Movie Recommended - SOLOMON'S PERJURY (ソロモンの偽証)

Film thriller ini merupakan salah satu film box-office Jepang yang ceritanya terbilang tidak umum. Bersetting para siswa SMP, film ini meramu suspens dan thriller yang sangat menarik, sehingga mampu menyeret penonton ke dalam emosi yang dibangun oleh film ini sejak awal. Film ini terdiri dari 2 seri. Seri pertama berjudul lengkap Solomon's Perjury Part 1 : Suspicion, ditayangkan pada tanggal 7 Maret 2015. Sedangkan seri keduanya Solomon's Perjury Part 2 : Judgement, baru tayang 11 April 2015 silam. 
Solomon's Perjury Part 1 : Suspicion
Diawali dengan kejadian di Hari Natal, saat hujan salju, di mana mayat seorang siswa secara tidak sengaja ditemukan oleh Ryoko Fujino (diperani oleh artis muda bernama sama dengan karakternya, yaitu Ryoko Fujino) dan rekan sekelasnya, Kenichi (Koki Maeda). Tidak lama setelah penemuan mayat itu, polisi segera datang menyidiki mayat itu. Hasil penyidikan mengungkapkan kalau siswa itu meninggal karena bunuh diri.

Tapi beberapa hari kemudian, polisi mendapatkan surat tanpa nama pengirim yang memberitahukannya kalau siswa yang ditemukan itu bukan bunuh diri, tapi dibunuh. Dan pelakunya adalah tiga orang siswa nakal - dipimpinan Shunji (Hiroya Shimizu) - yang diduga sering melakukan bullying pada siswa yang tewas itu. Surat itu ternyata bocor ke media massa, dan kontan menimbulkan kehebohan. Keadaan menjadi makin kacau ketika salah seorang siswa lain tewas di sekolah, dan para guru sekolah tidak berusaha untuk melakukan apapun demi menyelamatkan para siswanya.

Solomon's Perjury Part 2 : Judgement
Melihat situasi yang makin tidak kondusif, para siswa memutuskan untuk melakukan pengadilan dan pembuktian keterlibatan Shunji dan kawan-kawannya dalam kasus kematian dua orang siswa sekolah. Seri pertama film ini akan lebih banyak berpusat pada pencarian bukti dan fakta seputar misteri kematian siswa sekolah tersebut. Sedangkan seri kedua akan lebih berpusat pada proses peradilannya.

Film ini di luar dugaan menjadi salah satu film box-office yang sangat menguntungkan pada waktu dirilis. Seri pertamanya meraup keuntungan hingga 122 juta Yen. Sedangkan seri keduanya - hingga artikel ini dibuat - masih tayang di bioskop Jepang sehingga belum dapat diketahui perolehan finansial totalnya. Namun dapat dipastikan akan meraup keuntungan yang sama banyaknya.

Untuk kedua seri film ini, Izuru Narushima didapuk sebagai Sutradara flm ini. Seri pertama tayang dengan durasi 121 menit. Sedangkan seri kedua tayang dengan durasi 149 menit.



DO YOU KNOW? 
Film ini merupakan adaptasi dari novel suspense-remaja berjudul "Solomon no Gisho" karya Miyuki Miyabe yang diteribitkan oleh Novel Magazine Shosetsu Shincho bulan Oktober 2002. Di film ini, Miyabe ikut terlibat sebagai penulis skenario.

Lebih dari 10,000 orang remaja yang berpartisipasi dalam audisi film ini, dan hanya 33 orang saja yang akhirnya terpilih. Para pendukung film yang terpilih kesemuanya tidak punya pengalaman bermain film, sehingga mendapatkan pengarahan dan pelatihan akting langsung dari Sutradara Izuru Narushima.

Meski memiliki alur dan cerita yang berbeda, namun banyak kritikus yang membandingkan film ini dengan film Battle Royale karya Takeshi Miike. Sama-sama menggunakan pemeran remaja, Battle Royale sebenarnya lebih brutal dan sadis, sedangkan Solomon's Perjury lebih mengedepankan logika dan analisa. Walau demikian, kritikus Jepang menilai kedua film itu memiliki kualitas yang sama baiknya dan bisa menjadi film klasik yang akan dikenang sepanjang masa sebagai Film Thriller Terbaik dari Jepang.







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment