Movie Recommended - SON OF SAUL (Saul Fia)

Film Hungaria ini adalah film drama yang sangat mengharukan dan merupakan film panjang pertama karya sutradara Laszlo Nemes. Pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival tanggal 15 Mei 2015 silam, film ini langsung menarik perhatian banyak orang dan mendapatkan sambutan yang sangat hangat dari para penonton. Tidak sedikit penonton yang meneteskan air mata karena terharu menonton film ini.

Bersetting di bulan Oktober 1944, Saul Auslander (dipernai Geza Rohrig), seorang Yahudi Hongaria yang dipenjara di Auschwitz. Dia mendapat tugas dari Sonderkommando (divisi kerja Nazi Jerman di penjara yang bertugas menyiksa dan membunuh orang Yahudi yang menjadi tawanan mereka) untuk membakar mayat-mayat orang Yahudi di krematorium. Saat sedang membakar para mayat, Saul melihat ada mayat seorang anak kecil di tengah-tengah tumpukan mayat manusia tersebut.

Dengan bersusah-payah, Saul mengeluarkan mayat itu dari dalam tempat pembakaran mayat. Iba dengan kondisi sang anak, Saul memutuskan untuk memberikan pemakaman yang layak untuk anak tersebut. Maka dia pun menjadi seorang Rabi untuk dapat melakukan prosesi pemakaman untuk anak tersebut.

Sementara itu, para anggota Sonderkommando mendapat instruksi untuk menghabisi para tahanan di penjara tersebut, sekaligus meratakan penjara dengan tanah. Maka Sonderkommando pun dengan kejam menghabisi semua tawaran Yahudi di dalam penjara. Dalam kondisi panik dan kacau, Saul tetap berusaha untuk menepati janjinya pada mayat anak kecil itu. Mampukah Saul menepati janjinya sebelum dia dihabisi pasukan Sonderkommando?

Film berdurasi 107 menit ini benar-benar menguras emosi dan air mata. Semua kritikus film memberikan nilai tertinggi untuk film ini dan menyebutkan film ini sebagai fim yang menampilkan "keberanian dan kepahlawanan yang luar biasa" (Peter Bradshaw dari The Guardian). Boyd van Hoeij dari The Hollywood Reporter pun memuji film ini karena menampilkan sinematografi yang sangat menawan, sehingga hanya lewat gambar saja, Sutradara Nemes sudah mampu mengharu-biru emosi penonton.

Di ajang Cannes Film Festival, film ini juga sukses dengan meraih 4 penghargaan dari 6 nominasi.

Film yang baru tayang di Hungaria tanggal 11 Juni 2015 ini mungkin tidak akan tayang di Indonesia, mengingat banyaknya adegan "seram" yang mungkin bisa bikin trauma, seperti mayat-mayat yang berserakan, tumpukan mayat yang dibakar, serta adegan pembunuhan brutal dan kejam yang dilakukan Sonderkommando.
NewerStories OlderStories Home

1 comment: