Sneak Peak - DEATH NOTE 2016

Bagi penggemar manga dan anime, tentu sangat kenal - bahkan memuja - Death Note. Manga karya Tsugumi Ohba yang gambarnya dibuat Takeshi Obata ini adalah salah satu manga klasik yang melegenda hingga hari ini. Dirilis pertama kali di Weekly Shonen Jump bulan Desember 2003 dan berakhir bulan Mei 2006, Death Note sukses menjadi salah satu manga terlaris di masa itu.

Sejalan dengan kesuksesan manga-nya, Death Note kemudian dibuat anime bertotal 37 episode yang diproduksi Madhouse dan tayang di berbagai  televisi di Jepang tanggal 3 Oktober 2006 - 26 Juni 2007. Anime ini meraih kesuksesan yang luar biasa, sampai-sampai memiliki fan-base yang sangat besar di Jepang serta di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Death Note kemudian diadaptasi dalam live-action film sebanyak 3 seri (2 seri tayang tahun 2006, sedangkan seri terakhir - yang merupakan spin-off / sekuel tidak resmi - tayang 2008), dan 1 serial televisi, yang mana serial televisi bertotal 11 episode tersebut barusan tayang 5 Juli - 13 September 2015 silam di NTV.

Baru saja serial tersebut berakhir, beredar informasi kalau Death Note akan muncul lagi dalam bentuk film layar lebar. Ya... ini bukan hoax, karena saat ini versi terbaru film Death Note sedang dalam proses penyelesaian dan rencananya akan tayang 13 September 2016 mendatang.

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dari film layar lebar Death Note ini, karena informasinya sangat minim dan nyaris tidak diekspos oleh NTV (Nippon Television Network), produser film tersebut. Namun beberapa informasi yang penting yang bisa saya bocorkan adalah : Film Death Note terbaru ini akan merupakan sekuel dari dwilogi film Death Note yang dirilis tahun 2006 silam, dengan alur cerita yang sama sekali baru.

Seperti informasi di awal, Death Note versi layar lebar pertama kali dirilis tahun 2006 dan dirilis dalam 2 seri dengan jadwal tayang yang berdekatan : Death Note (tayang : 17 Juni 2006) dan Death Note 2 : The Last Name (tayang : 28 Oktober 2006). Kedua seri tersebut mengisahkan tentang perseteruan dan adu kecerdikan antara Light Yagami (diperani Tatsuya Fujiwara) dan L (Kenichi Matsuyuma).

Dikisahkan dalam 2 seri Death Note tersebut, Light Yagami adalah seorang mahasiswa yang secara "tidak sengaja" menemukan Death Note, sebuah buku milik Shinigami (Iblis Penguasa Neraka) bernama Ryuk (disuarakan Shidou Nakamura). Siapapun yang menggunakan buku itu dapat membunuh siapapun hanya dengan menuliskan nama orang itu di buku tersebut. Awalnya Light menggunakan buku itu untuk membunuh para kriminal. Aksi pembunuhan yang dilakukannya membuat Light menjadi terkenal dan mendapat julukan sebagai seorang pembunuh berantai bernama "Kira".

Ki-Ka : L (Kenichi Matsuyuma), Light Yagami (Tatsuya Fujiwara), & Misa (Erika Toda)
Meski tujuannya baik, tetapi aksi ini tidak dapat dibenarkan, sehingga interpol meminta bantu L, seorang detektif eksentrik untuk mencari tahu keberadaan "Kira". Dari penyelidikannya, L berhasil mengetahui kalau Light adalah "Kira" yang sebenarnya. Namun perhatiannya sempat ketika terjadi lagi sebuah pembunuhan misterius yang dilakukan oleh orang lain yang mengaku bernama "Kira". Ternyata pelakunya adalah Misa (Erika Toda), seorang model dan artis yang jatuh hati pada Light Yagami. Misa ternyata juga memiliki Death Note lain yang didapatnya dari Shinigami bernama Rem (disuarakan Shinnosuke Ikehata).

Dengan menggunakan taktik yang luar biasa jenius, L berhasil mengadu-domba Light dan Misa, membuat mereka akhirnya mengungkapkan jati diri "Kira" yang sebenarnya. L berhasil menangkap Misa dan melumpuhkan Light. Light kemudian tewas, setelah Ryuk menuliskan nama Light di Death Note miliknya. Sementara L sendiri meninggal 20 hari kemudian, karena menuliskan namanya sendiri di Death Note saat mengelabui Light.

Nah, seri ketiga dari Death Note yang dirilis September 2016 mendatang akan mengisahkan kejadian beberapa tahun pasca kejadian di dua seri Death Note tersebut. Tepatnya tahun 2016, sekelompok teroris melancarkan teror mereka di seluruh dunia. Selain bom dan aksi terorisme fisik lainnya, teror juga dilancarkan di dunia maya, yang menambah kepanikan masyarakat. Di tengah kekacauan itu, 6 Shinigami membuang Death Note mereka ke dunia. Tujuannya tidak lain adalah membuat kekacauan di dunia.

Menyadari keberadaan Death Note kembali di dunia, Interpol menggunakan teknologi masa kini - dengan mengekstrak DNA - untuk melahirkan L kembali, dan berharap dia dapat membantu melacak keberadaan 6 buku Death Note tersebut. Di pihak lain, ada sekelompok pendukung "Kira" yang juga melakukan hal yang sama untuk menghidupkan Light Yagami kembali, dan berharap Light dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman dengan menghabisi para kriminal, seperti yang dilakukannya beberapa tahun silam. Kini, kedua musuh besar itu hidup kembali dan saling beradu kecerdasan lagi. Siapa yang kini akan jadi pemenang?


Sutradara film ini adalah Shinsuke Sato, yang tidak lain adalah sutradara ternama Jepang yang baru-baru ini sukses mengadaptasi anime Gantz dan Toshokan Senso ke film layar lebar. Belum ada konfirmasi mengenai para pendukung film ini. Tetapi banyak orang berspekulasi kalau Tatsuya Fujiwara dan Kenichi Matsumaya akan tampil kembali memerani karakter Light Yagami dan L kembali.

Akankah seri terbaru Death Note ini akan sama suksesnya dengan seri-seri Death Note sebelumnya? Kita tunggu saja kehadiran film keren ini September 2016 nanti .....


NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Saya lebih tertarik dengan siri pertama manga Death Note pertama, siri seterusnya seolah ditulis penulis lain dan kekurangan idea hebat.

    ReplyDelete