Pemeran Sitkom FRIENDS - Apa Kabar Mereka Sekarang?

Friends adalah salah satu serial televisi sitkom yang sangat populer di tahun 1994 - 2004. Serial produksi David Crane dan Marta Kauffman tersebut ditayangkan oleh NBC pertama kali tanggal 22 September 1994. Dan sejak itu, serial itu menjadi sangat fenomenal dan dalam waktu singkat memiliki banyak penggemar fanatik, tidak saja di Amerika Serikat tetapi juga di dunia, termasuk Indonesia.

Selain menjadi serial populer, para pemeran serial tersebut pun langsung meraih popularitas dan sontak menjadi seleb dunia.

Secara umum, serial ini bertutur tentang persahabatan yang terjalin di antara 6 orang, yaitu Rachel Green (Jennifer Aniston), Monica Geller (Courteney Cox), Phoebe Buffay (Lisa Kudrow), Joey Tribbiani (Matt LeBlanc), Chandler Bing (Matthew Perry), dan Ross Geller (David Schwimmer). Ross adalah kakak dari Monica Geller. Mereka berenam adalah tinggal di apartemen yang sama di West Village Apartement, Manhattan, New York City, dan keenamnya berjuang meraih karir masing-masing. Salah satu ciri khas yang menjadi daya tarik serial ini adalah kelucuan-kelucuan yang mereka tampilkan sangat natural dan hampir selalu mereka lakukan di coffee-shop tempat kumpul mereka bernama Central Perk.

Meski awalnya hubungan mereka berenam adalah sahabat, tapi toh pada di Season Terakhir beberapa di antara mereka menikah juga dengan sahabat mereka tersebut, seperti Chandler dan Monica, serta Ross dan Rachel.

Episode terakhir Season 10 - yang merupakan Season terakhir serial ini - ditayangkan tanggal 6 Mei 2004. Episode tersebut ditonton lebih dari 52.5 juta penonton dan menjadi episode terakhir serial televisi keempat paling banyak ditonton, setelah episode terakhir M*A*S*H (105 juta), Cheers (80.4 juta), dan Seinfield (76.2 juta).

Sudah 12 tahun serial tersebut berakhir, namun peminat serial ini ternyata masih tidak berkurang. Bahkan saat ditayang-ulang di beberapa stasiun televisi, penontonnya masih banyak. Bahkan banyak yang masih penasaran, bagaimana kabar keenam sahabat tersebut saat ini.

Buat Anda yang masih kangen, ini kabar terakhir mereka...

1. JENNIFER ANISTON
Karakter Rachel Green sangat melekat pada wanita cantik yang kini telah berusia 46 tahun ini. Berkat perannya tersebut, Aniston meraih penghargaan Primetime Emmy Award, Golden Globe Award, dan Screen Actors Guild Award. Karakternya pun terpilih sebagai "100 Greatest Female Characters in United States Television".

Jennifer Aniston (2016)
Pasca serial Friends berakhir, karir Aniston makin melesat tinggi dan membuatnya menjadi salah satu selebritis terkaya dan tersibuk saat ini. Dia banyak bermain di film layar lebar, yang kesemuanya adalah film bergenre komedi-romantis. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal adalah Bruce Almighty (2003), The Break Up (2006), Marley & Me (2008), Horrible Bosses (2011), dan We're the Millers (2013), dimana semua film tersebut adalah film sukses yang masing-masing meraup keuntungan hingga lebih dari US$ 200 juta.

Di tahun 2016 ini, film Aniston yang sudah siap rilis adalah Mother's Day (18 Agustus 2016), sebuah film drama-komedi karya sutradara Garry Marshall. Di film tersebut, Aniston akan bereuni dengan dua sahabatnya dari serial Friends : Courteney Cox dan Lisa Kudrow.

Sedangkan film The Yellow Birds sudah selesai proses shooting, dan sedang menjalani proses pasca-produksi. Rencananya film bergenre drama-perang tersebut pun akan tayang di tahun ini.

Pada tahun 2012, atas prestasinya yang luar biasa, Aniston menerima bintang dan namanya terpatri di Hollywood Walk of Fame. Selain itu, Aniston tercatat sebagai salah satu aktris dengan bayaran termahal saat ini. Bahkan dia membukukan penghasilan bersihnya tahun 2014 silam sebesar US$ 150 juta.

Selain sibuk di dunia film, waktu Aniston masih cukup tersita dengan bisnis-bisnisnya, seperti mengurusi perusahaan film Plan B Entertainment yang didirikannya tahun 2002, serta perusahaan Echo Films yang didirikannya tahun 2008 bersama produser Kristin Hahn. Aniston pun bekerja sama dengan Elizabeth Arden Inc untuk perilisan parfum miliknya bertitel Jennifer Aniston (rilis 2010), J by Jennifer Aniston (2014), dan Near Dusk by Jennifer Aniston (2015). Dan sejak 2007, Aniston sibuk mempromosikan produk SmartWater (produk minuman milik Energy Brands, anak perusahaan The Coca-Cola Company).



2. COURTENEY COX
Mungkin dari seluruh pemeran Friends, Courteney Cox adalah satu-satunya pemeran serial itu yang benar-benar memanfaaatkan momen. Di tengah kesuksesan serial Friends, dia tidak hanya terpaku melulu bermain di serial itu saja, tetapi aktif mengambil peran di luar serial tersebut. Pada tahun 1996, Courteney Cox sukses berperan sebagai reporter Gale Weathers, sehingga dipercaya memerani peran itu untuk seri-seri Scream berikutnya (yang dirilis tahun 1997, 2000, dan 2011).

Courteney Cox (2016)
Selain bermain film layar lebar, bersama (mantan) suaminya - David Arquette - Courteney juga memproduksi serial televisi bergenre reality-show Mix It Up.

Setelah serial Friends berakhir, Courteney makin aktif bermain di film-film layar lebar, seperti November (2005), dan The Longest Yard (2005, bareng Adam Sandler). Selain itu, Courteney pun tetap aktif bermain di serial televisi - dunia yang telah membesarkan namanya - dengan bermain di serial Dirt (2007), Scrubs (2008), dan Cougar Town (2009; di serial ini Courteney bermain bersama Lisa Kudrow).

Saat ini Courteney Cox masih aktif bermain film. Film teranyarnya yang akan dirilis tahun 2016 ini berjudul Mother's Day, di mana di film yang disutradarai Paul Duddridge ini, Courteney Cox akan beradu akting dengan para aktris seniornya, yaitu Susan Sarandon, Sharon Stone, dan Selma Blair.



3. LISA KUDROW
Akting Lisa Kudrow saat memerani Phoebe Buffay bisa dikatakan orang paling memorabel. Dengan gayanya yang eksentrik, karakter ini menjadi salah satu karakter paling "antik" dari semua karakter Friends. Lisa memang memainkan karakter ini dengan sangat baik dan brilian, sehingga banyak penonton mengira seperti itu karakter asli keseharian Lisa.

Sama seperti Courteney Cox, saat Kudrow sedang berada di puncak kesuksesan saat bermain di serial Friends, dia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melebarkan sayapnya di dunia perfilman dengan mengambil banyak tawaran bermain di film-film layar lebar. Sayangnya, dia hanya mendapat peran pembantu di film-film tersebut, sehingga namanya kurang "berdengung". Padahal film yang diperaninya tergolong film box-office yang cukup populer : The Opposite of Sex (1998), Analyze This (1999), Lucky Numbers (2000), Dr Dolittle 2 (2001), dan Analyze That (2002).
Lisa Kudrow (2016)
Meski sangat aktif bermain film layar lebar pasca Friends, namun karir Kudrow tidak secemerlang Jennifer Aniston dan Courteney Cox. Dia sangat jarang mendapat kesempatan menjadi pemeran utama di film-film layar lebar yang diperaninya. Sementara itu, Kudrow tidak meninggalkan dunia film televisi yang telah membesarkannya. Dia masih tetap aktif bermain sebagai pemeran pembantu dan pengisi suara dalam berbagai serial televisi seperti American Dad! (2006), Cougar Town (2010; Lisa bermain bareng Courteney Cox), Alien Gregory (2011), dan lain-lain.

Kudrow mendapat kesempatan bermain sebagai pemeran utama di 2 serial televisi : The Comeback (2005; 2014 - hari ini) dan Web Therapy (2008 - 2014). Lewat kedua serial bergenre komedi itulah, Kudrow meraih kesuksesan dan menaikkan popularitasnya kembali.

Tahun 2013, setelah berkecimpung di film bergenre komedi cukup lama, akhirnya Kudrow mendapat kesempatan untuk berperan di serial drama-politik yang serius berjudul Scandal (2013), di mana Kudrow dipercaya memerani Jisephine Marcus, seorang pejabat kongres Amerika Serikat.

Tahun 2016 akan menjadi tahun yang cukup sibuk bagi Kudrow karena dia sedang terlibat dalam produksi 4 film layar lebar : Table 19, El Americano : The Movie (film animasi), Neightbors 2: Sorority Rising, dan The Girl on the Train. Film terakhir merupakan film bergenre thriller.

Sedangkan di dunia televisi, serial komedi Angie Tribeca yang diperaninya baru tayang di TBS tanggal 17 Januari 2016 silam. Di sana, Kudrow berperan sebagai Monica Vivarquar, salah seorang tersangka dalam kasus rencana pembunuhan seorang Anggota Senat.



4. MATT LEBLANC
Pemeran Joey Tribbiani ini juga adalah salah satu karakter yang paling unik setelah Phoebe Buffay. Berbeda dengan Phoebe yang eksentrik, Joey adalah karakter yang terbilang "lugu dan sedikit telmi". Keluguannya itulah yang menjadi daya tarik dan bikin ngakak banyak penonton.

Ketika meraih sukses di serial Friends, LeBlanc pun mengikuti jejak Courteney Cox dan Lisa Kudrow dengan bermain di film-film layar lebar. Sayangnya, film-film yang diperaninya kurang mampu mengangkat namanya, meski film tersebut cukup populer : Ed (1996), Lost in Space (1998), Charlie's Angels (2000), dan All the Queen's Man (2001). Salah satu faktor kegagalan LeBlanc adalah aktingnya yang semuanya selalu sama dengan gaya Joey Tribbiani, sehingga banyak orang berpendapat LeBlanc hanya cocok bermain di serial Friends. Jika Friends tamat, maka tamatlah pula karir LeBlanc.

Matt LeBlanc (2016)
Tapi LeBlanc berhasil membuktikan kalau karir keartisannya tidak berhenti di Friends saja. Pasca berakhirnya serial tersebut, LeBlanc mendapat kesempatan untuk bermain di serial sit-kom Joey (2004) yang merupakan spin-off dari serial Friends. Sayang, serial tersebut kurang sukses dan bertahan hanya 2 Season saja.

LeBlanc masih tidak menyerah, dengan mendirikan rumah produksi, Fort Hill Productions, dan merilis film televisi, The Prince (2006). Selain itu, LeBlanc kemudian bermain di serial televisi berjudul Episodes (2011 - sekarang) yang membuat karirnya memuncak. Di serial tersebut, LeBlanc berperan sebagai dirinya sendiri tapi dalam versi yang berbeda. Berkat aktingnya yang gemilang, LeBlanc meraih Golden Globe Award untuk kategori Best Actor (2012).



5. MATTHEW PERRY
Mungkin pemeran Chandler Bing di serial Friends ini adalah salah satu dari anggota Friends yang jarang terdengar beritanya. Perry memang terlihat kurang agresif dalam menapaki karir di dunia artis.

Pasca berakhirnya serial Friends, Perry mencoba kemampuannya mengarahkan para artis dengan menjadi sutradara untuk salah satu episode Season 4 serial televisi Scrubs (2004). Di serial itu, Perry juga bermain sebagai bintang tamu.

Matthew Perry (2016)
Selanjutnya, Perry banyak bermain sebagai bintang tamu atau pemeran pembantu dalam berbagai film-televisi atau serial televisi. Salah satunya yang paling sukses adalah The Ron Clark Story (2006),di mana Perry berperan sebagai Ron Clark, seorang guru sekolah di sebuah desa kecil yang mendapat tugas mendidik kelas berisi anak-anak nakal. Atas perannya itu, Perry masuk dalam nominasi Golden Globe dan Emmy Award.

Perry mencoba meraih kesuksesannya kembali dengan membuat serial komedi Mr Sunshine di tahun 2010, yang sayangnya kurang disukai penonton, sehingga serial itu dihentikan oleh ABC setelah tayang 9 episode.

Tahun 2012, Perry mendapat kesempatan untuk memerani serial komedi Go On. Namun serial itu pun kurang diminati penonton dan hanya tayang 1 Season (22 episode) saja. 

Hingga hari ini, Perry masih aktif bermain di film-film layar lebar sebagai pemeran pembantu. Sedangkan di dunia televisi, baru-baru ini serial terbarunya The Odd Couple tayang di jaringan televisi CBS tanggal 17 Februari 2015 silam. Di serial tersebut, Perry tidak saja menjadi pemeran utama, tetapi juga bertindak sebagai Pengembang Cerita dan Produser Eksekutif serial tersebut. Serial itu mendapatkan respon yang cukup positif, sehingga kini telah mendapat lampu hijau untuk dibuat Season Keduanya, yang mana episode perdana dari Season Kedua ini akan tayang 7 April 2016 mendatang.



6. DAVID SCHWIMMER
Pemeran Ross Geller, kakak dari Monica Geller, ini terkenal karena gaya bicaranya yang menggunakan intonasi yang khas. Sebenarnya jauh sebelum Friends, Schwimmer sudah sangat aktif bermain film, terutama film-televisi. Waktu itu dia banyak mendapat peran serius. Dia baru dikenal publik sebagai komedian hingga hari ini saat memerani sitkom Friends.
Selama proses shooting Friends masih berlangsung, Schwimmer masih aktif bermain di film-film layar lebar, meski tidak sebagai pemeran utama. Beberapa filmnya yang cukup populer adalah Kissing A Fool (1998), Six Days Seven Nights (1998), Apt Pupil (2000), dan Picking Up The Pieces (2000). Dia pun turut pula bermain di mini-seri legendaris Band of Brothers (2001) karya Steven Spielberg di mana dia berperan sebagai Tentara Herbert Sobel.

Pasca Friends, Schwimmer masih kebanjiran pekerjaan, tidak saja di dunia film tetapi juga dunia teater. Tahun 2005, dia bermain dalam pentas teater di Gielgud Theatre (Westminster, London, Inggris) berjudul Some Girl(s). Perannya di panggung teater itu sempat mendapat kritikan pedas, tetapi juga tidak sedikit kritikus yang memuji aktingnya.

David Schwimmer (2016)
Tahun 2006, Schwimmer masih tetap aktif bermain di pentas teater. Kali ini dia bermain di panggung Broadway dan memainkan cerita The Caine Munity Court-Martial.

Tahun 2007, Schwimmer mencoba kemampuannya menjadi sutradara dengan menyutradari film layar lebar berjudul Run FatboyRun. Selain itu, tahun 2008, Schwimmer mendapat kesempatan juga untuk menyutradarai drama panggung Fault Lines yang dipentaskan di Cherry Lane Theatre, New York.

Hingga hari ini, Schwimmer masih aktif sebagai bintang tamu dan pemeran pembantu di berbagai serial televisi. Yang paling anyar adalah peran Robert Kardashian - Pengacara Kondang di Amerika Serikat yang menangani kasus pembunuhan yang dilakukan aktor O.J. Simpson - di serial televisi American Crime Story. Serial tersebut akan mulai tayang tanggal 2 Februari 2016 di jaringan televisi FX.

 
NewerStories OlderStories Home

3 comments:

  1. Wew keren ko... Ngumpulin data nya brapa lama nie???

    ReplyDelete
  2. Awalnya mau nostalgila aja nonton ini. Bolak balik pasang tv cable yg ada warner or channel yg nayangin. Jd temen pumping di period anak pertamaku dan banjir lgsg asiku. Trus lnjut di asi anak kduaku dan it was never failed cheer me up. Love all of its elements.. Selalu kebablasan kl nonton ini..rasa pngn nonton smua seasons..hahahaa...leGEnd! Bravo FRIENDS

    ReplyDelete