TV Series Recommendation - ASH VS EVIL DEAD (2015 - onward)

Penggemar film horor mana yang tidak kenal dengan film horor Evil Dead yang legendaris itu? Ya, Evil Dead merupakan film horor paling sadis yang pernah merajai bioskop dunia tahun 1981 silam. Dibuat dengan dana US$ 350,000, film tersebut mampu meraup keuntungan hingga US$ 2.6 juta. Film ini tidak saja menjadi legenda, tapi juga mengangkat nama Bruce Campbell - pemeran utama film tersebut - dan Sam Raimi - sutradara film Evil Dead - menjadi Super Star Hollywood.

Setelah Evil Dead sukses, dibuatlah sekuelnya - Evil Dead II (1987) dan Army of Darkness (1993) - yang kesemuanya juga sukses.


Lebih dari 34 tahun kemudian, film horor itu kemudian dibuat sekuelnya, dan dirilis dalam bentuk serial televisi. Bruce Campbell tetap didapuk sebagai pemeran utama, dan membawakan karakter yang sama (Ash Williams). Sam Raimi sendiri bertindak sebagai Produser, sekaligus Sutradara (untuk Episode pertama), dan penulis cerita. Serial televisi yang diberi judul Ash vs Evil Dead itu mulai tayang tanggal 31 Oktober 2015 silam.

Serial ini melanjutkan cerita Army of Darkness, tentang Ash Williams yang kini telah hidup layaknya orang normal dan bekerja di toko peralatan rumah tangga bernama "S-Mart". Tapi satu ketika, saat sedang terpengaruh narkoba dan sedang berkencan dengan seorang wanita muda, secara tidak sengaja dia membaca mantra yang terdapat dalam Buku Kematian (Book of the Dead / Naturom Demonto). Akibatnya iblis yang sudah sekian lama berdiam di dalam Neraka bangkit kembali, dan menemukan Ash yang selama ini mereka cari untuk dibawa ke Neraka.

Di lain pihak, Amanda Fisher (Jill Marie Jones), seorang anggota kepolisian Michigan, mengalami kejadian menyeramkan ketika mendapat panggilan minta tolong dari seorang wanita. Bersama rekannya, mereka mendatangi alamat wanita tersebut, dan menemukan kalau wanita tersebut (yang sebelumnya berkencan dengan Ash) mengalami kerasukan dan berhasil membunuh partner Fisher. Fisher berhasil membunuh wanita itu, tapi ternyata roh jahatnya pindah ke tubuh partner Fisher, sehingga Fisher terpaksa membunuh partnernya. Rupanya tindakan Fisher membuatnya diperkarakan kesatuannya karena dianggap melanggar kode etik. Untuk membuktikan ketidakbersalahannya, Fisher kemudian mencari Ash dan meminta bantuannya.

Sama seperti film layar lebarnya, serial ini juga dipenuhi dengan adegan sadis dan berdarah-darah, yang pastinya akan membuat Anda miris, sekaligus tertawa terbahak-bahak karena serial ini diramu dalam bentuk horor-komedi.

Episode pertama (dari total 10 episode) baru tayang tanggal 31 Oktober 2015 silam, dan langsung mendapat apresiasi dan pujian dari para penonton serta kritikus film. Meski pun serial ini sangat mengerikan dan sadis, tapi Sam Raimi berhasil membuatnya menjadi sebuah hiburan yang tidak membosankan. Alurnya dibuat sangat cepat, dan teknik pengambilan gambarnya (termasuk efek khususnya) dibuat layaknya film layar lebar, sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi penggemar film horor.

Pastinya saya sangat menyukai serial ini, dan tidak sabar menunggu episode berikutnya minggu depan.



TENTANG FILM "EVIL DEAD"
Sam Raimi dan Bruce Campbell adalah sahabat sejak masih muda. Mereka sering membuat film-film indie berdana murah-meriah (antara US$ 600 - 1,000). Pada tahun 1979, Raimi mendapat suntikan dana US$ 350,000 untuk membuat sebuah film horor yang "sadis dan berdarah-darah". Maka bersama Campbell, dia pun membuat film Evil Dead.

Evil Dead mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa yang berlibur ke puncak bukit Tennessee. Mereka adalah Ash Williams (Campbell) dan kekasihnya Linda (Betsy Baker), adik Ash bernama Cheryl (Ellen Sandweiss), Scotty (Hal Delrich), dan kekasihnya Shelly (Sarah York). Mereka kemudian menemukan sebuah gubuk tua di tengah hutan, lalu memutuskan untuk bermalam di sana. Di dalam gubuk itu, mereka menemukan buku Naturom Demonto (The Book of the Dead) yang terbuat dari kulit manusia dan ditulis dengan darah manusia serta sebuah kaset rekaman. Di dalam kaset itu, terdengar suara seseorang yang menjelaskan kalau dia sedang melakukan penelitian terhadap buku tersebut, kemudian membacakan mantra yang ada di dalam buku. Sontak ketika mantra itu selesai terdengar, semua roh jahat keluar dari Neraka dan menyerang serta merasuki Ash dan teman-temannya. Ash terhindar dari kerasukan setelah dia memotong tangannya yang baru dikuasai roh jahat. Dia akhirnya membunuh semua temannya yang sudah kerasukan, lalu melarikan diri.

Film yang dibuat dengan sangat sadis dan brutal itu tidak mendapat izin dari badan sensor film Amerika (MPAA) karena konten kebrutalannya yang dinilai sangat tidak pantas. Baru pada tahun 1981, film tersebut diizinkan untuk rilis setelah mengalami beberapa revisi. Di luar dugaan, film tersebut sukses luar biasa.

Atas kesuksesan itu, Sam Raimi kemudian membuat sekuel film tersebut dengan dana yang lebih besar lagi, yaitu US$ 3,6 juta. Maka - dengan tetap diperani Bruce Campbell - seri kedua Evil Dead pun dibuat dan dirilis tahun 1987. Sama seperti seri pertamanya, Evil Dead 2 pun sukses luar biasa dengan meraup keuntungan finansial hingga US$ 5.9 juta.

Alur cerita Evil Dead II sebenarnya sama persis dengan seri pertamanya. Hanya saja dibuat dengan teknik efek khusus yang lebih baik. Berbeda dengan seri pertamanya, setelah Ash berhasil mengalahkan para roh jahat, dia justru terlempar ke masa lalu di negara antah-berantah.

Tahun 1993, Sam Raimi merilis Army of Darkness yang merupakan sekuel terakhir dari trilogi Evil Dead. Army of Darkness merupakan cerita horor-fantasi dengan alur yang sangat berbeda dari dua Evil Dead sebelumnya. Ceritanya sendiri melanjutkan cerita dari Evil Dead II, di mana Ash mendarat di tahun 1300 Sebelum Masehi dan awalnya menjadi budak dari Raja Arthur (Marcus Gilbert). Namun berkat "ramalan" Ahli Nujum Raja, Ash dibebaskan dan menjadi prajurit Raja melawan Pasukan Kegelapan dari Alam Kubur. Setelah berhasil mengalahkan pasukan tersebut, Ash pun dipulangkan ke masanya. Di akhir cerita, Ash dikisahkan telah bekerja di sebuah toko peralatan rumah tangga bernama "S-Mart".

Seri terakhir dari Evil Dead ini secara fantastis meraup keuntungan yang sangat luar biasa. Dibuat dengan dana US$ 11 juta, film ini berhasil mengantongi keuntungan finansial sebesar US$ 21.5 juta. Tidak heran, jika kemudian Sam Raimi diminta untuk membuat seri berikutnya.

Raimi memang punya keinginan untuk membuat sekuel Evil Dead selanjutnya. Dia bahkan telah menulis skenario untuk Evil Dead 4 - yang kemudian berubah judul menjadi Army of Darkness 2 - tapi rencana itu tidak pernah ter-realisasi dikarenakan kesibukannya pada proyek yang lain.

Evil Dead 2013
Tahun 2013, film Evil Dead dibuat ulang (reboot) dengan alur yang sama persis seperti Evil Dead pertama. Awalnya Sam Raimi dan Bruce Campbell diharapkan ikut berpartisipasi dalam film itu. Tapi karena kesibukan mereka, akhirnya keduanya tidak bisa bergabung. Film itu akhirnya disutradarai Fede Alvarez dan diperani Jane Levy, Shiloh Fernandez, Lou Taylor Pucci, Jessica Lucas, dan Elizabet Blackmore. Berbeda dengan seri-seri Evil Dead yang lain, versi ini menampilkan cerita yang lebih serius.

Sama seperti film Evil Dead sebelumnya, versi tahun 2013 ini juga meraih kesuksesan luar biasa. Dengan biaya pembuatan sebesar US$ 17 juta, film ini meraup keutungan hingga US$ 97.5 juta. Selain itu, film ini mendapatkan pujian dari kritikus film, dan membuatnya menjadi salah satu film horor paling sukses di waktu itu.

Oya.. perlu Anda ketahui kalau ciri khas dari semua film (termasuk serial televisi) Evil Dead adalah selalu menampilkan adegan berdarah-darah dan kesadisan yang berlebihan, Jadi jika Anda bukan tipe orang yang suka melihat adegan berdarah-darah, jangan coba-coba nonton film maupun serial televisi Evil Dead. Dijamin pasti muntah-muntah ....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment