Movie Review - FAN (2016)

Hari ini saya baru berkesempatan menonton film terbaru  Shah Rukh Khan yang disutradarai Maneesh Sharma ini, setelah film ini diputar di layar lebar Indonesia beberapa minggu yang lalu (di India sendiri film ini dirilis tanggal 15 April 2016). Salah satu alasan saya tertarik menonton film ini bukan karena Shah Rukh Khan tetapi tata-sinematografi film ini yang sangat keren, di mana Shah Rukh Khan memerani 2 karakter yang terpaut usia sangat jauh, dan keduanya saling bermusuhan.

Adalah Gaurav Chandna (Shah Rukh Khan) yang sejak kecil telah memuja Superstar Bollywood Aryan Khanna (juga diperani Shah Rukh Khan). Karena kecintaannya pada aktor ini, Gaurav sangat terobesesi dengan aktor itu. Terlebih karena dia memiliki wajah yang nyaris mirip dengan aktor idolanya tersebut.

Ketika Aryan Khanna merayakan ulang tahunnya yang ke-40, Gaurav bertolak dari kampungnya di daerah Delhi menuju ke Mumbai dengan mengikuti napak tilas jejak perjalanan Aryan Khanna saat masih meniti karir, mulai dari menyusup naik ke kereta api dan menginap di hotel tempat Aryan pertama kali tinggal di Mumbai. Keinginan Gaurav adalah ingin bertemu Aryan. Malang, dia hanya bisa melihat aktor pujaannya dari jauh.

Saat dia mengetahui aktor Sid Kapoor (yang diperani aktor Sid Kapoor yang sesungguhnya) ingin menjatuhkan nama Aryan, Gaurav menjebak aktor itu, menyiksanya, dan memaksa Kapoor meminta maaf pada Aryan. Permintaan maaf Kapoor diunduh Gaurav ke media sosial dan langsung menjadi viral. Gaurav kemudian memberitahu Aryan kalau dialah yang membuat Kapoor minta maaf pada Aryan. Karena merasa tindakan Gaurav keliru, Aryan memanggil polisi untuk menangkap Gaurav.

Kecewa dengan perlakukan aktor favoritnya, Gaurav pulang ke kampung halamannya dan menyiapkan rencana balas dendam.

Setahun kemudian, Gaurav telah mengubah penampilannya sehingga makin mirip Aryan. Dia mengikuti ke mana aktor itu pergi dan melakukan kekacauan (dengan berpura-pura sebagai Aryan), sehingga merusak namanya. Aryan kemudian menyadari kalau Gaurav-lah yang mencemarkan nama baiknya, lalu membuat skenario seolah-olah jatuh hati pada wanita yang dicintai Gaurav. Gaurav yang cemburu, segera melabrak Aryan. Dan terjadilah perkelahian hidup-mati antara keduanya.

Film ini sangat menarik karena menampilkan akting Shah Rukh Khan yang sangat gemilang. Dia memerani Gaurav yang masih berusia 17 tahun dengan tubuh ceking dan kecil, serta Aryan yang bertubuh tegak dan gagah seperti dirinya yang asli. Teknik pengambilan gambar ini mengadaptasi teknik yang dilakukan Peter Jackson saat membuat film The Hobbit dan The Lord of the Rings, di mana dalam film itu Peter Jackson menampilkan sosok Hobbit yang kelihatan jauh lebih kecil dibandingkan karakter yang lain. Untuk menampilkan wajah muda Shah Rukh Khan digunakan teknik 3D Scanning yang dilakukan oleh Greg Cannom, ahli tata-rias efek khusus dari Hollywood. Greg adalah penata rias paling populer saat ini dan telah bekerja untuk banyak film-film box-office Hollywood terkenal seperti Van Helsing, Hannibal, The Curious Case of Benjamin Button, The Passion of the Christ, Big Momma's House, dan Mrs Doubtfire.

Banyak adegan yang terbilang cukup kompleks dalam proses pembuatannya, terutama adegan yang mempertemukan Gaurav dan Aryan dalam satu adegan, baik saat Aryan mengkonfrontir Gaurav di penjara, maupun saat mereka bertarung di atap rumah. Adegan lain yang cukup memikat adalah saat Gaurav kabur dari kejaran polisi. Adegan yang menampilkan Gaurav meloncati balkon kamar hotel, sedikit-banyak mengingatkan saya pada adegan kejar-kejaran yang dilakukan Jackie Chan di film Project A.

Secara umum film ini sangat menarik. Teknik sinematografi, efek khusus, dan jalinan ceritanya benar-benar mengikuti pola film Hollywood. Hal ini membuat penonton - kalau hanya sekilas menonton - tidak akan menyadari kalau film ini adalah film Bollywood. Durasinya yang tidak terlalu panjang (hanya 2 jam 7 menit), juga terbilang pas karena ceritanya sendiri dibuat sangat padat dan tidak bertele-tele. Saya pribadi sangat menyukai film ini karena akting Shah Rukh Khan yang memang luar biasa. Setelah My Name Is Khan, film ini adalah film terbaik berikutnya dari Shah Rukh Khan. Dia menampilkan akting kelas dunia yang luar biasa dengan membawakan akting 2 karakter beda usia dengan sangat baik. Sangat wajar jika saya kemudian tertarik untuk menonton film ini kembali ...




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment