VERY Recommended - MY STUPID BOSS : THE MOVIE

Pada tahun 2009, Indonesia "digemparkan" dengan perilisan novel non-fiksi berjudul "My Stupid Boss : Impossible We Do, Miracle We Try! Bersakit-sakit di Gue, Bersenang-senang di Loe!" (atau disingkat "My Stupid Boss").

Novel tersebut (katanya) dibuat oleh seorang mantan karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan di Malaysia dengan nama samaran Chaos@Work (dia ditengarai seorang wanita, meski hingga hari ini belum ketahuan siapa nama sebenarnya). Masalahnya, karyawan ini bekerja dengan seorang Atasan yang menjalankan perusahaan tanpa aturan dan tanpa sistem yang jelas. Semuanya seenak jidat Sang Atasan. Akhirnya bisa ditebak : Selalu terjadi kekacauan setiap hari di kantor, dan Sang Karyawan Chaos@Work inilah yang harus membereskan semua masalah yang diperbuat oleh Sang Atasan.

Awalnya Chaos@Work menuangkan seluruh kejengkelannya dalam blog pribadinya. Namun setelah banyak orang membaca blognya dan memberikan respon yang positif, Chaos@Work kemudian merangkum semua ceritanya menjadi sebuah novel setebal 200 halaman. Tak ayal, novel itu laris manis dan mengalami cetak-ulang berkali-kali. Sukses novel itu kemudian diikuti dengan perilisan 4 sekuelnya yang juga sama-sama sukses.
Novel "My Stupid Boss" karya Chaos@Work
Kesuksesan novel itu, akhirnya membuahkan hasil manis tambahan buat Chaos@Work dengan dirilisnya film "My Stupid Boss : The Movie" yang bakal tayang 19 Mei 2016 mendatang. Film yang disutradarai Upi Avianto dan diperani Bunga Citra Lestari (sebagai Diana), Reza Rahadian (Boss Man), Alex Abbad, Ronny P. Tjandra, Kinwah Chew, serta Atikah Suhaime ini mengambil cerita yang sama dengan apa yang digambarkan novel "My Stupid Boss". Hanya saja, jika setiap cerita dalam novel dibaut dalam beberapa segmen (cerita pendek), maka di film ini akan merangkum segmen-segmen tersebut dalam sebuah cerita panjang yang saling berhubungan.

Adalah Diana, seorang pekerja asal Indonesia yang mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan ekspor-impor di Kuala Lumpur, Malaysia. Pemilik perusahaan itu adalah Bossman, seorang pebisnis asal Indonesia. Masalahnya, Bossman adalah orang yang suka seenaknya sendiri melakukan segala hal di perusahaannya. Prinsipnya : Boss Is Always Right! Akibatnya, banyak masalah yang sering terjadi di perusahaan akibat tindakan Bossman tersebut. Tapi dia tidak pernah merasa salah, dan selalu menyalahkan para bawahannya yang dianggap tidak becus kerja.

Diana kemudian mengambil inisiatif untuk memperbaiki semua masalah yang ditimbulkan oleh Bossman. Tindakannya ini kemudian membuatnya memiliki prinsip : Imposible We Do, Miracle We Try. Sepanjang 90 menit, penonton akan melihat berbagai kekonyolan yang dilakukan Bossman, dan bagaimana Diana yang harus ekstra sabar membereskan semua masalah yang ditimbulkan oleh Sang Bossman.

Dengan melihat banyaknya penggemar novel My Stupid Boss, yang mana cerita aslinya sendiri sudah super-duper kocaknya crazy banget, tidak akan mengherankan jika film ini akan meraup keuntungan yang cukup besar (box-office) dan akan berlanjut dengan sekuel-sekuel selanjutnya. Kita tunggu saja ya...


DO YOU KNOW? 
Ini merupakan film ketiga Bunga Citra Lestari berpasangan dengan Reza Rahadian. Sebelumnya mereka dipasangkan dalam film Habibie dan Ainun, serta 3 Srikandi.
Bunga Citra Lestari (BCL) dan Reza Rahadian

Bunga Citra Lestari mengakui sama sekali belum pernah membaca novel karya Chaos@Work tersebut. Untuk bisa memahami karakter Diana yang diperaninya, Bunga Citra Lestari banyak berkonsultasi dengan Upi, Sang Sutradara yang juga penulis skenario film My Stupid Boss tersebut.

Setelah sebelumnya berhasil mengimitasi mantan Presiden BJ Habibie (yang beraksen Indonesia - Jerman) dengan sangat sempurna, untuk peran di film My Stupid Boss, Reza Rahadian kini berakting dengan aksen orang Jawa. Tidak hanya aksen, bentuk tubuhnya pun dirubah total : Setengah botak, perut buncit, dan berkumis. Andai saja namanya tidak dicantumkan di film, pasti tidak ada orang yang percaya kalau Boss Man yang menjengkelkan itu adalah Reza Rahadian.


NewerStories OlderStories Home

1 comment: