TV Series - Jekyll & Hyde (2015 - onward)

Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde merupakan novel klasik karya Novelis Scotlandia Robert Louis Stevenson yang terbit tahun 1886. Novel tersebut mengisahkan tentang kasus pembunuhan yang melibatkan sosok misterius bernama Mr Hyde, yang kemudian diketahui merupakan alter-ego dari bangsawan Inggris bernama Dr Jekyll. Hingga hari ini, novel tersebut menjadi novel legendaris yang hingga hari ini masih diminati dan menjadi salah satu literatur wajib yang harus dibaca mahasiswa psikologi, bahasa, dan sastra.



Karya sastra ini telah sering diadaptasi dalam bentuk drama panggung, drama radio, dan film. Dan baru-baru ini, diadaptasi dalam sebuah serial televisi berjudul Jekyll & Hyde. Jaringan televisi ITV dari Inggris merilis serial tersebut sejak tanggal 25 Oktober 2015 silam. Diproduksi dengan total 10 episode, serial ini langsung menarik perhatian banyak penonton di Inggris.

Diawali dari kejadian suatu malam di London tahun 1885, seorang pria - yang kemudian diketahui adalah Edward Hyde - membunuh seorang anggota Senat. Tindakannya dipergoki oleh warga yang kemudian mengejarnya. Edward Hyde kemudian menghilang.

Tiga puluh tahun kemudian, tepatnya tahun 1930, di Kota Cylon, India, seorang dokter bernama Dokter Robert Jekyll (Tom Bateman) sedang menvaksinasi seorang anak, ketika sebuah truk rem blong tiba-tiba menghantam tempat prakteknya. Salah satu pasiennya terhimpit di bawah truk, dan Robert mengangkat truk itu untuk menyelamatkan pasiennya. Tindakan heroik Robert langsung menyebar ke seluruh kota, dan namanya dimuat di harian nasional.

Berita tentang dirinya ternyata menyebar hingga ke Inggris. Adalah Maxwell Utterson (Christian McKay), seorang pengacara yang ayahnya - Gabriel Utterson - sebelumnya adalah pengacara kepercayaan Dr Henry Jekyll, menghubungi Dokter Jekyll untuk datang ke London guna menerima harta warisan peninggalan Dr Henry Jekyll, yang tidak lain adalah kakek dari Robert Jekyll.

Saat Robert berangkat ke London, orang tua angkatnya - Dr Vishal Najaran (Ace Bhatti) dan Gurinder Najaran (Lolita Chakrabarti) - dibunuh oleh sekelompok orang misterius.

Sementara itu, di London muncul sekelompok orang pimpinan Sir Roger Bulstrode (Richard E. Grant) yang bertugas menangkapi mahluk supranatural yang berniat menguasai Inggris. Sudah cukup lama dia mencari keberadaan Edward Hyde. Dan kedatangan Robert Jekyll ke London dianggapnya dapat mengungkap keberadaan pembunuh supranatural psikopat yang sudah diburunya selama 30 tahun terakhir ini.

Banyak kritikus memuji serial ini karena alur ceritanya yang unik dan sangat berbeda, Bahkan banyak orang yang menyebutkan serial ini merupakan gabungan antara kisah supranatural Harry Potter dan cerita misteri Sherlock Holmes. Jika saya pribadi menilai alur cerita serial ini lebih mirip petualangan The Hulk di dunia Hellboy. Satu hal yang sedikit "mengganggu" dalam serial ini adalah transformasi Dr Jekyll menjadi Mr Hyde yang digambarkan sangat mirip dengan kondisi saat Dr Bruce Banner berubah menjadi Hulk. Meski wujudnya tidak berubah, namun faktanya Dr Jekyll baru bisa berubah menjadi Mr Hyde manakala dia sedang dalam kondisi stres atau marah. Dan untuk bisa mengendalikan emosinya, dia harus secara rutin menyuntikkan dirinya dengan obat penenang buatan ayah angkatnya, Dr Vishal Najaran. Selain itu, baik Hyde maupun Hulk punya kesamaan pada kekuatan super di mana mereka bisa mengangkat beban berat. Mereka berdua mirip kan?

Meski demikian, hal yang patut disaluti dari serial ini adalah kejutan-kejutan dalam film ini yang membuat penonton selalu penasaran untuk terus mengikutinya. Durasi 43 menit untuk setiap episode serial ini terasa "pendek" karena cepatnya alur cerita yang ditampilkan. Meski demikian, serial ini terbilang cukup sadis dengan banyaknya adegan berdarah-darah dan bagian tubuh yang termutilasi. Tidak heran jika baru tayang bererapa episode saja, produser serial ini (Jaringan televisi ITV) telah menerima 459 surat keluhan dari penonton yang keberatan dengan penayangan serial ini, terlebih serial ini ditayangkan di hari Minggu pukul 18.30 yang merupakan waktu untuk tayangan acara keluarga, dan kemungkinan ditonton oleh penonton di bawah usia 15 tahun.

Hingga artikel ini dibuat, serial ini telah memasuki episode 8 dan akan tuntas tayang tanggal 27 Desember 2015. Pasca penayangan di ITV, serial ini akan tayang di stasiun televisi CBC - Kanada awal bulan Januari 2016.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment