Fakta Unik Serial Televisi JESSICA JONES (2015 - onward)

Setelah saya mengulas tentang serial televisi Jessica Jones yang tayang beberapa waktu silam (untuk mengetahui informasi detil serial ini, klik saja artikel tersebut di sini ), maka berikut ini saya hadirkan fakta-fakta unik dan ekstrim yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Jessica Jones.

Siapakah Jessica Jones sebenarnya?


LATAR BELAKANG "JESSICA JONES"
Sebagian dari kita mungkin awam dengan karakter ini, padahal di negara asalnya (Amerika Serikat), karakter superhero ini tergolong karakter yang cukup disegani, sama seperti Spiderman, Captain America, Iron Man, Hulk, dan lain-lain.

Karakter kreasi penulis Brian Michael Bendis dan pelukis Michael Gaydos ini bernama lengkap Jessica Campbell Jones Cage. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik Alias #1 (terbit November 2001). Dia adalah istri dari Luke Cage, salah seorang anggota New Avengers. Jessica sendiri bergabung dengan kelompok itu pada tahun 2010. Selain dikenal dengan namanya sendiri, Jessica juga sering menggunakan nama superhero seperti Jewel, Knightress, dan Power Woman.

Ketika masih anak-anak, Jessica keluarganya mengalami kecelakaan lalu lintas, ketika mobil mereka ditabrak konvoi kendaraan militer yang membawa bahan kimia radioaktif. Semua anggota keluarganya meninggal. Jessica sendiri terkena cairan radioaktif, yang membuatnya memiliki kekuatan luar biasa, melebihi manusia pada umumnya. Jessica kemudian diadopsi oleh keluarga Jones, dan namanya berubah menjadi Jessica Jones.

Saat SMA, Jessica satu sekolah dengan Peter Parker. Dia menaruh hati pada Parker dan sempat ingin mengungkapkan isi hatinya saat mereka melakukan kunjungan ke laboratorium, tapi keburu perhatian Parker terganggu karena digigit laba-laba yang terkena radiasi (dan kelak membuat Parker menjadi Spiderman).

Di masa kuliah, Jessica sempat jatuh hati pada Johnny Storm (anggota Fantastic 4), namun cintanya bertepuk sebelah tangan, karena Johnny adalah playboy yang tidak suka dengan hubungan asmara yang mengikat.

Satu ketika, dia menjadi saksi pertarungan antara Spider-Man dan Sandman. Hal ini kemudian menginspirasinya untuk menggunakan kekuatan yang dimilikinya pada hal-hal yang positif. Dan sejak itulah dia menjadi Superhero.

Jessica Jones memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Daredevil dan sering bersama superhero ini bertarung bersama Zebediah Killgrave (berjuluk Purple Man). Dia pun menjalin hubungan yang dekat dengan X-Men, setelah ditolong dan dirawat Jean Grey dari X-Men, saat koma pasca disiksa oleh anggota Avengers setelah mencoba membunuh Daredevil. Saat itu, pikiran Jessica berada di bawah kendali Killgrave, sehingga dia tidak menyadari semua tindakannya itu.

Pasca tersadar dari koma dan trauma akibat penyiksaan yang dialaminya, Jessica memutuskan untuk mundur dari dunia superhero dan menjadi Detektif Swasta dengan membuka Agensi Detektif bernama Alias Investigating. Di masa ini, dia sempat menjalin hubungan asmara dengan Scott Lang (Ant-Man). Hubungan mereka tidak lama, dan kandas. Setelah itu, Jessica menjalin hubungan dengan Luke Cage, yang kelak menjadi suaminya.



FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG JESSICA JONES
Sebelum menonton serial Jessica Jones, ada baiknya Anda memahami dulu fakta-fakta unik tentang Jessica Jones, yang mungkin tidak akan Anda temukan dalam serial tersebut. Ada pun fakta tersebut adalah :

Setelah menikah dengan Luke Cage, Jessica melahirkan seorang anak yang diberi nama Danielle Cage. Danielle merupakan nama sahabat Luke Cage, yaitu Danny Rond, yang tidak lain adalah nama asli dari superhero Iron Fist. Kelak, Jessica akan menitipkan Danielle kepada Doctor Strange di Sanctum Santorum, sebuah rumah pelatihan milik Doctor Strange yang berlokasi di Greenwich Village. Doctor Strange akan menjadi mentor Danielle yang melatihnya bela diri dan ilmu sihir.

Jessica Jones tercatat sebagai satu-satunya pahlawan super yang mundur sebagai superhero tetapi tetap melanjutkan perannya sebagai penolong manusia dalam wujud manusia tanpa kostum superhero. Dalam cerita komik, dia sempat ditawari untuk bergabung dengan anggota S.H.I.E.L.D. tapi Jessica menolaknya, dan lebih memilih menjadi Detektif Swasta.

Komik Jessica Jones merupakan komik pertama Marvel Comics yang menampilkan tema-tema dewasa dengan gambar yang sangat eksplisit, sadis, dan adegan seks yang vulgar. Sebagai dampak dari perilisan komik ini, Marvel merilis divisi Marvel MAX, yang merupakan divisi penerbitan komik-komik dewasa yang menampilkan tema-tema dewasa, vulgar, dan sadis.

Selain menjadi Detektif Swasta, Jessica Jones pun dikisahkan pernah menjadi reporter dan satu kantor dengan Peter Parker di Daily Bugle.
Supergirl vs Jessica Jones : Siapa yang Akan Menang?
Saat ditayangkan, serial Jessica Jones bersaing ketat dengan serial Supergirl yang juga tayang di waktu bersamaan. Untuk mengetahui detil tentang serial Supergirl, Anda bisa baca review-nya di sini.   

Meski Jessica Jones punya sejarah hubungan yang cukup unik dengan Spider-Man (terlebih karena Peter Parker adalah cinta pertamanya) dan Human Torch / Johnny Storm dari Fantastic Four, Anda jangan harap kedua karakter itu akan muncul di salah satu episode Jessica Jones, karena elemen cerita yang diusung Jessica Jones sama sekali tidak relevan dengan Spiderman dan Fantastic Four. Hal yang sama juga terjadi pada X-Men dan Avengers, di mana Jessica Jones tidak akan muncul di salah satu sekuel film tersebut, karena dia bukan bagian dari kelompok itu, meski memiliki hubungan yang cukup dekat dengan keduanya.

Aslinya, komik Jessica Jones mengandung banyak sekali gambar adegan seks yang vulgar. Begitu vulgarnya, sehingga sangat tidak mungkin untuk diadaptasi ke layar televisi. Jadi jangan kaget jika apa yang ditayangkan di serial televisi sedikit berbeda dengan cerita di komiknya, karena menghindari protes dari para penonton.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment