10 Serial Korea Terbaru Agustus 2015

Setahun kemarin, perkembangan serial televisi Korea terbilang cukup lamban karena banyak sekali serial yang beredar mengusung cerita yang nyaris sama. Itu yang membuat saya kadang "males banget" mengulas serial televisi Korea.

Namun kini, serial televisi Korea terbilang sangat inovatif dan kreatif. Banyak sekali drama dengan tema dan alur cerita baru yang sangat menarik untuk disimak. Dengan jumlah episode yang tidak terlalu banyak, serta banyaknya stasiun televisi Korea yang gencar memproduksi seri-seri drama terbarunya, tidak heran kalau kemudian saya sedikit "ketinggalan" dalam mengikuti perkembangan serial drama Korea. Anyway, untuk "menebus" keterlambatan itu, berikut ini saya hadirkan 10 serial televisi Korea terbaru (dan terbaik) pilihan saya. Mudah-mudahan Anda pun menyukainya ...

1. HELLO MONSTER / I REMEMBER YOU ( 너를 기억해; Neoreul Giokhae)
Ditayangkan      : KBS2
Pemeran            : Seo In Guk, Jang Na Ra, Lee Chun Hee, Park Bo Gum
Tanggal tayang  : 22 Juli - 11 Agustus 2015
Total episode     : 16

Jangan terkecoh dengan poster promosi serial ini. Meski tampak romantis dan kocak (apalagi pemainnya Jang Na Ra yang biasa bermain di serial drama komedi), serial ini menghadirkan cerita thriller-misteri yang cukup serius.

Lee Hyun (Seo In Guk) adalah seorang mantan konsultan Profiler (peneliti perilaku para kriminal) yang sangat jenius. Setelah cukup lama bekerja di Kepolisian New York, Amerika Serikat, Lee Hyun memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Korea. Di sana dia bekerja di Kesatuan Khusus Investigasi Kriminal. Dalam tim itu, dia bekerja sama dengan Detektif Cha Ji An (Jang Na Ra) dalam menyelesaikan berbagai masalah kriminal.

Diam-diam Ji An ternyata sudah lama menyidiki dan memantau setiap tindak-tanduk Lee Hyun. Dia menduga Lee Hyun terlibat dalam kasus hilangnya ayah Ji An bersama Lee Joon Young (Choi Won Young), seorang residivis pelaku pembunuhan yang baru-baru ini melarikan diri dari penjara.

Sementara itu, kepulangan Lee Hyun ke Korea ternyata bukan tanpa alasan. Berbekal pengalaman dan kemampuannya yang terasah sangat baik di Kepolisian Amerika, Lee Hyun berniat menyidiki pelaku pembunuhan yang pernah membunuh ayahnya saat dia masih kecil. Lee Hyun menduga pelakunya adalah seorang psikopat yang dulunya adalah tetangganya sendiri. Namun belakangan, Lee Hyun sendiri tidak yakin karena dia kehilangan beberapa bagian memori masa kecilnya pasca kejadian pembunuhan itu.



2. THE TIME WE WERE NOT IN LOVE (너를 사랑한 시간; Neoreul Saranghan Sigan)
Ditayangkan      : SBS
Pemeran            : Ha Ji Won, Lee Jin Wook, Yoon Jin Wook
Tanggal tayang  : 27 Juni - 16 Agustus 2015
Total episode     : 16

Serial ini merupakan adaptasi dari serial televisi Taiwan berjudul In Time With You (2011),yang diperani Ariel Lin dan Bolin Chen. Serial Taiwan tersebut menyabet 7 penghargaan di ajang Golden Bell Awards 2011, di antaranya Best Actress, Best Actor, Best Director, Best Screenplay, dan Best Television Series.

Mirip dengan versi aslinya, serial ini mengisahkan persahabatan antara Jang Ha Na (Ha Ji Won) dengan Choi Won (Lee Jin Wook) yang sudah berlangsung sejak mereka masih kecil hingga dewasa. Meski pun memiliki hubungan yang sangat dekat, keduanya sepakat untuk menjadi sahabat. Persahabatan mereka tersebut berjalan lebih dari 20 tahun.

Saat ulang tahunnya yang ke-30, Ha Na mendapatkan e-mail dari Choi Won yang berisi guyonan tentang "Gejala Penuaan Dini (The Symptoms of Premature Aging)". Dalam guyonan itu, disebutkan kalau pria dan wanita bisa diibaratkan sebagai anggur, di mana pria semakin bertambah umur akan menjadi anggur yang sangat mahal harganya, sedangkan wanita yang bertambah umur akan menjadi manisan kismis yang kecil dan mengerut (dalam istilah orang Korea : "sulit mendapatkan jodoh"). Guyonan itu membuat Ha Na naik pitam dan mengajak Choi Won bertaruh siapa yang duluan menikah sebelum usia 35 tahun.

Choi Won menerima tantangan itu, dan mereka pun sibuk mencari kekasih agar bisa menikah duluan. Yang tidak mereka sadari adalah : Jodoh mereka berdua sudah di depan mata, dan berada sangat dekat ..... !!!!



3. WE BROKE UP (우리 헤어졌어요; Heeojyeotteoyo )
Ditayangkan      : Naver TVCast
Pemeran            : Sandara Park, Kang Seung Yoon, Hyoni Kang, Jang Ki Yong
Tanggal tayang  : 29 Juni - 17 Juli 2015
Total episode     : 10

Ini kali pertama saya memasukkan web-series (serial yang ditayangkan online dan ditonton dengan streaming) dalam daftar serial televisi Korea. Serial ini terbilang menarik buat saya karena diperani Sandara Park, salah seorang vokalis yang juga Direktur Komunikasi girlband Korea 2NE1, juga Kang Seung Yoon, vokalis dan pemimpin grup boyband Korea Winner. Selain itu, serial ini juga didukung Hyoni Kang, yang tidak lain adalah model dunia pemenang Supermodel Of the World 2008.

Cerita serial ini - yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya Ryu Chae Rin - berfokus pada kehidupan sepasang mahasiswa, No Woo Ri (Sandara Park) dan Ji Won Yeong (Kang Seung Yoon). Awalnya mereka adalah pasangan kekasih yang memutuskan untuk tinggal bersama dalam 1 apartemen. Namun setelah terjadi keributan besar, keduanya memutuskan untuk putus.

Putus sih gampang. Masalahnya, mereka kemudian baru menyadari kalau biaya sewa apartemen sangat mahal sekali. Jika mereka memutuskan untuk putus dan berpisah, mau-tidak mau harus pindah dari apartemen yang sekarang. Karena tidak punya uang, maka mereka terpaksa tetap tinggal bersama, meski sudah putus.

Untuk mendapatkan uang agar bisa digunakan untuk menyewa apartemen lain, keduanya mulai mengambil pekerjaan paruh waktu. Woo Ri mencari kerja sambilan usai kuliah, sedangkan Won Yeong bergabung dengan sebuah grup band dan menyanyi di cafe pada malam hari. Perjuangan hidup inilah yang pada akhirnya menyatukan cinta mereka kembali.



4. OH MY GHOSTESS (오 나의 귀신님; O Naui Gwisinnim)
Ditayangkan      : tvN
Pemeran            : Park Bo Young, Jo Jung Suk, Kim Seul Gie, Lim Ju Hwan
Tanggal tayang  : 3 Juli - 22 Agustus 2015
Total episode     : 16

Drama-komedi kocak ini mengusahkan tentang Na Bong Sun (Park Bo Young), seorang gadis introver yang memiliki kepercayaan diri sangat rendah dan pemalu. Meski demikian, diam-diam dia memiliki kemampuan melihat hantu yang diturunkan dari neneknya yang seorang Paranormal dan Ahli Ilmu Klenik. Dia bekerja sebagai Asisten Masak di Restoran Sun.

Satu ketika, Bong Sun dirasuki roh seorang gadis bernama Shin Soon Ae (Kim Seul Gie). Saat masih hidup, Soon Ae tidak pernah merasakan nikmatnya berhubungan asmara dengan pria. Karena itu, setelah meninggal, dia ingin menikmati hubungan cinta dengan pria sebanyak-banyaknya dengan cara merasuki setiap wanita. Setelah merasuki Bong Sun, Soon Ae mengincar Chef Kang Sun Woo (Jo Jung Suk), Atasan Bong Sun yang tampan. Diam-diam Bong Sun pun jatuh hati pada Atasannya. Namun perasaan itu dipendamnya karena Sun Woo adalah Atasan yang sangat sombong dan arogan.

Awalnya Sung Woo tidak menanggap Bong Sun. Tapi setelah melihat bagaimana perubahan drastis yang terjadi pada Bong Sun yang dirasuki Soon Ae, hati Sung Woo kepincut juga.



5. LATE NIGHT RESTAURANT (심야식당; Simyasikdang )
Ditayangkan      : SBS
Pemeran            : Choi Jae Sung, Nam Tae Hyun, Jung Han Hun, Joo Won Sung
Tanggal tayang  : 4 Juli - 10 Oktober 2015
Total episode     : 30

Serial drama bergenre misteri ini diadaptasi dari manga Jepang berjudul "Shinya Shokudo" karya mangaka Yaro Abe. Manga Jepang tersebut meraih penghargaan sebagai Best General Manga di ajang Shogakukan Manga Award tahun 2010.Manga ini sendiri sebelumnya sudah pernah diadaptasi dalam bentuk serial televisi Jepang (2009 dan 2011). Versi layar lebarnya sendiri baru tayang beberapa bulan lalu di tahun 2015 ini.

Serial ini mengisahkan seorang Chef misterius yang dipanggil The Master (diperani Kim Seung Woo).  The Master memiliki restoran yang hanya buka pukul 19.00 hingga dini hari. Meski dibuka larut malam, restorannya selalu dikunjungi orang. Dan berbeda dengan restoran kebanyakan, restoran yang dikelola The Master tidak punya daftar menu. Para pelanggan hanya tinggal memberi tahu The Master apa yang mereka mau makan, maka The Master akan segera memasaknya, meski masakan yang diminta adalah masakan aneh sekali pun.


Setiap episode serial ini menampilkan para pelanggan yang datang ke restoran itu dan memesan makanan-makanan kesukaan mereka. Sambil menikmati masakan The Master, para pelanggan menceritakan masalah-masalah yang sedang mereka alami. The Master biasanya mendengarkan masalah itu, dan memberikan masukan penyelesaian masalah itu. Masukan dan nasihat The Master - meski kadang tidak lazim dan masuk akal, namun - selalu menjadi jawaban yang tepat.

Durasi setiap episode serial ini adalah 30 menit, dan setiap harinya tayang 2 episode. Satu episode selalu mengisahkan 1 masalah yang penyelesaiannya dilakukan di episode itu juga.



6. I ORDER FOR YOU ( 당신을 주문합니다 )
Ditayangkan      : SBS Plus
Pemeran            : Yunho, Kim Ga Eun, Jang Seung Jo, Jung Yi Rang
Tanggal tayang  : 6 - 30 Juli 2015
Total episode     :16

Diadaptasi dari web-novel berjudul Plada (플아다 ), drama-komedi super kocak ini mengisahkan tentang Chef Yeo Gook Dae (Yunho) yang baru-baru ini patah hati setelah bercerai dengan istrinya. Tidak lama, hatinya diisi kembali oleh cinta ketika dia berkenalan dengan gadis bernama Park Song Ah (Kim Ga Eun).

Song Ah baru-baru ini keluar dari pekerjaannya dan, sesuai dengan permintaan kakaknya, dia memutuskan untuk ke sebuah Dosirak (toko yang menjual menu makan siang) untuk menemui 3 orang pria tampan yang bakal menjadi kekasihnya. Dalam pertemuan itulah, Song Ah berkenalan dengan Gook Dae. Setelah tahu kegemaran Song Ah adalah makan, Gook Dae mencoba merebut hati Song Ah lewat makanan-makanan lezat yang dibuatnya sendiri. Akankah hati Song Ah benar-benar bisa direbut Gook Dae lewat makanan?

Mungkin Anda familiar dengan wajah Yunho, yang memerani Gook Dae. Ya, dia adalah salah satu anggota dari boyband TVXQ dan lebih dikenal dengan nama panggungnya U-Know Yunho.



7. SCHOLAR WHO WALKS THE NIGHT ( 밤을 걷는 선비; Bameul Geotneun Seonbi)
Ditayangkan      : MBC
Pemeran            : Lee Joon Gi, Shim Chang Min, Lee Soo Hyuk, Lee Yu Bi
Tanggal tayang  : 8 Juli - 10 September 2015
Total episode     :20

Inilah serial televisi Korea yang sedang jadi bahan perbincangan saat ini, karena mengangkat cerita yang tidak umum tentang kehidupan masyarakat Korea di masa lalu.

Diangkat dari webcomic berjudul sama yang ditulis Joo Hee dan Han Seung Gee, serial ini mengisahkan versi alternatif dari kondisi Korea di masa Dinasti Joseon (1392 - 1897). Di masa itu, hiduplah Jo Yang Sun (Lee Yu Bi), seorang gadis dari keluarga bangsawan. Satu ketika, ayahnya difitnah, sehingga keluarganya kehilangan segalanya dan dipenjara. Yang Sun berhasil kabur dan menyamar sebagai seorang pria penjual buku. Dia kemudian berkenalan dengan seorang pria pelayar yang tampan dan misterius bernama Kim Sung Yeol (Lee Joon Gi), yang bekerja di Hongmungwan (Penasihat Khusus Kerajaan). Dia sebenarnya adalah seorang vampir yang menderita karena cinta setelah kekasih pertamanya - Lee Myung Hee (Kim So Eun) - meninggal beratus-ratus tahun yang lalu.

Sementara itu, Raja Vampir Gwi (Lee Soo Hyuk) yang bekerja sebagai orang kepercayaan Kerajaan Joseon, berniat mengambil tahta kerajaan dan mencegah Pangeran Sadong (Jang Seung Jo) naik tahta menggantikan ayahnya Raja Hyeonjo (Lee Soon Jae). Untuk mencegah rencana jahat itu, Sung Yeol dan Yang Sun bekerja sama untuk mengalahkan Raja Vampir Gwi.



8. LAST (라스트; Laseuteu)
Ditayangkan      : jTBC
Pemeran            : Yoo Kye Sang, Lee Beom Soo, Seo Ye Ji, Park Won Sang
Tanggal tayang  : 24 Juli - 12 September 2015
Total episode     : 16

Serial super seru ini diadaptasi dari webcomic berjudul sama karya Kang Hyung Kyu. Webcomic tersebut dipublikasikan 28 Februari 2011 - 23 Januari 2012 dan meraih sukses yang cukup luar biasa.

Jang Tae Ho (Yoon Kye Sang) adalah seorang Manager Keuangan yang sangat sukses. Namun dalam sebuah transaksi, dia mengalami penipuan yang membuat perusahaannya merugi hingga 350 Juta Won. Akibat hal itu, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut, dan rekan bisnisnya - yang juga pemilik perusahaan itu - bunuh diri karena tidak tahan menanggung kerugian yang sedemikian besar. Tae Ho pun harus kucing-kucingan dengan para rentenir, yang mengejar-ngejar uang investasi mereka di perusahaan tempat Tae Ho bekerja.

Kehidupan Tae Ho benar-benar hancur dan habis. Dalam persembunyiannya, Tae Ho menemukan ada sebuah kelompok rahasia yang berlokasi di Stasiun Seoul, beranggotakan para tunawisma. Mereka punya aturan yang sangat keras dan jenjang hirarki kepemimpinan. Bertekad untuk meraih kedudukan dalam kelompok itu, Tae Ho bergabung. Lewat perjuangannya, akhirnya Tae Ho berhasil duduk di pucuk kepemimpinan organisasi tersebut. Dengan kekuatan yang dimilikinya saat itu, Tae Ho kemudian menyidiki siapa yang menghancurkan hidupnya, dan melakukan balas dendam pada orang tersebut.

Serial ini dipenuhi baku-hantam dan aksi perkelahian yang berdarah-darah. Jadi buat Anda yang suka dengan tontonan seru, serial ini sangat cocok untuk Anda simak.



9.YONG PAL (용팔이; Yongpali )
Ditayangkan      : SBS
Pemeran            : Joo Won, Kim Tae Hee, Jo Hyun Jae
Tanggal tayang  : 5 Agustus - 24 September 2015
Total episode     : 16

Serial drama-thriller ini mengisahkan tentang Kim Tae Hyun (Joo Won), seorang ahli bedah profesional yang sangat cerdas. Meski demikian, ketika adiknya sakit keras dan butuh biaya banyak, dia terpaksa mengambil "kerja sambilan". Menggunakan nama samaran Yong Pal, Tae Hyun menjadi Ahli Bedah Panggilan bagi para pelaku kejahatan yang menginginkan pengobatan di rumah.

Saat mengobati luka seorang kriminal, secara tidak sengaja, Tae Hyun melihat Han Yeo Jin, yang merupakan pewaris perusahaan terbesar di Korea Selatan. Yeo Jin sengaja dibuat koma, sehingga tidak mampu berbuat apa-apa saat perusahaannya diambil alih oleh orang lain. Kasihan dengan kondisi Yeo Jin, Tae Hyun pun menyelamatkan gadis malang itu. Akibatnya, dia menjadi kejaran dan target para gengster. Mampukah Tae Hyun selamat dari kejaran para gengster?



10.  ALL ABOUT MY MOM ( 부탁해요 엄마 )
Ditayangkan      : KBS2
Pemeran            : Eugene Kim, Lee Sang Woo, Go Doo Shim, Kim Kap Soo
Tanggal tayang  : 15 Agustus 2015 - 31 Januari 2016
Total episode     : 50

Serial melodrama ini baru akan tayang 10 hari lagi. Tapi sudah banyak orang yang antusias dengan serial yang menjanjikan tayangan penuh derai air mata ini.

Menceritakan tentang Lee Jin Ae (Eugene Kim), seorang wanita, yang memendam kebencian kepada ibunya, Im San Ok (Go Doo Shim). Dia berhasrat untuk punya kehidupan sendiri, terpisah jauh dari ibunya yang dianggap terlalu mengendalikannya.

Jin Ae kemudian jatuh cinta pada seorang pria bernama Kang Hoon Jae (Lee Sang Woo) dan menikah dengannya. Setelah pernikahan itu, sesuai keinginannya, Jin Ae pun pindah dan tinggal bersama keluarga suami dan mertuanya. Di keluarga itu, ternyata Jin Ae mengalami berbagai masalah, bahkan pertikaian dengan Ibu Mertuanya, Hwang Young Sun (Kim Mi Sook). Perlakuan tidak pantas diterimanya dari ibu mertua, membuat Jin Ae untuk pertama kalinya sadar betapa dalam dan murni cinta yang dimiliki ibunya.

Dari sanalah dia kemudian menyadari kesalahannya, dan berusaha untuk berdamai dengan ibunya. Tapi ketika keinginan itu muncul, apakah masih ada waktu baginya untuk bertemu ibunya kembali? Akankah masih ada waktu bagi Jin Ae untuk meminta maaf pada sang ibu?

Siap-siap tissue yang banyak kalau berniat nonton serial ini ya ....


NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Replies
    1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karna berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO meman benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna rumah juga sudah disita bank,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 0852~1159~9919 atau KLIK DISINI dengan penuh harapan percaya dan keyakinan insya allah pasti tercapai.

      Delete
    2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya dari Ibu Solimah sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KASURI atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KASURI pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan mbah bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya MBAH buat angka ritualnya sehingga saya bisa menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual MBAH KASURI saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH di: 0853 4646 0388 atau silahkan KLIK DISINI ramalan MBAH KASURI memang memiliki ramalan GAIB” yang insy allah dijamin tembus 100%. makasih atas tumpanganya moga tetap jp !!!

      Delete
    3. Saya ingin menyampaikan kepada
      seluruh TKI yang bekerja di negeri orang ,,
      saya IBU SULASTRY seorang TKI DI MALAYSIA
      pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
      sempat saya putus asa, apa lagi dengan keadaan hamil
      gaji suami itupun buat makan, sedangkan hutang banyak.
      kebetulan suami saya buka-buka facebook mendapatkan
      nomor MBAH KASENG katanya bisa bantu orang melunasi hutang
      melalui jalan TOGEL ,,dengan keadaan susah jadi saya coba
      hubungi MBAH karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan minta
      angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan MBAH 6D dan alahamdulillah ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudarah di indonesia maupun di
      luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
      jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda dengan meriktualkan angka togel ghaib 2D,3D,4D,5D, Atau 6D yang betul-betul tembus
      hubungi MBAH KASENG di nomor 0823-1434-8847 silahkan anda buktikan sendiri
      demi allah saya sudah membuktikan angka dari MBAH sekrang giliran anda untuk MEMBUKTIKANNYA!!!


      Delete
    4. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
  2. saya rahmawati seorang TKI DI HONGKONG
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami sayah itupun buat makan sehari2 sedangkan hutang banyak
    kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan
    nomor MBAH jonoseuh katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran hongkong
    angka yang di berikan 4D
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 277.jt
    bagi saudarah-saudara di indonesia maupun di luar negri
    apabila anda punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor tlpn mbah jonoseuh 0823 4444 5588
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    dan ini bukan penipuan jadi silahkan anda buktikan sendiri..!!!

    ReplyDelete

  3. APAKAH ANDA TERMASUK DALAM KATAGORI INI..!!!!
    1. Di lilit Hutang
    2. Selalu Kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang Berharga Sudah Habis Buat Judi Togel
    4. Sudah Ke Mana-Mana Tapi Tidak Menghasilkan Solusi Yang tepat


    Jangan Anda Putus Asa...Karna anda sudah berada di kata kata yang sangat tepat,
    Kami akan membantu anda dengan angka ritual kami...
    Anda cukup mengganti biaya ritual angka Nya saja
    Jika Anda Menbutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Dari "MBAH JOYO RATMO"
    2D,3D,4D Dijamin Tembus 100% Silahkan Hub :
    MBAH JOYO RATMO DI;082293994847
    Tapi ingat setelah anda succes dengan angka ritual kami..sisikan sedikit buat orang yang membutuhkan nya…!!!
    Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka kami silahkan Anda :atau ANDAH KURANG YAKING KLIK AJA DISINI!

    jika andah ingin menjadi member silahkan selasaikan pendaptaran
    hanya: Rp. 200.000,_ langsung.4dnya
    Call / sms : 082293994847 terimah kasih...........?

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum.wr.wb..saya pak guncoro mengutarakan kalau saya menang togel lagi,itu semua atas bantuan MBAH SANGKIL,terima kasih banyak ya MBAH yang telah memberikan angka jitunya kemarin kepada saya yaitu 4D SGP (5709) TGL 14-07-2016 dan alhamdulillah berhasil,berkat bantuan MBAH SANGKIL saya sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya,bahkan semua hutang-hutang saya bersama hutang kedua orang tua saya semuanya sudah pada lunas,dan bahkan saya juga sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan,bagi saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi (-0852-1049-3757-) MBAH SANGKIL saya akui angka ghoib MBAH SANGKIL meman selalu tepat dan terbukti tembus 100%..ini asli bukan rekayasa,silahkan buktikan sendiri karna kesempatan tidak akan datang dua kali terima kasih..

    ReplyDelete