Movie Recommended - MONK COMES DOWN THE MOUNTAIN ( 道士下山 )

Disutradarai Chen Kaige, film ini diperani jajaran aktor dan aktris papan atas Hong Kong : Aaron Kwok, Wang Bao Qiang, Lin Chi Ling, Vanness Wu, Danny Chan Kwok Kwan, Lam Suet, Dong Qi, dan Chang Chen. Ceritanya diangkat dari novel best-seller berjudul sama yang ditulis oleh Xu Hao Feng, novelis dan juga penulis skenario handal di Hong Kong. Saat tayang tanggal 3 Juli 2015 kemarin, film ini langsung berada di posisi pertama tangga film Box Office China, dan di posisi keempat jajaran Box Office dunia (tepat di bawah film Terminator Genysis, Minions, dan Jurrasic World). Baru tayang 3 hari, film ini sudah meraup US$ 38.25 juta, sebuah prestasi yang luar biasa yang jarang-jarang terjadi pada film produksi Hong Kong.

 Alur ceritanya sederhana saja : Bersetting tahun 1930-an, dikisahkan He Anxia (diperani Wang Bao Qiang), adalah seorang biksu yang sudah lama tinggal di biara. Karena biara sedang krisis makanan, maka Ketua Biksu (diperani Li Xue Jian) mengadakan turnamen bela diri untuk mencari orang terkuat yang akan ditugaskan mencari makanan di kota. Dari turnamen itu, He Anxia akhirnya menjadi pemenang.

Maka berangkatlah He turun ke kota. Sepanjang perjalanan, dia bertemu dengan banyak orang, yang kemudian mengajarinya tentang arti kehidupan. Orang pertama yang ditemuinya adalah Ahli Bedah Tsui Daoning (Fan Wei) yang mendapati istrinya, Yu Zhen (Lin Chi Ling) selingkuh dengan Daorong (Vanness Wu), yang tidak lain adalah adik kandungnya sendiri.

He Anxia kemudian bertemu dengan Pendekar Zhao Xinchuan (Danny Chan) yang berduel dengan Pendekar yang juga Manipulator Ulung Peng Qianwu (Yuen Wah). Duel mereka disajikan dengan adegan perkelahian kartun yang menggelitik dan kocak sekali.

Selanjutnya He bertemu dengan Zhao Xiyu (Aaron Kwok) dari Klan Peng yang menantang duel Perguruan Tai Chi. Klan Peng dan Tai Chi sudah bermusuhan sejak bertahun-tahun lamanya, dan Zhao bermaksud mengakhiri permusuhan itu dengan menantang Perguruan tersebut duel.

Dan akhirnya, He bertemu dengan Cha (Chang Chen), sahabatnya yang seorang jagoan bela diri, namun pada akhirnya hidup menjadi pemain Opera.

Pertemuan dengan orang-orang tersebut, akhirnya mengubah pola pikir He yang sudah cukup lama tinggal di dalam biara. Dia pun kemudian belajar tentang kehidupan manusia masa kini, dan bagaimana kehidupan itu mengubah pola pikirnya yang sudah terlalu lama terkekang di dalam biara.

Sebenarnya sulit bagi saya untuk mengatakan film ini sebagai film yang menarik untuk ditonton. Berdurasi 123 menit, film ini menampilkan banyak adegan slapstik dan komedi konyol. Sehingga meski mengusung cerita inspiratif, penonton lebih terkesan pada adegan-adegan kocak di film tersebut. Tapi mungkin juga ini merupakan strategi Chen Kaige dalam memberikan pemahaman ajaran Buddha dan Tao kepada penonton. Ajaran yang berat tersebut dikemas dalam sebuah komedi yang enteng, membuat orang lebih mudah menerima esensi dari ajaran tersebut.

Sebagai sebuah hiburan, film ini sangat berhasil menjalankan misinya. Penonton bisa tertawa ngakak menyaksikan film ini. Tapi jangan pernah mempermasalahkan setiap adegan yang Anda tonton, karena adegan yang "tidak masuk akal" itu memang disengaja. Jadi... nikmati saja...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya dari Ibu Solimah sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KASURI atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KASURI pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan mbah bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya MBAH buat angka ritualnya sehingga saya bisa menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual MBAH KASURI saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH di: 0853 4646 0388 atau silahkan KLIK DISINI ramalan MBAH KASURI memang memiliki ramalan GAIB” yang insy allah dijamin tembus 100%. makasih atas tumpanganya moga tetap jp !!!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    ReplyDelete