Movie Recommended - ELLE (2016)

Judul Film    : Elle
Sutradara      : Paul Verhoeven
Pemeran       : Isabelle Huppert, Christian Berkel, Anne Consigny, Virginie Efira 
Tanggal rilis : 11 November 2016 (Internasional)


Di era 1980-1990an, Paul Verhoeven adalah Sutradara Hollywood paling terkenal. Pria kelahiran Belanda tahun 1938 itu mencetak banyak sekali film-film box-office papan atas dan membuatnya sebagai Sutradara Paling Dihormati saat itu. Beberapa karyanya yang sangat legendaris adalah : Robocop (1987), Total Recall (1990), Basic Instinct (1992), dan Starship Troppers (1997).


Di era 2000-an, namanya agak meredup dan hanya beberapa kali merilis film festival. Film terakhir yang disutradarainya adalah Black Book (2006), yang mana film berbahasa Yahudi-Jerman-Inggris-Belanda tersebut meraih banyak penghargaan dan respon yang positif dari kritikus serta penonton.

Di tahun ini, Paul Verhoeven menyutradarai kembali film terbarunya berjudul Elle. Film yang sebenarnya sudah tayang perdana di Festival Film Cannes 21 Mei 2016 silam ini masuk nominasi Cannes untuk Kategori Best Picture. Meski tidak memenangi penghargaan itu, namun film ini - sama seperti film sebelumnya - juga mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para penonton serta kritikus. Elle merupakan salah satu terobosan terbaru Paul Verhoeven karena film ini merupakan film berbahasa Perancis pertama yang dibuatnya.

Film Elle (dalam bahasa Perancis berarti : "She" atau "Her') mengisahkan tentang Michele LeBlanc (diperani Isabelle Huppert) adalah seorang wanita karir dan pemimpin sebuah perusahaan video game yang sangat sukses dan luar biasa. Dia memiliki karakter dominan dengan hati sekeras baja dan pantang menyerah. Satu ketika, Michele mengalami kejadian kurang pantas di mana dia mengalami perkosaan di dalam apartemennya. Akibat tindakan itu, Michele mengalami trauma, dan membuat dirinya mengalami perubahan drastis menjadi wanita yang tidak percaya diri serta hidup dalam ketakutan.

Awalnya Michele tidak mengetahui siapa pelaku perkosaan itu. Tetapi lewat informasi-informasi yang diperolehnya, Michele kemudian mengetahui jati-diri pelaku perkosaan itu. Setelah melakukan penguntitan terhadap pelaku perkosaan, Michele mulai menyusun rencana untuk membuat sebuah "permainan" pada sang pelaku perkosaan. Permainan ini merupakan permainan di mana Michele menunjukkan kekuatan dominasinya, hingga sang pelaku takluk dan memohon ampun padanya.


DO YOU KNOW? 
Film Elle merupakan adaptasi dari novel berjudul "Oh...." karya Phillipe Djian yang terbit tahun 2012.

Elle merupakan terobosan besar untuk Paul Verhoeven karena merupakan film pertama yang dibuatnya di luar Amerika Serikat sepanjang karir penyutradaraannya. Awalnya Verhoeven memilih Nicole Kidman untuk memerani karakter Michele LeBlanc. Namun dia berubah pikiran, dan memilih artis lain seperti Marion Cotillard, Diane Lane, Sharon Stone, dan Carice van Houten. Namun akhirnya pilihan Verhoeven jatuh pada Isabelle Huppert yang merupakan artis Perancis.

Proses pengambilan gambar dilakukan sepenuhnya di Kota Paris, Perancis. Pengambilan gambar seharusnya dimulai tanggal 7 Januari 2015 di Kantor Polisi Paris. Namun di hari itu terjadi insiden penembakan teroris yang dilakukan di kantor berita Charlie Hebdo yang lokasinya tidak jatuh dari kantor polisi. Akibatnya proses pengambilan gambar dibatalkan dan diundur ke tanggal 10 Januari 2015. Pengambilan gambar keseluruhan film dilakukan dalam waktu 10 minggu.

Saat ditayangkan di Cannes Film Festival, film ini mendapatkan "standing ovation" selama 7 menit. Banyak kritikus memuji film Verhoeven sebagai film yang menggambarkan keberanian wanita yang mengalami perkosaan, dan melakukan pembalasan dengan cara yang sangat berani. Film tersebut juga dipuji sebagai sebuah contoh inspirasi bagi wanita untuk melawan penganiayaan dan dominasi pria.

Film ini akan tayang internasional pada tanggal 11 November 2016 mendatang.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment