Recommended - SAVING MR WU (解救吾先生)

Sungguh kejutan yang luar biasa, ketika saya melihat poster film SAVING MR WU tiba-tiba muncul begitu saja di sebuah bioskop di Tanah Air. Ternyata bukan saya saja, tetapi publik Hong Kong pun banyak yang kaget saat melihat trailer dan iklan film tersebut tayang. Proses pembuatan film ini memang benar-benar sangat tertutup dan tidak dipublikasikan. Bahkan Andy Lau - pemeran film ini - yang biasanya senang mempromosikan film yang akan diperaninya, juga ikut bungkam perihal film terbarunya ini.


Ya, pihak produser memang sengaja menyembunyikan informasi seputar film Saving Mr Wu ini. Selain ingin menimbulkan sensasi penasaran, film ini juga juga terbilang cukup sensasional karena merupakan adaptasi dari kejadian nyata kasus penculikan aktor Wu Ruo Fu yang terjadi tahun 2004 silam. Uniknya, dalam film ini, Wu Ruo Fu juga turut serta bermain dan menjadi Kapten Polisi Chao Gang.

Zhang Hua (Wang Qian Yuan) adalah seorang kriminal kejam di Beijing yang profesinya menculik orang kaya. Satu malam, bersama kelompoknya, Zhang Hua berpura-pura menjadi polisi dan mencari korban. Secara kebetulan di sebuah klub Karaoke, dia berpapasan dengan aktor kawakan Hong Kong yang terkenal dengan panggilan Mr Wu (Andy Lau). Menyadari Mr Wu adalah aktor ngetop - yang tentu saja uangnya banyak - maka tanpa pikir panjang Zhang Hua dan kelompoknya segera menculik Mr Wu.

Di sebuah daerah terpencil di Beijing, Mr Wu disiksa oleh anggota kelompok Zhang Hua. Di sana, terdapat korban penculikan bernama Xiao Dou (Cai Lu) yang akan dieksekusi Zhang Hua setelah keluarganya gagal membayar tebusan. Mr Wu melindungi Xiao Dou dan berjanji akan membayar tebusan untuk mereka berdua. Zhang Hua pun meminta tebusan sebesar RMB 3 juta. Mr Wu mengontak temannya, Mr Su (Lam Suet), untuk menyiapkan uang dan menyerahkan uang ke tempat yang ditentukan Zhang Hua.

Mengetahui temannya diculik, Mr Su segera melaporkan polisi. Kapten Xing Feng (Liu Ye) dan Kapten Cao Gang (Wu Ruo Fu) bersama Kesatuan Anti-Penculikan segera bertindak. Dengan susah-payah, mereka berhasil mengetahui pelaku penculikan dan keberadaannya. Zhang Hua berhasil dibekuk polisi di apartemen Chen Chen (Vivien Li), kekasihnya. Tapi Zhang Hua bungkam dan tidak bersedia memberitahu keberadaan Mr Wu. Bahkan dia mengancam, kalau dia tidak kembali sebelum pukul 9 pagi nanti, Mr Wu akan dieksekusi.

Dengan waktu yang tinggal beberapa jam lagi, polisi tidak punya banyak pilihan, dan harus mengerahkan seluruh cara untuk menyelamatkan Mr Wu.

Film ini disutradarai Ding Sheng. Sebelumnya dia menyutradarai film Little Big Soldier dan Police Story 2013, yang mana keduanya diperani oleh Jackie Chan. Film ini akan tayang di Hong Kong dan Tiongkok serentak pada tanggal 30 September 2015.



DO YOU KNOW? 
Sebagai informasi, Wu Ruo Fu adalah aktor kawakan Tiongkok yang sangat populer, terutama di serial-serial televisi Negara Tirai Bambu itu.

Wu Ruo Fu
Lahir di Qi Qi Har, Hei Long Jiang, Tiongkok tanggal 21 Mei 1962, Ruo Fu menjadi terkenal setelah membintangi film Da Yue Bing arahan sutradara Zhen Kai Ge. Setelah itu, dia kemudian banyak bermain di serial televisi Tiongkok dan menjadi aktor paling populer di sana. Ruo Fu bahkan menggondol penghargaan sebagai Best Actor di ajang Golden Eagle Award tahun 1999 lewat perannya sebagai Kaisar Tang di serial televisi Yong Zheng Dynasty. Tahun 2004, dia diculik oleh sekelompok orang yang menyamar sebagai polisi. Berkat kesigapan pihak kepolisian, Ruo Fu berhasil dibebaskan dan para penculik pun dibekuk. Kasus penculikan Ruo Fu ini kemudian diadaptasi menjadi film Saving Mr Wu ini.

Shooting film ini dilakukan di Sanitun, Beijing, awal Januari 2015. Proses shooting dilakukan dengan sembunyi-sembunyi sehingga luput dari perhatian banyak orang, termasuk para pejalan kaki di sekitar lokasi shooting. Proses shooting film ini nyaris terbongkar ketika para reporter dan fans memergoki Andy Lau sedang berada di Distrik Pinggu, yang merupakan salah satu lokasi shooting. Untungnya, Andy Lau segera menghindar, sehingga tidak ada orang yang sempat bertanya soal keberadaan dirinya di tempat itu.

Film ini akan tayang secara internasional tanggal 1 Oktober 2015.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment