10 Serian Korea Terbaru tahun 2016

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, serial televisi Korea masih menjadi Raja tontonan, tidak saja di Indonesia tetapi juga di dunia. Baru juga memasuki awal tahun 2016, sudah puluhan serial keren yang tayang di televisi Korea Selatan. Semua serial itu belum tayang di televisi Indonesia. Karena itu, mumpung belum tayang, mari kita simak dulu, serial apa saja yang wajib tonton ni di awal tahun ini ...

1. THE PROMISE (천상의 약속 )
Ditayangkan     : KBS2
Pemeran           : Lee Yoo Ri, Seo Jun Young, Park Ha NA, Song Jong Ho
Tanggal tayang : 1 Februari -  17 Juni 2016
Total episode    : 100

Lee Yoo Ri adalah Artis Korea Paling Populer Kedua (yang pertama adalah Kim Soo Hyun) yang sangat populer saat membintangi serial "Jang Bo Ri in Here" (2014). Tahun ini, dia muncul lagi dengan memerani 2 karakter sekaligus.

Serial yang juga dikenal dengan judul "Heaven's Promise" ini mengisahkan tentang Lee Na Yeon (Yoo Ri) adalah seorang wanita kaya yang memiliki kekasih dari keluarga miskin bernama Kang Tae Joon (Suh Joon Young). Karena cintanya, Na Yeon rela membiayai kekasihnya itu hingga lulus kuliah. Namun setelah sukses, Tae Joon justru mengenyahkan Na Yeon. Sakit hati karena dicampakkan begitu saja, Na Yeon akhirnya bunuh diri.

Sementara itu, Baek Do Hee (juga diperani Lee Yoo Ri) adalah saudara kembar Na Yeon, dan bekerja sebagai seorang reporter di sebuah majalah mingguan. Mengetahui kematian saudara kembarnya karena diperlakukan kurang pantas oleh Tae Joon, Do Hee yang urakan dan kasar kemudian mengambil identitas saudara kembarnya tersebut, dan mulai mendekati Tae Joon. Sedikit demi sedikit, Do Hee menghancurkan karir dan kekayaan Tae Joon.

Saat menjalankan aksinya, Do Hee berkenalan dengan Park Hwi Kyung (Song Jong Ho), anak dan penerus kerajaan bisnis Baekdoo Company. Hwi Kyung kemudian jatuh hati pada Do Hee, dan hal itu kemudian mengacaukan fokus Do Hee dari rencananya menghancurkan Tae Joon.



2. DESCENDANTS OF THE SUN (태양의 후예 )
Ditayangkan     : KBS2
Pemeran           : Song Joong Ki, Song Hye Kyo, Kim Ji Won, Jin Goo
Tanggal tayang : 24 Feb - 14 April 2016
Total episode    :16

Inilah serial televisi yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan banyak orang, dan menjadi serial paling banyak ditonton pemirsa Korea Selatan saat ini. Hal ini tidak lain karena adanya keterlibatan pria tampan Song Joong Ki di dalam serial ini. Ya, aktor yang terkenal sejak bermain di serial televisi Sungkyunkwan Scandal dan variety-show Running Man ini sangat mempesona dan menghipnotis banyak wanita, tidak saja di Korea Selatan tetapi juga di dunia.Dia menghentikan aktivitas keartisannya sementara waktu sejak 17 Agustus 2013 hingga 26 Mei 2015 untuk mengikuti Wajib  Militer. Dan serial televisi ini merupakan serial pertama pasca kembalinya Joong Ki dari Wajib Militer.


Bermain bersama artis cantik Song Hye Kyo, Joong Ki berperan sebagai Kapten Yoo Shi Jin, pemimpin Kesatuan Khusus Korea Selatan berjuluk "Big Boss". Satu ketika, Shi Jin menangkap seorang pelaku curanmor. Dalam aksi penangkapan yang dramatis, sang pelaku mengalami luka serius sehingga dibawa ke rumah sakit. Tapi setelah itu, Shi Jin menyadari kalau ponselnya juga dicuri oleh sang pelaku. Saat kembali ke rumah sakit, dia berkenalan dengan Dokter Mo Yeon (Song Hye Kyo). Sang Dokter mengira Shi Jin adalah salah seorang rekan sang pelaku curanmor, sehingga salah paham terjadi di antara mereka.Namun kemudian Shi Jin berhasil membuktikan kalau dia bukan anggota curanmor, sehingga Dokter Mo Yeon pun percaya padanya.

Mereka sempat berkencan beberapa kali, tetapi Shi Jin kemudian mendapat tugas untuk melakukan tugasnya sebagai Penjaga Perdamaian di Kota Uruk, dan Mo Yeon melanjutkan pekerjaan serta sekolahnya guna meraih gelar Profesor. Namun dia gagal meraih gelar tersebut lantaran tidak dapat memenuhi persyaratan sekolah tersebut.

Ketika Mo Yeon mengenal Shi Jin lebih dalam lagi, dia baru menyadari kalau pekerjaan Shi Jin adalah membunuh orang, sedangkan dirinya menyelamatkan orang. Perbedaan yang kontras itu tidak dapat diterima Mo Yeon, sehingga dia memutuskan untuk menyudahi hubungannya dengan Shi Jin. Namun, delapan bulan setelah berpisah, Mo Yeon nyaris mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh Kepala Rumah Sakit Suk Won (Tae In Ho). Akibat kejadian itu, Mo Yeon dipindahkan Kota Uruk. Di sana dia bertemu kembali dengan Shi Jin, dan cinta lama mereka pun bersemi kembali.

Serial ini terbukti menjadi serial paling kuat dan banyak ditonton penonton Korea Selatan, di mana rata-rata penontonnya selalu di atas 22% dan membuat setiap episodenya berada di posisi 3 teratas dalam rating acara televisi.



3. PLEASE COME BACK, MISTER! ( 돌아와요 아저씨)
Ditayangkan     : SBS
Pemeran           : Rain, Kim In Kwon, Kim Soo Ro, Oh Yeon Seo
Tanggal tayang : 24 Feb - 14 April 2016
Total episode    :16

Ditayangkan dengan tanggal tayang yang bersamaan dengan Descendants of The Sun, serial ini langsung menjadi saingan berat serial tersebut. Kepopuleran serial ini tidak lain karena bergabungnya Rain di serial ini yang juga memiliki daya hipnotis yang tinggi bagi para penonton Korea Selatan, terutama para wanitanya. Popularitas penyanyi dan pemain film tampan yang telah "go-international" ini masih sangat tinggi sehingga sangat wajar jika serial ini kemudian mendapat respon yang positif dari banyak penonton.

Berbeda dengan Descendants of The Sun yang merupakan serial televisi bergenre drama-eksyen, serial ini justru bergenre drama-komedi. Dikisahkan Lee Hae Joon (Rain) adalah seorang pria tampan anak pemilik Departemen Store Sunjin yang satu ketika tubuhnya dirasuki oleh roh Kim Young Soo (Kim In Kwon), staf orang tua Hae Joon yang bekerja di divisi pakaian wanita. Young Soo adalah seorang karyawan yang sangat berdedikasi namun meninggal saat sedang menjalankan pekerjaannya.

Sementara itu, Han Hong Nan (Oh Yeon Seo), seorang wanita cantik, dirasuki oleh roh Han Gi Tak (Kim Soo Ro), seorang pria tangguh dan macho. Kim Young Soo dan Han Gi Tak ternyata diberi kesempatan untuk kembali ke dunia guna menyelesaikan masalah mereka yang belum terselesaikan. Selama menyelesaikan masalah dengan meminjam tubuh orang lain tersebut, mereka harus menaati 3 aturan : Tidak boleh menceritakan jati diri mereka yang sebenarnya, tidak boleh membalas dendam, dan tidak boleh menjalin hubungan dengan manusia. Apabila ketika aturan itu dilanggar, maka mereka akan menerima konsekuensi yang berat.

Masalahnya : Pasca meninggalnya sang suami, Shin Da Hye (Lee Min Jung) - yang adalah istri Young Soo - jatuh hati pada Hae Joon. Sementara itu, salah seorang Karyawan Departemen Store Jung Ji Hoon (Yoen Park) juga jatuh hati pada Da Hye. Terjadilah kisah cinta segitiga yang runyam...



4.HAPPY HOME (가화만사성 )
Ditayangkan     : MBC
Pemeran           : Kim So Yun, Lee Sang Woo, Lee Pil Mo
Tanggal tayang : 27 Februari - 14 Agustus 2016
Total episode    : 50

Serial ini mengangkat cerita tentang jatuh-bangun keluarga Bong dalam mendirikan dan mempertahankan Restoran "Happy Home" yang berlokasi di Chinatown, Seoul, Korea Selatan. Restoran tersebut merupakan salah satu restoran keluarga keturunan Tiongkok yang telah tinggal lama di Seoul.

Cerita serial ini diambil dari sudut pandang Bong Hae Ryung (Kim So Yun), anak sulung dari Keluarga Bong, yang mengalami sendiri berbagai kesulitan yang dialami keluarganya, sejak pertama kali mendirikan restoran, pertentangan antar anggota keluarganya, hingga hubungan kasih keluarga yang kental.

Sejak ditayangkan hingga hari ini, serial ini meraih kesuksesan yang luar biasa, dengan rata-rata penonton 13 - 16% tiap episodenya, menempatkan serial ini menjadi salah satu tontonan paling populer ditonton saat ini, bersaing ketat dengan Descendants of The Sun dan Please Come Back Mister.



5. MRS COP 2 (미세스 캅 2 )
Ditayangkan     : SBS
Pemeran           : Kim Sung Ryung, Kim Min Jong, Lim Seul Ong, Son Dam Bi
Tanggal tayang :5 Maret - 8 Mei 2016
Total episode    : 20

Tahun 2015 silam, serial Mrs Cop produksi SBS meraup kesuksesan yang luar biasa karena kisahnya yang super seru dan menarik. Melanjutkan kesuksesannya, maka di tahun ini SBS merilis kembali sekuelnya. Meski demikian, Kim Hee Ae tidak ikut serta dalam sekuel ini, sehingga posisinya digantikan oleh Kim Sung Ryung.

Pasca penuntasan kasus kriminal sadis yang meneror murid sekolah, Choi Young Jin (Kim Hee Ae) memutuskan untuk cuti dari tugasnya sebagai polisi. Sementara Young Jin cuti, posisi Ketua Kesatuan Detektif diambil alih oleh Go Yoon Jung (Kim Sung Ryung). Yoon Jung sebelumnya adalah anggota FBI yang mendapatkan pelatihan cukup intensif di kesatuan tersebut, dan membuatnya menjadi anggota kepolisian paling tangguh di Korea Selatan saat ini.

Bekerja sama dengan Park Jong Ho (Kim Min Jong), yang sebelumnya adalah partner Young Jin, mereka pun bahu-membahu dalam menuntaskan kasus-kasus menegangkan yang melibatkan para kriminal brutal dan sadis. Sama seperti seri sebelumnya, Mrs Cop 2 juga menyoroti tentang kehidupan Yoon Jung sebagai polisi merangkap ibu rumah tangga, dan bagaimana dia menyeimbangkan kehidupannya tanpa mengorbankan pekerjaan serta keluarganya.



6. MARRIAGE CONTRACT (결혼계약 )
Ditayangkan     : MBC
Pemeran           : Uee, Lee Seo Jin, Kim Yong Gun, Park Jung Soo, Lee Hwi Hyang
Tanggal tayang : 5 Maret - 24 April 2016
Total episode    :16

Buat penggemar Uee - anggota After School - pasti tidak akan ketinggalan untuk menyaksikan serial ini. Yep... Setelah sebelumnya menghibur penonton lewat serial televisi High Society yang dirilis tahun lalu, tahun ini Uee tampil lagi dalam drama serial televisi terbaru berjudul Marriage Contract.

Di seri ini Uee berperan sebagai Kang Hye Soo, seorang wanita yang baru kehilangan suaminya yang meninggal akibat kecelakaan. Kematian suaminya tidak saja menimbulkan duka yang mendalam, tetapi juga masalah karena ternyata suaminya punya banyak hutang, dan Hye Soo harus membereskannya. Belum lagi dia punya tanggungan Cha Eun Seong (Shin Rin Ah), anak semata wayangnya yang masih kecil.

Di lain pihak, Han Ji Hoon (Lee Seo Jin) adalah anak dari keluarga pengusaha kaya di Korea Selatan. Ibunya sedang dalam kondisi kritis dan membutuhkan transplantasi hati untuk bisa hidup. Hye Soo adalah kandidat yang tepat untuk transplantasi hati tersebut. Masalahnya, transplantasi tidak bisa dilakukan, kecuali Hye Soo adalah anggota keluarga. Karena itu, demi menolong ibunya, Ji Hoon mengatur Kawin Kontrak dengan Hye Soo agar transplantasi dapat dilakukan secara legal.

Sementara itu, Hye Soo kemudian menyadari kalau dirinya menderita tumor otak yang tidak mungkin dapat diobati, sehingga waktu hidupnya sudah tidak lama lagi. Karena itu, dia setuju melakukan Kawin Kontrak dengan Ji Hoon dengan persyaratan bahwa setelah operasi transplantasi hati dilakukan, Ji Hoon harus membiayai Eun Seong hingga dewasa.

Serial drama yang sangat menyentuh ini ternyata berhasil menarik perhatian para penonton Korea Selatan, di mana rata-rata episode ditonton lebih dari 17% penonton dan menjadikan serial ini menjadi salah satu serial dengan rating tinggi. Pasca penayangannya beberapa waktu silam, serial ini langsung menjadi saingan berat Descendants of the Sun, Please Come Back Mister, dan Happy Home.



7. MY LITTLE BABY (마이 리틀 베이비 )
Ditayangkan     : MBC
Pemeran           :  Oh Ji Ho, Lee Soo Kyung, Kim Min Jae, Nam Ji Hyun
Tanggal tayang : 20 Maret - 23 April 2016
Total episode    : 16

Oh Ji Ho - pemeran Detektif Cheo Yong yang bisa berkomunikasi dengan hantu - tampil kembali. Tapi kali ini dia tidak memerani karakter unik tersebut, melainkan Cha Jung Han, seorang detektif anggota Tim Investigasi Khusus yang menyelidikan kasus peredaran narkoba dan perselisihan antar geng.

Satu ketika, dia dikejutkan dengan kemunculan Han Ye Seul (Lee Soo Kyung) yang tidak lain adalah mantan kekasihnya. Yang lebih mengejutkan lagi, Ye Seul memperkenalkan Jung Han pada anaknya yang berusia 5 bulan, hasil hubungan mereka saat bersama dulu. Dan kini Jung Han harus bertanggung jawab untuk mengasuh anaknya itu. Seolah masalah belum cukup berat, muncul Seo Eun Aue (Yoo Na Rand), keponakan Jung Han, yang memutuskan untuk tinggal bersama Pamannya itu. Mabok dah ... !!!!



8. PIED PIPER (피리부는 사나이 )
Ditayangkan     :tvN
Pemeran           : Shin Ha Kyun, Jo Yoon Hee, Yoo Joon Sang
Tanggal tayang : 7 Maret - 26 April 2016
Total episode    : 16

Bagi penyuka novel, tentu tahu apa atau siapa itu Pied Piler. Ya, Pied Piper - atau bernama lengkap Pied Piper of Hamelin - adalah karakter cerita rakyat yang populer di Jerman sejak abad 12. Dikisahkan Pied Piper adalah seorang peniup suling yang punya kemampuan untuk memikat para tikus lewat tiupan sulingnya. Satu ketika, setelah dijanjikan mendapatkan upah dari Raja, Pied Piper dengan sulingnya, akhirnya mampu mengusir tikus dari sebuah kota. Tapi ternyata sang raja mengingkari ucapannya, sehingga Pied Piper memainkan sulingnya dan membawa anak-anak di kota tersebut.

Meski berjudul sama, tapi serial ini sama sekali bukan mengisahkan tentang legenda Pied Piper, meski konteksnya mirip. Adalah sebuah Kesatuan Khusus Kepolisian di Korea Selatan yang mengkhususkan diri pada penyelesaian masalah (kasus bunuh diri, terorisme, hingga penyanderaan) tanpa menggunakan senjata dan lebih banyak menggunakan teknik persuasi.

Joo Sung Chan (Shin Ha Kyun) adalah Negosiator Ulung yang menjadi pemimpin tim tersebut. Untuk bisa menuntaskan setiap kasus, Sung Chan dibantu oleh Son Hee Sung (Yoo Joon Sang), seorang pembaca berita, dan Yeo Myung Ha (Jo Yoon Hee), anggota kesatuan kepolisian berotak cerdas.



9. GOODBYE MR BLACK (굿바이 미스터 블랙 ) 
Ditayangkan     : MBC
Pemeran           :  Lee Jin Wook, Moon Chae Won, Yoo In Young, Kim Kang Woo, Song Jae Rim
Tanggal tayang : 16 Maret - 5 Mei 2016
Total episode    : 16

Diadaptasi dari manga dan webtoon berjudul sama karya Hwang Mi Na (diterbitkan pertama kali tahun 1983), serial drama ini sebenarnya punya cerita yang sama dengan cerita "The Count of Monte Cristo" karya Alexandre Dumas. Bagi Anda yang sudah membaca cerita tersebut, tentu sudah bisa menebak bagaimana alur cerita seru ini.

Cha Ji Won (Lee Jin Wook) adalah anggota Navy SEAL yang sangat terlatih dan menjadi salah satu anggota Tim Penghangcur Bawah Air (Underwater Demolition Team). Satu ketika, sahabatnya dalam tim tersebut memfitnah Ji Won. Akibatnya Ji Won dituduh sebagai penghianat dan menjalani hukuman di sebuah tempat terpencil.

Dengan susah-payah dan nyaris tewas, Ji Won akhirnya berhasil kabur dari penjara. Dia kemudian membuat rencana untuk membalaskan dendam pada sahabatnya tersebut. Ji Won mengganti identitasnya menjadi Mr Black. Dia berkenalan dengan Swan (Moon Chae Won), seorang gadis muda, yang kemudian setuju untuk membantu Ji Won membalas dendam. Mereka pun membuat skenario dengan berpura-pura menikah dan kembali ke Korea.

Tapi benarkah Swan memang tulus menolong Ji Won? Siapakah dia sebenarnya? Mungkinkah Ji Won berhasil membalaskan dendam pada sahabatnya?



10. MEMORY (기억 ) 
Ditayangkan     : tvN
Pemeran           :  Lee Sung Min, Kim Ji Soo, Park Jin Hee
Tanggal tayang : 18 Maret - 7 Mei 2016
Total episode    : 16

Dan sebagai penutup adalah serial drama yang sangat mengharukan dan - mungkin - dapat membuat Anda harus menguras air mata setiap kali menonton setiap episodenya.

Drama ini mengisahkan tentang Park Tae Suk (Lee Sung Min), seorang pengacara senior yang satu ketika menemukan bahwa dirinya mengidap penyakit Alzheimer. Masalahnya dia sedang berada di tengah jalan untuk menuntaskan 1 kasus terakhir sebelum pensiun. Penyakit itu menggerogoti hidupnya dengan cepat, dan membuatnya merasa tidak mungkin dapat menuntaskan kasus tepat waktu.

Selain berjuang menyelesaikan kasus, dia pun berjuang untuk mengumpulkan semua kenangan dan hal penting yang pernah dimilikinya, termasuk ingatan tentang cinta kasih istri dan anak-anakya. Waktu yang dimilikinya memang tidak lama, karena perlahan-lahan - betapa kuatnya dia memperjuangkan, pada akhirnya - ingatannya memudar dan menghilang.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment