TV SERIES - Z NATION (2014 - onward)

Empat tahun silam, televisi Amerika Serikat dihebohkan dengan dirilisnya serial televisi The Walking Dead yang diadaptasi dari komik berjudul sama (review tentang The Walking Dead bisa Anda baca di link ini : http://funtertainment-facts.blogspot.com/2013/04/recommended-walking-dead-2010-onward.html; juga di link ini : http://funtertainment-facts.blogspot.com/2013/04/the-walking-dead-part-2-hal-hal-yg.html). Serial ini tidak saja menghebohkan tetapi menjadikannya serial yang paling ditonton, tidak saja di Amerika Serikat tetapi juga di seluruh dunia.

Tahun ini, sebuah serial televisi bergenre sama dirilis di Amerika. Judulnya Z Nation. Genrenya sama dengan The Walking Dead : horor-zombie. Diproduksi The Asylum dan ditayangkan di Syfy, serial ini tayang perdana di Amerika pada tanggal 12 September 2014, dengan total 13 episode. Meski bergenre sama, serial ini memiliki alur yang berbeda dengan The Walking Dead (namun jika Anda teliti, sebenarnya ada beberapa hal kecil yang mirip antara Z Nation dan The Walking Dead).

Serial ini mengambil setting dunia masa depan. Pada masa itu, virus zombie telah mengubah sebagian besar penduduk dunia. Para ahli kemudian berjuang untuk menciptakan serum yang bisa membunuh virus itu dan mengobati orang-orang yang terjangkit virus zombie. Dalam sebuah pertempuran antara pasukan Delta Force melawan Z (sebutan untuk "zombie" di film ini), Letnan Mark Hammond (diperani Harold Perrineau) mendapat tugas untuk mengevakuasi para ahli yang sedang membuat serum anti-virus Zombie. Saat Hammond melakukan tugasnya, dia tidak berhasil menyelamatkan seorang pasien bernama Bernard Murphy (Keith Allan). Murphy merupakan salah seorang pasien relawan yang disuntikkan serum anti-virus Zombie, dan dirinya digigit oleh 8 zombie pada saat itu.

Ajaibnya, Murphy selamat dan tidak tewas. Dirinya menjadi satu-satunya orang yang selamat setelah disuntikkan serum dan digigit zombie. Karena itu, Hammond ditugaskan untuk membawanya ke laboratorium di California untuk diteliti lebih mendalam.

Tiga tahun kemudian, dalam perjalanan menuju California, Hammond bertemu dengan orang-orang yang selamat dari serangan zombie, dan mereka bersembunyi di hutan. Dua diantaranya adalah Roberta Warren (Kellita Smith) dan Charles Garnett (Tom Everett Scott). Mereka adalah anggota National Guard, yang kemudian membantu Hammond mengantarkan Murphy ke California. Di perjalanan, mereka bertemu dengan Mark Thompson (Michael Weich) dan Addy (Anastasia Baranova) yang berniat ke Georgia; Steven "Doc" Beck (Russel Hodkingson), seorang ahli obat yang sudah cukup senior; Cassandra (Pisay Pao) seorang gadis yang berhasil kabur dari keluarga kanibal; dan Tommy 10K (Nat Zang), seorang remaja ahli senjata.

Setelah Hammond tewas diserang bayi zombie, grup tersebut melanjutkan perjalanan menuju California dengan dipandu oleh Simon Cruller alias Citizen Z (DJ Qualls), satu-satunya anggota NSA yang selamat.

Sepanjang episode perjalanan menuju California, kelompok ini selalu berhadapan dengan banyak kejadian. Entah bertemu dengan sekelompok orang yang selamat tapi psycho, hingga kelompok zombie yang datang tiba-tiba.

Di setiap episode, serial ini banyak menampilkan adegan yang sadis dan mengerikan, bahkan bikin miris. Jadi jika Anda pikir The Walking Dead sudah cukup miris, maka Z Nation jauh lebih miris dan bikin perut mual. Bahkan beberapa adegan kejam seperti memenggal kepala Zombie ditampilkan dengan gambar "close-up", yang dapat membuat penonton trauma melihatnya.

Beberapa bagian dari serial ini pun sedikit mirip dengan The Walking Dead, misalnya perseteruan dengan kelompok kanibal, munculnya kelompok bersepeda motor, serta wanita berkulit hitam yang ahli memainkan machete / pedang. Meski demikian, Z Nation punya kelebihan di mana menampilkan banyak hal yang jauh lebih realistis dibandingkan The Walking Dead. Salah satu yang paling jelas adalah kondisi kota yang sangat kumuh, termasuk kendaraan yang dikendarai para tokoh serial Z Nation. Berbeda dengan The Walking Dead, di mana kita masih dapat menemukan mobil dan rumah yang bersih dari debu, padahal sudah bertahun-tahun tidak ditinggali dan digunakan.

Satu hal yang mungkin mengganggu dalam serial Z Nation adalah banyaknya adegan-adegan yang dibuat bertele-tele dan berkepanjangan. Seperti misalnya saat Simon Cruller mengejar-ngejar anjing yang berubah menjadi zombie dan masuk ke dalam gudang NSA. Selama hampir 3 menit adegan memperlihatkan Cruller mengejar-ngejar anjing tersebut. Belum lagi banyak adegan-adegan tidak penting yang ditampilkan, menyebabkan sangat keliatan sekali bagian tersebut sengaja diulur-ulur.

Bicara soal alur cerita, Z Nation sebenarnya terbilang cukup monoton karena hanya memfokuskan cerita pada perjalanan kelompok itu dalam membawa Murphy ke Laboratorium California. Tidak banyak pengembangan cerita yang berarti sepanjang season. Meski demikian, dari segi ketegangan, serial ini menampilkan banyak adegan yang menegangkan dan memompa adrenalin. Cukup menghibur dari segi efek khusus dan kejutan.

Season pertama serial ini telah usai tayang 5 Desember 2014 silam. Saat ini proses pembuatan Season Kedua dari Z Nation sedang berlangsung dan rencananya akan tayang pertengahan tahun 2015 mendatang.



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. sama sama nunggu season terbaru.. :)

    ReplyDelete
  2. Nggak usah bingung mau nyari pelemnya lgsung klik aja ne . gw kasih link nya guys http://bioskopkeren.co/nonton-z-nation-season-3/

    ReplyDelete
  3. Kok season 2 ke season 3..kagak nyambung yah? Seperti ada part yg hilang..?

    ReplyDelete