Recommended - THE BODYGUARDS (特工爺爺 )

Film ini merupakan film drama-eksyen Hong Kong yang sangat spesial. Mengapa? Karena ini adalah film pertama yang disutradarai Sammo Hong di abad 21 ini, setelah terakhir menyutradarai film Once Upon A Time in China and America (1997). Selain menjadi sutradara, Sammo Hung pun menjadi pemeran utama sekaligus koreografer perkelahian di film ini.

Tidak hanya itu saja. Film ini menjadi sangat khusus dan wajib ditonton karena banyaknya aktor dan aktris papan atas Hong Kong dan China yang turut bermain di film ini. Yang paling menjadi sorotan adalah Yuen Biao - saudara seperguruan Sammo Hung - yang turut berpartisipasi dalam film ini. Dia tidak sendirian, karena semua saudara dan saudarinya (Yuen Wah, Yuen Ting, Yuen Qiu, dan Yuen Po) turut bermain di film ini. Selain itu ada juga para aktor gaek yang juga sahabat dekat Sammo Hung : Karl Maka, Dean Shek,Tsui Hark, dan Andy Lau. Selain bermain di film ini, Andy Lau pun bertindak sebagai salah satu produser di film ini (bareng Chan Pui Wah dan Ivy Ho).

Tak ketinggalan para aktor papan atas China dan Hong Kong yang turut meramaikan film ini : Eddie Pang, Hu Jun, Feng Shao Feng, Song Jia, Zu Yu Chen, Li Qin Qin, dan Feng Jia Yi.

Dikisahkan Wu Lin (Sammo Hung) dulunya bekerja sebagai seorang Bodyguard (Pengawal) yang bekerja di sebuah keluarga kaya. Di usianya yang telah uzur, dan mulai mengalami pikun, Wu Lin memutuskan untuk pensiun dan kembali ke kampung halamannya yang terletak di perbatasan China-Russia. Di desa yang tenang itu, Wu Lin menikmati hari-harinya dengan penuh kesederhanaan. Selain berkumpul bersama teman-temannya, Wu Lin pun berkenalan dengan seorang gadis remaja yang kemudian dianggapnya sebagai anaknya sendiri.

Tanpa diduga, ayah sang gadis (diperani Andy Lau) ternyata adalah seorang pencuri. Satu ketika, dia mencuri sejumlah perhiasan milik kelompok penjahat di sana. Sang ayah berhasil kabur dari kejaran para kriminal yang mengejarnya. Tapi masalahnya, mereka mengenalinya, dan menculik anak pria tersebut.

Mengetahui "sahabat"-nya diculik, Wu Lin turun tangan kembali. Dengan kemampuan bela diri serta tenaga tua yang dimilikinya, Wu Lin turun tangan dan menghajar semua anggota kriminal, demi menyelamatkan orang yang dicintainya. Masalahnya para kriminal itu adalah orang-orang kejam yang tidak kenal ampun. Sanggupkah Wu Lin menghadapi mereka?

Film yang akan tayang tanggal 1 April 2016 mendatang ini disebut sebagai film "penghormatan" para sahabat Sammo Hung yang memutuskan untuk totalitas memproduksi film kembali, setelah vakum cukup lama. Menurut beberapa pendukung film ini (Yuen Biao, Yuen Hua, Dean Shek, Tsui Hark, Karl Maka, dan Andy Lau), di film ini mereka tidak menuntut dibayar tinggi oleh Sammo Hung. Bahkan mereka dibayar "seiklasnya" saja. Hal ini dikarenakan mereka telah menganggap Sammo Hung sebagai Kakak Tertua mereka, sehingga uang bukanlah hal besar buat mereka. Asalkan Sammo Hung minta bantuan, mereka akan dengan sukarela membantu, meski nantinya tidak dibayar sepeser pun.

Meski tampak sebagai film "sukarela", namun tidak berarti film ini dibuat asal-asalan. Koreografi laga yang dibuat Sammo Hung benar-benar luar biasa. Hal ini terlihat dari beberapa trailer film yang sudah mulai beredar beberapa minggu terakhir ini. Adegan laganya sangat realistis dan dramatis, membuat penonton berdecak kagum dibuatnya. Di usianya yang sudah tidak muda lagi pun, Sammo Hung (tanggal 7 Januari 2016 kemarin genap berusia 64 tahun) masih terlihat sangat gesit, tidak saja dalam melakukan berbagai gerakan beladiri yang cepat dan efektif, tapi juga aksi berbahaya yang seharusnya sudah tidak dapat dilakukan oleh orang seusianya (salah satunya adalah saat adegan mengalahkan para kriminal dengan menjatuhkan diri ke lantai).

Melihat dasyatnya The Bodyguards, sepertinya film ini akan berpotensi besar untuk menjadi salah satu box-office film di bulan April nanti. Kita tunggu saja..

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment