Movie Recommended - GATAO (角頭 )

Jika Anda penggemar film yang penuh adegan pertarungan triad menggunakan senjata tajam ala film-film Hong Kong era 90-an, tentu suka dengan film ini. Gatao adalah film Taiwan yang disutradarai Sutradara Senior Joe Lee yang sudah terkenal sebagai sutradara bertangan dingin yang sering merilis film-film bertemakan triad dan gangster, khususnya triad Taiwan.


Gatao adalah istilah dalam bahasa Hokkian yang digunakan masyarakat Taiwan untuk menyebut para pelaku kejahatan atau orang-orang yang terlibat tindak kriminal. Bersetting Taiwan masa kini, dikisahkan kalau di Taiwan terdapat banyak kelompok geng dan triad yang sering berseteru. Hampir tiap saat terjadi pertarungan antar geng di jalanan, di mana mereka berbaku hantam dengan menggunakan pisau dan senjata tajam. Meski sering berseteru, tetapi mereka tunduk dan hormat kepada Boss Yong (Tsai Chen Nan), Senior dari Kelompok Triad Taiwan.

Dalam sebuah perkelahian antar geng di jalanan, polisi datang dan berusaha menangkapi semua anggota geng yang bertikai. Namun ada seorang anggota geng bernama To Xiong (Alien Huang) menunjukkan keberaniannya melawan polisi untuk menolong rekan-rekan dan membiarkan dirinya ditangkap. Atas keberanian dan kesetiakawanannya itu, setelah keluar dari penjara, To Xiong dipromosikan Boss Yong untuk memegang kendali wilayah pasar tradisional tempat To Xiong tumbuh dewasa.

Menjadi penguasa pasar membuat Xiong disegani dan dihormati orang di sekitar pasar. Apalagi sikap Xiong yang sangat baik dan melindungi masyarakat di sana. Dia pun menjalin asmara dengan Lei Lei (Christina Mok), teman sepermainan masa kecilnya dulu. Sementara itu, dengan semakin naiknya popularitas Xiong membuat dirinya menjadi ancaman para kelompok triad yang telah lebih dulu menguasai pasar tersebut. Terlebih Qing Feng (Sun Peng), Tangan Kanan Boss Yong, yang merasa dirinya kelak akan menjadi pengganti Boss Yong jika dia pensiun nanti.

Masalah menjadi rumit, ketika Michael (Sunny Wang), anak dari kelompok geng saingan Boss Yong, pulang dari Amerika Serikat. Michael berniat menjadi penguasa geng Taiwan dan menggulingkan kekuasaan dan pengaruh Boss Yong di Taiwan. Dengan tangan besi, Michael berniat mengubah pasar menjadi lahan properti yang menguntungkan baginya. Tentu saja rencana Michael ditentang oleh Boss Yong dan Xiong.

Konflik pun memuncak.

Michael mengerahkan pasukannya untuk menghabisi semua orang yang memihak Boss Yong. Akhirnya Boss Yong bersatu dengan Xiong melawan Michael dan kelompoknya.

Film berdurasi 100 menit ini mengingatkan kita pada film-film triad di era 1990-an, yang dipenuhi adegan pertarungan kelompok triad yang berdarah-darah. Bagi penggemar film triad, mungkin film demikian akan sangat menarik karena penuh adegan perkelahian. Tetapi bagi Anda yang tidak menyukai kekerasan, mungkin film ini akan terasa membosankan karena menampilkan pertarungan kelompok triad yang berkepanjangan dengan durasi yang cukup panjang.

Secara umum, film ini cukup menarik untuk ditonton. Ya, minimal sebagai hiburan. Ceritanya tidak terlalu berat dan tidak menampilkan dialog panjang yang bertele-tele.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment