TV Series Recommended - 11.22.63 (2016 - on going)

Judul serial televisi yang baru tayang 15 Februari 2016 silam cukup unik. Rentetan angka tersebut sebenarnya adalah salah satu tanggal paling penting dalam Sejarah Amerika Serikat karena pada tanggal tersebut, John F. Kennedy (Presiden Amerika Serikat ke-35) terbunuh saat mengunjungi Dealey Plaza, Dallas, Texas. Meski pelaku pembunuhan tersebut adalah Lee Harvey Oswald, namun banyak orang yang sangsi dengan fakta tersebut, dan menduga kalau Oswald hanyalah "kambing hitam" dalam konspirasi tingkat tinggi kasus pembunuhan presiden tersebut.


Hal inilah yang menjadi inti dari serial ini. Diadaptasi dari novel Stephen King berjudul 11/22/63 dan diproduseri J.J. Abrams, serial ini mengisahkan tentang Jake Epping (James Franco), seorang dosen yang bersahabat dekat dengan Al Templeton (Chris Cooper) yang seorang pengelola kafe. Satu ketika, saat Jake sedang ngopi di kafe Al, dia melihat perubahan drastis wajah sahabatnya itu, yang mendadak lebih tua hampir 10 tahun. Perubahan itu terjadi hanya 2 menit setelah Al masuk ke dalam Kafe.

Jake kemudian diberi tahu Al kalau salah satu lemari di dalam gudangnya adalah sebuah mesin waktu, di mana orang yang masuk ke dalam lemari tersebut akan berpindah ke masa lalu. Tidak perduli dia berada masa tersebut 3 jam, 3 bulan, atau bahkan 3 tahun, saat keluar dari lemari itu, dia hanya kehilangan 2 menit saja. Al ternyata punya misi untuk mencegah terjadinya pembunuhan pada Presiden JFK (John F. Kennedy), dalam kondisinya yang sudah tidak memungkinkan, Al meminta bantuan Jake untuk menyidiki para konspirator di balik rencana pembunuhan JFK tersebut. Meski awalnya menolak, tapi setelah Al meninggal, Jake pun setuju untuk menuntaskan misi sahabatnya itu.

Jake pun pindah ke tahun 1960, di mana di tahun itu - calon Presiden Nixon dan Kennedy sedang bertarung untuk menjadi Presiden Amerika Serikat - diyakini Al sebagai waktu awal mula rencana konspirasi itu dibuat, terlebih setelah Kennedy dinyatakan menang dalam Pemilu. Meski tampak mustahil, tapi sedikit demi sedikit, Jake berhasil menemukan benang merah yang menghubungkan banyak orang-orang yang tidak terduga dalam kasus pembunuhan JFK.

Episode pertama yang tayang tanggal 15 Februari 2016 silam tayang dengan durasi yang cukup panjang : 81 menit. Rencananya, episode-episode berikut akan tayang dengan durasi 55 menit, lebih panjang 10 menit dari serial-serial televisi Amerika Serikat pada umumnya.

Saya menyukai setiap karya Stephen King karena dia selalu menyelipkan "kata-kata kunci" yang menjadi petunjuk dari kesuluruhan cerita, di mana maksud "kata kunci" tersebut baru terungkap di bagian akhir cerita. Hal yang sama juga terjadi di serial ini. Sepanjang episode pertama, Anda akan temukan adegan yang menampilkan beberapa dari tahun 1960 yang mengatakan, "You shouldn't be here," pada Jake. Masalahnya orang-orang tersebut tidak pernah kenal dengan Jake sebelumnya. Inilah yang menimbulkan penasaran, siapakah orang-orang tersebut? Bagaimana mereka bisa tahu kalau Jake bukan orang yang satu masa dengan mereka? Apakah mereka juga orang-orang dari masa kini yang berpindah ke masa lalu serta punya misi yang sama dengan Al dan Jake?


DO YOU KNOW?
Saat rencana adaptasi novel 11/22/63 bergulir (tanggal 12 Agustus 2011), Sutradara Jonathan Demme mengajukan diri untuk berkolaborasi dengan Stephen King untuk menulis skenario novel tersebut. Namun tanggal 6 Desember 2012, Demme memutuskan untuk mundur setelah cekcok dengan King. Sebagai informasi, Demme adalah sutradara yang terkenal berkat karya-karyanya yang cukup fenomenal. Beberapa film sukses yang pernah dibuatnya antara lain : The Silence of the Lambs (1991), Philadephia (1993), dan Rachel Getting Married (2008).
Ki-ka : James Franco, Stephen King, & J.J. Abrams
Tanggal 26 April 2013, J.J. Abrams ditunjuk sebagai Executive Producer untuk serial tersebut. Lewat perusahaan filmnya (Bad Robot Productions), J.J. Abrams kemudian berniat untuk membeli hak produksi novel 11/22/63 tersebut. Namun kemudian hal tersebut didapat oleh Stasiun Televisi Online Hulu.

Pengambilan gambar serial ini dimulai tanggal 9 Juni 2015 di Hespeler, Ontario, Canada. Pada bulan Oktober 2015, guna mereka-ulang kasus penembakan JFK secara akurat, proses shooting film dipindahkan ke Dealey Plaza, Dallas. Masalahnya pengambilan gambar untuk adegan itu selalu dilakukan siang hari, di jam lalu lintas sibuk. Sepanjang shooting berlangsung, jalan di sekitar tempat itu ditutup dan arus lalu-lintas dialihkan ke jalan lain. Akibatnya selama lebih dari sebulan jalan di sekitar Dealey Plaza mengalami kemacetan parah.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment