Film Hollywood Rilis Desember 2014

Jujur saya kurang "bergairah" dengan film-film Hollywood yang akan dirilis bulan Desember 2014 mendatang. Tidak banyak film bagus dan "wajib" dinanti bulan depan. Paling juga yang paling menarik adalah The Hobbit. Dan hanya itu saja. Meski demikian, saya mencoba "mencari-cari", kira-kira film apa lagi yang menarik.

Dan akhirnya, saya temukan film-film yang cukup pantas untuk ditunggu, meski sebenarnya tidak ditonton pun juga tidak apa-apa. Ya... daripada tidak ada tontonan ...


THE PYRAMID (Rilis : 5 Desember 2014)
Sutradara      : Gregory Lavesseur
Pemeran        : Ashley Hinshaw, Denis O'Hare, James Buckley, Daniel Amerman
Durasi           :  89 menit

Bulan ini diawali dengan film horor yang cukup menarik untuk ditongkrongi. Film ini mengisahkan tentang sekelompok arkeolog yang menemukan adanya piramida  yang terkubur di dasar Gurun Pasir Mesir.

Setelah berhasil membongkar isi piramida itu dengan susah payah, para arkeolog ini justru terjebak di dalam labirin piramid yang sangat kompleks. Semakin berusaha mencari jalan keluar, mereka justru semakin terjebak ke dalam piramid tersebut. Dan yang lebih mengerikan lagi : ternyata di dalam piramid tersebut ada sesuatu yang bersembunyi dan mengintai mereka. Satu persatu anggota arkeolog itu hilang dan tewas.

Apa yang ada di dalam piramid tersebut? Berhasilkah para arkeolog itu selamat?



EXODUS : GODS AND KINGS (Rilis : 12 Desember 2014)
Sutradara       : Ridley Scott
Pemeran        : Christian Bale, Joel Edgerton, John Turturro,  Aaron Paul, Ben Mendelsohn
Durasi           : 150 menit

Ridley Scott adalah sutradara papan atas yang dikenal karena film-filmnya yang legendaris dan fenomenal, seperti Blade Runner (1982), Gladiator (2000), Black Hawk Down (2001), Hannibal (2001), Kingdom of Heaven (2005), American Gangster (2007), dan Prometheus (2012). Kali ini dia hadir kembali lewat film fenomenal dan fantastisnya Exodus : Gods and Kings yang akan dirilis tanggal 12 Desember 2014 mendatang.

Mengadaptasi kitab Keluaran dari Kejadian Lama, film ini mengisahkan tentang Nabi Musa (Christian Bale) yang menuntun bangsa Yahudi lepas dari perbudakan dan keluar dari Mesir. Untuk bisa keluar dari negara yang dipimpin Raja Ramses II (Joel Edgerton), Musa harus menghadapi jalan yang tidak mudah.

Bahkan setelah berhasil melepaskan bangsa Yahudi pun, Musa masih dikejar oleh prajurit Mesir. Hingga pada akhirnya, Musa dan bangsanya terjebak di pinggir Laut Merah.

Pengambilan gambar kebanyakan dilakukan di Pinewood Studios, Inggris. Sebagian lagi dilakukan di Tabernas (Almeria), Sierra Alhamilla (Almeria), dan Fuerteventura (Pulau Canary).

Saat proses pengambilan gambar, film ini sempat dikritik oleh Sydney Morning Herald dan Christian Today yang memprotes penggunakan aktor non-Yahudi dan non-Afrika dalam film ini. Sebut saja Christian Bale yang memerani peran Musa, Joel Edgerton sebagai Ramses II, Sigourney Weaver sebagai Ratu Tuya, dan Aaron Paul sebagai Joshua. Kritik dan protes ini mengingatkan para penonton kembali ke jaman dulu, saat film The Ten Commandments (1956) dibuat. Pada masa itu, semua pemeran di film yang juga diadaptasi dari Kitab Keluaran adalah aktor berkulit putih, dan sama sekali tidak ada aktor Yahudi dan Afrika, sehingga mendapat kecaman karena melakukan tindakan rasialis.

Selain itu, saat penayangan screening film, banyak kritisi yang mengecam Ridley Scott yang justru menggunakan penggambaran "bencana alam" untuk menggambarkan kejadian saat Musa membelah Laut Merah. Penjelasan Scott yang menampilkan Laut Merah terbelah sebagai akibat dari gempa bumi dan tsunami, jelas-jelas tidak bisa diterima, terutama oleh para pengikut ajaran Kristiani. Lebih parahnya, Christian Bale mengomentari peran Musa yang dibawakan dengan mengatakan kalau Musa adalah karakter yang menderita schizophrenic dan berperilaku barbar. Pernyataan ini menimbulkan perdebatan yang cukup panas, yang mana dikuatirkan akan sangat mempengaruhi perolehan finansial dari film ini.



THE HOBBIT : THE BATTLE OF THE FIVE ARMIES (Rilis : 12 Desember 2014)
Sutradara     : Peter Jackson
Pemeran       : Ian McKellen, Martin Freeman, Richard Armitage, Evangeline Lilly, Lee Pace
Durasi          : 144 menit

Inilah seri terakhir dari perjalanan panjang Bilbo Baggins (Ian Holm), Gandalf (Ian McKellen), dan 7 orang Kurcaci. Setelah berhasil menguasai Erebor dan harta karun milik Naga Smaug, Thorin Oakenshield mengorbankan diri untuk mencari Arkenstone. Sementara itu, Sauron (Christopher Lee) mengerahkan Legion Keempat Orcs-nya untuk menyerbu Lonely Mountain.

Perang besar pun terjadi antara manusia, Elves, Kurcaci, dan Orc pun dimulai. Mampukah manusia, Elves, dan Kurcaci bersatu untuk melawan Orc untuk menjaga kedamaian?



INTO THE WOORDS (Rilis : 25 Desember 2014)
Sutradara      : Rob Marshall
Pemeran       : Meryl Streep, Emily Blunt, James Corden, Anna Kendrick, Chris Pane, Johnny Depp
Durasi          : 124 menit

Meski posternya cukup "seram" tapi percayalah : Film ini sangat pas untuk ditonton oleh keluarga. Diproduseri dan didistribusikan oleh Walt Disney Studio, film bergenre drama fantasi - musikal ini mengambil kisah dunia peri dan menggabungkan beberapa karakter dari cerita fantasi legendaris klasik seperti Little Red Riding Hood, Jack and The Beanstalk, Rapunzel, dan Cinderella.

Dikisahkan ada sepasang suami-istri The Baker (James Corden dan Emily Blunt) yang menyadari kalau mereka dikutuk oleh Sang Penyihir (Meryl Streep) sehingga tidak punya anak. Untuk bisa menghancurkan kutukan itu, mereka harus masuk ke hutan, mencari benda yang dapat menghancurkan kutuk agar bisa punya anak.

Dalam perjalanan di dalam hutan itulah, pasangan Baker kemudian berkenalan dengan beberapa karakter cerita klasik seperti Little Red Riding Hood (Lilla Crawford), Rapunzel (Mackenzie Mauzy), dan Jack (Daniel Huttlestone).Tidak hanya berkenalan, tapi pasangan Baker juga ikut serta dalam petualangan masing-masing karakter itu, karena kehidupan mereka semua berhubungan dengan Sang Penyihir.







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment