HKG TV Series - WUDANG RULES (潮拜武當 )

Sudah cukup lama rasanya saya tidak mengupas serial Hong Kong. Wajar, mengingat tidak ada serian Hong Kong yang menurut saya pantas untuk diulas di sini. Yang terbilang agar lumayan adalah serial Wudang Rules (潮拜武當 ) yang ditayangkan TVB tanggal 25 Mei - 19 Juni 2015 silam. Serial dengan total 20 episode ini diproduseri Nelson Cheung, dan merupakan serial televisi teranyar yang diperani oleh Chin Siu Ho (Chen Siau Hau).

Jika Anda penggemar film layar lebar Hong Kong, tentu kenal dengan Chin Siu Ho. Ya, dia adalah aktor kawakan yang sangat populer di tahun 1980-an. Namanya mulai melejit saat film yang diperaninya, Mr Vampire (1985), sukses luar biasa. Sejak itu, dia banyak bermain di film-film eksyen-komedi bertema vampir China. Di tahun 1990-an, namanya kembali sukses setelah beradu akting dengan Jet Li di film Tai Chi Master (1993; sebagai Tian Bao, saudara seperguruan Jun Bao yang diperani Jet Li) dan Fist of Legend (1994; sebagai Huo Ting En, saudara seperguruan Chen Zhen yang diperani Jet Li). Selain bermain di layar lebar, Chin Siu Ho juga pernah bermain di serial televisi, meski tidak banyak. Serial televisi terakhir yang diperaninya berjudul The Chevaliers (俠義見青天 ) produksi TVB yang dirilis tahun 1994.

Terletak di Bukit Wudang, Hubei, China, Biara Wudang adalah tempat orang-orang belajar dan mendalami pengetahuan tentang Taoisme. Mantan detektif Hong Kong Pau Kai Chung (Chin Siu Ho), merasakan kejenuhan dalam pekerjaannya dan memutuskan untuk tinggal di Wudang untuk mendalami Ajaran Tao.

Di sana dia bertemu Mo Yee Shan (Yuen Qiu), kakak seperguruannya yang kini telah menjadi pelatihan bela diri di Biara Wudang, serta pengelola penginapan yang terletak di bawah kaki Bukit Wudang. Kai Chung kemudian bekerja sebagai Juru Masak di penginapan kakak seperguruannya itu. Di sana, dia berkenalan dengan seorang pria misterius bernama Ho Ching Tung (Derek Kok) yang mengalami gangguan jiwa.

Suasana Biara Wudang yang tenang, berubah menjadi kacau ketika beberapa murid dari Perguruan Tai Chi Hong Kong diterima sebagai murid di biara tersebut. Para murid baru tersebut antara lain seorang petarung bernama Cheung Ka Kong (Timmy Hung), anak orang kaya Lok Yik Hin (Jonathan Cheung), wanita pengawal bernama Yeung Ching Wu (Toby Leung), model cantik Siu Yuk (Regen Cheung), dan Lok Yeung (Tavia Yeung).
Chin Siu Ho
Lok Yeung adalah anak perempuan dari kakak seperguruan Kai Chung yang sengaja datang ke Biara Wudang untuk meyakinkan ibunya agar mau membantunya untuk membuka usaha investasi di Hong Kong. Yee Shan setuju membantu finansial anaknya jika Lok Yeung sanggup tinggal di Biara Wudang selama tiga bulan.

Ching Tung yang awalnya sakit jiwa, tiba-tiba sembuh. Parahnya, dia ternyata mengenai Kai Chung, dan Kai Chung adalah penyebab dirinya kehilangan kewarasan. Dia bermaksud membalaskan dendam pada Kai Chung. Dan rencananya ini ternyata membahayakan keselamatan orang-orang yang ada di Biara Wudang.

Secara rating, serial ini bisa dikatakan "Standar" dengan pengecualian di episode 1 - 5 (tayang 25 - 29 Mei 2015) yang mendapatkan respon yang cukup baik dari penonton, dengan nilai rating di atas rata-rata. Sebagai hiburan, serial ini bisa menjadi tontonan yang cukup menghibur dan tidak membosankan.


ABOUT "WUDANG MOUNTAINS"
Lokasi shooting serial ini dilakukan di Biara Wudang di Bukit Wudang. 

Bukit Wudang atau "Wudang Mountains" (武当山;Wu Dang San) terletak di Propinsi Hubei, Tiongkok, sebelah selatan kota Shiyan. Sejak berabad-abad yang lalu, bukit ini sudah dikenal sebagai tempat orang mempelajari Taoisme.
Tidak jelas kapan dan bagaimana Bukit Wudang bisa menjadi lokasi untuk pembelajaran Ajaran Tao. Diduga Ajaran yang diperkenalkan Filsuf Laozi pada abad 4 ini memang pertama kali diajarkan di bukit tersebut, sehingga bukit itu selalu dipakai sebagai tempat untuk mendalami Ilmu Tao dan seni bela diri pernafasan Tai-Chi. Di atas bukit tersebut terdapat banyak biara dengan usia yang bervariasi.

Biara pertama - Five Dragons Temple (Wu Long Miao) - didirikan sekitar abad 5 - 6 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Taizong dari Dinasti Tang (berkuasa 598 - 649). Biara tersebut kemudian mengalami pengembangan yang cukup signifikan pada masa pemerintahan Dinasti Song (960 - 1279) dan Yuan (1271 - 1368). Puncaknya adalah pada masa Dinasti Ming (abad 14 - 17), saat Pemerintahan Kaisar Yongle (1360 - 1424) yang mengembangkan biara Tao di Bukit Wudang menjadi bangungan yang sangat indah dan mewah untuk memuja Dewa Beidi atau Xuan Wu.

Meski banyak biara yang dibangun, namun tidak semuanya masih ada hari ini, dikarenakan usia bangunan yang sudah tua dan sempat tidak mendapatkan perhatian dan perawatan. Biara Wudang telah ditetapkan sebagai Warisan Cagar Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1994.



DO YOU KNOW? 
Serial ini merupakan serial terakhir Derek Kok di TVB. Sebagai catatan, Derek Kok (Kok Jing Hung) adalah salah seorang aktor senior Hong Kong yang sudah bekerja di TVB sejak tahun 1986. Dia telah bermain di lebih dari 60 judul serial televisi dan film layar lebar. Tahun ini Derek memutuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya lagi dengan TVB dan memutuskan hengkang dari stasiun televisi tempatnya bernaung selama hampir 30 tahun ini.







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment