Movie Recommended - JOHN DOE : VIGILANTE (2014)

Saya agak terlambat mendapatkan film produksi Australia ini. Dirilis tanggal 21 Maret 2014, film thriller ini mendapatkan perhatian dan apresiasi yang sangat tinggi dari penonton di seluruh dunia. Tidak saja karena kekerasan berlebihan yang ditayangkan dalam film sepanjang 93 menit, tetapi juga sebuah renungan moral tentang kondisi masyarakat sekarang, yang sudah mulai banyak main hakim sendiri. Hal ini terjadi karena makin hari mereka sudah makin tidak percaya dengan sistem peradilan. Ketika polisi dan hakim bisa disuap, ketika orang bersalah bisa bebas dari hukuman sedangkan orang benar justru harus menanggung kesalahan yang bukan mereka lakukan, maka saat itulah masyarakat bertindak.



Disutradarai Kelly Dolen, film ini menuturkan hidup seorang pria yang tidak diketahui nama aslinya selain sebutan John Doe (diperani Jamie Bamber) yang melakukan wawancara dengan Ken Rutherford (Lachy Hulme), seorang jurnalis televisi. Dalam wawancara itu, John Doe mngutarakan sepak terjangnya yang membunuh para pelanggar kejahatan seperti Pembunuh, Pemerkosa, Pedofil, dan para kriminal yang lain. Dalam melakukan aksinya, John Doe selalu mengenakan topeng dan jaket berpenutup kepala, sehingga menutupi identitas dan jati dirinya.

Di satu sisi, tindakannya mengundang apresiasi dari masyarakat yang sudah geram dengan tindakan para pelaku kejahatan itu. Bahkan John Doe diagungkan sebagai Pahlawan, sampai-sampai masyarakat membentuk Gerakan "Speak  For The Dead", sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih karena John Doe sudah melakukan apa yang pantas diberikan bagi para pelaku kejahatan itu. Tidak sampai di situ. Malah ada sebagian orang yang begitu fanatik dan memuja John Doe, sehingga meniru aksi yang dilakukan John kepada pelaku kejahatan yang lain.

Sementara di sisi lain, para penegak hukum menganggap dia adalah kriminal yang harus ditangkap. John Doe yang licin sangat sulit ditangkap, membuat para polisi kewalahan. Hingga pada satu ketika, John Doe menawarkan jasanya pada Pemerintah untuk menghabisi para kriminal.

Film ini mendapatkan tanggapan positif dari banyak kritikus dunia. Meski penuh aksi kekerasan yang sangat "berdarah-darah", John Doe : Vigilante justru dinilai sebagai sebuah karya sinema yang brilian dan mengusik rasa keadilan masyarakat. Bagi mereka, memang seharusnya beginilah yang harus dilakukan para penegak hukum pada para pelaku kejahatan.

Apakah John Doe adalah kriminal atau orang baik? Apakah tindakannya wajar atau tidak? Anda yang tentukan sendiri.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment