Movie Recommended - SPL 2 : A TIME FOR CONSEQUENSES (殺破狼 2)

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya saya mendapatkan konfirmasi kalau film action Hong Kong super seru ini sudah selesai produksi dan akan tayang 18 Juni 2015 mendatang. Yes... akhirnya.... !!!

Ya... SPL : Sha Po Lang adalah salah satu film eksyen super keras yang pernah menggemparkan China karena adegan-adegan perkelahiannya yang sangat brutal, sadis, dan bikin banyak penonton trauma. Akibatnya peredaran film itu ditarik dan dicekal dari China. Di luar negeri, film ini pun mengalami banyak pemotongan dari Badan Sensor Film negara setempat. Bahkan saat dirilis di Indonesia pun eksyen dalam film ini nyaris "habis" dibabat Badan Sensor Film. Jadi bisa dibayangkan bagaimana dasyatnya film itu.  Meski mengalami sensor yang cukup banyak, film ini justru menjadi film yang sangat laris di tahun 2005. Karena itu, film ini pun dibuat sekuelnya.

Walau judulnya sekuel, film ini menghadirkan alur cerita yang sama sekali baru dan tidak ada hubungannya dengan cerita di seri pertama film ini. Sama seperti seri pertamanya, film ini pun akan menghadirkan banyak adegan perkelahian brutal yang sadis, berdarah-darah, dan super seru.

SPL 2 mengisahkan tentang Detektif Zhijie (Wu Jing) yang mendapatkan tugas untuk menyusup ke dalam sindikat narkoba yang dipimpin oleh Hong (Louis Koo). Saat dia melakukan transaksi bersama kelompok Hong di Thailand, Paman Wah (Simon Yam) - Paman sekaligus Atasan Zhijie - mendadak menghentikan operasinya karena disinyalir ada penyusup yang membocorkan rahasia jati diri Zhijie. Akibatnya transaksi itu gagal dan Zhijie dipenjara.

Di dalam penjara Thailand, Zhijie mendapatkan pengawasan ekstra ketat dari seorang sipir bernama Chai (Tony Jaa). Sang sipir saat itu sedang mengumpulkan uang untuk membiayai operasi leukemia anaknya. Saat tahu Zhijie adalah satu-satunya donor yang paling cocok bagi anaknya, dan tahu kalau nyawa Zhijie terancam oleh orang-orang suruhan Hong, Chai mati-matian melindungi Zhijie. Berdua mereka pun bertarung melawan orang-orang Hong yang sudah ditempatkan di dalam penjara untuk menghabisi mereka berdua.

Dalam konferensi pers yang berlangsung beberapa hari lalu, Wilson Yip - sang sutradara - mengungkapkan kalau film ini akan penuh adegan perkelahian keras, bahkan jauh lebih dasyat dibandingkan seri pertamanya. Banyak adegan perkelahian rumit antara Wu Jing dan Tony Jaa, yang membuat keduanya beberapa kali saling bertukar bogem mentah sungguhan. Meski demikian, Wilson memuji profesionalisme kedua bintangnya yang tidak mendendam, bahkan saling meminta maaf.

Wu Jing dan Tony Jaa pun saling memuji satu sama lain. Meski mereka terkendala dalam bahasa, namun mereka mampu saling memahami, terutama pada saat koordinasi koreografi perkelahian.

Film ini jelas merupakan film yang saya nantikan di bulan Juni. Bagaimana dengan Anda?



ABOUT "SPL : SHA PO LANG"
SPL : Sha Po Lang adalah salah satu blockbuster Hong Kong yang dirilis tahun 2005 silam. Secara harafiah, judul film itu berarti "Serigala Pemburu Kebenaran". Film ini diperani Donnie Yuen, Sammo Hung, Simon Yam, dan Wu Jing, dengan Wilson Yip sebagai sutradaranya.

Film tersebut mengisahkan tentang Ma Kwun (Donnie Yen), seorang polisi Hong Kong yang ditugaskan untuk menangkap gembong kriminal Wong Po (Sammo Hung). Tiga tahun sebelumnya, Wong Po juga berusaha diciduk Polisi Chan Kwok Chung (Simon Yam), namun nyaris tewas di tangan Jack (Wu Jing) orang kepercayaan Wong Po.

Ma Kwun pun nyaris berhasil membekuk dan menghancurkan sindikat Wong Po, namun mengalami penyiksaan yang hebat dari orang suruhan Wong Po hingga sekarat. Hal itu membuat Ma Kwun mendendam pada Wong Po dan bersumpah untuk menghabisi Wong Po dengan tangannya sendiri.

Bersama Chan Kwok Chung, Ma Kwun pun menyerbu ke dalam tempat persembunyian Wong Po. Pertarungan habis-habisan pun terjadi, dan pada akhirnya Ma Kwun berhasil menghabisi Jack dan Wong Po.


Bagian paling menarik dari film ini adalah aksi perkelahian Donnie Yen dan Wu Jing di gang pada bagian akhir film ini. Perkelahian itu menampilkan koreografi laga yang luar biasa sadis dan brutal, dengan durasi yang cukup panjang. Selain itu, perkelahian Donnie Yen dan Sammo Hung pun dinilai cukup menarik dan sangat brutal. Inilah film pertama Donnie Yen yang menampilkan berbagai macam jenis bela diri (mix martial art), dan kelak menjadi ciri khas film-film Donnie Yen berikutnya (kecuali Ip Man).

Sukses film itu mendorong Wilson Yip untuk membuat sekuelnya. Meski skenario telah dibuat dan telah mengalami beberapa kali revisi, namun sekuel SPL tidak kunjung diproduksi juga. Barulah pada tanggal 1 Mei 2014, produksi akhirnya dilakukan setelah Wilson mendapatkan kucuran dana dari Sun Entertainment Culture Lt dan Maximum Gain Kapital Group sebesar US$ 23 juta. Produksi film selesai tanggal 6 Septmber 2014, dan akhirnya SPL 2 pun siap tayang bulan Juni 2015 mendatang.



DO YOU KNOW?
Donnie Yen dan Sammo Hung dipastikan tidak bermain di sekuel SPL ini, dikarenakan bentrok jadwal shooting.

SPL 2 dipastikan tidak ada pemeran wanitanya. Bagi sebagian besar pendukung film ini, tidak adanya pemeran wanita dalam film ini memberikan kelegaan sendirian, karena para pendukung film bisa bermain dengan lebih serius, dan tidak memberikan celah bagi para awak media untuk menciptakan kisah "cinta lokasi" selama proses pembuatan film berlangsung.

Film SPL 2 merupakan film luar negeri kedua yang diperani Tony Jaa. Sebelumnya, Tony Jaa bermain di film Furious 7. Dalam film tersebut, selain menjadi pemeran, Tony juga menjadi fighting choreografer.

Berbeda dengan SPL pertama yang mengalami pencekalan di China akibat banyaknya adegan brutal dan sadis, maka Wilson Yip memastikan SPL 2 sudah mendapatkan "restu" dari Badan Sensor Film China untuk ditayangkan di negara tersebut bersamaan dengan tanggal rilis di Hong Kong.









NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment