TV Series Recommended - THE X-FILES (Mini Series)

Setelah menunggu lama, akhirnya serial klasik yang legendaris ini tayang kembali. Tepatnya tanggal 24 dan 25 Januari 2016 kemarin, saya berkesempatan menonton 2 seri perdana dari mini seri The X-Files yang tayang simultan di televisi Amerika Serikat. Mini seri ini akan terdiri dari 6 episode, yang mana kesemua episodenya akan tayang 1 episode setiap minggu hingga tanggal 22 Februari 2016 mendatang.


Mini seri kreasi Chris Carter yang masih diperani David Duchovny, Gillian Anderson, dan Mitch Pileggi melanjutkan cerita Season Terakhir The X-Files yang berakhir tahun 2002 silam. Dikisahkan 14 tahun setelah Divisi The X-Files ditutup, Fox Mulder (Duchovny) dan Dana Scully (Anderson) telah melanjutkan hidup mereka. Mulder diam-diam masih menyimpan obsesi untuk menemukan adiknya yang diculik Mahluk Ruang Angkasa, sedangkan Dana sendiri telah pensiun dari FBI dan bekerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit.

Satu ketika, mereka dihubungi kembali oleh Walter Skinner, Asisten Direktur FBI yang juga mantan atasan mereka dulu. Skinner menginginkan mereka menemukan seorang pembawa acara sebuah acara televisi Online bernama Tad O'Malley (Joel McHale) yang punya cerita yang berhubungan dengan apa yang pernah mereka tangani 14 tahun silam.

O'Malley membawa Fox dan Dana menemui Sveta (Annet Mahendru), seorang remaja yang mengaku pernah diculik Alien dan dipaksa mengembangkan embrio mahluk ruang angkasa tersebut di dalam tubuhnya. Penelitian Dana belakangan mengungkapkan kalau - akibat adanya embiro Alien dalam tubuhnya - Sveta mengalami perubahan DNA di mana dia punya kemampuan membaca pikiran dan menggerakkan benda lewat pikirannya.

Di lain pihak, Fox kemudian menemukan kalau diam-diam Pemerintah Amerika Serikat telah mengembangkan teknologi Alien menjadi teknologi canggih yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Lewat teknologi ini, Pemerintah dapat melakukan konspirasi penguasaan dunia dengan menyerang negara-negara di dunia ini, kemudian menuduh Alien sebagai pelaku serangan tersebut. Dengan menebar ketakutan, manusia dengan mudah dapat dikendalikan, dan dikuasai.

O'Malley berniat menghentikan konspirasi itu. Tapi sebelum dia berbuat lebih banyak, Pemerintah sudah bergerak lebih cepat. Mereka melenyapkan O'Malley dan Sveta, serta menghancurkan semua bukti mengenai keberadaan senjata teknologi Alien tersebut, sehingga Fox dan Dana tidak punya bukti untuk membongkar rencana Pemerintah tersebut. Hal inilah yang kemudian memicu keinginan Fox dan Dana untuk menghidupkan The X-Files kembali, terutama setelah Skinner mendukung keinginan mereka.

Due episode pertama mini seri The X-Files tayang tanggal 24 dan 25 Januari 2015. Kedua episode itu disambut meriah oleh para fans mereka yang telah menantikan kehadiran The X-Files selama 14 tahun terakhir ini. Hal ini dibuktikan dari jumlah penonton yang mencapai lebih dari 16 juta orang, dan itu hanya di Amerika Serikat saja.

Demi mempertahankan orisinilitas dan nuansa nostalgia, mini seri The X-Files menggunakan lagu tema dan sekuens pembuka yang sama persis dengan seri-seri The X-Files sebelumnya. So... buat Anda yang rindu Fox Mulder dan Dana Scally, inilah saatnya Anda melepaskan rasa kangen pada kedua Agen FBI ini.



TENTANG "THE X-FILES"
Anda dipastikan adalah salah seorang remaja Generasi 90-an jika tahu serial "The X-Files". Ya, serial ini pertama kali dirilis tahun 1993 dan tayang rutin tiap minggu di Amerika Serikat hingga tahun 2002 dengan total 9 Season dan 220 episode. Serial ini pun sempat tayang rutin di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia sebanyak 7 Season (tahun 1993 - 2000). Sepanjang masa penayangannya, serial ini meraih popularitas luar biasa. Bahkan sakin fenomenalnya, serial The X-Files masih memiliki banyak fans fanatik (termasuk saya) hingga hari ini.

Secara umum, serial kreasi Chris Carter ini mengisahkan tentang sebuah Divisi FBI bernama The X-Files, yang mana divisi tersebut "bertugas" untuk menyidiki hal-hal misterius yang berhubungan dengan kejadian paranormal atau hal misterius yang tidak dapat dijelaskan secara logika. Di awal pembentukannya, divisi ini hanya terdiri dari 2 orang : Fox Mulder (diperani David Duchovny) dan Dana Scully. Keberadaan divisi ini pun awalnya disepelekan dan dicibir banyak orang, lantaran dianggap menyidiki kasus-kasus absurb dan irrasional.  Namun setelah menyidiki beberapa kasus supranatural dan misterius, Fox dan Dana berhasil menemukan adanya konspirasi tingkat tinggi yang dilakukan oleh beberapa orang pejabat Pemerintah Amerika Serikat, terutama dalam hal penemuan mahluk ruang angkasa atau UFO.

Setelah mengetahui adanya konspirasi tersebut, Fox semakin bersemangat dan terus menginvestigasi sampai sangat mendalam. Hal ini dilakukannya, karena Fox terobsesi untuk menemukan adiknya, Samantha Murder, yang diculik Aliens saat berusia 12 tahun.

Guna menghalang-halangi penyidikan Fox dan Dana, FBI memposisikan kedua agen itu di bawah supervisi Asisten Direktor FBI Walter Skinner (Mitch Pileggi). Awalnya, keberadaan Skinner sangat menghambat ruang gerak Fox dan Dana. Namun belakangan, diam-dim Skinner justru mendukung kedua stafnya itu untuk menyidiki kasus konspirasi itu. Bahkan dia mempertaruhkan jabatan dan nyawanya demi melindungi Fox dan Dana.

Akibat aksi Fox dan Dana yang membahayakan banyak pejabat Pemerintahan yang ikut andil dalam konspurasi, mereka berdua disingkirkan dan posisinya digantikan John Doggett (Robert Patrick) dan Monica Reyes (Annabeth Gish). Pada saat itu, Mulder menghilang, dan FBI menurunkan pasukan untuk melacak keberadaan Fox. Dana sendiri akhirnya memutuskan untuk ikut melarikan diri dan kabur, setelah menyadari nyawanya terancam.

Di akhir Season 9, Divisi The X-Files akhirnya secara resmi ditutup dan dibubarkan oleh Pemerintah. Fox dan Dana masih dikejar-kejar tentara Pemerintah yang ingin membungkam mereka, sehingga Fox dan Dana memutuskan untuk bersembunyi berpindah-pindah,

Meski sebagian besar The X-Files mengisahkan tentang konspirasi Pemerintah Amerika Serikat yang menutup rapat-rapat kasus penemuan UFO, cerita serial ini tidak melulu tentang mahluk ruang angkasa tersebut. Banyak cerita lain yang dimunculkan sebagai selingan agar serial ini tidak "berat-berat amat". Beberapa di antaranya misalnya adanya kasus manusia dengan kekuatan supranatural, misteri kemunculan mahluk tidak kasat mata, dan lain sebagainya.

Selain dibuat dalam serial televisi, The X-Files juga diadaptasi ke dalam layar lebar. Setidaknya sudah ada 2 seri film layar lebar yang dibuat, yaitu The X-Files : Fight The Future (1998) dan The X-Files : I Want to Believe (2003) di mana kedua film ini sukses luar biasa. Selain itu, The X-Files juga diadaptasi dalam bentuk komik, dan 2 spin-off serial televisi : The Lone Gunmen dan Millenium.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment