12 Film Pilihan Yang Wajib Tonton tahun 2016 (Semester Pertama)

Wa... tahun 2016 tinggal beberapa saat lagi. Ga terasa...

Tentunya untuk menyambut tahun 2016 yang cemerlang, ada banyak film yang wajib untuk kita nantikan kehadirannya. Kira-kira film apa saja ya yang wajib kita tunggu? Berikut ini adalah 12 film pilihan yang akan rilis dalam Semester (6 bulan) Pertama yang wajib kita tunggu kehadirannya tahun depan.

JANUARI
1. 13 HOURS : THE SECRET SOLDIERS OF BENGHAZI
Tanggal Rilis           : 15 Januari 2016
Sutradara                 : Michael Bay
Pemeran                  : James Badge Dale, John Krasinski, Max Martini, Tobi Stephens

Meski film ini tidak ada hubungannya dengan aksi teroris yang terjadi di Paris dan menelan korban 170 orang beberapa waktu, tapi film ini patut kita tunggu kehadirannya karena memiliki kemiripan cerita dengan aksi teroris di negara tersebut.

Diangkat dari kisah nyata (yang dibukukan dalam buku 13 Hours karya penulis Mitchell Zuckoff), film ini mengisahkan tentang 6 anggota keamanan Amerika Serikat yang bertahan di dalam ruang persembunyian Diplomat di Benghazi, Libya, pasca penggempuran teroris radikal ke gedung diplomat pada tanggal 11 September 2012.

Gempuran hebat yang kelak dikenal dengan sebutan The Battle of Benghazi itu menewaskan Duta Besar Amerika Serikat J. Christopher Stevens dan Staf Managemen Pelayanan Informasi Sean Smith, seorang anggota CIA, serta melukai puluhan staf diplomat dan anggota keamanan lainnya.


2. KUNG FU PANDA 3
Tanggal Rilis                :  29 Januari 2016
Sutradara                      : Jennifer Yuh Nelson dan Alessandro Carloni
Pengisi Suara               : Jack Black, Angelina Jolie, Dustin Hoffman, Jackie Chan, Lucy Liu

Lima tahun pasca diriliskan Kung Fu Panda 2 (2011), sekuel teranyar film animasi kocak ini akhirnya tayang juga. Masih menggunakan pengisi suara yang sama seperti 2 seri sebelumnya, seri ini akan mengisahkan Po (Jack Black), yang akan berjumpa dengan ayah biologisnya dan berpetualangan dengan sang ayah ke tempat persembunyian rahasia para panda. Meski bergabung dengan sejenisnya, Po justru merasa asing dan tidak dapat beradaptasi dengan para panda yang lain. Di sana, Po diperkenalkan dengan Mei Mei (Kate Hudson), seekor panda perempuan, yang ternyata sejak kecil telah dijodohkan dengan Po.

Sementara itu, Kai (J.K. Simmons), seekor mahluk supranatural, meneror China dan mencuri kekuatan untuk mengalahkan para ahli kung fu China. Dan ketika ancaman mahluk itu sedang mengarah ke tempat persembunyian para panda, Po segera bertindak dan melatih para panda bela diri untuk melawan Kai. Tapi sepertinya tidak mudah, karena semua panda di sana sangat ceroboh dan sulit diatur. Namun dengan semangat juang pantang menyerah, akhirnya Po berhasil melatih para panda menjadi sekelompok pendekar Kung Fu Panda yang pantang menyerah menghadapi Kai.



FEBRUARI
3. DEADPOOL
Tanggal rilis               : 15 Februari 2016
Sutradara                    : Tim Miller
Pemeran                     : Ryan Reynolds, Morena Beccarin, Ed Skrein, T.J. Miller, Gina Carano

Meski secara pribadi saya merasa skeptis dengan kualitas film ini (terutama setelah melihat trailer filmnya yang sudah dirilis beberapa bulan silam), tapi dengan melihat respon para penonton yang justru sangat antusias menyambut super hero terbaru Marvel Comics ini, maka akhirnya saya putuskan untuk memilih film ini sebagai salah satu film "wajib tonton" di bulan Februari 2016 mendatang.

Wade Wilson (Ryan Reynolds), mantan anggota kesatuan khusus Amerika Serikat, menderita kanker stadium parah. Untuk bisa sembuh dari penyakitnya, dia setuju menjadi kelinci percobaan proyek pemerintah. Setelah menerima suntikan serum, wajah Wilson berubah mengerikan, dan pikirannya sedikit terganggu. Meski begitu, dia punya kemampuan untuk menyembuhkan diri, dan kemampuan bela dirinya meningkat cukup drastis.

Dengan kemampuannya ini, Wilson bertranformasi menjadi Deadpool, Senjata Perang yang mengejar  orang-orang yang telah menghancurkan hidupnya. Apakah Deadpool adalah pahlawan, atau justru musuh yang harus dimusnahkan? Tidak jelas.


4. ZOOLANDER 2
Tanggal rilis         : 12 Februari 2016
Sutradara              : Ben Stiller
Pemeran                : Ben Stiller, Owen Wilson, Christine Taylor, Will Ferrell, Penelope Cruz

Empat belas tahun yang lalu, tepatnya tahun 2001, Zoolander menjadi salah satu film komedi yang disutradarai dan diperani Ben Stiller paling sukses di masa itu. Awalnya hanya sebagai film pendek untuk acara Fashion Awards yang diselenggarakan oleh stasiun televisi VH1, Zoolander kemudian dikembangkan menjadi sebuah film komedi yang sangat menghibur. Film yang dibuat dengan bujet US$ 20 juta itu, berhasil meraup keuntungan finansial hinga U$ 60 juta. Meski demikian, film tersebut sempat dikritik karena dianggap menghina Negara Malaysia (karena alur cerita mengisahkan tentang upaya Zoolander menghentikan rencana pembunuhan terhadap Perdana Menteri Malaysia dalam sebuah ajang peragaan busana dunia).

Mencoba mengulang kesuksesan di masa lalu, maka Stiller merilis kembali sekuel dari film komedi populernya ini. Dengan tetap duduk sebagai Sutradara sekaligus Pemeran Utama, Stiller akan kembali berperan sebagai Derek Zoolander, Top Model Pakaian Pria. Bersama rekan yang juga mantan saingannya Hansel McDonald (Owen Wilson), mereka kembali terjun ke dunia fashion yang sudah lama mereka tingalkan. Dan dunia fashion masa kini ternyata sudah sangat jauh berbeda dengan masa kejayaan mereka dulu. Akankah kedua Top Model "gaek" itu dapat mengangkat nama mereka kembali di dunia fashion?



MARET
5. LONDON HAS FALLEN
Tanggal Rilis           : 4 Maret 2016
Sutradara                 : Babak Najafi
Pemeran                   : Gerald Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman

Tahun 2013 silam, Olympus Has Fallen menjadi salah satu film eksyen-thriller super seru yang sangat sukses. Film yang mengetengahkan tentang perjuangan Mike Banning (Butler) sebagai anggota Secret Service yang menyelamatkan Presiden Benjamin Asher (Eckhart) yang disandera para teroris di dalam Gedung Putih. Dibuat dengan dana US$ 70 juta, film ini meraup keuntungan hingga US$ 161 juta. Film ini pun mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para kritikus dunia, serta respon yang sangat baik dari penonton di dunia.


Dan kini, sekuelnya siap untuk dirilis di awal Maret 2016. Dikisahkan kalau Perdana Menteri Ingris meninggal secara tiba-tiba. Para Pemimpin dunia turut berduka-cita dan datang ke London untuk mengikuti prosesi penguburan sang Perdana Menteri. Namun di tengah suasana duka itu, para teroris justru menyebar ketakutan di London dan menyandera semua pemimpin dunia di Rumah Duka.

Dalam kondisi itu, Presiden Menjamin Asher (Eckhart) dan Agen Rahasia kepercayaannya, Mike Baning (Butler), serta dibantu Agen MI6 (diperani Charlotte Riley), bahu-membahu untuk menghabisi para teroris, menyelamatkan para pemimpin dunia dari penyanderaan, serta menghentikan tindak kriminal para teroris yang berniat menghancurkan London.


6. BATMAN V. SUPERMAN : DAWN OF JUSTICE
Tanggal Rilis           : 25 Maret 2016
Sutradara                 :  Zack Snyder
Pemeran                   : Ben Aflleck, Henry Cavill, Amy Adams, Jesse Elsenberg, Laurence Fishburne

Ini adalah film yang paling dinantikan oleh banyak fans film superhero. Betapa tidak? Karena untuk pertama kalinya Batman akan bertemu - bahkan berhadapan langsun sebagai lawan - Superman. Keren ga tuh?

Tidak banyak yang bisa diungkap dari alur cerita film ini, karena dirahasiakan. Namun dari sumber yang saya peroleh, film ini akan mengisahkan adanya kesalah-pahaman antara Superman (Hery Cavill) dan Batman (Ben Affleck), yang kemudian memaksa mereka berdua harus bertarung di Metropolis.

Dalam film ini, Lex Luthor (Jesse Eisenberg) akan menjadi antagonis sebenarnya yang mengadu-domba kedua superhero dunia itu. Sementara itu General Zod (Michael Shannon) yang sebelumnya sudah dikalahkan oleh Superman, kini muncul lagi untuk membalas dendam.

Dalam pertarungan ini, kedua superhero itu juga dibantu oleh sahabat-sahabat superhero mereka : Wonder Woman (Gal Gadot), Aquaman (Jason Momoa), dan Cyborg (Ray Fisher).



APRIL 
7. RINGS
Tanggal Rilis           : 1 April 2016
Sutradara                 :  F. Javoer Gutierrez
Pemeran                   :  Matilda Lutz, Alex Roe, Johnny Galecki

Ini adalah seri ketiga dan merupakan sekuel dari film The Ring (2002) dan The Ring Two (2005), yang merupakan adaptasi dari film horor legendaris Jepang Ringu.
Meski film sekuel, namun film ini menggunakan cerita yang sama sekali baru, dan nyaris tidak behubungan dengan film sebelumnya. Dikisahkan 13 tahun pasca kejadian The Ring Two, Gabriel (Johnny Galecki), seorang profesor diminta bantuannya untuk menolong Holt (Alex Roe) dan Julia (Matilda Lutz) yang diduga mengalami kejadian yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.

Penyidikan yang dilakukan Gabriel ternyata membawanya pada kutukan Samara yang mengancam jiwa pasangan tersebut. Kini kutukan itupun mengancam hidup Gabriel, dan dia hanya punya waktu 7 hari untuk menghancurkan kutukan tersebut.


8. THE HUNTSMAN : WINTER'S WAR
Tanggal Rilis           : 22 April 2016
Sutradara                 :  Cedric Nicolas-Troyan
Pemeran                   : Chris Hemsworth, Charlize Theron, Emily Blunt, Nick Frost

Tahun 2012 silam, film Snow White and The Huntsman menjadi salah satu film box-office yang cukup fantastis. Film yang mengisahkan cerita Putri Salju (tapi dari sudut yang berbeda) ini dibuat dengan baya US$ 170 juta, dan meraup keuntungan finansial hingga US$ 396 juta. Sukses itulah yang kemudian membuat produser film tersebut memutuskan untuk membuat kelanjutannya.

Setelah skenario dibuat dan disempurnakan selama 2 tahun oleh David Koepp (penulis skenario Jurassic Park, Mission Impossible, dan Spider-Man), Craig Mazin , Evan Spilliotopoulos (penulis skenario film Hercules), dan Frank Darabont (kreator serial televisi The Walking Dead), maka akhirnya film ini pun tuntas juga dibuat dan dapat dirilis tahun depan.

The Huntsman mengisahkan petulangan Eric The Huntsman (Chris Hemsworth), jauh sebelum dia bertemu Putri Salju / Snow White, Dikisahkan Ratu Ravenna (Theron) mengambil alih kerajaan keluarganya dan mengusir adiknya, Freya (Blunt), dari kerajaan. Sakit hati diperlakukan kakaknya demikian, Freya - yang memiliki kemampuan untuk membekukan musuhnya - segera membentuk pasukan Huntsmen untuk mengalahkan Ravenna.

Freya berhasil mengalahkan, bahkan membunuh Ravenna. Tapi ketika tanpa sengaja dia membangkitkan kakaknya tersebut, Ravenna justru membunuh Freya dan mengutuki tanah kerajaan mereka menjadi tempat yang dipenuhi oleh kekuatan jahat. Dan terjadilah perang hidup-mati antara pasukan iblis Ratu Ravenna dengan para huntsman yang akan menentukan nasib dan masa depan manusia.



MEI
9. CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR
Tanggal Rilis           : 6 Mei 2016
Sutradara                 : Anthonny Russo dan Joe Russo
Pemeran                  : Chris Evans, Robert Downey Jr, Scarlett Johansson, Jeremy Renner

Ini juga salah satu film superhero yang paling ditunggu tahun ini, karena untuk pertama kalinya akan menampilkan konfrontasi berdarah Captain America dan Iron Man.


Diadaptasi dari cerita komik Civil War (2006) karya Mark Millar, film ini melanjutkan cerita Avengers : Age of Ultron, di mana pasca pertarungan dengan Ultron berakhir, Tim Avengers mengalami perpecahan setelah Tony Starks (Robert Downey Jr) keberatan dengan gaya kepemimpinan Captain America (Chris Evans) dan memutuskan untuk keluar dari kelompok. 

Dalam perseteruan Captain America dan Iron Man ini, hadir pula karakter Winter Soldier (Sebastian Stan), Black Widow (Scartlett Johansson), Bullseye (Jeremy Renner), Sharon Carter / Agent 13 (Emily VanCamp), Falcon (Anthony Mackie), Black Panther (Chadwick Boseman), Vision (Paul Bettany), Scarlet Witch (Elizabeth Olsen), Ant-Man (Paul Rudd), Crossbones (Frank Grillo), dan... Spider-Man (Tom Holland). Wow.... !!!!


10. THE ANGRY BIRDS MOVIE
Tanggal Rilis           : 20 Mei 2016
Sutradara                 :  Fergal Reilly, Clay Kaytis
Pemeran                   :  Jason Sudeikis, Josh Gad, Danny McBride, Maya Rudolph, Bill Hader

Film yang diadaptasi dari permainan paling populer di dunia ini merupakan hasil kolaborasi perusahaan Amerika - Finlandia. Dibuat dengan format 3D, film ini mengisahkan tentang kehidupan para burung Angry Birds yang tinggal di sebuah pulau yang indah. Namun ketenangan hidup mereka terusik dengan kehadiran pasukan Babi (The Pigs) yang ingin menguasai pulau tersebut.

Demi mencegah rencana jahat para Babi, 4 ekor Angry Birds - yang terdiri dari Red (Jason Sudeikis), Chuck (Josh Gad), Bomb (Danny McBride), dan Matilda (Maya Rudolph) - bersatu melawan pasukan Babi itu.

Dibuat dengan dana US$ 80 juta, film ini menghabiskan dana tambahan US$ 100 juta untuk promosi dan marketing, di mana biaya tersebut dibagi 2 antara perusahaan Amerika Serikat (Sony Picture Imageworks) dengan Finlandia (Rovio Entertainment). Dengan biaya sebesar itu, film The Angry Birds menjadi film produksi Finlandia yang paling mahal yang pernah dibuat. Sebelumnya, film termahal yang pernah diproduksi Finlandia adalah film Big Game (2014) yang menghabiskan dana sebesar US$ 9 juta.



JUNE
11. WARCRAFT 
Tanggal Rilis           : 10 Juni 2016
Sutradara                 : Duncan Jones
Pemeran                  : Travis Fimmel, Paula Patton, Ben Foster,Dominic Cooper, Daniel Wu

Para penggemar game sudah pasti kenal dengan game legendaris ini. Ya, Warcraft adalah video game real-time strategy paling populer sepanjang masa. Dirilis pertama kali pada tanggal 23 November 1994, game ini telah menjadi game paling sukses di dunia dan telah dirilis sebanyak 14 seri. Selain game, Warcraft juga telah dirilis pula dalam bentuk permainan kartu (World of Warcraft Trading Card Game), novel, komik, dan manga. Di tahun 2016 mendatang, film yang diadaptasi dari game ini akhirnya dirilis. Film Warcraft akan menceritakan latar belakang konflik antara Manusia dan Orcs. yang menjadi awal perang mereka di game Warcraft.

Di suatu masa, manusia hidup dalam di Planet Azeroth. Tapi kedamaian manusia terancam dengan kehadiran pasukan Orc dari Planet Draenor. Saat itu, Planet Draenor sedang berada dalam kehancuran, sehingga memaksa Orc untuk mencari tempat baru pengganti planet mereka. Orc menggunakan Portal lintas planet bernama Dark Portal untuk masuk ke Planet Azeroth.

Pasukan manusia dipimpin Anduin Lothar (Travis Fimmel) dan pasukan Orc pimpinan Durotan (Toby Kebbell) bersiap ke medan perang guna mempertahankan eksistensi bangsanya. Bangsa manakah yang akan punah dalam perang dasyat itu : Manusia atau Orc?


12. INDEPENDENCE DAY : RESURGENCE
Tanggal Rilis           : 24 Juni 2016
Sutradara                 : Roland Emmerich
Pemeran                  : Jeff Goldblum, Bill Pullman, Judd Hirsch, Vivica A. Fox, Brent Spiner

Tahun 1996 silam, film Independence Day merupakan film epik fiksi-ilmiah yang super keren. Film yang mengisahkan pertarungan manusia melawan Alien yang berusaha menguasai dunia ini sangat fenomenal dan ikonik, terutama adegan saat piring terbang raksasa Alien menutupi kota-kota di seluruh dunia. Meski banyak adegan ga masuk akalnya, tetapi film karya sutradara Roland Emmerich ini menjadi film box-office di seluruh dunia, dan menjadikan Emmerich sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh di Hollywood pada masa itu.

Dua puluh tahun pasca perilisan film itu, sekuelnya kini muncul. Masih diperani Jeff Goldblum dan Bill Pullman sebagai pemeran utama, Independence Day : Resurgence ini mengisahkan tentang kondisi bumi pasca penyerbuan Alien 20 tahun silam. Setelah perang melawan Alien berakhir, manusia mulai mengembangkan teknologi pertahanan yang lebih canggih, dengan menggunakan informasi yang mereka peroleh dari puing pesawat Alien. Namun mereka tidak mengetahui kalau sesaat sebelum pesawat induk Alien dihancurkan, pasukan Alien sempat mengirimkan pesan permintaan bantuan ke planetnya.

Pesan itu kemudian direspon pasukan Alien yang mengirimkan tentaranya lebih banyak lagi untuk menyerang bumi. Para Alien pun mempersenjatai mereka dengan senjata yang lebih canggih, dan memungkinkan untuk menghancurkan ras manusia. Mengetahui kehadiran musuhnya, manusia pun bersiap lagi untuk menghadapi perang dunia melawan Alien.

Ide pembuatan sekuel film Independence Day sebenarnya sudah mencuat cukup lama, terutama saat film tersebut menjadi film box-office (dibuat dengan dana US$ 75 juta, film ini meraup keuntungan hingga US$ 817 juta). Bahkan saat serangan teroris ke Amerika Serikat tanggal 11 September 2001, produser film Dean Devlin makin berhasrat membuat sekuel film ini, agar dapat membangkitkan semangat patriotisme masyarakat Amerika Serikat kembali. Meski demikian, hingga tahun 2004, skenario sekuel Independence Day tidak pernah tuntas.

Tanggal 24 Juni 2011, Devlin memberikan konfirmasi kalau dia dan Roland Emmerich telah berhasil membuat konsep sekuel Indenpende Day. Sekuel tersebut rencananya akan dibuat dalam 2 seri sekaligus, di mana kedua sekuel itu akan menjadi film yang saling berhubungan dan dibuat dalam waktu yang bersamaan. Kedua sekuel itu awalnya diberi judul ID Forever Part 1 dan ID Forever Part 2 (ID merupakan singkatan dari "Independence Day"). Dan saat seri pertama selesai dibuat, tanggal 22 Juni 2015, film tersebut diganti judulnya menjadi Independence Day : Resurgence.

Sebagai informasi, Will Smith yang awalnya bermain di film Independence Day pertama, dipastikan tidak akan muncul dalam 2 sekuel Independence Day karena "terlalu mahal".
NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Sipp banget kak filmnya...

    Jangan lupa kunjungi juga www.wovgo.com yaa

    Makasih

    ReplyDelete