Sneek Peak - 7 Fakta Menarik Tentang Serial Televisi "The Defenders"

Salah satu serial televisi yang sedang dinanti-nantikan para penonton di seluruh dunia adalah serial The Defenders yang sedang dalam proses pengembangan. Bagi pembaca komik, tentu kenal betul dengan The Defenders. Mereka adalah kelompok superhero dan merupakan komik produksi Marvel Comics. Kelompok ini pertama kali muncul di komik Marvel Feature #1 (rilis Desember 1971) dengan pimpinan Doctor Strange dan beranggotakan Hulk, Namor, serta Silver Surfer.

Sejak tahun 1972 hingga 1986, anggota The Defenders terus-menerus mengalami penggantian anggota. Beberapa superhero yang pernah bergabung dalam kelompok ini antara lain Valkyrie, Nighthawk, Hellcat, Gargoyle, Beast, The Son of Satan, Luke Cage, dan lain-lain.

Di tahun 1990-an, The Defenders dirilis ulang dengan judul The New Defenders. Meski demikian, hanya Valkyrie, Beast, dan Gargoyle yang menjadi anggota tetap kelompok itu. Konsep ceritanya kemudian diubah dengan dirilisnya serial Secret Defenders (1993 - 1996) di mana menampilkan Doctor Strange yang bekerja sama dengan para anggota Defenders yang selalu berbeda-beda di setiap serinya.

Komik serial Defenders masih terus dirilis hingga hari ini.

Melihat kesuksesan komik The Defenders, dan juga fanatisme pembaca komik tersebut, Netflix berencana untuk mengangkat cerita super hero tersebut ke layar televisi. Tapi serial ini tidak langsung begitu saja diproduksi, melainkan melalui tahapan. Tahapan tersebut adalah dengan merilis dulu serial televisi beberapa karakter pendukung The Defenders. Tujuannya untuk memperkenalkan pada penonton latar belakang mereka saja. Setelah para pendukung itu muncul, barulah kesemuanya digabungkan ke dalam serial televisi The Defenders.

Karena banyaknya superhero yang tergabung di dalam kelompok The Defenders, maka Netflix memilih 4 karakter superhero saja yang akan menjadi tokoh utama dari serial The Defenders : Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, dan Iron Fist. Seperti yang Anda ketahui, serial Daredevil telah dirilis sejak 13 April 2015 silam, dan hingga hari ini sudah tayang Season Kedua. Lalu Jessica Jones pun sudah dibuat serialnya dan tayang tanggal 10 November 2015 silam. Serial televisi Luke Cage (total 13 episode) akan menyusul tayang tanggal 30 September 2016 mendatang. Sementara itu, serial Iron Fist masih dalam proses produksi dan rencananya akan tayang tidak lama setelah serial Luke Cage. Setelah itu, barulah The Defenders tayang, yang mana menurut estimasi sekitar akhir tahun 2016.

Meski masih lama jadwal tayangnya, tapi kehebohan para fans sudah dimulai sekarang.

Nah, sebelum serial The Defenders tayang, ada baiknya Anda tahu dulu cerita-cerita menarik di balik serial tersebut.


1. PEMERAN UTAMA DAREDEVIL, JESSICA JONES, LUKE CAGE, & IRON FIST AKAN BERMAIN DI SERIAL THE DEFENDERS
Sebenarnya bukan hal mengejutkan, tetapi perlu Anda ketahui kalau para pemeran utama serial televisi Daredevil, Jessica Jones, Luka Cage, & Iron Fist sudah dipastikan tampil di serial The Defenders. Charlie Cox (pemeran Matt Murdock / Daredevil), Krysten Ritter (Jessica Jones), Mike Colter (Daniel Rand / Iron Fist), dan Finn Jones (Luke Cage) akan muncul kembali di serial The Defenders dengan memerani karakter mereka masing-masing.

Ki-Ka : Daredevil (Charlie Cox), Jessica Jones (Krysten Ritter), Luke Cage (Finn Jones), dan Iron Fist (Mike Colter)
Selain mereka, para pemeran karakter protagonis seperti Vincent D'onofrio (pemeran Kingpin), Rosario Dawson (Night Nurse), dan David Tennent (Purple Man) pun sudah dipastikan akan tampil di serial The Defenders dengan memerani karakter yang sama.



2. DURASI TOTAL SERIAL THE DEFENDERS ADALAH 60 MENIT
Berbeda dengan serial televisi Daredevil, Jessica Jones, Iron Fist, dan Luke Cage yang rata-rata berdurasi 60 menit dengan total 13 episode untuk 1 Season (total durasi 130 jam), maka The Defenders hanya bertotal 60 jam saja. Artinya ada kemungkinan serial ini hanya bertotal 6 - 8 episode (tergantung dari durasi setiap episodenya)

Kalau pun serial ini nantinya sukses, Netflix sudah memastikan tidak akan menambah episode atau membuat Season lanjutan. Dan alih-alih membuat Season lanjutan, Netflix berencana untuk mengadaptasi komik superhero Marvel Comics lain ke layar televisi.



3.DAREDEVIL & THE DEFENDERS "MUNGKIN" AKAN DIPRODUKSI DALAM BENTUK LAYAR LEBAR
Meski versi labar lebarnya kurang mendapat perhatian dari kritikus saat ditayangkan tahun 2003 silam, namun tidak berarti Daredevil menjadi film superhero yang buruk. Saat diproduksi dalam versi televisi, daredevil justru mendapat respon yang sangat positif.

Jay Rasulo, Senior Executive Vice President dan CFO The Walt Disney Company, baru-baru ini memberikan sinyal kalau ada kemungkinan Daredevil dan para karakter The Defenders akan diangkat ke layar lebar. Hal ini dimungkinkan karena respon penonton yang cukup positif dalam menyambut kehadiran serial televisi para anggota The Defenders, serta serial The Defenders itu sendiri. Meski demikian, hal ini mungkin tidak akan terwujud dalam waktu singkat, minimal untuk 2 tahun ke depan. Mereka masih ingin melihat respon penonton saat serial televisi The Defenders ditayangkan. Kita tunggu saja ....



4. THE DEFENDERS AKAN LEBIH FOKUS PADA PENJAHAT JALANAN
Untuk menghindari kesamaan cerita dengan The Avengers, maka sejak awal cerita The Defenders telah diarahkan pada penuntasan kasus kriminal jalanan. Jadi jangan heran jika para musuh yang muncul di serial Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, Iron Fist, serta The Defenders sekali pun, semuanya adalah para penjahat jalanan. Tidak akan ada musuh berkekuatan maupun kemampuan super.

Selain itu, ceritanya pun akan dibuat sangat "membumi" dengan mengangkat cerita-cerita yang terjadi dalam dunia manusia pada umumnya, seperti kasus perampokan, aborsi, perang antar geng, dunia prostitusi, dan lain-lain. Dengan demikian, The Defenders nantinya akan lebih banyak menggambarkan perang para superhero itu pada masalah masyarakat awam.



5. HAMPIR SEMUA SUPERHERO POPULER PERNAH MENJADI ANGGOTA THE DEFENDERS
Mungkin tidak banyak yang tahu kalau hampir semua superhero populer yang Anda kenal, pernah menjadi anggota The Defenders, meski tidak semuanya menjadi anggota dalam waktu yang cukup lama.

Karakter populer yang muncul di awal-awal perilisan komik The Defenders (tahun 1970-an) adalah Dr Strange (yang merupakan pemimpin The Defenders) bersama The Hulk, Ghost Rider, dan Silver Surfer. Kemudian turut bergabung di masa itu (meski muncul dalam 1 - 2 seri saja) adalah Hawkeye, Professor X, Nightwalk, Luke Cage, Daredevil, The Thing (dari Fantastic Four), Ms Marvel, dan Spider-Man.

Para anggota Guardians of the Galaxy - Yondu, Martine, Charlie-27,  Aleta Ogord, Vance Astro, dan Starhawk - juga pernah bergabung dalam The Defenders di komik Defenders Edisi #5 dan 29 yang terbit tahun 1975.

Di tahun 1980an, para superhero yang bergabung dengan The Defenders adalah Black Panther, Gargoyle, Dracula, Beast (anggota X-Men), Mister Fantastic (dari Fantastic Four), Captain America, dan Scarlet Witch.

Di tahun 1990an, dirilis komik Secret Defenders yang merupakan penerus dari kelompok The Defenders. Kelompok tersebut masih dipimpin oleh Doctor Strange, Hulk, Ghost Rider, dan Silver Surfer. Sedangkan para superhero populer yang pernah bergabung selama periode tersebut antara lain Wolverine, Spider-Woman, Sleepwalker, dan War Machine.

Tahun 1994, Doctor Strange dikisahkan pensiun dan memutuskan untuk mengangkat Doctor Druid sebagai penggantinya (Defenders #15, rilis Mei 1994). Pada saat itu, para superhero yang bergabung antara lain Luke Cage, Deadpool, Giant-Man, Iron Fist, Iceman (dari X-Men), dan Drax the Destroyer.

Dan pada tahun 2000, muncullah bentukan terakhir dari The Defenders yang disebut Intiative Team atau The Last Defenders. Tim ini dibentuk oleh Tony Stark (alias Iron Man), namun dia sendiri tidak memasukkan dirinya sebagai bagian dari kelompok tersebut. Adapun superhero yang "resmi" bergabung dalam tim tersebut adalah She-Hulk, Warlord Krang, Son of Satan, Black Cat, dan Ant-Man.



6. THE DEFENDERS AKAN MENJADI BAGIAN DARI MARVEL'S FILM UNIVERSE
Karena merupakan produksi dari Marvel's Comic, secara langsung The Defenders nantinya akan menjadi bagian dari Marvel's Film Universe. Artinya, akan ada satu waktu di mana kejadian di serial televisi The Defenders akan berhubungan dengan film maupun serial televisi Marvel yang lain, seperti The Avengers, Captain America, Iron Man, maupun Agent of SHIELD.

Meski demikian, akan sangat sulit untuk membuat salah satu atau beberapa cerita serial televisi The Defenders menjadi bagian dari film Marvel yang sudah ada sebelumnya, mengingat alur ceritanya yang sama sekali jauh berbeda. Walau tampaknya tidak mungkin, tapi Joe Quesada, Chief Creative Consultant Marvel Comics, punya keyakinan kalau nanti mereka akan dapat melakukannya.



7. ADAPTASI SERIAL TELEVISI THE DEFENDER SANGAT BERBEDA DENGAN KOMIKNYA
Apabila Anda pernah membaca komik The Defenders, tentu sangat tahu kalau para karakter The Defenders adalah superhero yang memiliki kekuatan dan kemampuan super. Musuh yang mereka hadapi pun tergolong musuh berat dari ruang angkasa.

Berbeda dengan versi komiknya, maka - seperti yang sudah saya informasikan di atas - The Defenders benar-benar mengangkat cerita yang sama sekali berbeda dengan versi komiknya. Tidak saja alur cerita dan musuh yang akan dihadapi The Defenders, tetapi juga para karakternya yang tidak mengikuti "urutan masa keanggotaan" mereka seperti di komik. Bahkan versi televisi memasukkan karakter Jessica Jones yang notabene tidak pernah bergabung dalam kelompok The Defenders versi komik (Jessica Jones muncul di komik Alias dan The Pulse, yang keduanya merupakan produksi Marvel Comics).





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment