TV Series Recommended - FULLER HOUSE (2016 - onward)

Tahun 1987 - 1995, televisi dunia pernah diramaikan oleh serial televisi kocak berjudul Full House. Buat Anda yang menikmati masa pra-remaja dan remaja di tahun tersebut, tentu sangat kenal dengan serial yang satu ini, karena rutin ditayangkan di televisi nasional.


Nah, 21 tahun pasca berakhirnya serial tersebut, kini diriliskan sekuel dari serial tersebut. Judulnya Fuller House, dan sudah tayang sejak 26 Febrari 2016 kemarin. Serial ini menampilkan hampir semua pemeran utama Full House. Hanya si kembar Mary-Kate dan Ashley Olsen (yang memerani karakter bayi lucu Michelle di serial Full House) belum berminat untuk bergabung, sehingga mereka tidak ditampilkan di Season Pertama yang sedang tayang saat ini.

Agak mirip dengan serial televisi terdahulunya, Fuller House mengisahkan tentang DJ Tanner Fuller (diperani Candace Cameron Bure), anak sulung dari Danny Tanner (Bob Saget) yang baru kehilangan suaminya, Tommy Fuller. Tommy adalah pemadam kebakaran yang meninggal saat menjalankan pekerjaannya. Pasca kepergian suaminya, DJ - yang bekerja sebagai dokter hewan - harus mengasuh 3 orang anaknya : Jackson (Michael Campion) yang sudah remaja, Max (Elias Harger) yang berusia 7 tahun, dan si bayi Tommy Fuller Jr (diperani bayi kembar Dashiell dan Fox Messitt).
Candace Cameron (pemeran DJ Tanner) : Dulu dan Sekarang

Karena kesulitan mengasuh ketiga anaknya, DJ meminta bantuan adiknya, Stephanie (Jodie Sweetin), dan sahabatnya, Kimmy Gibber (Andrea Barber). Stephanie dan Kimmy bersedia membantu DJ, serta memutuskan untuk tinggal bersama DJ agar lebih mudah mengawasi ketiga anak DJ. Mereka tinggal di rumah DJ yang terletak di San Fransisco (di mana rumah tersebut sebenarnya adalah rumah masa kecil DJ dulu).
Stephanie Tanner (Jodie Sweetin) : Dulu dan Sekarang

Meski berusaha hidup mandiri, tapi DJ masih juga sesekali meminta saran dari ayah, paman, dan sahabat ayahnya yang dulu juga pernah merawatnya. Danny Tanner - sang ayah - kini tinggal di Los Angeles dan menjadi Pembawa Acara Televisi Populer Wake Up USA. Jesse Katsopolis (John Stamos), paman Stephanie, kini telah menjadi komposer musik film. Sedangkan Joey Gladstone (Dave Coulier), sahabat Danny, kini telah menjadi Komedian Populer dan tinggal di Las Vegas.
Kimmy Gibber (Andrea Barber): Dulu dan Sekarang
Serial ini mendapatkan respon yang cukup positif dari para penonton Amerika Serikat, terutama para penonton yang berusia di bawah 40 tahun dan pernah menyaksikan serial televisi Full House. Setidaknya kehadiran Fuller House menjadi obat rindu mereka pada Keluarga Tanner yang pernah menghibur mereka di masa muda dulu.

Season pertama serial ini (total 13 episode) telah tuntas tayang serentak tanggal 26 Februari 2016 di Netflix. Tanggal 2 Maret 2016, Netflix telah mengonfirmasikan untuk memperpanjang serial ini dan Season Kedua akan mulai diproduksi dalam waktu dekat.



ABOUT "FULL HOUSE"
Seperti yang saya tulis di awal, Full House adalah serial televisi komedi yang sangat populer di masa lalu. Ditayangkan perdana tanggal 22 September 1987 hingga tayang terakhir 23 Mei 1995, serial ini telah membukukan sebanyak 192 episode yang terbagi dalam 8 Season.

Serial hasil kreasi Jeff Franklin yang ditayangkan di jaringan televisi ABC ini mengisahkan tentang Pembaca Berita Danny Tanner (Bob Saget) yang baru-baru ini kehilangan istriya akibat kecelakaan lalu lintas. Hal ini membuat dia harus mengurusi sendiri 3 orang anak perempuannya yang masih belia : DJ (Candace Cameron) yang baru berusia 10 tahun, Stephanie (Jodie Sweetin) yang berusia 5 tahun, dan Michelle (diperani bergantian oleh si Kembar Mary Kate dan Ashley Olsen) yang masih 10 bulan.
Danny Tanner (Bob Saget) : Dulu dan Sekarang

Karena kewalahan mengurusi ketiga anaknya itu, Danny kemudian meminta bantuan Jesse Katsopolis (John Stamos) - Adik Iparnya yang seorang Rocker - dan Pelawak Stand Up Commedy Joey Gladstone (Dave Coulier). Kedua orang itu sepakat membantu Danny dan mereka pun tinggal serumah dengan Danny.

Jesse Katsopolis (John Stamos) : Dulu dan Sekarang
Keseluruhan episode Full House mengisahkan hubungan yang kocak antara Danny, Jesse, dan Joey dengan ketiga anak Danny tersebut, di mana hubungan mereka perlahan terus menguat dan membuat mereka menjadi satu keluarga.
Joey Gladstone (Dave Coulier) : Dulu dan Sekarang

Serial ini meraih prestasi yang cukup gemilang, di mana rata-rata episode ditonton antara 10 - 17 juta penonton. Season 5 menjadi season yang sangat baik, dengan rata-rata penonton mencapai 17 juta orang per episode. Bahkan di Season 8 - yang merupakan season terakhir - ditonton 12.5 orang perepisode.

Setelah Full House selesai tayang, banyak penonton yang menghendaki agar serial ini dihidupkan kembali. Hal yang sama juga dirasakan John Stamos yang mengambil inisiatif untuk mengumpulkan semua pendukung serial tersebut untuk bermain lagi di serial televisi sekuel Full House. Tapi rencana itu tidak mudah, karena semua pendukung serial tersebut sudah punya jadwal kerja yang sangat padat. Meski demikian, para pendukung Full House sempat berkumpul dalam beberapa kesempatan, meski tidak untuk konteks pembuatan sekuel atau remake serial televisi Full House.

Pada tanggal 9 Mei 1997, dalam salah satu episode America's Funiest Video di mana merupakan episode terakhir yang dibawakan Bob Saget, 6 orang pendukung Full House (John Stamos, Dave Coulier, Candace Cameron, Jodie Sweetin, Andrea Barber, dan Lori Loughlin) tampil memberikan dukungan mereka pada Bob Saget.

Tahun 2012, para pendukung Full House pernah berkumpul, merayakan 25 tahun serial Full House mengudara. Acara yang berupa ramah-tamah dan kumpul-kumpul tersebut, sayangnya, tidak dihadiri Mary-Kate dan Ashley Olsen, duo kembar pemeran si bayi Michelle Tunner. Menurut Manager mereka, Mary-Kate dan Ashley Olsen tidak bisa menghadiri reuni tersebut karena kesibukan mereka di dunia pakaian wanita.
Michelle Tanner (Mary-Kate & Ashley Olsen) : Dulu dan Sekarang
Tanggal 19 Juli 2013, John Stamos memerani karakter Jesse Katsopolis dan tampil di acara Late Night with Jimmy Fallon. Di acara tersebut, Stamos bernyanyi bersama The Ripper, band tempat Jesse Katsopolis berkiprah. Dia menyanyikan beberapa lagu Beach Boys, dan lagu "Everywhere You Look" yang merupakan lagu tema (theme song) dari serial Full House. Di tengah-tengah lagu, secara mengejutkan Bob Saget dan Lori Loughlin tampil untuk memberikna dukungan pada John Stamos.

Bulan Agustus 2014, Warner Bros mengungkapkan rencana mereka untuk merilis ulang serial Full House. Menanggapi rencana tersebut, John Stamos mendekati para petinggi Warner Bros dan mengajukan idenya. Ide tersebut diterima, dan proses produksi Fuller House pun dilakukan. Jeff Franklin - kreator asli Full House - dilibatkan dalam produksi serial tersebut sebagai Produser Eksekutif, bekerja sama dengan produser eksekutif lain untuk serial tersebut, yaitu Thomas L. Miller dan Robert L. Boyett.

Di bulan April 2015, Netflix berhasil membeli hak produksi serial Fuller House. Produksi serial itu pun dimulai Juli 2015. Hampir semua pendukung Full House menyambut baik rencana pembuatan serial Fuller House, dan mereka pun bergabung dalam serial tersebut. Hanya si kembar Mary-Kate dan Ashley Olsen yang, lagi-lagi, tidak memberikan respon mengenai rencana keterlibatan mereka dalam serial tersebut.

Menurut informasi yang saya peroleh, Ashley Olsen tidak berminat untuk berkarir di dunia film lagi karena saat ini sedang fokus untuk membesarkan dunia fashion yang sedang digelutinya beberapa tahun terakhir ini. Hal serupa juga diungkapkan Mary Kate. Meski sempat mempertimbangkan untuk bergabung di serial itu, Mary Kate tidak memberikan konfirmasi saat proses produksi serial tersebut dimulai.

Di awal Januari 2016, produser Fuller House mendekati adik bungsu Si Kembar Olsen, Elizabeth Olsen, dan menawarinya peran Michelle Tanner. Aktris pemeran Wanda Maximoff / Scarlet Witch yang baru menyelesaikan shooting Captain America : Civil War ini dengan sopan menolak tawaran tersebut, karena tidak mau mengambil peran yang pernah membesarkan kedua saudara sulungnya tersebut.

Meski kemungkinan menghadirkan Si Kembar Olsen di serial Fuller House sangat tipis, namun para produser sangat optimis kalau mereka satu waktu akan berubah pikiran dan memutuskan untuk memerani serial tersebut. Karena optimisme itu, maka karakter Michelle Tanner tidak dimunculkan di Season Pertama Fuller House. Hal yang sama juga bakal terjadi di Season 2 yang akan diproduksi sebentar lagi, mengingat hingga hari ini Si Kembar Olsen belum memberikan konfirmasi keterlibatan mereka dalam serial itu.



DO YOU KNOW? 
Theme Song serial Fuller House berjudul "Everywhere You Look" dan dinyanyikan oleh Carly Rae Jepsen. Sebagai informasi, lagu tema ini adalah lagu yang sama yang digunakan di serial televisi Full House. Hanya saja waktu itu dinyanyikan oleh Jesse Frederick.

Di serial ini, Candace Cameron menggunakan nama "Candace Cameron Bure". Nama belakang merupakan nama suaminya, Valeri Bure. Suaminya adalah Pemain Hoki NHL asal Rusian. Mereka menikah tahun 1996, setahun setelah Full House selesai tayang.

Jodie Sweetin, pemeran Stephanie Tanner (adik DJ), sempat berhenti dari dunia film dan memfokuskan diri pada pendidikan. Pasca Full House selesai produksi dan tayang, Sweetin menuntaskan SMA dan Kuliahnya. Dia mulai terjun lagi ke dunia film, khususnya dunia televisi, tahun 2003 dengan menjadi pembawa acara Pants-Off Dance-Off. Hingga hari ini, dia masih aktif bermain film, meski mayoritas adalah Film-Televisi (FTV) dan serial televisi.

Agar mirip dengan Sweetin, Andrea Barber - pemeran Kimmy Gibbler - juga berfokus pada menyelesaikan sekolahnya, pasca berakhirnya Full House tahun 1995. Setelah wisuda dari Whittier College (Jurusan Bahasa Inggris), Barber banyak berkecimpung di dunia pendidikan, dan bekerja sebagai Asisten Direktur Whittier College. Barber baru kembali lagi terjun ke dunia perfilman televisi tahun 2012 dengan menjadi bintang tamu serial televisi komedi Funny or Die. Dan tahun 2016, dia bergabung dengan teman-teman lamanya di Full House untuk membintangi serial televisi Fuller House.



NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. TV Series apalagi ya yang serupa fuller house, yang temanya comedy-family gitu..

    ReplyDelete