Movie Review - EVERLY

Judul Film         : Everly
Sutradara           : Joe Lynch
Pemeran            : Salma Hayek, Akie Kotabe, Jennifer Blanc, Masashi Fujimoto, Togo Igawa
Durasi               :  92 menit
Tanggal rilis      : 27 Februari 2015

Film bergenre action ini adalah film yang terbilang "murah-meriah". Betapa tidak, lokasi shooting film ini hanya dilakukan di satu tempat, yaitu apartemen Everly, dan semua kejadian yang kita tonton sepanjang film ini hanya terjadi di tempat itu saja. Meski terkesan membosankan, tapi nyatanya film ini justru menawarkan sebuah tontonan seru yang cukup unik.

Ceritanya cukup sederhana, meski agak membingungkan bagi sebagian orang : Everly (Salma Hayek) adalah seorang wanita yang tinggal dengan anaknya, Maisey (Aisha Ayamah), dan ibunya, Elyse (Jelena Gavrilovic). Empat tahun yang lalu, Everly diculik oleh Taiko (Hiroyuki Watanabe), disekap di sebuah apartemen, dan dijadikan wanita tuna susila.

Everly berhasil menghubungi seorang polisi dan dijanjikan akan diselamatkan, asal Everly bersedia menjadi mata-mata polisi tersebut guna membongkar kedok sindikat Taiko. Rupanya, Taiko mengetahui hal itu, sehingga membunuh polisi tersebut dan menyuruh bawahannya menyiksa Everly di apartemennya.

Everly melawan dan berhasil menghabisi para pengikut Taiko. Rupanya Taiko sudah mengantisipasi tindakan Everly, sehingga mengerahkan para wanita tuna susila yang dipimpinnya untuk membunuh Everly. Selain itu, dia juga mengerahkan polisi yang disuapnya dan para pembunuh sadis bawahannya untuk menghabisi Everly.Dan perang di dalam apartemen Everly pun berlangsung seru dan brutal.

Jika Anda adalah penikmat film yang lumayan kritis (seperti saya. Hehehhe.....), maka Anda akan temukan banyak sekali kejanggalan dalam film ini. Misalnya saat di awal film di mana Everly disiksa bawahan Taiko. Bagaimana mungkin Everly bisa tiba-tiba terlepas dan masuk ke dalam kamar mandi? Lalu di awal cerita pun tampak jelas kalau Everly tidak terbiasa menggunakan pistol (terlihat dari ketakutannya saat memegang pistol). Nah, bagaimana mungkin hanya dalam hitungan menit, dia sudah mahir dan sangat jago menembak dengan tepat? Tidak hanya pistol, segala jenis senjata api - mulai dari yang kecil hingga besar - langsung mampu dikuasainya hanya dalam hitungan detik. Selain itu, Everly sebenarnya punya banyak kesempatan untuk melarikan diri. Tapi - karena tuntunan skenario film - dia lebih memilih untuk tinggal di dalam apartemen dan menunggu para pembunuh menyerang.

Akting Salma Hayek dalam film ini pun tidak konsisten. Ketika disiksa kelompok Taiko, dia bingung harus melakukan apa. Tapi setelah menghabisi kelompok Taiko, Hayek tiba-tiba mampu mengatur strategi perang dan tahu harus melakukan apa saja. Dalam beberapa adegan, Hayek mampu bela diri. Tapi ada adegan lain yang memperlihatkan dirinya tidak bisa membela diri (misalnya dia pasrah begitu saja saat dihajar Taiko). Bingung kan?

Lepas dari kekurangan itu, film ini sebenarnya cukup menarik untuk ditonton. Aksi seru dalam film ini punya kemiripan gaya dengan film-film buatan Quentin Tarantino dan John Woo : artistik, seru, tegang, brutal, dan sangat berdarah. Jika Anda hanya mencari hiburan, dan tidak terlalu memperdulikan alur cerita, film ini pas sekali.



DO YOU KNOW? 
Film ini pertama kali ditayangkan di Fantastic Fest tanggal 20 September 2014 dan dirilis via iTunes tanggal 23 Januari 2015. Melihat besarnya animo penonton, film ini kemudian dirilis di layar lebar secara terbatas pada tanggal 27 Februari 2015.

Awalnya pemeran Everly dipercayakan pada Kate Hudson. Namun setelah Hudson mundur, Salma Hayek dipilih untuk menggantikannya.

Nama karakter antagonis (Taiko) dipakai sutradara Joe Lynch setelah dia terkesan dengan penampilkan drum Taiko.

Komposer dan pembuat lagu latar film Everly adlah Bear McCreary, yang sebelumnya membuat lagu untuk serial televisi Battlestar Galactica. Joe Lynch mengajaknya berkolaborasi dalam film ini setelah terkesan dengan lagu-lagu yang dibuatnya untuk serial televisi tersebut.

Tahukah Anda kalau pada tahun 2008, majalah Entertainment Weekly menempatkan Salma Hayek di urutan 17 dalam daftar "25 Smartest People in TV"?





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment