GANGNAM 1970 (강남 1970)

Ini merupakan film Korea Selatan paling saya tunggu tahun ini. Film layar lebar ini mengingatkan saya pada film-film triad khas Hong Kong era 90-an yang penuh ketegangan, tembak-tembakan membabi-buta, serta adegan baku-hantam massal.

Sesuai judulnya, film yang disutradarai Yoo Ha ini berlatarkan kejadian di Distrik Gangnam, Korea Selatan, pada tahun 1970. Di masa itu, korupsi masih merajalela. Terlebih lagi distrik tersebut merupakan distrik yang sangat potensial, sehingga menjadi perebutan banyak pihak, termasuk Dewan Legislatif. Karena saat itu banyak anggota Dewan yang juga merupakan anggota gengster, tidak heran jika terjadi perang gengster untuk merebut wilayah itu.

Adalah Kim Jong Dae (Lee Min Ho) dan Baek Yong Ki (Kim Rae Won), dua sahabat yang saling mengenal sejak kecil dan tinggal di Gangnam. Setelah rumah mereka dibongkar paksa oleh para angota gengster, mereka kehilangan segalanya. Untuk bisa bertahan hidup, mereka kemudian hidup dari pengumpulkan kertas dan botol untuk dijual kembali. Namun, kemiskinan yang mendera, membuat mereka akhirnya memutuskan terjun ke dunia gengster yang keras.

Tiga tahun kemudian, Jong Dae telah menjadi salah seorang anggota geng yang dihormati dan bersahabat dengan Ketua Geng Kil Su (Jung Jin Young). Sementara itu, Yong Ki telah bergabung dengan Kelompok Myongdong Pa yang merupakan organisasi kriminal paling berpengaruh di wilayah Gangnam.

Menjelang pemilihan presiden di Korea Selatan, banyak pihak berusaha untuk menguasai Gangnam karena menilah wilayah itu merupakan wilayah paling "basah" dan paling bernilai. Termasuk kelompok Myongdong Pa dan Kil Su. Perang gengster pun tidak terelakkan. Dan akhirnya dua sahabat semasa kecil itu pun bertemu dalam perseteruan gengster. Mungkinkah keduanya akan saling bunuh demi kepentingan kelompoknya?


DO YOU KNOW? 
Lee Min Ho bukanlah pilihan Sutradara Yoo Ha. Bahkan sejak awal dia tidak pernah mau men-casting aktor yang pernah sukses berkat serial drama Boys Over Flowers itu karena menilainya "terlalu tampan dan lembek" sehinga tidak punya wibawa seorang Ketua Gengster yang diharapkannya. Tapi setelah diyakinkan oleh istrinya, Yoo akhirnya memilih Min Ho untuk memerani tokoh Jong Dae.

Untuk bisa tampil garang dan sangar, aktor Kim Rae Won harus menurunkan badannya hingga 15 kg sehingga wajahnya tampak "kering" layaknya orang kampung yang kurang gizi. Dengan tubuh yang lebih ramping, Rae Won tampak sangat realistik saat berperan sebagai anggota geng yang rata-rata bertubuh kecil dan kurus.

Awalnya, film ini berjudul Gangnam Blues ( 강남 블루스), kemudian pada Oktober 2014 berganti judul menjadi Gangnam 1970. Meski demikian, judul Gangnam Blues tetap dipakai untuk peredaran di luar negeri.

Meski menggunakan judul distrik Gangnam, namun proses shooting film ini sama sekali tidak dilakukan di distrik tersebut. Shooting dilakukan sejak 16 April - 31 Agustus 2014, mayoritas di Distrik Gwangyang (bagian Selatan Propinsi Jeolla). Selain itu, shooting juga dilakukan di beberapa daerah lain seperti Suncheon, Damyong, Naju, Jeonju, Iksan, dan Muju.

Pemilihan wilayah Gwangyang sebagai lokasi shooting film ini adalah karena masih banyak bangunan dan jalanan daerah tersebut yang mirip dengan kondisi Korea Selatan di era 1970an.

Film ini akan dirilis tanggal 21 Januari 2015 dan didistribusikan oleh Showbox dan Mediaplex.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment