TV Series Recommended - PABLO ESCOBAR : THE DRUG LORD

Jika dulu saya tahunya telenovela produksi Meksiko, maka kali ini saya berkesempatan untuk nonton telenovela Columbia. Sebenarnya serial ini bukan seri baru sih, karena diproduksi tahun 2012 silam oleh Caracol TV, Columbia. Namun serial ini baru ditayangkan secara internasional beberapa bulan terakhir ini, sehingga rasa pikir cukup pantas jika diangkat dalam bentuk tulisan.

Pabro Escobar : The Drug Lord atau judul aslinya Pablo Escobar : El Patron Del Mal merupakan telenovela berbahasa Spanyol yang ditayangkan Caracol TV sejak 28 Mei - 19 November 2012. Aslinya, durasi setiap episode adalah 25 menit (tanpa iklan), sehingga total episode serial ini adalah 113 episode. Namun saat dirilis secara internasional, durasi serial ini ditambah menjadi 43 menit (tanpa iklan) dan total episodenya menjadi 74 episode.

Serial yang disutradarai Carlos Moreno dan Laura Mora ini mengisahkan tentang kehidupan Pablo Escobar, Raja Penyelundup Narkoba Ternama asal Columbia yang namanya sangat ditakuti banyak orang di tahun 1970an hingga akhir tahun 1980an. Diawali dengan masa kecil Escobar (diperani Mauricio Mejia) yang tinggal di Valle de Aburra, Columbia. Escobar Kecil tumbuh sebagai anak manja yang selalu bikin ulah. Bersama saudaranya Peluche dan iparnya Gonzalo (Juan Sebastian Celero), mereka menjadi biang kerok di keluarga, yang membuat orang tua mereka sakit kepala karena kenakalan mereka.

Tumbuh dewasa, Escobar Dewasa (diperani Andres Parra) dan kedua saudaranya itu mulai belajar mendapatkan uang dengan cara menyelundupkan narkoba dari Ecuador ke Columbia, dengan dibantu rekan mereka El Alguacil (Cesar Mora). Aksi ini sukses, membuat nama Escobar menjadi bahan pembicaraan banyak orang, dan dia diperhitungkan oleh para gembong sindikat obat bius Columbia.

Satu ketika, Escobar dan Gonzalo Dewasa (Christian Tappan) jatuh hati pada seorang gadis cantik bernama Patricia / Paty. Hubungan persaudaraan mereka kemudian retak setelah kedua tahu kalau mereka jatuh hati pada gadis yang sama. Kelak keduanya tidak mendapatkan gadis itu, dan Pablo menikah dengan wanita lain.

Pisah dengan Gonzalo, nama Escobar makin berkibar setelah dia sukses menjadi pengedar dan penyelundup narkoba besar di Columbia. Dengan kepandaiannya, Escobar membuat sebuah jaringan sindikat penyelundupan narkoba yang sangat rapi yang membuatnya mampu menyelundupkan narkoba (jenin kokain) sebanyak 15 ton sehari ke Amerika Serikat. Untuk menyukseskan usahanya, Escobar bekerja sama dengan banyak aparat di Columbia dan Panama, yang membuatnya sangat kuat dan sulit disentuh hukum.

Sistem penyelundupan yang dilakukan Escobar tidak saja lewat darat, namun juga udara dan laut. Guna memuluskan proses penyelundupan, Escobar membeli pesawat terbang (termasuk 8 helikopter) dan kapal laut pribadi yang mengangkut semua kokain miliknya langsung ke Amerika Serikat untuk langsung didistribusikan di berbagai wilayah di sana.

Selain mengerjakan bisnis haram, Escobar juga bekerja di Parlemen Negara, agar dapat menguasai pemerintah Columbia, sehingga mendukung bisnisnya tersebut. Tahun 1982, Escobar terpilih menjadi  anggota legislatif Dewan Pemerintahan Columbia, utusan Fraksi Liberal. Sejak terpilih sebagai anggota dewan itu, aksi Escobar makin tidak terbendung. Selain menguasai jaringan peredaran narkoba Columbia, dia pun mulai merambah dan menguasai wilayah jaringan narkoba lain di luar Columbia : Amerika Serikat, Meksiko, Puerto Rico, Venezuela, Repulik Dominika, Spanyol, Peru, dan Bolivia. Tidak hanya mengedarkan, Escobar pun memiliki fasilitas pembuatan kokain murni terbesar di Amerika Serikat serta di Asia.Untuk dapat menguasai seluruh wilayah itu, Escobar melakukan berbagai cara, mulai dari penyuapan, penyiksaan, penculikan, hingga pembunuhan sadis.

Sepak terjangnya yang luar biasa itu berhasil dihentikan oleh Pemerintah Amerika Serikat ketika pada tahun 1992 Pasukan Khusus yang terdiri dari gabungan US Navy Seals, Delta Force, dan Centra Spike bergabung untuk menggulung sindikat dan organisasi Escobar yang menyebar di Amerika Serikat, Panama, dan Columbia. Perang melawan Escobar ini didukung oleh sekelompok masyarakat yang membentuk pasukan kecil bernama Los Pepes (Los Perseguidos por Pablo Escobar : Kelompok Penghakim Pablo Escobar). Banyak orang menduga, Los Pepes adalah kelompok yang dibayar oleh orang-orang yang tidak suka dengan Pablo Escobar, serta orang dekat Escobar yang berusaha menjatuhkan serta menguasai bisnisnya.

Escobar akhirnya bunuh diri pada tanggal 2 Desember 1993, setelah terluka parah dan dikepung oleh pasukan gabungan Amerika Serikat yang menyerang kediamannya. Pasca kematian Escobar, sedikit demi sedikit kartel dan sindikat peredaran narkoba di Amerika, Columbia, dan sekitarnya pun berhasil dihancurkan, meski kemudian bertumbuh lagi menjadi kartel-kartel lain yang lebih besar dan meneruskan bisnis Escobar.



DO YOU KNOW? 
Serial ini merupakan hasil kreasi Camilio Cano dan Juana Uribe. Camilia Cano adalah anak dari Guillermo Cano, penerbit harian El Espectador yang dibunuh Pablo Escobar bulan Desember 1986. Sedangkan Juana Uribe adalah Wakil Presiden Direktur Caracol TV, merupakan anak dari Maruja Pachon, keponakan Calon Presiden Luis Carlos Galan. Maruja Pachon diculik dan dibunuh oleh orang suruhan Pablo Escobar bulan Agustus 1989 setelah Escobar gagal terpilih sebagai Presiden Columbia.

Serial ini melibatkan 1,300 orang aktor dan aktris. Proses shooting dilakukan di 450 lokasi di seluruh Columbia. Setiap episode menghabiskan dana sebesar US$ 164,000 dan merupakan serial termahal yang pernah dibuat.

Saat ditayangkan di Caracol TV, rata-rata setiap episode serial ini ditonton lebih dari 2.2 juta penonton dan menjadi serial dengan jumlah penonton terbanyak di Columbia.

Amerika Serikat merupakan negara pertama di luar Columbia yang menikmati serial ini. Di negara tersebut, serial ini tayang sejak 9 Juli 2012 - 24 Januari 2013.

Meski ditayangkan secara internasional, serial ini sama sekali tidak disulih-bahasakan ke dalam bahasa negara setempat dan tetap menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa percakapan di serial ini. Di beberapa negara yang penduduknya tidak banyak yang mengerti bahasa Spanyol, serial ini dirilis dengan penambahan teks terjemahan dalam bahasa Inggris.

Dan meski Pablo Escobar terkenal sebagai orang yang sangat kejam, brutal, dan selalu membabi-buta saat menyiksa orang, serial ini tidak akan menampilkan hal itu. Selain tontonan yang kejam dan brutal masih sangat tabu ditunjukkan di televisi Columbia, produser film tidak ingin ada orang yang meniru gaya dan aksi kejam Escobar tersebut.







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment