Movie Review - REC 4 : APOCALYPSE

Seri pertama film ini dirilis pada tahun 2007 silam. Saya menontonnya, dan sepertinya inilah film horor Spanyol yang paling fenomenal yang pernah ada. Mengikuti genre "found footage" seperti film-film Hollywood yang baru booming pada waktu itu, film ini dengan sangat sederhana, juga mengetengahkan hal yang serupa. Meski demikian, kengerian yang ditampilkannya sungguh-sungguh luar biasa dan penuh kejutan. Tidak heran, Rec (atau dikenal dengan judul [.REC]) akhirnya menjadi film yang cukup sukses dan menjadi franchise yang selalu menguntungkan.

Tahun ini, sekuel ketiga dari Rec berjudul Rec 4 : Apocalypse dirilis. Film ini ditayangkan perdana di Toronto International Film Festival pada tanggal 9 September 2014 dan Sitges Film Festival tanggal 3 Oktober 2014 silam. Di Spanyol, film ini baru tayang secara luas pada tanggal 31 Oktober 2014. Untuk negara di luar Spanyol, film ini akan tayang 2 Januari 2015.

Meski merupakan sekuel langsung dari seri kedua Rec, film Rec 4 tidak menggunakan pakem "found footage" seperti film terdahulunya. Film Rec 4 dibuat layaknya film action biasa. Beberapa bagian "found footage" tetap dimasukkan sebagai bagian film hanya sekedar menunjukkan adanya hubungan antara film in dengan seri sebelumnya.

Alur cerita film ini melanjutkan cerita apa yang tertinggal di seri kedua Rec. Dikisahkan 6 jam pasca kejadian di Rec 2, sekelompok polisi memasuki gedung tempat kejadian terjadi. Di gedung yang masih dipenuhi oleh zombie, anggota polisi Guzman (diperani Paco Manzanedo) berhasil menyelamatkan Angela Vidal (Manuela Velasco), sang wartawati yang terjebak di dalam gedung.

Adegan pun berpindah ke sebuah kapal, di mana Angela tiba-tiba terbangun dan menyadari dirinya terikat dan sedang diperiksa oleh Dr Ginard (Paco Obregon). Sementara Guzman juga mendapati dirinya berada di dalam kapal tanpa tahu bagaimana dia bisa tiba-tiba ada di sana. Keduanya kemudian berkenalan dengan Dr Ricarte (Hector Colome) yang menjelaskan kalau mereka berada di atas kapal untuk penelitian. Tidak seorang pun tahu penelitian apa yang sedang dilakukan Dr Ricarte, hingga akhirnya juru masak kapal terinfeksi virus dan berubah menjadi zombie. Lewat makanan yang tercemar virus, orang-orang di dalam kapal pun ikut berubah menjadi zombie dan menginfeksi awak lain di dalam kapal. Kekacauan pun merebak. Angela dan Guzman bertarung melawan waktu untuk bisa melarikan diri dari kapal. Namun mereka terjebak. Dan Angela kemudian menemukan sebuah kejutan mengerikan tentang Guzman, yang membuatnya harus memutuskan untuk segera menghabisi orang yang menyelamatkannya itu.

Bagi Anda yang mengikuti setiap seri Rec - sama seperti saya - pasti akan sangat setuju kalau cerita Rec sebenarnya sudah selesai dan tamat di seri kedua. Namun dengan pertimbangan bisnis (karena pendapatan yang diperoleh dari film Rec 2 melampaui apa yang didapat di Rec 1), maka wajarlah jika Rec 3 kemudian dibuat. Tapi sebenarnya Anda sudah bisa menebak kalau cerita di Rec 3 sudah sangat dipaksakan. Dan jika Rec 4 yang sekarang dibuat, ini sebenarnya juga sebuah bentuk pemaksaan. Berbeda dengan Rec 3, maka Rec 4 bisa dikatakan "pemaksaan yang diijinkan dan bisa diterima".

Sebenarnya benang merah antara Rec 2 dan Rec 4 hanyalah pada karakter Angela Vidal yang diperani Manuela Velasco. Dalam Rec 4-lah kejadian yang dialami Angela lebih jelas, sehingga apa yang dianggap masih "membingungkan" oleh para penonton, akhirnya terjawab. Meski demikian, bagi saya, jawaban itu sebenarnya masih dipertanyakan karena terkesan dipaksakan. Salah satu pertanyaan yang belum terjawab adalah soal perubahan para awak kapal menjadi mahluk zombi. Jika Anda ingat apa yang terjadi di seri 2, maka pasti tahu kalau perubahan itu terjadi karena roh jahat. Namun di seri keempat justru dikisahkan mahluk sejenis cacing raksasalah yang menyebabkan kondisi itu. Lho, kok jadi tidak konsisten?

Tapi sepertinya penonton tidak terlalu perduli, bahkan mereka memuji sekuel ini jauh lebih baik daripada seri-seri sebelumnya. Banyak yang memuji akting Manuela Velasco yang jauh lebih cemerlang dan dewasa di Rec 4. Karakternya pun dibuat jauh lebih kelam namun jauh lebih "macho" dibandingkan Rec 1 dan 2, membuat Rec 4 menjadi sekuel terbaik di antara semua seri Rec yang telah dibuat.

Dengan melihat kesuksesan Rec 4, tidak heran jika tahun depan akan muncul sekuel Rec berikutnya.


ABOUT [.REC]
Film Rec atau [.REC] adalah film horor Spanyol yang sangat populer di tahun 2007. Film yang naskahnya dibuat dan filmnya disutradarai duo sutradara Jaume Balaguero dan Paco Plaza ini diproduksi dengan bujet US$ 2 juta dan berhasil meraup keuntungan hingga lebih dari US$ 32 juta. Itu pun perolehan untuk distribusi di Spanyol saja. Tidak hanya menjadi film horor paling sukses di masa itu, Rec juga berhasil memenangkan banyak penghargaan bergengsi, baik lokal maupun internasional, seperti Best Indie / Foreign Production di Ajang Reaper Award 2009, Best New Actress di Goya Awards 2008, Audience Jury Award di Fantasporto 2008, dan masih banyak lagi. Atas kesuksesan film ini, Hollywood kemudian me-remake film ini dengan judul "Quarantine" dan merilisnya tahun 2008.



REC dibuat bergenre "found footage"yang mana mengisahkan tentang Angela Vidal (diperani Manuela Velasco), seorang reporter, dan Pablo (Pablo Rosso), kameramen, yang satu malam melakukan pembuatan sebuah episode untuk serial dokumenter "While You're Sleeping". Malam itu episode yang dibuat dilakukan kantor Pemadam Kebakaran. Di malam itu, Angela dan Pablo mengikuti kegiatan petugas pemadam kebakaran yang merespon sebuah panggilan bantuan dari masyarakat. Mereka tiba di sebuah gedung apartemen yang ternyata telah dipenuhi oleh pihak kepolisian dan militer. Angela dan Pablo mengikuti para petugas pemadam kebakaran memasuki gedung, dan bertemu dengan seorang penghuni yang tiba-tiba menyerang sang petugas. Tidak lama, gedung pun disegel oleh pihak kesehatan kota. Di tengah kebingungan, Angela, Pablo, dan petugas pemadam kebakaran kemudian menghadapi kejadian mengerikan yang tidak mereka duga sebelumnya.

Rec 2  dirilis tahun 2009. Dengan skenario yang masih ditulis dan film disutradarai Jaume Balaguero dan Paco Plaza, film ini menceritakan latar belakang kejadian beberapa saat sebelum kejadian di film sebelumnya terjadi. Di film ini, dikisahkan bahwa bahwa kejadian tersebut terjadi karena adanya roh jahat yang merasuki tubuh seorang penghuni apartemen, yang kemudian menulari ke satu-persatu penghuni lain. Pada akhirnya, diketahui kalau Angela Vidal (Manuela Velasco) juga turut tertular roh jahat yang ada di dalam apartemen tersebut.

Rec 3 dirilis pada tahun 2012 dengan judul Rec 3 : Genesis. Di seri ini, Jaume Balaguero sudah tidak ikut terlibat dalam film ini. Paco Plaza bertindak sebagai sutradara di film ini. Untuk skenarionya, Plaza bekerja sama dengan Luiso Perdejo dan David Gallart. Alur ceritanya pun terbilang sangat jauh berbeda dengan dua seri sebelumnya, meski masih ada benang merahnya. Dikisahkan Clara (Leticia Dolera) dan Koldo (Diego Martin) yang akan melangsungkan pernikahan. Sahabat mereka, Adrian (Alex Monner), merekam resepsi pernikahan tersebut. Saat itu, paman Adrian yang sebelumnya digigit anjing, tiba-tiba muntah dan tidak sadarkan diri. Saat diperiksa istrinya, tiba-tiba dia bangun dan menggigit leher sang istri, lalu beberapa tamu lain. Yang digigit berubah menjadi monster dan menggigit tamu yang lain. Berbeda dengan seri sebelumnya, Rec 3 jauh lebih brutal dan sadis, serta menampilkan banyak adegan pertarungan yang dramatis.

Perubahan yang cukup radikal yang dilakukan di film Rec 3 jelas mengundang kecaman dari banyak fans Rec. Tidak heran, untuk "menebus dosa" yang dilakukan di film ketiga, Jaume Balaguero kembali terlibat dalam pembuatan sekuel Rec dan mengembalikan alurnya ke "jalur yang benar".
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment