TV Series Recommended - THE PATH (2016 - onward)

Bulan Maret silam, Jaringan Televisi Hulu merilis sebuah serial televisi 10 episode yang cukup kontroversial berjudul The Path. Serial yang naskah ceritanya ditulis Jessica Goldberg, dengan diperani Aaron Paul, Michelle Monaghan, Rockmond Dunbar, dan Emma Greenwell ini mengangkat cerita tentang sebuah Sekte fiksi bernama Meyerist yang melakukan banyak hal baik, dan menarik simpati banyak orang. Tanpa diketahui, diam-diam sekte ini punya rahasia gelap tersembunyi yang sangat berbahaya.

Dikisahkan Eddie Lane (Aaron Paul), Cal Roberts (Hugh Dancy), dan Sarah Lane (Michelle Monaghan) adalah tiga bersahabat yang bersahabat sejak kecil serta tinggal bersama dalam lingkungan Sekte Gerakan Meyerist. Setelah dewasa, Eddie menikah dengan Sarah dan Cal ditunjuk oleh Dr. Stephen Meyer (Keir Dullea) - pendiri Gerakan Meyerist - sebagai pemimpin. Dr. Meyer sendiri disebutkan mengasingkan diri untuk menuntaskan tiga ajaran terakhir Gerakan Meyerist. Apabila ajaran itu tuntas ditulis, maka para pengikut Meyerist meyakini kalau itulah waktunya Dunia berakhir dan berganti menjadi dunia yang lebih baik yang mereka sebut The Garden.

Saat melakukan retret ke Peru, Eddie mendapatkan penglihatan tentang masa depan Meyerist, di mana ajaran yang diajarkan Stephen Meyer adalah kebohongan dan Meyer sedang sekarat. Eddie panik. Salah seorang peserta retret, Miranda Frank (Minka Kelly) mencoba menenangkan Eddie.

Sepulang dari retret, Eddie mencari tahu lebih dalam tentang Meyerist. Dari sanalah dia bertemu Alison Kemp (Sarah Jones), mantan anggota Meyerist yang kabur dari sekte itu. Dia pun menceritakan pada Eddie hal-hal yang dialaminya namun tidak pernah diketahui para pendukung sekte. Eddie yang diam-diam menghubungi Alison, justru dicurigai istrinya dan Sarah menduga suaminya berselingkuh dengan Miranda. Hal inilah yang kemudian membuat pernikahan Eddie dan Srah goyah.

Di lain pihak, Cal yang mengetahui kalau Stephen Meyer sedang sekarat, mencoba mengambil kesempatan untuk menguasai Gerakan Meyerist seutuhnya. Dia mulai tampil di televisi untuk meraih simpati, dukungan, serta pengikut yang lebih banyak lagi. Hal ini terbukti berhasil dan banyak orang bersimpati pada Meyerist. Tetapi tindakannya tidak disukai Bill (Brian Stokes Mitchell) dan Felicia (Adriane Lenox), dua orang Pendiri Gerakan Meyerist. Diam-diam, mereka mengawasi gerak-gerik Cal untuk mencari tahu motif di balik semua tindakannya.

Aktivitas Gerakan Meyerist ternyata menarik perhatian Detektif Abe Gaines (Rockmond Dunbar), yang mencurigai adanya itikad buruk dari para anggota Gerakan Meyerist. Dia pun menyamar dan masuk menjadi anggota gerakan tersebut. Namun, setelah beberapa lama mengikuti gerakan tersebut, Abe justru mengalami konflik batin dan mempertanyakan imannya.

Serial drama yang sangat seru karena konflik yang dibangunnya ini ditayangkan di Jaringan Hulu sejak 30 Maret 2016 dan telah selesai tayang tanggal 28 Mei 2016 kemarin. Mengingat respon penonton yang cukup baik, maka Hulu memperpanjang serial ini dengan membuat Season Kedua yang rencananya akan tayang awal tahun depan.



ABOUT "MEYERIST MOVEMENT"
Meyerist Movement atau Gerakan Meyerist adalah sebuah sekte atau gerakan keagamaan fiktif yang berfokus pada pengembangan spiritual. Gerakan ini didirikan dan dikembangkan oleh Dr. Stephen Meyer (bersama dua sahabatnya : Bill dan Felicia). Melalui bukunya, "The Ladder", Meyer mengajarkan para pengikutnya "Keselamatan diperoleh ketika manusia memiliki kepercayaan (Faith) pada Sang Cahaya (The Light). Dan guna mendapatkan keselamatan, manusia harus mendaki tangga (The Ladder) meraih cahaya tersebut. Tidak banyak yang bisa mencapai punya tangga, tetapi jika mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka mereka akan meraih keselamatan dan kebahagiaan sejati, serta menjadi salah satu bagian dari Taman (The Garden) yang merupakan akhir dari perjalanan hidup manusia".

Menurut Meyer, keselamatan bisa diperoleh ketika manusia membuang semua penderitaan, masalah, kecewa, dan hal-hal buruk yang ada dalam pikiran. Karena itu, hal pertama yang harus dilakukan manusia untuk selamat adalah membuang jauh-jauh pikiran dan perasaan buruk serta bersifat negatif dari dalam diri. Karena itulah, pendukung Meyer banyak memberikan sugesti dan dorongan kepada para pengikutnya untuk membuang semua hal negatif dari dalam diri mereka. Keselamatan juga bisa diperoleh ketika para pengikut Meyerist banyak melakukan kebaikan, menolong orang-orang yang butuh pertolongan, serta makan makanan alami yang tidak merusak tubuh (karena itulah pengikut Meyerist adalah Vegetarian).

Ide mendirikan Gerakan Meyerist ini muncul ketika Stephen Meyer sedang berada di Peru dan mendapatkan visi sedang mendaki tangga yang terbakar menuju ke atas gunung. Saat dia sudah mencapai puncak gunung itu, dia melihat dunia mengalami dua kejadian : Bencana Alam yang dasyat, dan dunia berubah menjadi sebuah Taman yang Indah.

Secara umum, ajaran yang diajarkan Gerakan Meyerist merupakan gabungan antara ajaran Scientologi, Yahudi, Hindu (Yoga), dan Kristen, dengan penekanan pada ajaran Scientologi, di mana dalam banyak adegan, para pengikut Meyerist menggunakan E-meter (alat pendeteksi Aktivitas Elektrodermal / EDA pada tubuh manusia) yang biasa digunakan oleh para pengikut Scientologi.



DO YOU KNOW? 
Awalnya serial ini diberi judul "The Way". Tetapi karena memiliki kesamaan nama dengan Seminari Kristen "The Way International" dan dikuatirkan dapat berdampak negatif, judul serial ini pun diubah menjadi "The Path".

Meski Gerakan Meyerist adalah gerakan agama fiktif, namun - di dunia nyata - banyak orang yang tertarik untuk menjadi pengikut ajaran itu, setelah menonton serial ini. Majalah Vanity Fair menuliskan bahwa Gerakan Meyerist "menginspirasi para penonton untuk melakukan kebaikan, meningkatkan kualitas hidup manusia, dan mengembalikan makna tentang kebaikan, cinta kasih, serta pedamaian. Inilah yang menjadi alasan mengapa Aliran Keagamaan ini disukai banyak orang, meski sebenarnya Meyerist hanyalah fiksi belaka."

Di episode ketiga serial ini, artis senior Kathleen Turner akan tampil dengan berperan sebagai Brenda Roberts, ibu dari Cal Roberts. Brenda adalah seorang wanita pecandu minuman keras dan sangat menjengkelkan di masa tuanya. Kathleen Turner sendiri dulunya adalah artis sensual Hollywood yang sangat populer di tahun 1980-an (dan bersaing ketat dengan Sharon Stone yang juga saat itu terkenal sebagai artis sensual yang melejit lewat film Basic Instinct). Beberapa film terkenal Turner antara lain Body Heat (1981), Romancing the Stone (1984), dan Prizzi's Honor (1985).

Pada tanggal 4 Mei 2016, Hulu memberikan konfirmasi kalau serial ini disetujui untuk dibuatkan Season Kedua. Konfirmasi ini direspon oleh tim kreatif serial The Path dengan mengubah skenario terakhir. Akibatnya di episode terakhir nanti, Anda akan melihat banyak kejadian yang sengaja digantung (tidak dituntaskan), dengan tujuan membuat penasaran penonton agar kemudian mengikuti kelanjutan cerita serial ini di Season Kedua mendatang.

Untuk bisa memunculkan sensasi suasana spiritual, Sutradara Mike Cahill (yang menyutradarai beberapa episode awal The Path) menggunakan tiga kamera dan hanya mengandalkan cahaya natural dari alam. Teknik visual yang disebutnya "Epic Verite" ini berhasil memunculkan suasana tersebut, dan membuat para penonton mempercayai kalau Gerakan Meyerist adalah gerakan yang benar-benar ada.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment