TV Series Recommended - FRESH OFF THE BOAT (2015 - onward)

Saya jarang menonton serial komedi, dan ini adalah serial televisi bergenre komedi pertama yang saya ulas. Satu hal yang membuat saya tertarik mengulas serial ini adalah karena serial ini merupakan serial PERTAMA yang menampilkan aktor dan aktris Asia sebagai pemeran utamanya. Meski merupakan produksi Hollywood, tetapi kehadiran orang Asia (dalam hal ini Asia Tenggara ras Mongoloid) tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Asia, terutama yang tinggal di Indonesia.

Serial ini mengadaptasi kisah masa kecil Eddie Huang, seorang chef keturunan Taiwan-Amerika ternama sekaligus penulis dan pemilik restoran sandwich BaoHaus yang cukup populer di East Village di Manhattan. Dikisahkan pada tahun 1995, Eddie Huang (diperani Hudson Yang) yang masih berusia 12 tahun dan tinggal di Chinatown, Washington DC, harus pindah bersama keluarganya ke Orlando, Florida, setelah ayahnya, Louis Huang (Randall Park), memutuskan untuk membuka usaha restoran steak di sana.

Di kota itu, keluarga ini ternyata harus beradaptasi dengan kondisi yang sangat berbeda dengan kondisi mereka saat masih tinggal di Chinatown. Jumlah penduduk Asia yang sangat kecil, membuat mereka mau-tidak mau harus berusaha beradaptasi dengan masyarakat sekitar yang notabene mayoritas orang bule. Tentu saja ini tidak mudah, terutama bagi Jessica Huang (Constante Wu) - ibu dari Eddie Huang - yang masih memegang teguh budaya Tionghua kental dari keluarganya. Hal inilah yang kemudian memunculkan banyak kejadian kocak yang bikin sakit perut.

Salah satunya adalah ketika Louis mengajak keluarganya berlibur dan menginap di hotel. Karena sudah "terlatih" dalam keluarga yang berhemat, Jessica enggan berlibur karena menganggapnya sebagai kegiatan menghambur-hamburkan uang. Namun setelah dibujuk, akhirnya dia bersedia. Konyolnya, karena sudah mengeluarkan uang cukup banyak, Jessica tidak mau rugi, dan memanfaatkan semua fasilitas hotel sepuas-puasnya (mumpung semuanya gratis).

Serial berdurasi 21 menit ini memang sangat kocak, dan daya tarik serial ini memang ada pada karakter Jessica Huang yang unik dengan tradisi super kolot keluarga Tionghua Totok. Tidak heran atas penampilannya ini, Constance Wu mendapatkan apresiasi dan respon yang sangat positif dari para penonton. Selain itu, keseluruhan serial Fresh Off the Boat ini mendapatkan pujian dari para kritikus yang menilainya sebagai tontonan yang menyegarkan karena menghadirkan cerita yang sama sekali baru dan baru pertama kali ini menampilkan dilema kehidupan masyarakat Tionghua di Amerika Serikat.

Serial yang pertama kali tayang 4 Februari 2015 ini, kini sedang tayang Season Kedua, dan sepertinya akan berlanjut ke Season Ketiga.


DO YOU KNOW? 
Dua episode pertama serial ini ditonton lebih dari 7.94 juta penonton, menjadikan serial ini sebagai serial komedi kedua dengan rating tertinggi. Posisi pertama diduduki oleh serial Modern Family.
Nahnatchka Khan, kreator serial Fresh Off the Boat. Wajahnya mirip karakter Sadness di film animasi Inside Out kan?

Kreator serial ini adalah Nahnatchka Khan, produser dan penulis naskah film keturunan Iran yang lahir di Las Vegas, Amerika Serikat. Wanita berwajah mirip karakter Sadness di film Inside Out ini bekerja untuk Disney Television Animation dan membuat serial animasi popler American Dad! serta sitkom Don't Trust the B--- in Apartment 23.

Season Pertama serial ini bertotal 13 episode. Awalnya, Season Kedua juga akan dibuat sebanyak 13 episode. Namun karena tingginya Rating serial ini, maka Jaringan ABC - produser serial ini - setuju untuk merilis Season Kedua menjadi 24 episode. Season Kedua baru tayang 22 September 2015 dan hingga hari ini masih tayang.

Eddie Huang (kiri) dan buku yang ditulisnya
Serial ini mengadaptasi kehidupan Eddie Huang dari bukunya yang berjudul Fresh Off the Boat : A Memoir. 

Eddie Huang ikut berpartisipasi dalam Season Pertama serial ini. Selain menjadi Penasihat Kreatif, dia pun menjadi Narator dalam beberapa episode awal Season Pertama.

Di Season Kedua, Eddie Huang tidak ikut serta lagi dalam pembuatan serial ini dikarenakan perbedaan pandangan dengan produser ABC. Menurutnya, pihak ABC memiliki cara pandang sendiri terhadap kehidupan masyarakat Asia-Amerika, sehingga memilih menggunakan persepsi mereka sendiri dalam mengadaptasi cerita ini, dan mengabaikan semua masukan Eddie Huang. Karena perbedaan pandangan inilah, Eddie akhirnya memilih mundur dari proyek ini.

Hal yang sama juga diutarakan Constance Wu yang merasa komedi yang diangkat dalam serial ini sudah "terlalu" komedi khas Amerika, karena telah menghilangkan aspek tradisi masyarakat Tionghua sebenarnya.

Serial Fresh Off The Boat masuk dalam beberapa nominasi penghargaan serial televisi bergengsi. Beberapa di antaranya : Critics Choice Televisian Award, TCA Awards, Ewwy Awards, dan NAACP Image Award.

Meski serial ini mengisahkan kehidupan keturunan Taiwan-Amerika, namun hanya Constante Wu yang merupakan satu-satunya artis keturunan Taiwan-Amerika yang bermain di serial ini. Hudson Yang, Forrest Wheeler (pemeran Emery Huang, anak kedua keluarga Huang), dan Ian Chen (Evan Huang, anak bungsu keluarga Huang) adalah keturunan Tionghua-Amerika. Sedangkan Randall Park adalah keturunan Korea-Amerika.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment