10 Anime Terbaik (Wajib Tonton) di Tahun 2015

Banyak orang berpendapat kalau tahun 2015 bukanlah tahun untuk tepat untuk menonton anime Jepang. Mungkin, soalnya anime yang beredar kebanyakan adalah anime yang ditujukan untuk remaja (sho-nen) dan bergenre harem (anime yang didominasi penampilan wanita, yang kadang mengarah ke "soft-porn" atau hentai).  Meski demikian, tidak berarti tidak ada anime seru di tahun ini.

Berikut ini adalah 10 Anime Terbaik (pilihan saya) yang wajib ditonton tahun ini. Apa sajakah serial tersebut?

1. DEATH PARADE ( デス・パレード)
Produksi           : Madhouse
Tanggal tayang : 9 Januari - 27 Maret 2015
Total episode    : 12

Merupakan pengembangan dari film pendek Death Billiards (デス・ビリヤード ) , serial yang cerita dibuat, ditulis, dan filmnya disutradarai Yuzuru Tachikawa. Serial ini merupakan salah satu proyek pelatihan bagi animator muda yang disponsori oleh Madhouse tahun 2013 silam. Sebelumnya, Death Billiards sudah dirilis 2 Maret 2013 silam. Dan kini ceritanya dikembangkan menjadi cerita yang lebih panjang dan seru.

Anime ini mengisahkan tentang seorang bartender bernama Decim (disuarakan Toaki Maeno), yang bekerja di sebuah bar misterius bernama Quindecim, di mana bar itu sebenarnya merupakan sebuah portal menuju ke dunia orang mati. Di bar tersebut, setiap harinya Decim menerima banyak arwah orang mati. Apabila ada dua atau beberapa orang yang meninggal secara bersamaan,maka Decim akan mengajak arwah itu untuk bermain Death Game, di mana arwah yang menang akan bisa bereinkarnasi. Sedangkan arwah yang kalah akan dimusnahkan.

Setiap episode serial ini mengisahkan tentang orang-orang yang berbeda datang ke bar itu. Dan setiap kali itu pula Decim akan menantang mereka untuk memainkan Death Games.

Yang menarik dari serial ini adalah penggambaran dunia orang mati yang begitu riil, membuat siapapun yang menonton serial ini pasti merinding dibuatnya. Raut Decim yang selalu digambarkan suram dan sendu, serta nyaris tanpa ekspresi, membuat aura serial ini makin kelam dan menakutkan (meski serial ini sendiri sama sekali tidak menampilkan adegan seram sekalipun).


2. SERAPH OF THE END (終わりのセラフ )
Produksi            : Wit Studio
Tanggal tayang :  4 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 24 episode

Anime ini merupakan adaptasi dari manga berjudul sama karya penulis Takaya Kagami dan dilukis oleh Yamato Yamamoto, serta dipublikasikan oleh Shueisha di majalah Jump SQ. Dua belas episode pertama serial ini tayang 4 April - 20 Juni 2015, sedangkan 12 episode selanjutkan akan tayang mulai Oktober 2015.

Dikisahkan tahun 2012, dunia mengalami kehancuran setelah sebuah virus buatan manusia menjangkiti semua manusia di bumi, membuat mereka berubah menjadi vampir. Hanya anak-anak di bawah 13 tahun saja yang, anehnya, bebas dari virus tersebut. Yuichiro Hyakuya (disuarakan Miyu Irino), adalah seorang anak berusia 12 tahun yang tinggal di Rumah Yatim Piatu Hyakuya. Ketika dia merencanakan untuk kabur dari rumah itu bersama teman-temannya, mereka justru dibantai oleh Ferid Bathory (Takahiro Sakurai). Hanya Yuichiro yang selamat dari pembantaian itu.

Dendam dengan para vampir, Yuichiro bergabung dengan Moon Demon Company, sebuah kelompok kerajaan Jepang yang bertujuan menghancurkan kekuatan vampir. Di sana, dia belajar menjadi seorang prajurit yang bekerja sama dalam sebuah tim dengan rekan-rekannya. Senjatanya adalah Asaramaru, sejenis pedang "katana" yang mampu membelah tubuh mahluk supranatural apapun, termasuk vampir.



3. ASSASSINATION CLASSROOM (暗殺教室 )
Produksi            : Lerche
Tanggal tayang : 9 Januari - 19 Juni 2015
Total episode    : 22 episode

Ini serial anime favorit saya tahun ini. Diadaptasi dari manga yang ditulis dan digambar Yusei Matsui, serial ini mengisahkan tentang invasi alien ke dunia di mana para alien berubah wujud menjadi seorang guru di sekolah.

Anime ini diawali dengan kemunculan mahluk alien berwujud gurita dan berwarna kuning di Kelas 3-E SMP Kunugigaoka. Kemunculan mahluk yang bertindak seperti seorang guru itu, langsung disambut rentetan tembakan senata api dari para murid. Wajar saja, karena para siswa di kelas itu barusan mendapat tawaran dari Pemerintah Jepang untuk membunuh alien itu. Siapapun yang berhasil membunuh alien itu akan dihadiahi 10 milyar Yen. Meski diberondong senjata, mahluk itu justru bisa menghindar dan tidak terluka sedikit pun (beruntung.... karena dia mampu bergerak 20 March sehingga dapat berpindah cepat dengan sangat cepat sekali).

Mahluk gurita itu - yang dipanggil "Koro Sensei" - adalah alien yang bermaksud menguasai bumi. Sebelumnya, mereka telah menghancurkan 70% bulan, dan bermaksud menghancurkan bumi setahun kemudian. Untuk mewujudkan rencana mereka, diutuskan Koro Sensei untuk menjadi pengajar di sekolah tersebut, sekaligus mengawasi gerak-gerik manusia.

Meski tahu dirinya menjadi incaran pembunuhan para murid, Koro Sensei tidak menunjukkan dendam maupun niat untuk membalas. Bahkan dia membiarkan para siswanya mencari cara untuk membunuhnya (karena dia tahu, tidak satu pun murid itu mampu melakukannya). Tidak hanya itu, Koro Sensei menunjukkan sikapnya sebagai seorang guru yang sangat baik, perduli pada murid-muridnya, bahkan memotivasi mereka untuk belajar lebih giat agar meraih masa depan yang lebih baik. Sikap Koro Sensei itu membuat para murid tersentuh. Meski sepanjang seri anime ini ditampilkan usaha para murid untuk membunuh Koro Sensei, tapi sedikit demi sedikit, Koro Sensei berhasil menyentuh hati dan perasaan para murid, membuat mereka berubah menjadi siswa yang lebih baik dan berprestasi.

Sebelum dibuat dalam bentuk anime, manga serial ini sendiri tercatat sebagai manga dengan penjualan tertinggi saat ini. Sejak dirilis tahun 2013, manga Assassination Classroom tercatat sebagai salah satu manga terlaris, di mana rata-rata setiap serinya terjual sebanyak 4.5 juta kopi. Manga ini pun mendapatkan banyak penghargaan, terpilih sebagai "Recommended Comic Books Across the Country Clerk's Choice" versi Nippon Shuppan Hanbai tahun 2013, serta berada di peringkat pertama Top 20 Manga for Male Readers (Kono Manga Ga Sugoi) versi Takarajjmasha tahun 2014.

Selain dibuat versi anime-nya, manga ini juga diadaptasi dalam bentuk film "live-action" yang dirilis tidak lama setelah anime-nya dirilis. Tepatnya tanggal 21 Maret 2015, film layar lebar "live-action" Assassination Classroom tayang. Film ini langsung duduk di peringkat pertama Box-Office Jepang dengan perolehan US$ 20 juta. Sukses ini langsung diikuti dengan produksi sekuel film ini berjudul Assassination Classroom : Sotsugyo-hen, yang rencananya akan tayang tahun 2016 mendatang.



4. FOOD WARS : SHOKUGEKI NO SOMA (食戟のソーマ )
Produksi            : Shueisha
Tanggal tayang : 3 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 24 episode

Anime ini sedikit banyak mengingatkan saya pada anime Master Cooking Boy. Bedanya, jika Master Cooking Boy lebih banyak mengupas tentang masakan Tiongkok, maka anime ini lebih banyak mengulas tentang masakan Barat dan Jepang. 

Diadaptasi dari manga berjudul sama karya penulis Yuto Tsukuda dan ilustrator Shun Saeki, anime ini mengisahkan tentang Soma Yukihira, seorang remaja yang sangat senang memasak dan bercita-cita untuk menjadi Chef untuk meneruskan restoran ayahnya, Restoran Yukihira, yang dibuka di Amerika Serikat. Namun baru saja Soma lulus sekolah, Joichiro Saiba (ayah Soma) memutuskan untuk menutup restoran tersebut setelah menganggap anaknya tidak cukup mampu meneruskan restoran tersebut.

Untuk membuktikan kemampuannya, Soma mengambil kuliah di Totsuki Culinary Academy. Di sana, dia tinggal di Mess Siswa Polar Star, dan belajar banyak hal tentang teknik memasak. Soma banyak melakukan eksperimen memasak, yang kemudian dipakainya untuk beradu masak dengan sang ayah. Setelah mendapatkan kepercayaan dari ayahnya, Soma kemudian mengikuti turnamen memasak internasional untuk membuktikan kepiawaiannya dalam memasak.

Teknik memasak yang ditampilkan dalam anime ini jauh lebih realistis dan faktual dibandingkan Master Cooking Boy, membuat serial ini sangat asyik untuk ditonton. Sebagai informasi, resep masakan yang ditampilkan dalam serial ini adalah resep aktual para chef di dunia nyata.


5. THE HEROIC LEGEND OF ARSLAN / ARSLAN SENKI ( アルスラーン戦記 )
Produksi            : Liden Films, Sanzigen
Tanggal tayang : 5 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 25 episode

Anime ini terbilang cukup unik, karena menampilkan kebudayaan Arab, Iran, dan Persia, yang mungkin sangat tidak lazim dan tidak umum ditampilkan dalam anime Jepang (anime biasanya menampilkan budaya Eropah). Alur ceritanya sendiri terinspirasi dari legenda Amir Arsalan-e Namdar yang populer di negara Persia di masa Shah Qajar pada abad 19 Masehi.

Dikisahkan di suatu masa di Persia, terdapat Kerajaan Pars yang dipimpin Raja Andragoras III. Raja tersebut dan keluarganya tewas karena instrik dan coup yang dilakukan orang-orang terdekatnya yang berkhianat dan bergabung dengan Kerajaan Lusitania.

Beruntung Arslan - anak Raja Andragoras III - berhasil melarikan diri. Di tempat pengasingan, dia berjumpa kembali dengan pembantu setianya, Daryun. Kemudian bergabung dengan mereka berdua Ahli Strategi Perang Narsus dan pembantu setianya Elam, Biarawati Farangis, dan Pemusik sekaligus seorang Kriminal bernama Gieve. Kelima orang tersebut kemudian mempersiapkan rencana untuk merebutkan kembali Kerajaan Pars dari tangan Lusitania. Mereka kemudian mendapat bantuan tambahan dari sekelompok orang berjuluk Silvermask. Meski awalnya seperti penolong, Arslan kemudian mengetahui kalau Silvermask punya niat buruk untuk menguasai Tahta Pars, dan menghabisi Arslan.

Sebelum diadaptasi dalam bentuk anime, kisah ini terlebih dulu dirilis dalam bentuk novel berjudul Arslan Senki yang ditulis Dr. Yoshiki Tanaka, salah seorang novelis terkemuka Jepang. Sejak pertama kali dirilis tahun 1986 hingga hari ini, novel petualangan Arslan telah dirilis sebanyak 11 seri. Novel itu sangat laris dan menjadi salah satu novel best-seller yang sangat populer. Karena itu, novel itu kemudian diadaptasi dalam bentuk manga. Ceritanya tetap ditulis oleh Tanaka, sedangkan ilustratornya adalah Chisato Nakamura. Manga bertotal 13 volume itu dirilis tahun 1990.

Manga Arslan Senki dibuat ulang (ilustrator oleh Hiromu Arakawa) dan dirilis bulan Juli 2013 oleh Bessatsu Shonen Magazine. Sama seperti manga sebelumnya, manga versi ini juga meraih kesuksesan serupa. Karena kesuksesan itulah maka cerita ini pun diadaptasi ke dalam TV Anime. Produksi sudah dilakukan sejak 2 November 2014, dan mulai tayang 5 April 2015 di Japan Nws Network dan MBS.



6. BLOOD BLOCKADE BATTLEFRONT / KEKKAI SENSEN (血界戦線 )
Produksi            : Bones
Tanggal tayang : 4 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 12 episode

Anime seru ini merupakan adaptasi dari shonen manga (manga untuk remaja) berjudul sama yang ditulis Yasuhiro Nightow. Manga tersebut pertama kali dirilis di Majalah Jump SQ 19 bulan Februari - April 2009, kemudian pindah ke Majalah Jump SQ Crown sejak Juli 2009 hingga hari ini.

Pada satu masa, sebuah portal dunia supranatural bernama "Beyond" terbuka di New York City (Amerika Serikat). Akibatnya banyak mahluk supranatural yang keluar dari portal itu dan menghantui kota New York. Dalam waktu singkat, kota tersebut menjadi kota menyeramkan berisi mahluk-mahluk dari dunia lain. Namanya pun berubah menjadi Hellsalem's Lot.

Guna menghadapi mahluk-mahluk tersebut, dibentuklah sebuah kelompok bernama Libra, yang anggotanya terdiri dari Klaus V. Reinherz (Ketua Kelompok Libra; berkemampuan untuk mengendalikan pikiran manusia), Leonardo Watch (fotografer berkemampuan melihat para mahluk roh), Zap Renfro (mampu memanupulasi darah pada tubuhnya untuk menjadi senjata dan bahan peledak), Chain Sumeragi (wanita sadis yang mampu menghilang), Steven A. Starphase (Wakil Klaus, yang mampu membekukan orang yang ditendangnya), dan K.K. (ahli dalam persenjataan). Tugas kelompok ini adalah untuk mencegah mahluk-mahluk tersebut keluar dari kota Hellsalem's Lot dan menyebarkan kengerian ke kota lain.

Banyak penonton yang memuji anime ini karena alur ceritanya yang padat dan cepat, dengan gambar yang sangat menarik dan indah. Anime ini pun dinilai sebagai anime paling cerdas yang pernah dibuat. Sayangnya, anime ini hanya dibuat dalam 12 episode saja, sehingga terasa sangat pendek. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat akan dibuat sekuelnya.



7. KYOUKAI NO RINNE / RIN-NE (境界のRINNE )
Produksi            : Brain's Base
Tanggal tayang : 4 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 25 episode

Anime ini merupakan adaptasi dari manga berjudul Rin-Ne yang ditulis Rumiko Takahashi dan dipublikasikan Majalah Mingguan Remaja Shogakukan sejak 22 April 2009. Manga tersebut merupakan salah satu manga terlaris di Jepang. Di tahun 2009, manga ini berada di urutan 15 dan 16 "Best Selling Manga in Japan", di mana rata-rata penjualan manga ini lebih dari 100,000 kopi. Dan sejak dirilis Oktober 2009 hingga Agustus 2014, tankoban (sejumlah episode manga yang dikompilasi dalam bentuk buku) Rin-Ne telah dicetak dan terjual lebih dari 3 juta kopi. Bahkan seri pertama tankoban Rin-Ne terjual lebih dari 44,000 kopi, menjadikannya berada di urutan 18 Tankoban Terlaris di Jepang.

Tidak jauh beda dengan versi manga, anime Rin-Ne atau Kyuokai no Rinne ini mengusahkan tentang Sakura Mamiya, seorang gadis SMA, yang sejak kecil bisa melihat roh halus. Karena merasa cukup terganggu dengan kemampuannya ini, Sakura meminta bantuan Rinne Rokudo, seorang pria remaja SMA (teman sekolahnya) yang berprofesi sebagai pengusir roh, untuk membantunya menghilangkan kemampuan itu.

Rinne - yang aslinya adalah mahluk halus (shinigami) - bekerja sebagai penuntun roh ke roda reinkarnasi agar mereka bisa terlahir kembali. Meski tugasnya cukup "mulia", namun Rinne sering menjahili para kliennya, dan membuat mereka harus membayar dengan uang sangat mahal. Sakura malah sering menegur dan memprotes tindakan Rinne. Awalnya Rinne tidak terlalu memperdulikannya. Tapi perlahan, timbul rasa cinta dalam diri Rinne pada Sakura.



8. SAINT SEIYA : SOUL OF GOLD (聖闘士星矢 黄金魂 -soul of gold- )
Produksi            : Toei Animation
Tanggal tayang : 11 April 2015 - (masih tayang)
Total episode    : 13 episode

Saint Seiya datang lagi !! Ya, animasi klasik karya Masami Kurumada ini kembali dirilis dalam bentuk anime serial. Dirilisnya anime ini sebagai penghormatan kepada Kurumada yang telah bekerja sebagai Seniman Manga selama 40 tahun.

Anime ini mengisahkan tentang bangkitnya kembali 12 God Saints di Asgard setelah sebelumnya mereka tewas saat melindungi Athena dari serangan Hades di Wall of Grief. Saat masih bingung dan mencari tahu alasan kebangkitan mereka, tiba-tiba mereka sudah harus berhadapan dengan pasukan God Warrior pimpinan Gullinbursti Frodi. Saat God Warrior berusaha menghabisi 12 prajurit God Saints, muncul pasukan Asgardians pimpinan Andreas Lise yang membantu prajurit Saints melawan God Warrior.

Karena tidak mungkin God Saints yang sekarang menghadapi God Warrior yang super tangguh, maka ke-12 pasukan God Saints yang dipimpin Leo Aiolia ini diberikan baju jirah perang yang jauh lebih kuat. Dengan perangkat perang baru mereka yang lebih kuat ini, God Saints pun maju kembali ke arena perang dan bertarung habis-habisan dengan pasukan God Warrior.

Seru. Brutal. Sadis. Inilah yang akan Anda temukan dalam setiap episode anime Saint Seiya terbaru ini.


9.PUNCH LINE (パンチライン )
Produksi            : MAPPA
Tanggal tayang : 9 April - 25 Juni 2015
Total episode    : 12 episode

Merupakan anime orisinil (bukan adaptasi manga atau novel) karya sutradara Yutaka Uemura. Skenarionya dibuat oleh Kotaro Uchikoshi dan desain karakternya dibuatnya Shota Iwasaki. Anime ini mengangkat cerita yang cukup unik.

Dikisahkan Yuta Iridatsu adalah seorang remaja yang tinggal di komplek apartemen Korai House. Satu ketika terjadi insiden pembajakan bis yang membuat dirinya meninggal. Anehnya, Yuta menyadari keberadaannya yang sudah meninggal dan rohnya sudah keluar dari tubuhnya. Meski demikian, dia masih bisa hidup kembali dan masuk ke dalam tubuhnya, apabila dia menemukan sebuah benda bernama "Sacred Tome of Koraikan".

Dengan dibimbing roh seekor kucing bijak bernama Chiranosuke, Yuta menyadari kalau roh tubuhnya memiliki kemampuan yang luar biasa. Dia bisa menggunakan kemampuannya itu untuk menolong teman-teman (terutama penduduk komplek apartemen Korai House) dari berbagai macam bahaya. Uniknya, apabila Yuta melihat celana dalam wanita, dia akan mendapatkan tenaga super yang disebut "Uber-fy Power". Tapi jika melihat celana dalam wanita sebanyak dua kali dalam sehari, maka dia akan kehilangan kesadarannya, dan meteor akan menghancurkan dunia.

Anime ini sebenarnya dipersiapkan untuk Game PlayStation4 dan PlayStation Vita. Jadi tidak heran jika alurnya sedikit-mirip alur video-game. Game Punch Line sendiri akan dirilis akhir tahun 2015 mendatang.



10. SKY WIZARDS ACADEMY (空戦魔導士候補生の教官 )
Produksi            : Diomedea
Tanggal tayang :  8 Juli 2015
Total episode    :  6

Dan sebagai penutup dari daftar ini adalah anime ini, yang merupakan adaptasi dari novel berjudul Kusen Madoshi Kohosei no Kyodan. Novel yang ditulis Yu Moroboshi ini diterbitkan Fujimi Fantasia Bunko sejak Juli 2013, dan hingga kini telah dirilis sebanyak 6 seri. Novel ini terbilang cukup sukses, sehingga kemudian diadaptasi dalam bentuk manga (digambar oleh Arisu Shido) dan diterbitkan oleh Monthly Comic Alive sejak 26 Juli 2014. Kini versi anime-nya pun dirilis dan baru-baru ini dirilis.

Dikisahkan bahwa di suatu masa, manusia hidup dalam ketakutan karena banyaknya serangga misterius yang muncul dan memangsa manusia tersebut. Sang serangga hanya bisa dimusnahkan oleh kekuatan sihir. Guna melindungi dirinya, manusia kemudian membangun kota melayang, agar bisa jauh dari serangga berbahaya tersebut.

Di kota melayang itu, tinggallah Kanata Age, seorang remaja yang bersekolah di Sekolah Sihir Misutogan. Dulu dia pernah mendapatkan gelar "Black Master Swordsman" dari Tim Khusus S128 karena kemampuan sihirnya. Namun dia kemudian dikucilkan karena sebuah insiden, yang membuatnya dicap sebagai Penghianat.

Satu waktu, dia mendapat tugas untuk menjadi instruktur Team E601, yang merupakan tim paling lemah di sekolah tersebut karena sudah berkali-kali gagal dalam berbagai eksibisi sihir. Masalahnya, tim tersebut terdiri dari 3 orang gadis cantik (Misora Whitela, Lecty Eisenach, dan Rico Flamel) yang centil dan terlalu "feminim". Meski sulit - dan tampaknya tidak mungkin - Kanata akhirnya setuju untuk melatih ketiga gadis itu menjadi pesihir tangguh yang akan melawan serangga yang mengancam kehidupan manusia.




NewerStories OlderStories Home

9 comments:

  1. Replies
    1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karna berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO meman benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna rumah juga sudah disita bank,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 0852~1159~9919 atau KLIK DISINI dengan penuh harapan percaya dan keyakinan insya allah pasti tercapai.

      Delete
    2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya dari Ibu Solimah sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KASURI atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KASURI pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan mbah bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya MBAH buat angka ritualnya sehingga saya bisa menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual MBAH KASURI saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH di: 0853 4646 0388 atau silahkan KLIK DISINI ramalan MBAH KASURI memang memiliki ramalan GAIB” yang insy allah dijamin tembus 100%. makasih atas tumpanganya moga tetap jp !!!

      Delete
    3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya dari Ibu Solimah sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KASURI atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KASURI pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan mbah bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya MBAH buat angka ritualnya sehingga saya bisa menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual MBAH KASURI saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH di: 0853 4646 0388 atau silahkan KLIK DISINI ramalan MBAH KASURI memang memiliki ramalan GAIB” yang insy allah dijamin tembus 100%. makasih atas tumpanganya moga tetap jp !!!

      Delete
    4. Saya ingin menyampaikan kepada
      seluruh TKI yang bekerja di negeri orang ,,
      saya IBU SULASTRY seorang TKI DI MALAYSIA
      pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
      sempat saya putus asa, apa lagi dengan keadaan hamil
      gaji suami itupun buat makan, sedangkan hutang banyak.
      kebetulan suami saya buka-buka facebook mendapatkan
      nomor MBAH KASENG katanya bisa bantu orang melunasi hutang
      melalui jalan TOGEL ,,dengan keadaan susah jadi saya coba
      hubungi MBAH karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan minta
      angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan MBAH 6D dan alahamdulillah ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudarah di indonesia maupun di
      luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
      jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda dengan meriktualkan angka togel ghaib 2D,3D,4D,5D, Atau 6D yang betul-betul tembus
      hubungi MBAH KASENG di nomor 0823-1434-8847 silahkan anda buktikan sendiri
      demi allah saya sudah membuktikan angka dari MBAH sekrang giliran anda untuk MEMBUKTIKANNYA!!!

      Delete
    5. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
  2. Bolacasino88 | Agen Bola Sbobet | Agen Judi Casino | Sabung Ayam Terpercaya

    Mampir yuk gan di Bolacasino88

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Daftar GRATIS
    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Yang Kami Berikan :

    - Bonus Deposit 5000
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 1 ID Untuk Semua Games Seperti :

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial
    - Sabung Ayam

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    ReplyDelete