Recommended Movie : RETURN OF THE CUCKOO - THE MOVIE (十月初五的月光 )

Tahun 2000 silam, masyarakat Hong Kong pernah diharu-biru oleh sebuah drama televisi bertotal 20 episode produksi TVB. Judulnya Return of The Cuckoo (十月初五的月光 ) atau dirilis dengan judul lain The Street of Macao (澳門街 ). Serial tersebut mengisahkan tentang seorang anak bernama Man Cho (diperani Julian Cheung / Chilam Cheung) yang sejak kecil sudah bisu karena mendapat perlakuan tidak baik dari ibunya. Man Cho kemudian diadopsi oleh Ah Kiu (Nancy Sit), seorang wanita baik hati yang tidak tega melihat perlakuan ibu Man Cho pada anaknya.

Man Cho tumbuh dewasa dalam keluarga Ah Kiu dan bersahabat sangat dekat dengan anak Ah Kiu bernama Kwan Ho (Charmaine Sheh). Dari hubungan persahabatan, perasaan Man Cho dan Kwan Ho berubah menjadi cinta. Namun Man Cho tidak berani mengungkapkan isi hatinya, karena merasa rendah hati akibat kekurangan yang dimilikinya. Ditambah lagi Ah Kiu ternyata keberatan dengan hubungan keduanya dan berusaha memisahkan mereka berdua. Kisah cinta Man Cho dan Kwan Ho bertambah kompleks, ketika Szto Lai Su (Steven Ma) hadir sebagai pihak ketiga yang jatuh hati pada Kwan Ho.

Serial ini tidak saja sukses sebagai serial televisi dengan jumlah penonton terbanyak, tetapi juga meraih banyak penghargaan bergengsi pertelevisian Hong Kong. Kesuksesan serial ini pula ikut mengangkat nama Julian Cheung dan Charmaine Sheh menjadi aktor dan aktris papan atas televisi Hong Kong.

Kini, setelah 15 tahun, serial itu dirilis kembali dan diangkat ke layar lebar. Dan tanggal 12 November 2015, Return of The Cuckoo - The Movie pun dirilis. Meski jarak antara serial televisi dan layar lebarnya terpaut sangat jauh, tapi ternyata tidak membuat para penontonnya lupa. Bahkan sepertinya banyak penonton sangat merindukan lanjutan kisah cinta pasangan Man Cho dan Kwan Ho. Jadi tidak heran, ketika dirilis di layar lebar, film tersebut langsung duduk di peringkat pertama tangga Box-Office Hong Kong.

Disutradarai Patrick Kong, versi layar lebar berdurasi 1 jam 43 menit ini akan melanjutkan cerita yang ditinggalkan versi televisinya 15 tahun silam. Para pemerannya pun hampir semuanya adalah para pemeran asli dari serial televisi aslinya.

Bersetting tahun 1999, Man Cho (Chilam Cheung) dan adiknya, Kiki (Joe Chen) merayakan ulang tahun Bibi Ah Kiu (Nancy Sit). Sebuah kejutan tidak terduga terjadi di pesta ulang tahun tersebut, ketika Kwan Ho (Charmaine Sheh) yang sudah 15 tahun terakhir tinggal di Amerika Serikat, mendadak pulang menemui Bibi Ah Kiu, yang tidak lain adalah ibunya.

Kehadiran Kwan Ho menghidupkan kembali kisah cinta lama yang sudah mereka kubur 15 tahun silam, ketika Kwan Ho memutuskan untuk menikah dengan Lai Su (Steven Ma) dan pindah ke luar negeri. Meski demikian, Kwan Ho berusaha melupakan kisah cinta lamanya dan menjauhi Man Cho.

Baru beberapa hari bertemu ibunya, Kwan Ho mendapatkan kabar kalau Lai Su tewas dalam sebuah kecelakaan lalu-lintas. Hati Kwan Ho hancur, dan dia berniat bunuh diri. Tapi Man Cho berhasil menyelamatkan Kwan Ho. Guna menghibur Kwan Ho, Bibi Ah Kiu menyuruh anaknya menetap di Macao bersamanya. Man Cho pun dengan setia menemani Kwan Ho.

Di saat itulah, hati Kwan Ho terbuka kembali dan dia mencoba menerima cinta Man Cho kembali. Meski sebelumnya pernah menentang hubungan mereka berdua, tapi akhirnya Bibi Ah Kiu merestui hubungan mereka. Dan ketika cinta mereka mulai menapak ke langkah yang lebih serius, Man Cho mendapati fakta yang mengejutkan tentang dirinya : Dia saat itu sedang mengidap kanker ganas, dan hidupnya hanya tinggal 6 bulan lagi.

Akankah cinta mereka yang telah tertunda selama 15 tahun, kini harus berhenti sampai di sini dan berakhir mengenaskan? Akankah Man Cho rela  melepaskan cinta Kwan Ho untuk kedua kalinya? Akankah pula cinta Man Cho dan Kwan Ho dapat bersatu?

Ketika tayang di hari pertama, film ini langsung meraup keuntungan sebesar HK$ 1.2 juta, dan langsung menjadikannya duduk di peringkat pertama tangga film Box Office Hong Kong. Sambutan para penonton sangat antusias, terutama pada Julian Cheung yang memerani Man Cho. Banyak orang yang mengelu-elukan "Cho Gor Gor" (panggilan Man Cho di film itu) di film tersebut.

Tidak ada informasi, apakah film ini akan tayang di Indonesia atau tidak. Kalau pun tidak tayang, sepertinya Anda wajib mencari dan menonton film ini. Dapat dipastikan film ini sangat mengharukan, dan dramatis banget. Sangat cocok buat Anda yang sedang mencari cinta sejati Anda, atau sedang memastikan, apakah kekasih di sampingmu adalah memang belahan jiwa yang disiapkan bagimu? Beranikah Engkau memperjuangkan cintamu, meski kau tau waktumu tidak lama lagi hidup di dunia ini?


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment