Movie Recommended - THE HIMALAYAS (히말라야 D )

Setelah film Everest (2015) sukses di layar lebar dunia beberapa waktu lalu, di bulan ini sebuah film bertema petualangan pendakian gunung akan hadir lagi. Judulnya The Himalayas. Film Korea Selatan ini disutradarai Lee Suk Hoon dan diperani Hwang Jung Min, Jung Woo, Cho Seung Ha, Kim In Kwon, dan Ra Mi Ran.


Diangkat dari kisah nyata tentang pendakian tim pendaki pegunungan Korea Selatan tahun 2005, film ini mengisahkan tentang perjuangan Park Moo Taek (Jung Woo) dan teman-temannya untuk bisa menaklukkan Gunung Everest, Himalaya. Dengan persiapan yang sangat matang, Moo Taek dan timnya berhasil tiba ke puncak Everest. Tapi masalahnya, saat turun dari gunung tersebut, terjadi bencana Avalanche yang menyebabkan Moo Taek terkubur dan meninggal di Everest.

Keluarga Moo Taek kemudian menghubungi Pendaki Gunung Um Hong Gil (Hwang Jun Gil) untuk mencari dan membawa pulang jenazah Moo Taek. Karena sudah pernah beberapa kali mendaki Everest, Hong Gil tahu kalau tugas ini tidak mudah dan sangat berisiko. Tapi demi keluarga Moo Taek, Hong Gil akhirnya setuju untuk mendaki Gunung Everest, yang waktu itu sedang berada dalam kondisi yang sangat tidak bersahabat.

Dan seperti yang diduga, perjalanan itu benar-benar sangat sulit dan berbahaya, bahkan mengancam jiwa anggota tim Hong Gil. Namun dengan semangat baja, anggota tim Hong Gil berjuang pantang menyerah, dan berhasil menemukan jenazah Moo Taek yang tertimbun di salju Everest.

Film yang menguras emosi dan mengharukan ini baru tayang tanggal 16 Desember 2015 silam di Korea Selatan, dan akan tayang internasional dalam waktu dekat.


ABOUT  UM HONG GIL
Mungkin sangat sedikit orang yang kenal dengan Um Hong Gil, padahal dia adalah salah satu pendaki gunung senior yang sangat disegani di dunia. Lahir tanggal 14 September 1960 di Korea Selatan, Um Hong Gil adalah pendaki gunung yang telah sering mendaki gunung-gunung tertinggi di dunia. Gunung Aconcagua di Argentina menjadi gunung pertama yang ditaklukkannya pada tahun 1988. Sejak itu, dia sering menjadi pemimpin ekspedisi untuk membawa para pendaki Korea Selatan mendaki gunung tersebut.

Tahun 2000, dia berhasil menaklukkan Gunung K2 (terletak di perbatasan Tiongkok-Pakistan), Gunung Tertinggi kedua setelah Gunung Everest. Gunung tersebut menjadi gunung tertinggi (dengan ketinggian 8,000 meter di atas permukaan laut) ke-14 yang ditaklukkannya dalam kurun waktu 12 tahun. Atas prestasinya tersebut, dia dianugrahi Mahkota Himalaya, dan menjadi orang Korea Selatan pertama serta pendaki ke-11 di dunia yang meraih mahkota tersebut.

Dia pernah memimpin tiga kali pendakian ke puncak Gunung Everest, yaitu tahun 2001, 2002, dan 2003. Ketiganya sukses dan Hong Gil menjadi orang Korea Selatan pertama yang menapaki puncak Gunung Everest lebih dari 1 kali. Dia pernah mencoba mendaki Gunung Everest untuk yang keempat kalinya tahun 2005, tapi gagal.

Selain menjalani hidup sebagai pendaki profesional, Um Hong Gil juga bergabung dengan organisasi nirlaba The Beautiful Foundation di Korea Selatan, dan menjalankan program "Gil Sarang Fund" guna mendukung aktivitas pelestarian budaya yang dilakukan para penyandang cacat.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment