10 Fakta Ekstrim yang Tidak Anda Ketahui tentang FINDING DORY

Tanggal 17 Juni 2016 mendatang, film Finding Dory - produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan Walt Disney Pictures - akan dirilis serentak di seluruh dunia (kecuali Indonesia dan beberapa negara Asia lain, yang mana akan dirilis tanggal 16 Juni 2016). Film ini merupakan sekuel dari film animasi blockbuster Finding Nemo yang dirilis tahun 2003. Sebelumnya, Finding Dory memang akan direncanakan rilis beberapa tahun pasca kesuksesan Finding Nemo. Namun karena terkendala banyak hal, akhirnya sekuel film itu baru rilis tahun ini, yang artinya 13 tahun kemudian.

Meski demikian, antusias penonton atas perilisan film Finding Dory cukup besar. Maklum, banyak penonton yang dulu sangat terhibur dengan film Finding Nemo. Kini, setelah mereka tumbuh remaja (bahkan mungkin sebagian telah punya anak), mereka tentu ingin tahu lanjutan petualangan si Ikan Badut Nemo dan Merlin serta Si Ikan Pasific Regal Blue Tang Pelupa Dory dalam mencari keluarga Dory yang entah ada di mana.

Sambil menunggu kehadiran film itu, tidak ada salahnya jika kita tahu lebih dulu fakta-fakta unik dan ekstrim di balik pembuatan film Finding Dory. Apa saja fakta-fakta itu?

1. AWALNYA WALT DISNEY INGIN MEMPRODUKSI FINDING DORY TANPA MELIBATKAN PIXAR
Finding Nemo yang dirilis tahun 2003 merupakan film produksi Pixar Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Film yang dibuat dengan dana US$ 93 juta tersebut berhasil meraup keuntungan sebesar US$ 936 juta lebih, dan membuatnya menjadi salah satu film animasi terlaris dan terpopuler di masa itu.

Melihat keuntungan yang sangat besar yang didapat Pixar, tahun 2005 Walt Disney memutuskan untuk memproduksi sekuel Finding Nemo tanpa melibatkan Pixar. Tentu saja hal ini membuat Pixar geram dan sempat terjadi perselisihan di antara kedua studio raksasa itu. Tapi Walt Disney tetap pada pendirian mereka, dan menggandeng Circle 7 Animation - yang tidak lain adalah anak perusahaan Walt Disney sendiri - untuk memproduksi sekuel Finding Nem.

Di luar dugaan, Circle 7 Animation bangkrut dan ditutup tahun 2006, sebelum proses produksi dilakukan.  Akibatnya rencana pembuatan sekuel Finding Nemo terlunta-lunta tidak jelas.

Hingga pada tahun 2012, Pixar mengambil alih pembuatan sekuel Finding Nemo dan meminta Andrew Stanton - penulis skenario dan sutradara film animasi Pixar yang sebelumnya juga menulis skenario serta menyutradarai Finding Nemo -  untuk membuat skenario sekuel film tersebut. Setelah skenario siap, maka tahun 2013 pun proses produksi sekuel Finding Nemo yang diberi judul Finding Dory pun dimulai. Stanton pun tetap didapuk menjadi sutradara sekuel film tersebut.

Meski sempat berseteru, Walt Disney akhirnya berdamai dengan Pixar dan setuju untuk menjadi distributor film Finding Dory.



2. PENGISI SUARA NEMO DIGANTI
Para pengisi suara karakter utama Finding Nemo ikut bergabung dalam film Finding Dory. Mereka adalah Ellen DeGeneres (sebagai Dory), Albert Brooks (Marlin, ayah Nemo), Bob Peterson (Mr Ray, ikan pari guru Nemo), Andrew Stanton (Crush, kura-kura tua yang membantu ayah Nemo di Finding Nemo), dan Bennett Dammann (Squirt, kura-kura muda yang merupakan anak dari Crush).

Sementara untuk pengisi suara Nemo ada penggantian, di mana pada film Finding Nemo, suara Nemo diisi oleh Alexander Gould, maka di film Finding Dory digantikan oleh Hayden Rolance. Alasannya adalah karena saat ini Gould sudah remaja (22 tahun) sehingga suaranya sudah tidak pas memerani karakter Nemo yang masih anak-anak (apalagi film Finding Dory mengisahkan kejadian 6 bulan pasca kejadian di Finding Nemo). Karena itu suara Nemo digantikan oleh Rolance yang berusia 12 tahun.

Gould sendiri masih dilibatkan dalam film ini dengan mengisi suara salah satu karakter yang masih dirahasiakan hingga hari ini.



3. HANK SI GURITA
Salah satu karakter baru dalam film Finding Dory yang akan banyak menarik perhatian penonton adalah Hank si Gurita, yang disuarakan oleh Ed O'Neill. Hank adalah gurita adalah kehilangan tentakelnya, dan membuat dia mengalami stres dan penyakit aneh yang disebut sebagai "Septopus".

Saat membuat karkater Hank, para desainer menggambar tubuh Hank dan tentakelnya secara terpisah. Seharusnya tentakel Hank berjumlah delapan. Namun karena tubuh Hank dibuat kecil sedangkan tentakelnya harus besar (agar lubang penyedot pada setiap tentakel dapat digambar), maka hanya 7 (seharusnya 8) tentakel yang bisa dipasang ke tubuh Hank. Karena itu, diputuskan kalau tentakel Hank hanya berjumlah 7 saja. Selain itu, agar tentakel Hank tidak tampak mengerikan, maka lubang pengisap pada masing-masing tentakel dibuat hanya 50 lubang saja (dari seharusnya 350 lubang).



4. DORY DIGAMBAR ULANG
Meski karakter fisik Dory telah dibuat di film Finding Nemo, namun di sekuelnya, Dory digambar ulang dengan menggunakan teknologi animasi terbaru. Hal ini membuat karakter Dory jauh lebih hidup. Tidak hanya Dory, tetapi karakter lain seperti Nemo, Marlin, dan lain-lain pun digambar ulang agar dapat terlihat lebih hidup dan nyata.

Meski sudah dibuat lebih canggih, namun desainer dan sineas pembuat film Finding Dory tetap menggunakan teknologi animasi sebelumnya, terutama dalam membuat gerakan setiap karakter. Hal ini dilakukan agar perubahan pada setiap karakter tidak terlalu ekstrim, sehingga menghilangkan imej para karakter Finding Nemo yang sudah tertanam dalam benak penonton 13 tahun silam.



5. DORY - KARAKTER PALING FAVORIT TAHUN 2016
Sejak iklan film Finding Dory dirilis pertama kali tanggal 25 November 2015, banyak orang yang mengunjungi situs jejaring Facebook milik Pixar untuk mencari tahu informasi film tersebut. Bahkan gambar karakter Dory pada situs itu menjadi karakter yang paling banyak mendapatkan "Like" dari para pengunjung, dengan perolehan sebanyak 26,2 juta hingga hari ini.

Perolehan sebanyak itu menjadikan Dory sebagai karakter Pixar dan Walt Disney paling disukai di tahun 2016.



6. DURASI FILM FINDING DORY LEBIH PENDEK DARIPADA FINDING NEMO
Meski tidak terlalu signifikan, tapi film Finding Dory ternyata dibuat dengan durasi yang lebih pendek daripada Finding Nemo.

Jika film Finding Nemo dibuat dengan durasi 100 menit (termasuk end-credit title), maka film Finding Dory hanya berdurasi 95 menit saja (juga sudah termasuk end-credit title). Meski berdurasi "lebih pendek", tapi dapat dipastikan film Finding Dory jauh lebih padat dan menarik ketimbang Finding Nemo.



7. FORMAT TAYANG FILM FINDING DORY DALAM BENTUK IMAX
Berbeda dengan film Finding Nemo yang dirilis dalam format 2 Dimensi, Finding Dory akan ditayangkan dalam 3 format : 2-D, 3D, dan ... IMAX.

Ya.... Finding Dory akan membukukan diri sebagai film animasi Pixar pertama yang ditayangkan dalam format IMAX. Sebelumnya, film animasi yang juga ditayangkan dalam format IMAX adalah CARS 2 (2011) yang merupakan produksi dari Walt Disney Pictures.




8. KARAKTER UTAMA : PEREMPUAN
Jika biasanya film-film animasi banyak didominasi oleh karakter utama laki-laki, maka Finding Dory - sesuai judulnya - akan menggunakan perempuan sebagai karakter utama.

Ini merupakan kali ketiga Pixar merilis film animasi yang menggunakan karakter perempuan. Sebelumnya, film animasi Pixar yang menggunakan karakter utama perempuan adalah Brace (2012), dan Inside Out (2015).



9. PERUBAHAN LOKASI KEJADIAN
Awalnya film ini menggunakan lokasi Seaworld sebagai tempat di mana Dory akan menemukan kedua orang tuanya. Tetapi setelah film dokumenter berjudul Blackfish dirilis tahun 2013 dan mendapat kecaman banyak orang, lokasi pun diubah menjadi Marine Biology Institute.

Sebagai informasi, Blackfish adalah film dokumenter yang dirilis CNN News dan Magnolia Pictures. Film ini menceritakan tentang tewasnya 3 ekor orca (ikan paus pembunuh) dalam penangkapan yang dilakukan pusat konservasi di Islandia tahun 1983. Film ini pun menampilkan tindakan keras yang dilakukan oleh pelatih ikan paus di Sea World saat melatih para Orca. Hal ini membuat para Orca menjadi stres dan menyerang para pelatih tersebut. Film ini mendapatkan reaksi keras dari masyarakat dunia. Mereka memprotes keras tindakan kejam para pelatih dalam melatih para Orca, dan melakukan boikot terhadap Sea World. Para artis Hollywood pun turut memboikot kunjungan mereka ke Sea World Orlando, menyebabkan pengunjung wahana hiburan keluarga itu mengalami penurunan yang sangat drastis tahun 2014 silam.




10. BOCORAN 13 MENIT PERTAMA FILM FINDING DORY
Tanggal 10 April 2016 silam, Pixar melakukan jumpa pers dan memberikan "bocoran" kepada para jurnalis mengenai apa yang akan terjadi di film Finding Dory. Salah satu "bocoran" paling mengejutkan dalam acara itu adalah ditayangkannya 13 menit pertama film Finding Dory. Meski para jurnalis telah disumpah untuk tidak membocorkan apa yang mereka tonton tersebut, namun tetap saja informasi itu bocor.

Saya tidak ingin merusak rasa penasaran Anda dan tidak akan menceritakan apa yang ditonton para jurnalis dalam acara tersebut. Namun yang bisa saya bagikan kepada Anda adalah bahwa 13 menit pertama film Finding Dory akan berisi adegan yang sangat mengharukan. Ya, berbeda dengan film-film animasi produksi Pixar dan Walt Disney sebelumnya yang selalu menghadirkan banyak adegan komedi yang bikin perut sakit karena tertawa, maka film Finding Dory akan diawali dengan adegan-adegan serta percakapan yang mengharukan. Dijamin para penonton pasti akan menangis saat menontonnya. Tapi adegan berikutnya akan penuh dengan komedi dan aksi seru yang menarik dan menegangkan.

Penasaran dengan 13 menit pertama film Finding Dory? Sabar... tunggu saja tanggal tayangnya di Indonesia 16 Juni 2016 mendatang.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment