Movie Recommended - BIRKEBEINERNE (THE LAST KING)

Judul Film     : Birkebeinerne
Sutradara       : Nils Gaup
Pemeran         : Anders Dahlberg, Asmund Brede Eike, Elg Elgesem
Tanggal Rilis :  24 Juni 2016 (Internasional)

Film produk Norwegia ini adalah film yang terbilang cukup menarik. Diadaptasi dari kisah nyata perjuangan dua orang petani yang melindungi Putra Mahkota Kerajaan Norwegia bernama Haakon Haakonsson (kelak Haakon dikenal masyarakat Norwegia sebagai Raja bergelar Haakon IV of Norway). Film yang mengetengahkan pengorbanan dan pengabdian petani abdi Raja ini sangat mengharukan dan membuat banyak penonton menitikkan air mata.

Dikisahkan pada tahun 1206, Norwegia sedang mengalami Perang Saudara. Kaum Birkebeiner - yang dipimpin Raja Haakon Svenressons (Benjamin Helstad) - mendapat perlawanan dari Kaum Bagner karena mereka tidak suka dengan Raja Haakon yang menikahi wanita dari kalangan biasa bernama Inga (Thorbjorn Harr), yang kemudian diangkat menjadi Permaisuri bergelar Inga of Varteig. Alasan lainnya, Kaum Bagner merasa berhak atas Tahta Kerajaan setelah raja sebelumnya, Raja Sigurd the Crusader, meninggal.

Dengan bantuan Negara Denmark, Kaum Bagler berhasil membunuh Raja Haakon. Untungnya, sebelum sang raja terbunuh, anak semata wayangnya yang masih bayi bernama Haakon Haakonsson sudah terlebih dulu dititipkan ke petani dari Kaum Birkebeiner bernama Torstein (Kristofer Hivju) dan Skjrevald (JAkob Oftebro).

Kaum Bagner kemudian memaksa Permaisuri Inga untuk menyerahkan putra mahkota. Mengetahui putra mahkota disembunyikan, Kaum Bagler mengerahkan seluruh pasukannya untuk mencari dan menghabisi putra mahkota.

Torstein dan Skjrevald yang mengetahui rencana Kaum Bagner itu segera melarikan diri. Memanfaatkan pengetahuan mata angin, kondisi wilayah Norwegia yang bersalju serta bercuaca ekstrim, dan kemampuan bela-diri mereka, kedua petani itu pun dengan cerdasnya menghindar dari kejaran Kaum Bagler. Kejar-kejaran di tempat bersalju dengan medan yang berat itulah yang menjadi daya tarik film ini. Meski tahu kondisi alam yang berat, Torstein dan Skjrevald tetap saja mengalami kesulitan. Tidak jarang, mereka putus asa dan memutuskan untuk menghentikan pelarian yang tidak mungkin ini. Tetapi demi kelangsungan Kerajaan Norwegia, mereka akhirnya sepakat untuk lari dan melindungi Putra Mahkota Haakon Haakonsson.

Perjuangan kedua petani dalam menyelamatkan Putra Mahkota itu menjadi legenda dan cerita dari mulut-ke mulut masyarakat Norwegia, yang kemudian menjadi bagian dari Sejarah Norwegia dan terkenal hingga hari ini.

Berdurasi 93 menit, film ini menampilkan keindahan Norwegia yang indah asri, dipenuhi salju tebal dan hamparan pegunungan yang menyegarkan.



ABOUT "THE LAST KING"
Haakon Haakonsson (Maret 1204 - 16 Desember 1263) adalah Raja Norwegia bergelar King of Norway, Haakon IV, atau juga dikenal dengan panggilan "Haakon The Old". Lahir saat Norwegia sedang berada dalam Era Perang Saudara (1130 - 1240) di mana terdapat 2 Kelompok Besar bernama Birkebeiner dan Bagler yang saling merebut Tahta Kerajaan setelah Raja Norwegia Sigurd the Crusader meninggal pada tahun 1130.

Tahun 1217, di usianya yang masih sangat belia, Haakon tidak saja berhasil menghentikan pertikaian Kelompok Birkebeiner dan Bagner, tetapi juga mampu menyatukan kedua kubu tersebut. Atas usahanya tersebut, Haakon kemudian diangkat menjadi Raja Norwegia dan menguasai negara tersebut hingga tahun 1263 (46 tahun). Dia menjadi Raja terlama yang memerintah Norwegia.

Di masa Pemerintahan Haakon IV, Norwegia meraih kejayaannya dan menjadi negara Super di masa itu. Di bawah kekuasaannya, Haakon berhasil menjalin hubungan dengan Kerajaan Romawi dan Irlandia yang saat itu sedang bertikai. Haakon IV menjadi Raja Norwegia Pertama yang mendapat dukungan dari Paus Roma (1222). Padahal sebelumnya Paus tidak pernah mendukung Kerajaan Norwegia.

Haakon IV meninggal pada tanggal 16 Desember 1263 setelah menderita sakit saat beristirahat di Istana Bishop, di Kota Kirkwall, Pulau Orkney (Pantai Utara Britania Raya). Dia kemudian dimakamkan sementara di Katedral St. Magnus di Kirkwall, lalu dipindahkan ke Katedral Tua di Kota Bergen, Norwegia. Sayangnya, tahun 1531, Katedral St. Magnus dihancurkan Peguasa Denmark di bawah perintah Diplomat Denmark Eske Bille untuk kepentingan militer.



DO YOU KNOW? 
Film Birkebeinerne adalah film keempat dari Norwegia yang masuk nominasi Oscar untuk kategori Film Asing Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Di film ini diceritakan kalau Putra Mahkota Haakon Haakonsson lahir saat ayahnya masih hidup. Kenyataan dalam sejarah, Haakon Haakonsson sebenarnya baru lahir 3 bulan setelah kematian ayahnya. Haakon Haakonsson lahir dalam pelarian saat ibunya, Inge, dikejar oleh Suku Bagner.

Film ini pertama kali tayang tanggal 6 Februari 2016 di Film Festival di Lillehammer, Norwegia. Tayang perdana untuk masyarakat umum tanggal 12 Februari 2016 di Norwegia. Di Amerika Serikat, film ini baru rilis untuk umum tanggal 9 April 2016, dan untuk pasar internasional tanggal 24 Juni 2016. 
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment