang Ha Neul) yang seorang staf yang sangat tertutup dan diam-diam menyimpan agenda pribadi untuk bisa naik pangkat dengan cepat.

Geu Rae kemudian menyadari kalau pengetahuan Baduk yang dimilikinya, ternyata sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam pekerjaannya. Dengan kemampuannya inilah, dia berhasil menyelesaikan banyak masalah dalam pekerjaan.

Komik Misaeng sendiri merupakan komik yang paling banyak dibaca oleh orang Korea Selatan. Setidaknya hingga hari ini, komik tersebut telah dibaca seorang online oleh lebih dari 1 milyar orang. Begitu terkenalnya komik ini, Misaeng pun telah dicetak dalam bentuk komik manhwa dan telah terjual hingga 600.000 kopi hingga hari ini. Komik Misaeng merupakan komik "wajib" bagi para pekerja kantoran di Korea Selatan saat ini.



3. ROSY LOVERS (장미빛 연인들 )
Ditayangkan      : MBC
Tanggal tayang  : 18 Oktober 2014 - 5 April 2015
Total episode     : 50

Baek Jang Mi (diperani Han Sun Hwa) adalah anak manja dari keluarga kaya-raya. Dia saat ini sedang kuliah di perguruan tinggi jurusan Desain. Keluarganya ingin menjodohkan Jang Mi pada seorang lelaki dari keluarga terpandang. Namun Jang Mi menolak, dan lebih memilih berkencan dan menjalin hubungan dengan seorang pria dari keluarga miskin bernama Park Cha Dol (Lee Jang Woo).

Cha Dol adalah anak semata wayang yang tinggal bersama ibunya. Melihat ibunya yang susah-payah membanting tulang untuk menyekolahkan anaknya tersebut, Cha Dol bersumpah untuk bisa mengumpulkan uang agar bisa membahagiakan ibunya. Niat tulus Cha Dol ternyata harus terhalang
setelah Jang Mi hamil akibat hubunganya dengan Cha Dol. Maka guna menutupi aib in, Cha Dol akhirnya harus menikahi Jang Mi.

Dengan kondisi masih kuliah, tidak punya pekerjaan, dan masih berusia sangat muda, Cha Dol dan Jang Mi harus merasakan kehidupan berumah tangga. Apalagi setelah anak perempuan mereka lahir, kehidupan keluarga muda ini makin tidak menentu dan berada di jurang kehancuran. Namun perlahan-lahan, keduanya mulai belajar untuk saling menerima, dan bersikap lebih dewasa. Sehingga rumah tangga yang nyaris hancur berantakan tersebut, akhirnya terselamatkan.

Serial ini cukup fantastis karena berhasil menyedot perhatian pemirsa Korea Selatan. Terbukti sejak pertama tayang hingga hari ini (saat artikel ini saya tulis, serial ini telah tayang episode 16), serial ini tidak pernah bergeming dan setiap episodenya selalu berada di rating posisi 1 - 3 dengan ditonton antara 16 - 20 juta orang penonton Korea Selatan.



4. LIAR GAME ( 라이어 게임)
Ditayangkan     : tvN
Tanggal tayang : 20 Oktober - 25 November 2014
Total episode    : 12
 ,
Diangkat dari manga Jepang berjudul Liar Game (Raia Gemu) karya Shinobu Kaitani, serial bergenre thriller yang cukup menegangkan ini mengisahkan tentang Na Da Jung (Kim So Eun), seorang gadis yang terlilit hutang dan mengikuti audisi sebuah acara televisi yang menawarkan hadiah 10 juta Won. Da Jung berharap dapat memenangkan hadiah tersebut, agar dapat melunasi hutannya.


Melalui audisi yang direkam lewat kamera tersembunyi, Da Jung akhirnya berhasil lolos menjadi salah seorang peserta acara tersebut. Dalam acara berjudul Liar Game, para peserta bertugas untuk saling menipu satu sama lain. Hanya ada 1 pemenang dalam acara ini yang akan mendapatkan hadiah utama, jika dia berhasil menipu dan menjebak para pemain lain dalam acara tersebut.

Da Jung terpaksa bekerja sama dengan kontestan lain - sang penipu ulung sekaligus Profesor Ahli Psikologi Ha Woo Jin (Le Sang Yoo) - untuk bisa memenangkan permainan berbahaya ini.



5. LEGENDARY WITCHES (전설의 마녀 )
Ditayangkan     : MBC
Tanggal tayang : 25 Oktober 2014 - 22 Feb 2015
Total episode    : 36

Empat orang wanita dipenjara akibat perbuatan yang tidak mereka lakukan. Moon Soo In (Ha Ji Hye), menikah dengan anak sulung dari keluarga Shinhwa Group, perusahaan roti terbesar di Korea Selatan. Ketika suaminya meninggal, keluarga Shinhwa menuduh Moon melakukan praktek bisnis ilegal, dan membuatnya masuk penjara.

Di dalam penjara, Moon berkenalan dengan Shim Bok Nyeo (Go Doo Shim), seorang wanita yang baik hati yang dituduh membunuh suami dan anaknya. Selain itu, mereka juga berkenalan dengan Son Poong Gem (Oh Hyun Kyung) yang dituduh melakukan penipuan, serta mantan model Seo Mi Oh (Ha Yeon Soo) yang dipenjara karena dituduh berusaha membunuh anak bungsu dari keluarga Shinhwa Group, yang tidak lain adalah kekasihnya.

Keempatnya menyadari kalau mereka punya nasib yang sama : Sama-sama dijebak oleh keluarga Shinhwa Group.  Berbekal kemampuan membuat roti dan kue yang mereka pelajari selama di penjara, keempatnya kemudian bebas untuk kemudian mempersiapkan pembalasan dendam kepada Shinhwa Group.

Serial yang ceritanya terbilang unik ini secara meyakinkan menjadi serial yang paling disukai para penonton. Bersaing ketat dengan Rosy Lovers, rating setiap episode serial ini juga selalu berada di posisi 1 - 3.



6. DODOHARA ( 도도하라)
Ditayangkan       : SBS Plus
Tanggal tayang   : 27 Oktober - 24 November 2014
Total episode      : 10

Serial bergenre drama-komedi ini mengisahkan tentang perjuangan seorang pria dan dua orang wanita dalam menjalankan bisnis pakaian online-shop. 

Adalah So Ra Hee (Shin So Yool), seorang gadis yang sudah bekerja cukup lama di sebuah toko pakaian di Dongdaemun, Seoul. Setelah melewati tahun ke-10 dari masa kerjanya, Ra Hee berniat membuka usaha jual pakaiannya sendiri. Dia kemudian bertemu dengan Hong Ha Ra (Yoo Ra) yang super centil dan selalu melakukan pekerjaan aneh hanya demi mendapatkan uang yang kemudian dibelanjakannya membeli pakaian. Keduanya bertemu dan memutuskan untuk membuka online shop yang khusus menjual pakaian.

Dengan dibantu Noh Chul (Yoo Min Kyu) - kekasih Ha Ra, yang ternyata adalah mantan Ra Hee - ketiganya kemudian memulai bisnis online mereka.



7. FAMILY SECRETS (가족의 비밀 )
Ditayangkan      : tvN
Tanggal tayang  : 27 Oktober 2014 - TBA
Total episode     : 100

Serial drama yang terbilang cukup panjang ini merupakan adaptasi dari telenovela Chili berjudul "Donde Esta Elisa?" (Where is Elisa?) yang ditayangkan di TVN (Television Nacional de Chile) pada tahun 2009 silam. Telenovela karya penulis Pablo Illanes yang diproduksi di Miami Florida ini meraih kesuksesan yang luar biasa saat ditayangkan di Chili dan Amerika Serikat. Bahkan di Korea pun serial ini terbilang cukup populer, sehingga akhirnya dibuat versi Koreanya.

Mengikuti alur cerita yang mirip, serial bergenre drama-misteri ini menwgisahkan tentang Ko Eun Byul (Ryu Hyo Young), seorang gadis yang terlahir dari keluarga kaya raya. Seharusnya dia akan menjadi pewaris perusahaan raksasa milik kakeknya. Namun di hari pada saat dia akan disahkan sebagai penerus perusahaan, sekaligus meresmikan pertunangannya dengan sang kekasih, Eun Byul tiba-tiba menghilang.

Ibunya, Jung Yun (Shim Eun Gyung), berjuang mati-matian untuk menemukan anaknya tersebut. Namun dalam pencariannya, Jung Yun kemudian menemukan fakta mengejutkan tentang Keluarga Chaebol yang akan menjadi besannya. Diam-diam ada rencana konspirasi yang dihimpun keluarga tersebut untuk menghancurkan keluarga Jung Yun. Rencana apa? Mengapa? Di manakah Eun Byul berada?



8. PRIDE AND PREJUDICE (오만과 편견 )
Ditayangkan      : MBC
Tanggal tayang  : 27 Oktober 2014 - 6 Januari 2015
Total episode     : 20

Cukup jarang produser serial televisi Korea Selatan membuat drama tentang pengadilan. Jadi cukup wajar jika saat serial ini ditayangkan, langsung menyedot perhatian banyak penonton.

Serial ini mengisahkan tentang Gu Dong Chi (Choi Jin Hyuk), seorang remaja yang sangat cerdas dan telah menjadi Jaksa Penuntut saat usianya baru 21 tahun. Dengan kecerdasannya yang di atas rata-rata, Dong Chi kemudian bergabung dengan kelompok pengacara dalam sebuah firma pengacara terkemuka di Korea Selatan.

Di sana, ada juga Han Yeol Mu (Baek Jin Hee), seorang calon pengacara yang sedang magang di kantor tersebut dan disupervisi langsung oleh Dong Chi. Yeol Mu dulunya adalah seorang detektif yang kemudian memutuskan untuk menjadi pengacara publik setelah melihat banyak ketidakadilan di pengadilan.

Selain itu, di kantor tersebut, Dong Chi dan Yeol Mu harus bekerja sama dengan Jaksa veteran berpembawaan tenang Moon Hee Man (Choi Min Soo), mantan polisi dan atlet Taekwondo Kang Soo (Lee Tae Hwan), dan mantan pejudi yang bisu Jung Chang Gi (Son Chang Min). Berlima mereka berjuang menolong orang-orang tidak berdosa, dan tertindas oleh orang-orang yang tidak tersentuh hukum.

Pada saat tayang perdana, serial ini secara gemilang berhasil duduk di peringkat ke-4. Rating episode selanjutnya bertengger di peringkat 5 - 9 (kecuali episode 5 yang secara mengejutkan berhasil duduk di peringkat ke 3).



9. BIRTH OF A BEAUTY (미녀의 탄생 )
Ditayangkan     : SBS
Tanggal tayang : 1 November 2014 - 4 Januari 2015
Total episode    : 20

Serial drama komedi ini mengingatkan saya pada film layar lebar Korea Selatan 200 Kg of Beauty yang sempat jadi box-office di awal tahun 2000 silam. Meski sama-sama mengisahkan tentang perubahan postur seorang wanita gemuk menjadi cantik, namun Birth of A Beauty memiliki cerita yang cukup berbeda dengan 200 Kg of Beauty.

Serial ini bertutur tentang Han Tae Hee (Joo Sang Wook), seorang pria pewaris perusahaan besar di Korea Selatan. Sebagai seorang calon pewaris tahta perusahaan keluarganya, Tae Hee berharap untuk dapat memiliki seorang kekasih yang dapat menjadi pendampingnya dalam menjalani usaha keluarganya tersebut. Namun sang gadis justru meninggalkannya.

Tae Hee yang sangat kecewa, memutuskan untuk membalaskan sakit hatinya pada mantan kekasihnya, dengan mengubah seorang gadis bertubuh gemuk bernama Sa Geum Ran (Ha Jae Sook) menjadi seorang wanita cantik bernama Sara, agar nanti bisa dijadikannya kekasih bohongan untuk dipamerkan pada mantan kekasihnya. Dalam proses menguruskan tubuh Geum Ran itulah, Tae Hee kemudian mendapati lagi cintanya. Dia kemudian menyadari bahwa kecantikan paling sempurna bukanlah berasal dari wujud yang tampak, tapi dari hati yang terdalam.



10. MR BACK ( 미스터 백)
Ditayangkan     : MBC
Tanggal tayang : 14 November - 25 Desember 2014
Total episode    : 16

Bagaimana rasanya jika Anda diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan mengubah semua hal buruk menjadi baik? Alur inilah yang diangkat oleh drama seri bergenre komedi-romantis-fantasi ini. Serial ini sendiri merupakan adaptasi dari novel "Old Man" karya Lee Jo Young.

Adalah Choi Go Bong (Shin Ha Kyun), seorang pria berusia 70 tahun dan pemilik sebuah hotel. Pria ini adalah pria yang sangat sombong dan egois. Sepanjang hidupnya, hanya 2 hal saja yang menjadi pusat perhatiannya : Dirinya sendiri dan uang. Tidak heran jika di usia tuanya, Go Bong tidak punya kekasih dan keluarga, karena tidak ada yang mau dengannya.

Namun satu ketika, sebuah keajaiban terjadi. Go Bong tiba-tiba berubah menjadi muda kembali dan menjadi pria berusia 30 tahun. Dengan kesempatan yang diterimanya, Go Bong mencoba untuk berubah. Dan untuk pertama kalinya, dia bisa merasakan hangatnya cinta. Go Bong berkenalan dengan seorang gadis ceria yang sangat ulet bernama Eun Ha Soo (Jang Nara). Setelah merasa masa depan karirnya mentok, Ha Soo kemudian berhenti bekerja, lalu pindah kerja ke hotel milik Go Bong.

Saat Ha Soo bekerja di hotelnya, Go Bon mulai belajar bagaimana menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. Sementara Ha Soo pun belajar bagaimana untuk pertama kalinya dia merasakan penghargaan atas usaha dan jerih-payah kerjanya.

Serial ini pun banyak diminati penonton di Korea. Rating setiap episode serial ini selalu bertengger antara 3 - 10, yang menandakan minat dan animo penonton terhadap serial ini.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment