Recommended Movie - DEAREST (親愛的)

Saya "akhirnya" berkesempatan menonton film drama ini setelah sempat ragu untuk menontonnya, meski film ini sendiri sudah saya beli cukup lama. Tapi berhubung malam ini tidak ada film menarik yang bisa jadi pilihan, dengan "setengah berat hati" saya pun menonton film ini. Dan sungguh di luar dugaan, film yang awalnya tidak menarik minat saya ini berhasil meluluhkan hati saya.

Film drama-keluarga produksi China yang sangat emosional ini pertama kali ditayangkan di Toronto International Film Festival (TIFF) tanggal 4 September 2014 dan mendapatkan banyak pujian. Selain itu, film ini pun mendapatkan nominasi penghargaan film bergengsi, baik lokal dan internasional. Beberapa penghargaan yang berhasil diraih film ini antara lain Best Actress (Zhao Wei) dalam 10th Chinese American Film Festival, Best Screenplay (Zhang Ji) dan Best Actress (Zhao Wei) di 21st Hong Kong Film Critics Society Awards.

Berdurasi 120 menit, film yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan tentang pasangan suami-istri yang sudah bercerai, Tian Wenjun (diperani Huang Bo), dan Lu Xiaojuan (Hao Lei), yang memiliki anak berusia 3 tahun bernama Tien Peng. Mereka tinggal di pinggiran kota Shenzhen. Pada tahun 2009, anak mereka tersebut diculik. Wenjun dan Xiaojuan kemudian mencari Tien Peng namun tidak menemukannya. Selama tiga tahun lamanya pencarian dilakukan, namun hasilnya nihil.

Hingga satu ketika, seseorang secara tidak sengaja menemukan anak yang memiliki ciri-ciri yang mirip dengan anak pasangan tersebut. Sang anak berada di sebuah desa. Ketika didatangi, anak itu benar-benar adalah Tien Peng. Masalahnya, selama tiga tahun terakhir, sang anak diasuh oleh Li Hong Qin (Zhao Wei / Vicky Zhao). Selain menasuh Tien Peng, Hong Qin juga mengasuh seorang anak perempuan bernama Yang Ji Fang (3 tahun). Ternyata tiga tahun silam, suami Hong Qin yang menculik Tien Peng. Hal ini dilakukan karena Hong Qin tidak bisa memberikan mereka keturunan. Selain itu, setelah menculik Tien Peng, mereka menemukan Ji Fang yang diterlantarkan orang tuanya, sehingga dipungut dan diasuh.

Kini, suami Hong Qin sudah meninggal karena kanker hati. Dan karena Tien Peng adalah anak yang diculik, polisi menduga Ji Fang juga merupakan anak yang diculik, sehingga diambil negara. Hong Qin berusaha meyakinkan negara kalau Ji Fang adalah anak angkatnya dan bukan anak yang diculik suaminya, tapi tanpa bukti yang konkret, sulit baginya untuk mendapatkan hak asuh Ji Fang. Ditambah lagi, kini orang tua Tien Peng juga berniat mengangkat Ji Fang karena prihatin dengan kondisi anak itu di tempat penampungan anak yatim. Akankah Hong Qin berhasil mengambil anaknya? Ataukah keluarga Tien Peng yang berhasil mendapatkan hak asuh atas Ji Fang?

Film ini benar-benar penuh adegan emosional yang sangat mengharukan. Siapapun yang menontonnya - baik pria dan wanita - pasti akan menangis (minimal matanya berkaca-kaca). Meski demikian, film ini bukan film cengeng yang penuh adegan tangis-tangisan. Film ini justru sangat kuat menampilkan adegan-adegan mengharukan, sehingga tanpa adegan menangis sekali pun, para penonton pun bisa larut dalam emosi mendalam saat menonton.

Film besutan sutradara Peter Chan ini memang sangat kuat dalam segala hal. Sinematografi, akting seluruh pemain, musik, ... semuanya benar-benar keren. Khusus untuk akting, Anda harus perhatikan akting para pemain anak di film tersebut. Meski berusia 3 - 6 tahun, namun para pemain anak di film ini bermain dengan sangat natural sekali. Sedemikian naturalnya, mereka mampu mengadk-aduk emosi para penonton sehingga trenyuh dengan akting polos mereka.

Secara umum, film ini adalah sebuah film drama yang sangat bagus sekali. Durasi dua jam benar-benar tidak terasa karena alurnya yang mengalir dengan sangat lancar dan tidak membosankan. Ini adalah tontonan keluarga yang sangat menyentuh dan wajid ditonton.


DO YOU KNOW? 
Lagu tema film ini berjudul Qing Ai Ti Xiao Hai (My Dearest Child) yang dinyanyikan oleh para pemeran utama film ini, yaitu Zhao Wei, Huang Bo, Tong Da Wei, dan Hao Lei. Sebelumnya, lagu tersebut sudah pernah dinyanyikan dan dipopulerkan oleh banyak artis Hong Kong dan China. Salah satunya adalah Andy Lau (terdapat di album Back for You / 回到你身邊  ; rilis 1988).  Intro lagu tersebut digunakan untuk lagu tema film Andy Lau yang dirilis waktu itu, yaitu The Truth : Unwritten Law 2 (法內情).

Film ini diangkat dari kejadian nyata yang benar-benar terjadi di Shenzhen pada tahun 2009, di mana terjadi penculikan pada seorang anak berusia 3 tahun bernama Xin Le. Untuk berhasil menyelamatkan anaknya, Peng Gao Feng - sang ayah - memposting berita kehilangan lewat sosial media di China. Berkat kegigihannya, setelah menghilang 3 tahun, anak tersebut akhirnya berhasil ditemukannya. 

Sebelum proses shooting dilakukan, semua pendukung film diwajibkan menonton film dokumentasi kejadian sebenarnya agar semuanya dapat menghayati betul kejadian sebenarnya. Selain itu, semua pendukung film bertemu langsung dengan keluarga dan orang tua Xin Le untuk paham betul perjuangan keluarga tersebut dalam mendapatkan anaknya kembali.

Vicky Zhao adalah artis pertama yang dipilih untuk bermain dalam film ini. Setelah tahu dia akan memerani tokoh seorang wanita desa bernama Hong Qin, dia langsung menolak peran itu karena sangat tidak sesuai dengan pengalaman dan karakteristik peran yang biasa dia bawakan. Namun setelah dibujuk oleh sahabat-sahabatnya, termasuk sutradara Peter Chan, Vicky akhirnya setuju mengambil peran itu. Keputusan Vicky ini tepat, karena terbukti dia dapat membawakan peran itu dengan sangat menyentuh, sehingga mendapatkan banyak pujian, nominasi, serta memenangkan beberapa penghargaan sebagai Best Actress untuk film ini.

Untuk berdialog di film ini, Vicky Zhao menggunakan dialek Mandarin Xiajiang, sebuah dialek dan aksen yang hanya digunakan oleh masyarakat Wuhu yang tinggal di pinggiran Sungai Yangtze dan Sungai Huai. Vicky sendiri aslinya kelahiran Wuhu, sehingga tidak terlalu kesulitan saat menggunakan bahasa daerah tersebut. 

Film yang dibuat dengan bujet US$ 5,000,000 ini berhasil meraup keuntungan finansial sebesar US$ 54,6 juta. Dan ini hanya untuk pendistribusian di Hong Kong dan China saja.

Shooting film dilakukan di kota Shenzhen, Guangzhou, dan Chengde.

Film ini dirilis di China tanggal 26 September 2014, dan di Hong Kong tanggal 13 November 2014.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment