12 Film Wajib Tonton Semester Kedua 2016

Kita telah sampai di bulan terakhir dari Semester Pertama tahun 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya, bisa dirasakan kalau tahun ini dunia perfilman Hollywood sangat marak di tahun ini karena banyak film menarik yang tayang tahun ini. Dari segi kualitas pun tahun ini terbilang cukup baik.

Memasuki Semester Kedua (Juli - Desember 2016), ada beberapa film pilihan yang perlu kita tunggu ni kehadirannya. Apa saja ya?

JULI
1. THE BFG
Tanggal rilis    : 1 Juli 2016
Sutradara         : Steven Spielberg
Pengisi suara   : Penelope Wilton, Jemaine Clement, Rebecca Hall, Rafe Spall

Di awal Semester Kedua tahun 2016, kita disambut dengan film animasi super keren yang disutradarai Steven Spielberg. Layaknya film-film produksi Spielberg, film ini bertema fantasi-petualangan, di mana mengisahkan tentang BFG (Mark Rylance), seorang raksasa tua yang sangat kesepian, dan kemudian bersahabat dengan seorang manusia bernama Sophie (Ruby Barnhill).

Sementara itu, raksasa di Giant Country berniat menguasai dunia manusia untuk dijadikan makanan. Mengetahui rencana jahat teman-temannya, BFG bersama-sama Sophie berusaha mencegah para raksasa agar tidak mengusik manusia. Berhasilkah mereka?



2. GHOSTBUSTERS
Tanggal rilis       : 15 Juli 2016
Sutradara            : Paul Feig
Pemeran             : Melissa McCarthy, Kristen Wiig, Kate McKinnon, Leslie Jones

Ghostbusters adalah sebuah film klasik yang sangat populer di tahun 1980-an. Film pertamanya dirilis tanggal 8 Juni 1984, dan langsung menjadi hit serta sangat populer. Kesuksesan film itu dilanjutkan dengan sekuelnya, Ghostbusters II (16 Juni 1989) yang juga meraup kesuksesan yang sama. Meski sukses, namun para pemeran utama film itu - Dan Aykroyd, Bill Murray, dan Harold Ramis - tidak berniat untuk melanjutkan peran mereka.

Dan Aykroyd sempat membuat skenario Ghostbusters III yang diberi subjudul Hellbent dan rencananya akan diproduksi untuk dirilis tahun 1995. Namun ide pembuatan sekuel ini tidak mendapatkan respon yang positif dari para pemeran utama Ghostbusters yang lain.  Tahun 2005, Bill Murray sempat menyatakan keinginannya untuk berperan di film Ghostbusters III bersama Aykroyd. Tahun 2011, proyek Ghostbusters III sempat digosipkan akan segera mulai produksi setelah Harold Ramis setuju untuk bergabung. Tetapi proyek itu tidak juga dimulai-mulai. Ketika Ramis meninggal pada tanggal 24 Februari 2014, proyek Ghostbusters III pun dinyatakan batal.

Secara mengejutkan, Agustus 2014, proyek Ghostbusters didengungkan lagi. Tapi alih-alih dibuat sebagai sekuel, film ini dibuat dalam bentuk re-boot di mana para pemeran utamanya adalah wanita. Bill Murray dan Dan Aykroyd tetap berperan dalam film itu tapi hanya sebagai cameo.

Film Ghostbusters yang akan tayang di bulan Juli 2016 ini mengambil cerita yang nyaris mirip dengan versi aslinya : Erin Gilbet (Kristen Wiig) dan Abby Yates (Melissa McCarthy) adalah 2 penulis buku yang menulis buku tentang keberadaan hantu. Buku mereka sempat ditertawakan banyak orang. Namun setelah kota mereka mengalami banyak penampakan dan serangan hantu, Gilbert dan Yates segera menghubungi sobat mereka, Jillian Holtzmann (Kate McKinnon) - seorang ahli nuklir - untuk membuat senjata yang dapat menangkap para hantu.



3.  STAR TREK BEYOND
Tanggal rilis     : 22 Juli 2016
Sutradara          : Justin Lin
Pemeran            : Chris Pane, Zachary Quionto, Zoe Saldana, Idris Elba, John Cho

Setelah sebelumnya sukses menyutradarai franchise seri ketiga hingga keenam dari Fast & Furious, Justin Lin mendapat kepercayaan untuk menyutradarai Star Trek Beyond yang merupakan seri ke-13 dari franchise film layar lebar Star Trek.

Masih diperani pemeran yang sama (Chris Pane sebagai James T. Kirk, Zachary Quinto sebagai Spock, dan Zoe Saldana sebagai Nyota Uhura, Karl Urban sebagai Leonard McCoy, dan Simon Pegg sebagai Montgomery Scott), seri ini akan mengisahkan petualangan para kru pesawat USS Enterprise yang saat sedang menjalani misi 5 tahun mereka, tiba-tiba diserang sebuah pesawat yang tidak dikenal. Serangan itu memaksa pesawat Enterprise harus mendarat darurat di sebuah planet misterius.

Terdampar tanpa mampu meminta bantuan, para kru Enterprise harus berjuang untuk bertahan hidup dalam kondisi planet yang ekstrim. Di sana, mereka pun bertemu dengan mahluk penunggu planet tersebut, yang ternyata sengaja menembak pesawat mereka dan memaksa mereka mendarat di planet mereka.



AGUSTUS
4. SUICIDE SQUAD
Tanggal rilis     : 5 Agustus 2016
Sutradara          : David Ayer
Pemeran           : Will Smith, Jared Leto, Margot Robbie, Joel Kinnaman, Viola Davis

Sebuah film adaptasi komik DC Comics dirilis di bulan Agustus nanti. Berbeda dengan komik-komik sebelumnya yang menampilkan kepahlawanan superhero populer, film ini justru mengangkat cerita para musuh superhero yang kemudian dimintai bantuan pemerintah untuk menyelamatkan bumi. Meski agak janggal, tapi komik ini justru sangat populer. Hal ini yang kemudian membuat pihak Warner Bross memutuskan untuk memproduseri adaptasi komik tersebut ke dalam film layar lebar.

Dikisahkan para kriminal - Deadshot (Will Smith), Joker (Jared Leto), Harley Quinn (Margot Robbie), Rick Flag (Joel Kinnaman), Boomerang (Jai Courtney), El Diablo (Jay Hernandez), dan Killer Croc (Adewale Akinnuoye Agbaje) - ditahan di penjara super ketat yang tidak memungkinkan mereka kabur. Namun satu ketika, dunia diserang oleh Tentara Super yang menyebut diri mereka "Task Force X".

Akibat serangan yang dilakukan Task Force X - dan tidak ada orang yang dapat menandingi kekuatan mereka - pemerintah tidak punya pilihan lain selain merekrut para kriminal yang dipenjara untuk melawan pasukan penjahat tersebut. Dipimpin Amanda Waller (Viola Davis), para kriminal yang tergabung dalam Suicide Squad itu pun maju melawan Task Force X.



SEPTEMBER
5. BRIDGET JONES'S BABY
Tanggal Rilis      : 16 September 2016
Sutradara            : Sharon Maguire
Pemeran              : Renee Zellweger, Colin Firth, Patrick Dempsey

Tahun 2001 silam, ada film drama-romantis yang sangat populer berjudul Bridget Jones. Film yang mengangkat nama Renee Zellweger tersebut mengisahkan tentang seorang wanita jomblo gemuk berusia 30 tahun bernama Bridget Jones (Zellweger) yang diam-diam jatuh hati pada Atasannya, Daniel Cleaver (Hugh Grant). Namun setelah mengetahui sikap buruk atasannya, dia akhirnya jatuh cinta dan menikah dengan Mark Darcy (Colin Firth), seorang barista yang juga anak dari teman keluarganya. Film yang dibuat dengan biaya US$ 26 juta itu ternyata sukses dengan meraup keuntungan hingga US$ 281 juta.

Kesuksesan film itu diikuti dengan sekuelnya yang dirilis tahun 2004 di yang mengisahkan kisah cinta Bridget Jones dan Darcy yang mendapatkan gangguan setelah Daniel Cleaver berniat balikan lagi dengan Jones. Film yang dibuat dengan dana US$ 40 juta itu juga sukses dengan keuntungan mencapai US$ 262 juta.

Dua belas tahun kemudian, Bridget Jones telah putus dari Darcy dan kini memulai hidupnya kembali sebagai wanita lajang. Di usianya yang telah menginjak 40 tahun, Jones merasa seperti menemukan dunianya kembali lewat pesta dan kumpul dengan teman-temannya. Dia kemudian berkenalan dengan seorang pria bernama Jack Qwant (Patrick Dempsey). Di luar dugaan, Jones tiba-tiba menemukan dirinya hamil. Masalahnya :  dia tidak yakin siapa ayah dari sang bayi. Nah lho.... !!!



6. THE MAGNIFICENT SEVEN
Tanggal rilis    : 23 September 2016
Sutradara         : Antoine Fuqua
Pemeran          : Denzel Washington, Chris Pratt, Ethan Hawke, Lee Byung Hun

Di atas kertas, film ini adalah film yang keren banget. Merupakan remake dari film berjudul sama yang sangat populer di tahun 1960 (yang juga merupakan adaptasi dari film Jepang Seven Samurai karya sutradara Akira Kurosawa yang dirilis tahun 1954), dan disutradarai Antoine Fuqua yang terkenal sebagai sutradara film-film keras yang seru, The Magnificent Seven juga diperani para aktor papan atas yang sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

Bersetting Amerika Serikat abad 18, para penduduk sebuah kota kecil bernama Rose Krick mendapat intimidasi dari industrialis Bartholomew Bogue (Peter Sarsgaard). Mereka kemudian mencari bantuan orang yang bisa melindungi kota mereka. Akhirnya mereka menemukan 7 orang kriminal - pimpinan Pemburu Bayaran bernama Sam Chisolm (Denzel Washington) - yang setuju melindungi para penduduk dengan bayaran.

Tetapi setelah datang langsung dan tinggal bersama penduduk, 7 Orang Kriminal tersebut kemudian menemukan kalau apa yang mereka perjuangkan bukan tentang uang. Karena itu, demi membela para penduduk yang lemah, 7 Orang Kriminal itu rela mati-matian melawan kelompok Bartholomew Bogue.



OKTOBER
7.UNDERWORLD : BLOOD WARS
Tanggal rilis      : 14 Oktober 2016
Sutradara          : Anna Foerster
Pemeran            : Kate Beckinsale, Theo James, Tobias Menzies, Lara Pulver, Bradley James

Underworld adalah film eksyen-horor legendaris yang sangat sukses. Dirilis secara independen tahun 2003, film Underworld langsung meraih kesuksesan dan popularitas. Film ini pun mengangkat nama Kate Beckinsale sebagai aktris papan atas Hollywood.

Underworld telah dibuat dalam 4 seri, dan Underworld : Blood Wars akan menjadi seri kelima dari franchise film seru ini. Awalnya, Underworld akan di-reboot ulang dan diberi judul Underworld : Next Generation. Tapi kemudian konsepnya diubah dan alur ceritanya akan melanjutkan cerita yang sebelumnya menggantung di seri sebelumya, Underworld : Awekening (2012). Seperti apa cerita film Underworld : Blood Wars? Hingga hari ini masih dirahasiakan.



8. RINGS
Tanggal rilis      : 28 Oktober 2016
Sutradara           : F. Javier Gutierrez
Pemeran             : Matilda Lutz, Alex Roe, Johnny Galecki

Film ini merupakan sekuel dari film horor sukses The Ring (2002) dan The Ring Two (2005) yang merupakan remake dari film Jepang, Ringu. Meski merupakan sekuel, tapi alur cerita film Rings merupakan reboot dan nyaris tidak ada hubungan dengan seri sebelumnya.

Dikisahkan Julia (Matilda Lutz) adalah seorang siswi SMA yang punya kekasih anak kuliahan bernama Holt (Alex Roe). Satu ketika mereka mengalami cekcok, sehingga memutuskan untuk berpisah sementara. Ketika Julia memutuskan untuk baikan lagi dengan Holt, dia menemukan kalau Holt telah menonton sebuah video terkutuk 6.5 hari lalu. Dia tidak menonton sendiri, tetapi bersama beberapa rekan sekampusnya. Dalam waktu 7 hari, mereka akan tewas terbunuh. Julia dan Holt kemudian berjuang keras, mencari cara untuk mematahkan kutukan itu. Waktu mereka tidak panjang...

Sama seperti seri sebelumnya, film ini menampilkan sosok Samara Morgan, karakter antagonis mengerikan yang mencabut nyawa orang-orang yang menonton video terkutuk miliknya. Jika sebelumnya karakter ini diperankan dengan sangat meyakinkan oleh Kelly Stables, maka di seri ini diperani oleh Bonnie Morgan.



NOVEMBER 
9. DOCTOR STRANGE 
Tanggal rilis     : 4 November 2016\
Sutradara          : Scott Derrickson
Pemeran            : Benedict Cumberbatch, Chiwatel Ejiofor, Rachel McAdams, Tilda Swinton

Satu lagi karakter superhero legendaris Marvel Comics yang dirilis tahun ini. Film ini akan menjadi film ke-14 dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) yang mana kelak karakter ini akan mempengaruhi alur cerita film-film superhero produksi Marvel berikutnya.

Sama seperti komiknya, film ini mengisahkan tentang Stephen Strange, seorang ahli bedah neuro, yang baru-baru ini mengalami kecelakaan lalu-lintas yang menghancurkan karirnya. Dia kemudian melakukan perjalanan keliling dunia untuk mencari penyembuhan. Dalam perjalanannya itu, dia bertemu dengan Ancient One (Tilda Swinton), seorang Ahli Sihir yang kemudian mengangkat Strange menjadi muridnya dan penerusnya sebagai Tukang Sihir yang Tidak Terkalahkan.

Nantinya, Strange akan berhadapan dengan seorang penyihir yang merupakan mantan murid Ancient One (diperani Mads Mikkelsen) yang telah melanggar kode etik penyihir dan berniat menguasai dunia dengan keliuatan sihirnya.



DESEMBER
10. KIDNAP
Tanggal rilis        : 2 Desember 2016
Sutradara            : Luis Prieto
Pemeran              : Halle Berry, Sage Correa, Lew Temple, Chris McGinn

Setelah sebelumnya tampil di film superhero (kembali) X-Men : First Class (2014), Halle Berry akhirnya mendapat kesempatan untuk bermain di film thriller lagi.

Di film ini, Berry akan berperan sebagai seorang ibu yang anaknya diculik oleh orang yang tidak dikenal. Tanpa petunjuk, dan informasi identitas penculiknya, sang Ibu berusaha dengan berbagai cara mencari cara menyelamatkan anaknya.



11. ROGUE ONE : A STAR WARS STORY
Tanggal rilis      : 16 Desember 2016
Sutradara           : Gareth Edwards
Pemeran            : Felicity Jones, Diego Luna, Riz Ahmed, Donnie Yen, Forest Whitaker

Seperti yang diketahui para fans Star Wars, di akhir tahun ini bakal ada film heboh yang keren banget : Rogue One. Film ini merupakan spin-off film Star Wars pertama dan akan mengambil setting cerita setelah Star Wars 4 : A New Hope.

Film ini akan berpusat pada petualangan para pemberontak yang bertugas mencuri informasi dan menyabotase rencana pembuatan Death Star yang dibuat oleh Galactic Empire. Meski hingga hari ini belum ada kabar resmi yang beredar mengenai alur cerita film, namun dapat dipastikan kalau film ini akan menjadi murni sebagai film bergenre eksyen dan sangat berbeda dengan seri-seri Star Wars sebelumnya yang menceritakan intrik politik.

Gosipnya, di film ini nanti akan ada karakter Darth Vader yang mana pemerannya belum diungkap identitasnya.



12. ASSASSIN'S CREED 
Tanggal rilis    : 21 Desember 2016
Sutradara         : Justin Kurzel
Pemeran          : Michael Fassbender, Marion Cottilard, Ariane Labed, Jeremy Irons

Dan sebagai penutup dari artikel ini, saya hadirkan film adaptasi game terkeren abad ini : Assassin's Creed. Sebelumnya game ini sudah beberapa kali diadaptasi dalam film-film pendek dan film televisi. Baru kali ini, game ini diadaptasi ke dalam layar lebar. Alur cerita film ini menggunakan cerita yang sama seperti yang digunakan dalam game, dengan pengembangan beberapa mitologi baru yang sebelumnya belum pernah ditampilkan dalam versi game.

Abstero Industries berhasil menyelamatkan Residivis Callum Lynch (Michael Fassbender) dari hukuman mati yang dijatuhkan pemerintah. Sebagai imbalan atas bantuan tersebut, Callum Lynch diangkat sebagai salah satu Assassin, pelindung Ordo Templar. Dia bergabung dengan Animus Project, di mana dia kemudian berhasil mengetahui latar belakang nenek moyangnya, yaitu Aguilar de Nerha, yang juga seorang Assassin Legendaris di masa kejayaan masyarakat Spanyol dan Gereja Katolik Ortodok abad 15.

Callum kemudian dilatih untuk menjadi Assassin guna menghadapi kelompok Templars, yang tidak lain adalah musuh Assassin sejak jaman dulu. Di masa kini, Templars telah tumbuh menjadi kelompok berbahaya bersenjata lengkap yang punya satu tujuan : membasmi Assassin sampai ke akar-akarnya. Kini menjadi tugas Callum untuk menjaga kelangsungan hidup Assassin.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment