Hal-Hal yang (Mungkin) Tidak Anda Ketahui Tentang Ant-Man (Rilis : 17 Juli 2015)

Dalam waktu dekat ini, akan ada satu film Super Hero Marvel baru yang akan dirilis. Judulnya Ant-Man.  Komik hasil kreasi Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby ini telah diadatasi dalam bentuk layar lebar dan akan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures pada tanggal 17 Juli 2015 mendatang.

Proyek pembuatan film ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2006, di mana pihak Marvel Studios saat itu memilih Joe Cornish sebagai penulis cerita dan Edgar Wright sebagai Sutradara. Meski rencana pembuatan film ini sudah cukup lama, lamanya proses pembuatan skenario film, membuat film ini baru mulai diproduksi Oktober 2013. Pembuatan film pun sempat terhambat setelah Wright memutuskan untuk mundur dari proyek ini bulan Mei 2014 setelah berselisih paham dengan Cornish. Posisinya digantikan oleh Peyton Reed yang menuntaskan pembuatan film ini bulan Desember 2014.

Meski belum ada informasi yang jelas mengenai alur ceritanya, namun banyak orang yang sudah sangat penasaran dengan film ini. Alasannya adalah karena Ant-Man adalah salah satu karakter yang sudah cukup populer dan terbilang "melegenda", meski tidak sepopuler The Avengers, Spider-Man, maupun Hulk. Karakter ini pertama kali muncul sebagai Scott Lang di komik The Avengers #181 (terbit Maret 1979). Sedangkan sebagai alter-ego Lang, Ant-Man muncul pertama kali di komik Marvel Premiere #47 (April 1979).

Sambil menunggu kehadiran pahlawan super ini, mari kita simak apa saja berita-berita di balik proses pembuatan filmnya yang sedemikian lama.

*****
Mengikuti gaya humor film Marvel sebelumnya - Guardians of the Universe (2014) - yang juga didiris Walt Disney Studios, film ini juga menampilkan gaya humor yang sama dalam promosi film. Poster pertama film ini menggunakan latar putih dengan judul "Marvel's Ant-Man" bertulisan warna merah di bagian bawah, serta sebuah "titik" kecil di tengah poster yang menggambarkan sang Super Hero. Apakah Anda melihatnya?

Poster Pertama "Ant-Man"
Awalnya, Paul Rudd - pemeran Scott Lang / Ant-Man - sangat kecil dan kurus. Namun, ketika dipilih menjadi pemeran utama film ini, dia berlatih dan menjalani diet sangat keras untuk membentuk badannya. Alhasil, tubuhnya menjadi sangat berbentuk. Bahkan sakin sempurnanya, para kru harus merombak bahan kostum Ant-Man menjadi kostum yang lebih tipis serta natural, bahkan menghilangkan bentuk "six-pack" di dadanya.

Rencana produksi film Ant-Man sebenarnya sudah dimulai sangat jauh sebelum Marvel memilih Cornish dan Wright sebagai penulis serta Sutradara film Ant-Man. Tahun 1989, Stan Lee telah membuat skenario Ant-Man dan menawarkannya ke New World Entertainment (waktu itu adalah Parent Company dari Marvel's Comics). Namun ide itu tidak terealisasi karena waktu itu Walt Disney Pictures merilis film Honey I Shrunk the Kids (1989), yang ide ceritanya mirip dengan Ant-Man. Tahun 2003, berdasarkan skenario awal Stan Lee, Joe Cornish dan Edgar Wright membuat naskah kasar (draft) cerita Ant-Man dan menawarkannya ke Marvel Studio. Naskah ini baru direspon Marvel - Disney tahun 2006 dengan mengajak mereka berkolaborasi. Jika diakumulasi, mulai dari naskah pertama dibuat hingga selesai produksi dan ditayangkan, proses pembuatan film Ant-Man memakan waktu 26 tahun.

Karena tubuh Ant-Man sangat kecil, maka untuk menampilkan gambar mikro yang realistis, sineas Ant-Man menggunakan teknologi Macro Photography dan Motion Capture Technology. Dengan teknologi ini, kamera dapat merekam area yang sangat kecil dan membuatnya jadi besar.

Trailer pertama Ant-Man dirilis berbarengan dengan dirilisnya serial televisi Agent Carter (6 Januari 2015) dan ditonton 29 juta penonton di seluruh dunia dalam waktu 3 hari. Hasil ini menjadikan trailer Ant-Man sebagai trailer film Marvel ketiga yang paling banyak ditonton, setelah Iron Man 3 dan Avengers : Age of Ultron.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment