10 Film Non-Superhero Adaptasi dari Komik

Banyak orang yang mengira kalau hanya buku komik itu hanya melulu cerita superhero - seperti Superman, Batman, X-Men, The Avengers - yang diadaptasi ke layar lebar. Padahal tidak semua komik mengisahkan super hero. Malah ada beberapa komik yang tidak menceritakan manusia super, dan komik itu juga diadaptasi ke layar lebar. 

Hmm... penasaran kan, kira-kira komik non-Super Hero apa saja sih yang pernah diadaptasi jadi film layar lebar?

1. WEIRD SCIENCE (1985)
Film yang disutradarai John Hughes dan diperani Anthony Michael Hall, Ilan Mitchell-Smith, dan Kelly Le-Brock ini adalah film remaja bergenre fiksi-ilmiah. Karena film ini mengetengahkan tentang remaja tanpa embel-embel superhero, banyak yang tidak menyangka kalau film ini adalah adaptasi dari komik. Ya, komik Weird Science adalah komik terbitan EC Comics yang pernah sangat populer di tahun 1950-an.


Komik Weird Science merupakan komik dwi-mingguan yang terbit sebanyak 22 seri, di mana tiap seri mengangkat cerita yang berdiri sendiri.

Film Weird Science sendiri mengadaptasi cerita komik "Made of the Future" yang terbit di seri kelima dari komik tersebut.

Setelah sukses di layar lebar, Weird Science kemudian diadaptasi dalam format serial televisi dan ditayangkan di USA Network sejak 5 Maret 1994 - 25 Juli 1998. Sebanyak 88 episode (terbagi dalam 5 Season) dibuat dan dirilis. Berbeda dengan komik aslinya, serial televisi Weird Science bergenre komedi dan mengisahkan petualangan Gary Wallace (diperani John Mallory Asher) dan Wyatt Donnelly (Michael Manasseri), dua orang mahasiswa yang tinggal di sebuah kota di California. Saat mereka sedang membuat program simulasi komputer Wanita Sempurna bernama Lisa (Vanessa Angel), petir menghantam rumah mereka, menyebabkan wanita yang ada di simulasi komputer menjelma menjadi manusia nyata.  Seri-seri berikutnya mengisahkan tentang tingkah konyol yang dilakukan Wanita Simulasi Lisa dalam menolong kedua mahasiswa tersebut.



2. RED (2010) & RED 2 (2013)
Film eksyen-seru ini disutadarai Robert Schwentke dan Dean Parisot, dengan pemeran utama Brue Willis, Morgan Freeman, John Malkovich, Mary Louise Parker, dan Karl Urban. Film ini mengisahkan tentang Pensiunan Kesatuan Khusus CIA Frank Moses (Bruce Willis) yang tiba-tiba diserang oleh pasukan tidak dikenal. Guna mencari tahu siapa yang berusaha membunuhnya, Moses mengumpulkan sahabat-sahabatnya kembali untuk memerangi sang pelaku kejahatan.


Karena bentuknya sebagai film eksyen seru, tidak ada yang menyangka kalau film ini merupakan adaptasi dari komik berjudul sama karya Warren Ellis dan Cully Hamner. Komik Red diterbitkan DC Comics antara tahun 2003 - 2004 sebanyak 3 seri.

Film Red menjadi film eksyen yang laris-manis, dengan perolehan sebesar US$ 119 juta (dibuat dengan dana US$ 58 juta) untuk seri pertama dan sebesar US$ 148 juta (dibuat dengan dana US$ 84 juta) untuk seri keduanya. Sukses film ini rencananya akan diikuti dengan perilisan Red 3 yang akan tayang tahun 2017 mendatang serta serial televisi yang saat ini masih dalam proses pengembangan.



3. ROAD TO PERDITION (2002)
Mungkin sangat sulit dipercaya tapi film garapan sutradara Sam Mendes yang diperani Tom Hanks, Paul Newman, Jude Law, dan Daniel Craig ini memang adalah film yang diadaptasi dari komik. 


Komik Road to Perdition dibuat oleh Max Allan Collins yang dicetak DC Comics dan diterbitkan oleh Paradox Press tahun 1998. Alur cerita komik ini sendiri merupakan adaptasi bebas dari manga Jepang berjudul "Lone Wold and Cub" yang terbit tahun 1970.

Film yang dibuat dengan dana US$ 80 juta itu dan meraup keuntungan sebesar US$ 181 juta ini bersetting tahun 1930 dan mengisahkan tentang Michael Sullivan Sr (Tom Hanks), seorang penegak hukum yang bekerja untuk Pimpinan Mafia John Rooney (Paul Newman). Secara tidak sengaja, anak Sullivan menjadi saksi pembunuhan keji yang dilakukan bawahan Rooney, sehingga dia memutuskan untuk menghabisi keluarga Sullivan. Istri dan anak bungsu Sullivan tewas di tangan bawahan Rooney. Mengetahui keluarganya dihabisi, Sullivan berbalik melawan Rooney dan - bersama anak sulungnya - menghabisi mafia itu.



4. SNOWPIERCER (2013)
Film kolaborasi Korea Selatan - Amerika ini disutradarai Bong Joon Ho dan Kelly Masterson. Diperani Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, dan Ed Harris, film ini mengisahkan tentang dunia di masa depan di mana dunia sudah tertutup es. Dalam sebuah kereta api super-cepat bernama Snowpiercer, di gerbong paling belakang terdapat para narapidana yang dipenjara dalam kondisi tidak nyaman. Mereka kemudian memberontak dan berusaha mendapatkan hak dan perlakukan yang sama dengan para penumpang lain di kereta itu. Mulailah terjadi kerusuhan, dan para polisi kereta melakukan segala cara untuk menghentikan kerusuhan itu.


Film yang diproduksi dengan dana US$ 40 juta dan meraup keuntungan sebesar US$ 86 juta tersebut sebenarnya adalah film yang diadaptasi dari komik Perancis berjudul Le Transperceneige karya Jacques Lob, Benjamin Legrand, dan Jean-Marc Rochette yang diterbitkan tahun 1982 oleh Penerbit Casterman.  Pada tahun 1999, komik tersebut dirilis ulang dan diganti judulnya menjadi The Escape, serta dirilis dalam 2 seri : The Explorers (1999) dan The Crossing (2000).

Komik tersebut diterbitkan dalam bahasa Inggrisnya oleh Titan Comics pada tahun 2014, dan dirilis dalam 2 volume : Snowpiercer - The Escape dan Snowpiercer - The Explorers.




5. BULLETPROOF MONK (2003)
Film Produksi Hollywood keempat yang diperani Chow Yun Fat (setelah The Replacement Killers, The Corruptor, dan Anna and the King) ini adalah film eksyen super-seru yang disutradarai Paul Hunter dan diperani juga oleh Seann William Scott dan Jaime King.

Film ini mengisahkan tentang seorang Pendeta Tibet Tanpa Nama (Fat) yang mendapat perintah untuk melindungi Gulungan Kitab Suci Tibet. Tapi gulungan itu kemudian dicuri oleh seorang pencopet, sehingga Pendeta itu harus mencari cara untuk merebutnya kembali. Di pihak lain, ada sekelompok orang yang juga mengincar gulungan itu, sehingga terjadilah kejar-kejaran dan perebutan gulungan tersebut.

Meski sejak awal sudah sering diinformasikan kalau film ini adalah adaptasi dari komik, namun tidak banyak orang yang sadar tentang itu. Ya, Bulletproof Monk adalah adaptasi dari komik berjudul sama yang ditulis Brett Lewis, R.A. Jones, dan Michael Avon Oeming, dan diterbitkan oleh Image Comics antara tahun 1998 - 1999. Walau alur ceritanya masih setia mengikuti cerita asli komik, tapi banyak komponen komik yang diubah di layar lebar. Salah satunya adalah karakter Kar (Seann William Scott) yang seharusnya pria Asia, namun di layar lebar diperani aktor Amerika.



6. 2 GUNS
Denzel Washington dan Mark Wahlberg bersatu dalam film eksyen-komedi super-seru garapan Sutradara Islandia Baltasar Kormakur. Film yang dibuat dengan modal US$ 61 juta namun meraup keuntungan sebesar US$ 132 juta tersebut mengisahkan tentang Agen DEA dan anggota kesatuan marinir US Navy yang merampok bank.

Percaya atau tidak, film in merupakan adaptasi dari komik berjudul sama karya Steven Grant dan Mateus Santolouco, yang dirilis tahun 2007 oleh Penerbit Boom! Studios.

Meski merupakan adaptasi, tapi film ini sendiri tidak mengikuti jalan cerita komik. Banyak perubahan krusial yang dilakukan saat komik tersebut diadaptasi, yang mengakibatkan versi layar lebar 2 Guns jauh lebih berdarah-darah ketimbang versi komik.



7. A HISTORY OF VIOLENCE (2006)
Sangat sulit untuk dipercaya kalau film ini merupakan adaptasi dari komik, tetapi inilah faktanya. A History of Violance adalah film yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya John Wagner dan Vince Locke. Komik tersebut diterbiitkan tahun 1997 oleh Paradox Press, dan kemudian dirilis ulang oleh Vertigo.

Komik satu seri bertotal 285 halaman itu mengisahkan tentang seorang mantan anggota mafia bernama Tom yang bertobat, lalu berganti identitas dan menetap di sebuah kota kecil di Michigan. Namun satu waktu identitasnya terbongkar ketika dia menangkap perampok yang mencoba merampok tokonya, dan tindakannya dimuat di media-massa. Hal ini membuat orang-orang yang menjadi musuhnya mengetahui keberadaannya, dan berniat membunuhnya.

Film yang diperani Viggo Mortensen, Ed Harris, Maria Bello, dan Ashton Holmes itu menjadi film yang cukup sukses dengan meraup keuntungan sebesar US$ 60.7 juta (dibuat dengan dana US$ 30 juta). Meski menggunakan alur dan konsep cerita yang sama dengan komiknya, tapi A History of Violance mengalami beberapa perubahan cukup besar, termasuk nama karakternya (tokoh protagonis di komik bernama Tom McKenna, sedangkan di layar lebar adalah Tom Stall) dan juga kota lokasi kejadian (di komik lokasi kejadian di Michican, sedangkan di film adalah kota Indiana).




8. FROM HELL (2001)
Film horor misteri yang diperani Johnny Depp, Heather Graham, Ian Holm, dan Robbie Coltrane ini disutradarai Duo Bersaudara Hughes (Albert dan Allen Hughes).  Mengambil setting tahun 1888, film ini mengisahkan tentang aksi pembunuhan yang dilakukan oleh karakter misterius Jack The Ripper. Aksi pembunuhannya menarik perhatian Frederick Abberline (Depp), seorang detektif pecandu narkoba, yang mencoba mencari tahu identitas sebenarnya dari pembunuh itu.


Alurnya yang kelam dan gelap, membuat orang tidak menyangka sama sekali kalau film ini merupakan adaptasi dari komik berjudul sama garapan Alan Moore dan Eddie Campbell. Alan Moore sendiri adalah komikus yang sangat terkenal lewat komik-komik populernya yang banyak diangkap ke layar lebar seperti Sin City dan Watchmen.

Sama seperti versi komiknya, film layar lebar From Hell banyak mengusung adegan sadis dan brutal, sehingga mendapat kritikan dari para kritikus. Meski demikian, banyak pula orang yang memuji film ini karena Hughes Bersaudara mampu menampilkan film dengan dengan sangat realistis dan menghidupkan dengan detil apa yang digambarkan di komik.



9. ART SCHOOL CONFIDENTIAL (2006)
Film komedi garapan sutradara Terry Zwigoff ini merupakan film komedi remaja yang cukup menyegarkan. Diperani Max Minghella, Sophia Myles, John Malkovich, Matt Keeslar, dan Ethan Suplee,



Art School Confidential sendiri aslinya adalah komik hitam-putih yang dibuat Daniel Clowes dan diterbitkan di majalah komik Eightball, Edisi ke-Tujuh (terbit November 1991). Komik ini kemudian dikompilasi dan diterbitkan dalam buku koleksi Orgy Bound dan Twentieth Century Eightball.

Komik tersebut merupakan komik sindiran tentang Sekolah Seni di Amerika Serikat, tempat Clowes pernah bersekolah di sana. Versi filmnya sendiri mengisahkan tentang seorang remaja bernama Jerome (Max Minghella) yang berhasrat menjadi seniman, dan mengambil sekolah seni di sana. Selama sekolah Jerome banyak mengalami kejadian-kejadian konyol yang tidak terduga.




10. 13 SINS (2014)
Dikenal pula dengan judul 13 : Game of Death, film bergenre horror-thriller ini disutradarai Daniel Stamm dan diperani Mark Webber, Devon Graye, Tom Bower, dan Rutina Wesley. Film ini merupakan adaptasi dari film Thailand berjudul 13 Beloved (13 Game Sayong, dirilis tahun 2006), dan film Thailand tersebut merupakan adaptasi dari komik berjudul 13th Quiz Show karya komikus Eakasit Thairaat dan diterbitkan di majalah komik My Mania.


Film ini mengisahkan tentang seorang pria yang barusan kehilangan pekerjaan, kemudian tanpa sengaja menerima telepon yang mengajaknya mengikuti acara kuis berhadiah besar. Pria tersebut akan mendapatkan hadiahnya jika mampu melakukan 13 Tantangan yang diberikan oleh Pemberi Kuis. Diawali dengan tantangan yang mudah berhadiah US$ 1,000 (membunuh lalat), sang pria terus mendapat tantangan yang semakin berat dan berbahaya, bahkan nyaris merengut nyawanya sendiri.

Meski 13 Sins kurang sukses saat dirilis di Amerika Serikat, namun versi Thailand-nya terbilang cukup sukses. Selain meraup keuntungan finansial yang luar biasa, film itu pun juga sukses meraih banyak penghargaan perfilman bergengsi di Thailand. Atas kesuksesannya, 13 Beloved dibuat sekuelnya, 14 Beyond (2009).
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment