Anime Recommended - COPPELION (コッペリオン)

Serial anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama hasil karya Tomonori Inoue ini cukup menarik. Dirilis sejak tahun 2008 hingga hari ini, alur cerita anime ini sangat mirip dengan kejadian kebocoran reaktor nuklir Fukushima Daiichi yang terjadi 11 Maret 2011 silam. Bocornya reaktor nuklir tersebut sebagai akibat dari gempa 9 Skala Rechter yang menghantam Tohoku, Jepang, yang juga menyebabkan terjadinya tsunami pada waktu itu.

Akibat bencana itu, anime yang awalnya diproduksi tahun 2011, ditunda pembuatannya guna menghormati masyarakat Fukushima yang tertimpa musibah. Barulah tahun 2013, produksi anime ini dilanjutkan kembali dan ditayangkan tanggal 2 Oktober - 25 Desember 2013 silam di stasiun televisi Animax dan Animax Asia. Versi DVD anime ini diproduksi oleh Viz Media dan baru dirilis pertengahan tahun 2014 silam.

Bagi yang sudah membaca manga Coppelion, tentu tahu kalau anime yang telah dirilis sebanyak 21 volume ini mengisahkan tentang Jepang tahun 2016 di mana terjadi kebocoran Pusat Tenaga Nuklir Odaiba yang menyebabkan Tokyo terkontaminasi, dan pemerintah mengevakuasi semua penduduknya dari kota tersebut.

Dua puluh tahun kemudian, Tokyo berubah menjadi Kota Hantu di mana tidak ada orang yang tinggal di kota tersebut karena tingkat radiasinya yang masih tinggi. Namun beberapa waktu kemudian, Pemerintah Jepang menangkap sinyal kehidupan di tengah kota Tokyo, yang mengindikasikan masih ada orang yang tertinggal saat evakuasi terjadi 20 tahun silam, dan mereka masih hidup hingga hari ini. Guna menyelamatkan para penduduk tersebut, maka pemerintah Jepang mengutus 3 orang gadis remaja dari 3rd Special Force Coppelion untuk melakukan misi tersebut. Ketiga gadis tersebut disebut "Coppelions" dan mereka merupakan bagian dari The Coppelion Healthcare Team.

Alur cerita anime bertotal 13 episode ini dimulai dari sini. Coppelions terdiri dari 3 gadis muda : Ibara Naruse (disuarakan Haruka Tomatsu), Aoi Fukasaku (Kana Hanazawa), dan Taeko Nomura (Satomi Akesaka). Ketiganya adalah gadis remaja hasil manipulasi genetika yang memungkinkan mereka berada di lokasi beradioaktif nuklir tanpa kuatir terkontaminasi. Ibara adalah Pemimpin kelompok yang punya kemampuaan tenaga super dan ahli dalam menembak dengan akurat. Aoi punya kemampuan melepaskan diri dan kekuatan pikiran. Taeko mampu melihat jarak jauh tanpa bantuan alat apapun dan punya keahlian bedah.

Dikisahkan ketiga anggota Coppelion tiba di Tokyo untuk mencari para penduduk yang selamat. Mereka berhasil menemukan penduduk yang selamat, dan menemukan fakta bahwa penduduk tersebut bisa selamat karena saat reaktor nuklir tersebut bocor, seorang peneliti yang bekerja di reaktor nuklir bernama Doktor Denjiro Shiba membagi-bagikan pakaian anti-nuklir kepada orang-orang yang tertinggal saat proses evakuasi dilakukan. Pakaian tersebut melindungi mereka selama 20 tahun terakhir ini. Selain itu, Coppelion juga menemukan adanya kubah pelindung yang dibuat oleh sekelompok orang yang tergabung dalam JAXA, yang memungkinkan mereka selamat dari bahasa nuklir.

Sementara itu, Pemerintah Jepang berniat menghabisi seluruh orang yang selamat dari kejadian itu karena kuatir jika mereka diselamatkan, maka keberadaan mereka akan membahayakan penduduk yang lain. Mereka mengirimkan Pasukan 1st Division untuk membasmi penduduk yang selamat. Namun kemudian ada sebagian anggota 1st Division yang membela para penduduk itu, dan bersama Coppelions, mereka bahu-membahu menyelamatkan para penduduk Tokyo.


DO YO KNOW? 
Untuk penayangan di Asia, serial Coppelion telah disulih-bahasakan menjadi bahasa Inggris, di mana pengisi suara untuk ketiga anggota Coppelion adalah Erica Lindbeck (Ibara), Cassandra Lee Morris (Aoi), dan Shelby Lindley (Taeko).

Lagu pembuka dan penutup serial ini dinyanyikan oleh grup J-pop "angela". Judul lagu pembuka adalah "Angel" dan penutupnya "Toku Made". Di episode terakhir, lagu pembukanya adalah "Bye Bye All Right" yang juga dinyanyikan oleh "angela".

Di akhir episode 13, dikisahkan Coppelion berhasil menyelamatkan sisa penduduk yang selamat di Tokyo. Tapi kemudian mereka harus kembali ke Tokyo untuk menyelamatkan lebih banyak lagi penduduk yang selamat. Bedanya, kali ini mereka ditemani oleh Kanon Ozu (Yui Horie), dan Shion Ozu (Maaya Sakamoto), dua bersaudara kembar anggota Coppelion Combat Unit yang juga punya kemampuan super dan tahan radiasi nuklir. Akankah ini berarti akan ada sekuel dari serial ini? Mungkin saja, mengingat manga-nya saja masih berlanjut hingga hari ini.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment