10 Serial Televisi Terbaik yang Sepi Penonton

Kritikus memujinya habis-habisan.

Puluhan penghargaan bergengsi diraihnya.

Namun hal itu tidak mampu membuat penonton terpikat untuk menonton serial televisi berikut ini. Tayangan tersebut justru sepi penonton. Hanya segelintir orang saja yang menontonnya.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengangkat rating serial tersebut, namun semuanya tidak berhasil. Masih untung para sponsor tetap mempercayai serial tersebut, dan terus mengisi slot iklan di setiap episodenya. Tapi jika kondisinya terus begini, mau sampai kapan serial tersebut bertahan?

Dan berikut ini adalah 10 serial televisi terbaik Amerika Serikat saat ini yang - ironisnya - minim (bahkan nyaris tidak ada) penonton.


1. THE KNICK
Serial drama produksi Cinemax ini disutradarai oleh Steven Soderbergh, Sutradara kawakan Hollywood yang namanya sudah tidak diragukan lagi. Film-filmnya selalu sukses, baik dari pendapatan finansial, maupun respon positif para kritikus film dunia. Serial ini juga diperani oleh Clive Owen, yang juga aktor papan atas kenamaan yang kerap menggondol berbagai penghargaan film internasional. Meski Season Pertama serial bertotal 10 episode ini punya modal kuat menjadi serial paling dinanti penonton Amerika Serikat, nyatanya serial ini justru minim penonton. Bahkan tidak banyak penonton yang tahu tentang serial ini, meski promosinya sudah dilakukan sangat gencar.


Serial ini mengisahlan tentang kehidupan Dr. John W. Thackery (Clive Owen), seorang dokter bedah di Rumah Sakit Kickerbocker (yang dikenal dengan sebutan "The Knick"), New York, di tahun 1900-an. Di masa itu, ilmu bedah bisa dikatakan hal baru dan masih berada dalam tahap pengembangan. Dr. Thackery waktu itu adalah Kepala Rumah Sakit baru di The Knick, dan dihadapkan pada kondisi rumah sakit yang kurang baik. Selain berjuang memperbaiki sistem manajemen rumah sakit, dia pun berperang melawan kecanduan kokain dan opiumnya.

Serial ini menampilkan banyak adegan yang cukup "mengganggu" mata. Karena teknik bedah di masa itu belum canggih, proses pembedahan masih dilakukan dengan cara yang terbilang "barbar" dan brutal. Banyak adegan sadis dan miris yang berhubungan dengan teknik pembedahan masa lalu dipaparkan dengan sangat vulgar dan "apa adanya" dalam setiap episode serial ini.

Serial ini mendapat respon yang sangat positif dari para kritikus. Media online seperti Metacritic, Rotten Tomatoes, IGN, dan lain-lain memberikan nilai sangat tinggi (rata-rata nilai 8 - 9 dari 10) dengan komentar yang sangat baik tentang serial ini. Bahkan serial ini juga diganjar berbagai penghargaan sebagai pembuktian kualitasnya. Beberapa penghargaan yang diraih, antara lain Best Drama Series, Best Ensemble, dan Best Actor in a Drama Series di ajang 19th Satelite Awards, dan Peobody Award di ajang 74th Peobody Awards.

Saat ini serial tersebut sudah memasuki Season Kedua dan sedang tayang di Amerika Serikat.

Penonton serial ini berkisar antara 200,000 - 400,000 orang setiap episodenya. Episode ke-3 dari Season 1 (The Busy Flea) adalah episode yang "paling banyak" ditonton dengan total penonton 407,000 orang, sedangkan Episode ke-4 Season 2 (Wonderful Surprises) merupakan episode dengan penonton "paling sedikit" di mana total penontonnya hanya 166,000 orang saja.



2. PENNY DREADFUL
Season pertama serial drama-horor produksi jaringan televisi Showntime dan Sky ini tayang sejak 28 April 2014. Dengan total 8 episode, serial ini mengangkat "cerita picisan" (penny dreadful) kisah-kisah horor yang pernah populer di abad 19. Disebut "cerita picisan" karena ceritanya banyak mengumbar cerita supranatural yang digabungkan dengan elemen detektif dan pembunuhan, dengan alur yang sangat ringan dan mudah ditebal. Dan hal demikianlah yang diangkat oleh serial tersebut.

Serial yang diperani Reeve Carney, Timothy Dalton, Eva Green, Rory Kinnear, dan Billie Piper ini banyak menampilkan cerita-cerita yang dikait-kaitkan dengan legenda horor yang sudah dikenal orang, seperti Frankenstein, Dracula, Dorian Gray, Dr Jekyll and Mr Hyde, dan lain-lain.

Kritikus memuji serial ini - dan memberinya nilai antara 7 - 8 dari 10 - karena dinilai punya alur cerita yang sangat cerdas, didukung dengan akting prima dari setiap pemerannya, tata-rias yang pas, kostum yang sangat apik, serta sinematografi yang menarik.

Serial ini pun memenangi banyak penghargaan bergengsi pertelevisian Amerika Serikat, seperti Most Exciting New Series (di ajang Critics' Choice Television Awards 2014), Best Actress (IGN Awards 2014), Best Television Series dan Best Supporting Actor (Satelite Awards 2015), Best Production Design, Best Make Up & Hair Design, dan Best Original Television Music (BAFTA Television Craft Awards 2015), serta Best Editing in Long Form Television Series (Canadian Cinema Editors 2015).

Dan meski Episode Pertama dari Season Pertama serial ini mampu menarik perhatian lebih dari 1,4 juta penonton di seluruh dunia, tapi episode berikutnya jumlah penontonnya turun 700,000-an ribu penonton. Dan meski telah memasuki Season ketiga, jumlah penonton tidak bertambah tetapi terus menurun. Jumlah penonton paling sedikit yang "diraih" serial ini adalah pada Episode ke-8 Season kedua (Memento Mori), di mana episode itu hanya ditonton 523,000 orang saja.



3. IZOMBIE
Saya pernah pernah mengulas serial televisi ini di artikel sebelumnya (untuk melihat review saya tentang serial ini, Anda bisa klik di sini.). Serial yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya Chris Robertson dan Michael Alfred (diterbitkan oleh DC Comics, kemudian Vertigo Imprint) ini memang unik, karena mengangkat cerita yang sama sekali berbeda dengan film bertema zombie yang pernah ada.

Meski bercerita tentang zombie, serial ini tidaklah sesadis The Walking Dead. Satu-satunya bagian yang paling menyeramkan di setiap episode serial ini adalah saat Olivia Moore (diperani Rose McIver) - sang pemeran utama - memakan otak mayat. Cara makannya pun tidaklah seram-seram amat : Otak tersebut hanya dipotong kecil dan dicampur dengan spageti. Jadi meski ceritanya Liv (panggilan akrab Olivia) sedang makan otak, tapi yang terlihat adalah dirinya sedang makan spageti dengan saus tomat dan potongan bakso. Selebihnya, serial ini banyak berfokus pada penyidikan tindak kejahatanyang dilakukan Liv bersama Detektif Clive Babineaux (Malcolm Goodwin), dibantu Dr. Ravi Chakrabarti (Rahul Kohli), teman sekerja yang menjaga rahasia Liv.

Sejak dirilis hingga hari ini, setiap episode iZombie selalu mendapatkan pujian yang luar biasa dari para kritikus. Bahkan majalah Online Rotten Tomatoes, Metacritic, dan IGN pun mengganjar setiap episode dengan nilai tinggi yang nyaris sempurna (rata-rata semuanya bernilai 9 - 9.5 dari 10). Serial ini bahkan memenangi penghargaan Best New Fandom of the Year di ajang mtvU Fandom Awards 2015.

Tapi mau dikata apa : Penonton kurang bergairah untuk menonton film ini. Meski secara akumulasi setiap episode serial ini ditonton (secara streaming) rata-rata lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia, tapi di Amerika Serikat sendiri, penontonnya tidak pernah lebih dari 400,000 orang setiap episodenya. Episode pertama Season 1 (The Pilot) merupakan episode dengan jumlah penonton tertinggi di mana penontonnya mencapai 2.29 juta orang (hanya 600,000 penonton adalah penduduk Amerika Serikat). Sedangkan episode dengan penonton paling sedikit adalah Episode 10 Season 1 (Dead Rat, Live Rat, Brown Rat, White Rat) di mana jumlah penontonnya "hanya" 1.8 juta orang (dan hanya 300,000 penonton Amerika Serikat yang menonton episode ini....).

Saat ini Season Kedua serial ini sedang tayang di Amerika Serikat dengan total 7 episode, dan rencananya akan selesai tayang tanggal 17 November 2015 mendatang. Meski belum ada kepastian apakah serial ini akan terus dilanjutkan produksinya, namun The CS - stasiun televisi yang memproduseri serial ini - telah membuat 5 naskah terbaru serial ini.  Belum jelas apakah naskah tersebut merupakan tambahan episode untuk Season Kedua, atau akan menjadi bagian dari Season Ketiga mendatang.



4. ORPHAN BLACK
Saya pun pernah membahas serial ini dalam artikel saya sebelumnya (untuk melihat ulasan tentang film ini, silakan klik di sini ).  Serial yang diproduksi Temple Street Productions yang bekerja sama dengan BBC America dan Bell Media's Space ini merupakan salah satu serial televisi thriller yang cukup menegangkan. Salah satu hal yang paling menarik adalah akting Tatiana Maslany yang memerani 18 klon dirinya di serial tersebut. Akting Maslany banyak mendapat pujian para kritikus karena mampu menampilkan 18 orang dengan pribadi yang berbeda, bahkan dengan gaya bicara dan aksen yang berbeda-beda pula. Adegan yang paling menarik adalah ketika Maslany harus memerani beberapa orang yang berbeda dan tampil bersamaan dalam satu adegan. Dan dia mampu melakukannya dengan sempurna.

Selain mendapatkan pujian, serial ini pun dihujani berbagai penghargaaan bergengsi pertelevisian internasional, seperti penghargaan Best Actress in Drama Series (Critics Choice Television Award 2013), Breakthrough Performance - Female (Young Hollywood Awards 2013), Best Actress in A Drama Series dan Best Drama Series (EWwy Award 2013), Best Direction in a Dramatic Series dan Best Photography in a Dramatic Program or Series (Canadian Screen Award), dan lain-lain.

Di luar perkiraan, serial ini justru minim penonton. Season pertama bertotal 10 episode - yang tayang tanggal 30 Maret 2013 hingga 1 Juni 2013 - hanya ditonton rata-rata 300,000 orang saja di seluruh dunia. Episode yang paling banyak ditonton adalah Episode 1 (Pilot) dengan jumlah penonton 684,000 orang, dan Episode 9 (Unconscious Selection) menjadi episode dengan jumlah penonton paling sedikit, yaitu hanya ditonton 253,000 orang saja.

Season 2 (10 episode) yang tayang 19 April - 21 Juli 2014 memberikan hasil yang agak lumayan, di mana Episode 2 (Governed by Sound Reason and True Religion) ditonton 718,000 orang dan menjadi episode dengan jumlah penonton terbanyak. Sedang Episode 3 (Mingling Its Own Nature With It) hanya ditonton 450,000 orang dan menjadi episode dengan penonton paling rendah di Season ini.

Season 3 (10 episode) ditayangkan 18 April - 20 Juni 2015, di mana Episode 1 serial ini (The Weight of This Combination) berhasil tembus ke angka 1.25 juta penonton di seluruh dunia dan menjadi episode dengan jumlah penonton paling banyak, tidak saja untuk Season ini tetapi juga semua Season Orphan Black. Sayangnya, prestasi ini tidak dapat dipertahankan dan jumlah penonton kembali turun ke angka 300,000-an ribu orang. Episode dengan penonton paling sedikit di Season ini adalah Episode 7 (Community of Dreadful Fear and Hate) dengan 372,000 orang penonton.

Meski jumlah penonton cukup sedikit, namun pihak produser serial ini tetap optimis kalau serial Orphan Black masih sangat diminati. Karena itu mereka sudah menyiapkan Season Keempat serial ini yang rencananya akan tayang di pertengahan tahun 2016 mendatang.



5.CRAZY EX-GIRLFRIEND
Serial ini baru tayang 12 Oktober 2015 silam dan rencananya akan tuntas tayang 23 November 2015 mendatang (dengan total 7 episode). Bergenre drama-komedi-musikal, serial yang diproduseri The CW dan merupakan kreasi Rachel Bloom bersama Aline Brosh McKenna ini mengisahkan tentang Rebecca Bunch (Rachel Bloom), seorang wanita lajang yang cintanya diputus oleh Josh Chan (Vincent Rodriguez III) tahun 2005 silam. Setelah menonton sebuah iklan televisi dan berpapasan kembali dengan Josh (setelah sekian lama tidak berhubungan), Bunch memutuskan untuk mengejar Josh kembali. Dan Bunch benar-benar melakukan apapun demi bisa mendapatkan Josh kembali, termasuk keluar dari tempat kerjanya dan pindah ke West Covina, California, mengikuti Josh yang pindah ke sana.

Serial ini dipuji banyak kritikus karena lagu-lagu dalam film ini yang semuanya asyik didengar dan pas di setiap adegan. Serial ini pun mendapatkan penilaian yang cukup fantastis dari banyak majalah film online di seluruh dunia (dengan nilai rata-rata 9.8 dari 10). Mereka memuji akting Rachel Bloom yang sangat energik dan menebar keceriaan di setiap episode, membuat serial ini benar-benar menyenangkan untuk diikuti.

Meski mendapat penilaian yang sangat baik dari kritikus, serial ini kurang mampu menarik perhatian penonton untuk menyaksikannya. Serial ini rata-rata hanya ditonton 900,000 orang di seluruh dunia, di mana Episode 5 (Josh and I Are Good People) menjadi episode yang paling banyak ditonton di seluruh dunia (950,000 orang), dan Episode 3 adalah episode dengan penonton paling sedikit (670,000 orang).



6. RECTIFY
Ditayangkan sejak 22 April 2013, serial ini merupakan serial pertama produksi Sundance TV. Serial ini mengisahkan kehidupan Daniel Holden (Aden Young) yang dipenjara atas tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan kekasihnya. Setelah 19 tahun menjalani hukuman dan terancam hukuman mati, sebuah bukti baru ditemukan polisi. Bukti itu membatalkan hukumannya, dan Daniel pun dibebaskan.
Pasca bebas dari penjara, Daniel harus beradaptasi dengan kehidupan keluarga, lingkungan, dan teman-temannya, sambil menelusuri pelaku pembunuhan kekasihnya.

Serial ini mendapat pujian bertubi-tubi dari kritikus, termasuk Los Angeles Times dan Hollywood Reporter. Mereka menilai serial Rectify adalah serial yang unik, dengan mengambil sudut pandang cerita yang sama sekali berbeda dari serial drama pada umumnya. Rectify adalah serial yang kaya dengan adegan yang indah, dan mampu menangkap jiwa orang-orang yang marah, terkucil, dan kebingungan melalui dialog-dialog cerdas dan detil.

Meski mendapatkan pujian yang luar biasa, Rectify justru tidak mendapatkan perhatian dari penonton. Meski telah dibuat sebanyak 3 Season (Season pertama 6 episode, Season Kedua 10 Episode, dan Season ketiga 6 episode), setiap episode serial ini hanya ditonton rata-rata 200,000 orang saja di seluruh dunia.

Episode dengan penonton terbanyak adalah Episode 1 Season 3 (Hoorah) dengan jumlah penonton 224,000 orang. Sedangkan episode dengan penonton paling sedikit adalah Episode 5 Season 3 (The Future) yang hanya ditonton 113,000 orang saja.

Meski penontonnya sedikit, Sundance merasa yakin serial ini punya basis pnggemar yang cukup kuat dan terus menantikan kehadiran serial ini. Karena itu, mereka kini sedang mempersiapkan Season 4 serial Rectify yang rencananya akan dirilis pertengahan tahun 2016 mendatang.



7. BANSHEE
Serial drama-eksyen ini sebenarnya cukup keren. Tapi entah mengapa gaungnya kurang terdengar. Serial produksi Cinemax Network ini merupakan hasil kreasi Jonathan Tropper dan David Schickler, bertutur tentang seorang mantan residivis tanpa nama (diperani Antony Starr) yang bersembunyi di Banshee, sebuah kota kecil yang terletak di Pennsylvania Amish County. Dengan menggunakan identitas palsu Lucas Hood, sheriff kota itu yang tewas terbunuh, residivis tersebut bersembunyi dari kejaran Rabbit (Ben Cross), Raja Kriminal paling berpengaruh di Amerika Serikat.

Serial ini disambut cukup baik oleh para kritikus, termasuk Wall Street Journal, Boston Herald, dan The San Francisco Chronicle. Mereka menilai serial Banshee adalah serial drama televisi yang sangat cerdas dengan eksyen yang cukup berimbang. Season ketiga dari serial ini disebut sebagai Season terbaik dari Banshee.

Melengkapi pujian para kritikus, Banshee memenangkan penghargaan Outstanding Special Visual Effect di ajang Primetime Creative Arts Emmy Awards (2013).

Hingga saat ini, Banshee telah tayang 3 Season (Season 1 tayang 11 Januari - 15 Maret 2013 dengan total 10 episode, Season 2 tayang 10 Januari - 14 Maret 2014 dengan 10 episode, dan Season 3 tayang 9 Januari - 13 Maret 2015 dengan total 10 episode). Season keempat akan menjadi season terakhir serial ini yang akan tayang pertengahan tahun 2016 mendatang.

Secara umum, penonton serial ini rata-rata berkisar antara 700,000 - 300,000 orang, di mana Episode 10 Season 2 (Bullets and Tears) merupakan episode yang paling banyak ditonton (733,000 orang) dan Episode 9 Season 1 (Always the Cowboy) menjadi episode dengan penonton paling sedikit (335,000 orang).



8. TOGETHERNESS
Tayang perdana 11 Januari 2015, serial produksi HBO hasil kreasi Mark Duplass, Jay Duplass, dan Steve Zissis ini merupakan serial drama-komedi yang cukup menarik. Serial ini mengisahkan tentang 2 pasang suami-istri yang tinggal serumah dan berjuang untuk mempertahankan hubungan mereka, sekaligus berjuang meraih impian mereka masing-masing.

Season pertama serial ini bertotal 8 episode dan semuanya mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para kritikus film. Rotten Tomatoes memberikan nilai 9.2 dari 10, dan menyebutkan kalau serial ini penuh kejutan yang menyenangkan, serta menawarkan cerita yang sangat membumi tentang kehidupan masyarakat menengah dan tantangan hidup mereka saat ini. Komedi yang dibawakan tidak konyol, bahkan berhasil menyentil gaya hidup orang Amerika saat ini.

Meski para kritikus menyambut serial ini dengan baik, penonton justru sebaliknya. Mereka tidak tampak antusias dengan serial ini. Bahkan rata-rata penonton serial ini hanya 400,000 orang saja, di mana episode terbanyak penontonnya adalah Episode 3 (Insanity) dengan 472,000 orang, dan Episode 5 (Kick the Can) menjadi episode dengan jumlah penonton paling sedikit, yaitu hanya 231,000 orang.



9. MANHATTAN
Serial televisi yang diangkat dari kisah nyata dalam sejarah manusia ini diproduksi oleh WGN America. Bersetting tahun 1943, serial ini mengupas tentang awal-mula pengembangan program Manhattan Project, yang merupakan proyek bom nuklir pertama di dunia yang dilakukan oleh Amerika Serikat dengan dukungan Inggris dan Kanada. Serial ini memfokuskan pada kehidupan masyarakat di kota Los Alamos, New Meksiko, yang merupakan lokasi pengembangan proyek itu. Kebanyakan ilmuan tinggal di kota tersebt, dan Pemerintah Federal menginstruksikan mereka untuk tidak menceritakan proyek tersebut pada keluarga mereka.

Sejak Season Pertama (13 episode, tayang 27 Juli - 19 Oktober 2014) hingga saat ini telah masuk Season Kedua (7 episode, tayang 13 Oktober - 24 November 2015), serial ini terus-menerus mendapatkan respon yang sangat positif dari para kritikus. Meski banyak kritikus menilai alur cerita serial ini cukup lambat di beberapa episode pertama, Manhattan akhirnya bisa menunjukkan kekuatannya di episode belakangan dengan jajaran pemeran yang cerdas, sinematografi yang indah, dan intrik yang menarik.

Meski Episode Pertama mendapat perhatian 904,000 penonton (dan menjadi episode paling banyak ditonton), tapi di episode selanjutnya, jumlah penonton menurun cukup tajam. Episode 2 Season 2 adalah episode yang paling sedikit ditonton, karena jumlah penontonnya hanya 191,000 orang.



10. THE AFFAIR
Sejak Season pertama serial produksi Showtime ini tayang perdana tanggal 12 Oktober 2014, serial ini langsung memincut hati kritikus film dunia. Betapa tidak, serial ini mengisahkan tentang kondisi keluarga masa kini di seluruh dunia, di mana perselingkuhan menjadi bagian hidup (bahkan gaya hidup) sebagian besar keluarga di dunia.

Season pertama (10 episode) yang ditayangkan hingga tanggal 21 Desember 2014 mengisahkan tentang kisah cinta terlarang antara Noah Solloway (Dominic West), seorang pria yang telah menikah dengan seorang istri dan punya 4 orang anak, dengan Alison Bailey (Ruth Wilson), seorang novelis muda yang sedang membuat novel keduanya. Hubungan Noah dengan keluarga istrinya yang kurang harmonis karena merasa dirinya dikendalikan oleh mereka lantaran mereka jauh lebih kaya dari dirinya. Sementara itu, Alison baru bercerai pasca kematian anak pertamanya. Takdir kemudian mempertemukan Noah dan Alison, yang akhirnya membuat mereka terjebak dalam sebuah hubungan terlarang yang akan mengubah hidup mereka selamanya.

Serial ini dipuji sebagai serial drama yang sangat baik, karena menceritakan dengan detil proses perselingkuhan, yang ditampilkan dari sudut pandang Noah dan Alison melalui cerita mereka berdua yang dikisahkan secara terpisah. Para kritikus sepertinya sepakat untuk memberikan nilai hampir sempurna (9.5 - 9.8 dari 10) kepada serial ini karena ceritanya yang sangat cerdas dengan akting brilian dari setiap pendukungnya. Serial itu menampilkan cerita yang tidak cengeng, dan tidak menempatkan siapapun jadi korban perselingkuhan, tapi justru menunjukkan bagaimana sebuah perselingkuhan dapat mengubah hidup banyak orang.

Season kedua (10 episode) yang tayang 4 Oktober 2015 silam, dan akan berakhir 20 Desember 2015 mendatang mendapatkan apresiasi jauh lebih dasyat lagi dari Season terdahulunya. Alur ceritas Season Kedua dinilai telah berkembang sangat jauh - bahkan melampaui - dari apa yang diprediksi para kritikus, sehingga mereka yakin kalau The Affair akan menjadi Serial Terbaik Sepanjang Masa.

Analisa para kritikus tidak terlalu muluk. Terbukti The Affair berhasil meraih penghargaan Best Actress dan Best Television Series di ajang Golden Globe Awards 2015. Selain itu, serial ini juga masuk banyak nominasi di berbagai ajang penghargaan internasional lain, yang menjadi pembuktian kalau serial ini merupakan salah satu tontonan yang memang layak ditonton.

Yang terjadi justru sebaliknya. Penonton malah tidak terlalu antusias menanggapi serial ini. Hal ini terbukti dari jumlah penonton yang menonton serial ini tidak menunjukkan angka yang fantastis. Episode 1 Season 1 serial ini hanya ditonton 500,000 orang dari seluruh dunia (ditonton secara streaming), dan membukukan diri sebagai episode dengan jumlah penonton paling sedikit. Meski sempat meraih penonton cukup fantastis di Episode 10 Season 1 dengan jumlah penonton yang mencapai 951,000 orang, tetapi tetap saja rata-rata penonton yang menyaksikan serial ini tidak pernah lebih dari 500,000-an orang.
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI ARSO atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI ARSO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil temus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma ada modal untuk menyelasaikan biaya ritualnya akhirnya saya menang langsung 4 angkanya. Dan Berkat angka GHOIB AKI ARSO saya sudah bisa bangkit kembali dari kebangkrutan dan memulai lagi bisnis usahaku yang baru yaitu jual alat elektronik.dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUBUNGI NOMOR Hp: 085295323157 atau KLIK DISINI Assalamualaikum wr.wb,ramalan AKI ARSO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus.

    ReplyDelete