Fakta Unik yang Tidak Anda Ketahui tentang STAR WARS : THE FORCE AWAKENS

Star Wars : The Force Awakens merupakan seri ketujuh dari Star Wars Saga dan merupakan film paling dasyat yang sudah lama dinantikan oleh para fansnya. Direncanakan rilis tanggal 14 Desember 2015, film yang disutradarai J.J. Abrams ini akan menampilkan cerita dengan alur 30 tahun pasca kejadian di Return of the Jedi (1983). Film ini akan diperani oleh Harrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, Andy Serkis, Anthony Daniels, Max von Sydow, dan lain-lain.

Star Wars : The Force Awakens merupakan seri pertama dari trilogi ketiga Serial Star Wars. Alur ceritanya merupakan alur cerita yang sama sekali baru, meski menggunakan karakter yang sama seperti dua trilogi Star Wars sebelumnya, seperti karakter Luke Skywalker, Han Solo, Princess Leia, Chewbacca, dan dua robot lucu C-3PO serta R2-D2.

Dalam ulasan ini, saya tidak akan membocorkan apa isi cerita film tersebut. Namun yang akan saya ulas adalah hal-hal serta fakta unik yang mungkin tidak Anda ketahui tentang seri terbaru Star Wars ini. Oke... mari kita mulai, fakta apa sajakah itu?

*****

Hingga hari ini, George Lucas - produser Star Wars - tidak mau menceritakan seputar alur cerita film Star Wars VII, VIII, dan IX. Namun dalam wawancaranya dengan Cinemablend di bulan Januari 2014, saat merilis film animasi produksi Lucasfilm berjudul Strange Magic, Lucas memberikan beberapa petunjuk terkait trilogi film Star Wars-nya tersebut :
- Episode VII akan melanjutkan cerita Return of the Jedi (1983) dengan kurun waktu 30 tahun pasca kejadian di film tersebut.
- Fokus cerita trilogi ketiga Star Wars ini adalah pada perjalanan Luke Skywalker menjadi Pahlawan Jedi dengan tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dalam trilogi ini juga akan diperkenalkan adik Luke yang lain (selain Princess Leia).
- Musuh utama dalam trilogi ini adalah Emperor. Sebelumnya karakter ini akan dimunculkan di seri keempat (A New Hope) dan kelima (The Empire Strikes Back), namun tidak terjadi dan alur cerita lebih difokuskan pada perseteruan antara Luke Skywalker dan Darth Vader. Emperor baru akan muncul di Star Wars IX yang akan menjadi penutup dari trilogi Star Wars ini.
-  Meski fokus utama cerita trilogi ketiga Star Wars pada Luke Skywalker (diperani Mark Hamill), namun dia tidak akan muncul di semua seri trilogi ketiga Star Wars ini. Hal yang sama juga terjadi pada Han Solo (Harrison Ford) dan Prices Leia (Carrie Fisher). Bahkan di Star Wars Episode IX, Luke Skywalker akan dimunculkan sebagai cameo saja.

J.J. Abrams
Awalnya, J.J. Abrams menolak menyutradarai film Star Wars : The Force Awakens. Namun keputusannya berubah ketika Kathleen Kennedy - salah seorang produser film Star Wars - menanyakan padanya "Who is Luke Skywalker?" Pertanyaan itu memunculkan ide bagi Abrams untuk menggali lebih dalam tentang sosok Luke Skywalker yang dikenalkan di film Star Wars sejak dia masih kecil. Karena itulah, dia akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran menjadi sutradara trilogi ketiga Star Wars.


Disney mengeluarkan kebijakan menutup rapat-rapat informasi yang berhubungan dengan film Star Wars. Karena itu semua hal yang berkenaan dengan proses produksi film Star Wars benar-benar ditutup rapat-rapat. Bahkan skenario film pun dibuat khusus sehingga tidak mungkin dapat dikopi. Anthony Daniels, pemeran C-3PO mengeluhkan kebijakan tersebut, terutama pada naskah film. Menurutnya, dia cukup kerepotan menghafal skripnya karena naskah tersebut diketik di atas kertas hitam dengan tulisan merah (hal ini dilakukan agar naskah tersebut tidak dapat difotokopi). Akibatnya untuk bisa menghafal skenario, Daniels harus menggantung skripnya di atas lampu agar tulisannya bisa terbaca.


Hal serupa - berkenaan dengan kebijakan Disney - juga dialami para pemeran Star Wars lain di mana sangat sedikit dari mereka yang diberi tahu apa peran mereka pasca audisi. Domhnall Gleeson (pemeran General Hux, pemimpin dari Basis Starkiller, yang merupakan Basis Pertama kelompok First Order) baru tahu perannya sehari sebelum jadwal latihan membaca skrip. Bahkan Oscar Isaac (pemeran Ope Dameron, salah seorang pilot X-Wing) diharuskan menunggu beberapa jam di kamar hotelnya di London, tanpa pernah tahu kapan jadwal shooting dan di mana shooting akan berlangsung.

Diam-diam, saat ini pihak Disney sudah selesai melakukan audisi untuk seri Star Wars VIII dan IX, di mana para kandidat yang sudah terpilih adalah Chloe Grace Moretz, Saoirse Ronan, Zac Efron, Miles Teller, Michael B. Jordan, Alex Pettyfer, Jack O'Connell, Benedict Cumberbatch, Gary Oldman, dan Chiwetel Ejiofor. Apa peran yang akan mereka bawakan? Tidak ada yang tahu....


Spekulasi yang berkembang di masyarakat saat ini tentang alur cerita Star Wars : The Force Awakens adalah cerita yang akan ditampilkan berhubungan dengan pedang sinar Luke Skywalker. Di seri kelima trilogi pertama Star Wars (Star Wars V : Empire Strikes Back), dikisahkan kalau Luke kehilangan pedangnya setelah tangannya ditebas oleh Darth Vader. Nah, dalam The Force Awakens, pedang Luke yang hilang itu akan ditemukan kembali. Penemuan pedang Luke inilah yang kemudian menjadi sebuah reaksi berantai yang memicu kembali perang bintang di seluruh galaksi.

Jika Anda sudah menonton trailer pertama dari Star Wars : The Force Awakens, di mana tampak pemandangan di sebuah planet gersang, jangan mengira planet itu adalah Planet Tatooine, planet kelahiran Luke Skywalker. Menurut J.J. Abrams, planet yang ada di trailer tersebut adalah Planet Jakku. Ada apa dengan planet itu? Abrams diam seribu bahasa. Informasi yang disampaikan Abrams hanyalah lokasi pembuatan adegan planet itu, yang dilakukan di sebuah gurun pasir di Abu Dhabi.


Andy Serkis - pemeran Gollum di trilogi The Lord of the Rings dan The Hobbit - turut bermain di film ini. Awalnya tidak diketahui apa perannya di sana. Namun belakangan fotografer Annie Leibovitz dari StarWars.com membeberkan kalau karakter yang akan diperani Serkis adalah Supreme Leader Snoke. Tidak ada informasi detil perihal karakter ini. Tetapi kuat dugaan kalau dia adalah salah satu pemimpin dari kelompok First Order, yang merupakan salah satu karakter antagonis utama dalam trilogi ketiga Star Wars ini.


Dalam film ini ada beberapa perubahan nama untuk kelompok antagonis dan protagonis. Jika dalam trilogi pertama Star Wars, kelompok antagonis bernama Empire (dipimpin Darth Vader) dan protagonis adalah Rebel Alliance (dipimpin Luke Skywalker, Han Solo, dan Princess Leia). Maka di trilogi ketiga ini, kelompok antagonis berganti nama menjadi First Order (dipimpin Emperor) dan protagonis disebut The Resistance. Namun nama kelompok ini ternyata belum pasti dan masih bisa berubah.


Untuk menampilkan suasana yang lebih realistis (seperti halnya yang dilakukan George Lucas pada trilogi pertama Star Wars), J.J. Abrams akan menggunakan lokasi nyata di banyak adegan di trilogi ketiga Star Wars ini, dan mengurangi penggunaan model miniatur atau gambar pencitraan CGI maupun gambar komputer.


Saat pengambilan gambar untuk Star Wars : The Force Awakens, Harrison Ford mengalami patah pergelangan kaki saat melewati pintu pesawat Millenium Falcon yang dikemudikannya. Saat menolong Ford yang patah kaki, J.J. Abrams malah mengalami patah punggung akibat terhantam pintu Millenium Falcon.


Untuk mempersiapkan diri memerani karakter mereka kembali, Carrie Fisher dan Mark Hamill telah melakukan serangkaian diet ketat, latihan fisik, dan bela diri sejak tahun 2013. Hasilnya cukup baik, dan mereka mampu melakukan serangkaian adegan berbahaya dalam film. Perlu diketahui kalau usia Hamill saat ini adalah 64 tahun, dan Fisher berusia 59 tahun.

NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI ARSO atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI ARSO pula yang telah memberikan angka jitunya kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil temus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma ada modal untuk menyelasaikan biaya ritualnya akhirnya saya menang langsung 4 angkanya. Dan Berkat angka GHOIB AKI ARSO saya sudah bisa bangkit kembali dari kebangkrutan dan memulai lagi bisnis usahaku yang baru yaitu jual alat elektronik.dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUBUNGI NOMOR Hp: 085295323157 atau KLIK DISINI Assalamualaikum wr.wb,ramalan AKI ARSO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wr.wb,saya Pak Rudi ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH REDEN MALOMO atas bantuan MBAH.
      kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH RADEN MALOMO pula yang telah memberikan
      angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya
      cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual MBAH RADEN MALOMO saya sudah
      bisa melanjutkan kulia saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg
      ingin seperti saya silahkan HUB MBAH di nomor hpnya: 0823-4873-0857 atau >>KLIK DISINI<<
      dan ramalan
      MBAH RADEN MALOMO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus

      Delete